Pentingnya Financial Projection Untuk Memulai Bisnis

financial projection

Ketika mulai terjun dalam dunia bisnis banyak sekali, persiapan yang harus dilakukan agar usaha yang dijalankan berjalan lancar tanpa hambatan, terutama saat akan merencanakan anggaran keuangan perusahaan. Saatnya Anda membutuhkan Financial Projection dalam bisnis Anda.

Di dalam sebuah usaha bisnis, yang menjadi permasalahan utama adalah keuangan dari perusahaan tersebut. Apabila tidak ada perancangan dan sistem manajemen keuangan yang jelas, maka usaha bisnis tersebut akan mengambang dan sangat rawan mengalami kebangkrutan karena tidak memiliki data-data konkrit mengenai keuangan perusahaan.

Gambaran secara umum bagaimana pengelolaan keuangan sebuah perusahaan tercermin dalam karakteristik financial projection yang baik serta memberikan gambaran yang serealistis mungkin untuk dicapai sehingga memberi jaminan bahwa usaha bisnis yang akan dijalankan mempunyai peluang suskes lebih besar.

Misalnya saja di dalam sebuah even kompetisi dana hibah bisnis, pihak donatur biasanya akan menjadikan poin financial projection sebagai salah satu penilaian yang cukup penting. Ini artinya bagaimana prediksi Anda dalam mengalokasikan dana serta mencari dana menjadi hal yang penting dalam kelangsungan sebuah usaha bisnis

Apa Itu Financial Projection?

Secara garis besarnya maksud dari Financial Projection adalah sebuah rancangan anggaran proyek yang dibuat ketika akan baru memulai usaha yang baru. Artinya arti dari financial projection adalah memberi gambaran tentang sirkulasi keuangan sebuah perusahaan, termasuk juga prediksi pengeluaran perusahaan, anggaran modal dan segala bentuk pengeluaran keuangan yang akan dilakukan oleh perusahaan. Semua yang menyangkut pembiayaan penyelenggaraan suatu usaha bisnis akan direncanakan di dalam satu financial projection.

Lalu kenapa harus merancang sebuah financial projection ketika ingin memulai sebuah usaha bisnis? Segala bentuk perancangan sangat penting untuk dilakukan terutama perancangan keuangan agar tingkat kesuksesan sesuatu yang akan dilakukan lebih tinggi. Didalam usaha bisnis hal utama dan yang sering menjadi masalah adalah keuangan.

Apabila tidak ada perancangan dan sistem manajemen keuangan yang jelas maka usaha bisnis tersebut tidak memiliki arahan yang jelas dan beresiki tinggi untuk mengalami kebangkrutan. Oleh karena itu untuk menghindari hal-hal tersebut sebelum memulai suatu usaha bisnis harus memiliki data-data konkrit tentang keuangan perusahaan.

Hal ini nantinya akan menjadi pedoman berapa anggaran yang akan dikeluarkan oleh sebuah usaha bisnis yang akan dijalankan kedepannya. Sehingga para perintis usaha bisnis tersebut dapat mengira-ngira dan menyiapkan dananya. Prediksi dana yang dibutuhkan dalam mengalokasikan dana serta mencari dana menjadi hal yang penting dalam kelangsungan sebuah usaha bisnis.

Tujuan Membuat Financial Projection

  1. Untuk mengetahui kondisi bisnis kita dimasa yang akan datang sesuai dengan rencana bisnis yang sudah ditetapkan diawal.
  2. Simulasi proyeksi keuangan bisnis dari rencana bisnis yang sudah dibuat.
  3. Mendapat pendanaan dari investor maupun lembaga keuangan. Sehingga mereka dapat menganalisis persiapan usaha bisnis yang akan kalian ingin mulai.
  4. Ekspansi bisnis.

Rancangan Financial Projection

Apa saja yang biasanya ada dalam sebuah rancangan financial projection? Berikut ini yang perlu ditampilkan dalam rancangan tersebut:

Hal pertama dan bagian paling penting adalah hitungan dana awal yang dibutuhkan. Dana awal atau bisa juga disebut dengan start-up money. Dana yang dibutuhkan dalam sebuah financial projection merupakan total semua dana yang akan dikeluarkan sebagai modah awal untuk memulai usaha atau bisnis. Sumber dari sana tersebut juga harus dicantumkan asalnya. Misalnya dana tersbeut bersumber dari investor, donatur, kreditor, modal pribadi, atau lain-lainnya.

Selanjutnya kalian kalkulasikan prediksi dana yang sudah ada dengan dana yang akan dikeluarkan. Selisih dari hitugan tersebut merupakan kebutuhan kekurangan dana perusahaan yang harus dicari. Dalam suatu bentuk financial projection yang lebih profesional, kalian perlu mengisi secara lebih detail seluruh kebutuhan perusahaan mulai dari anggaran gaji perbulan, hitungan pajak, biaya hukum, biaya operasional, dan sebagainya.

Aplikasi HR Suites No 1 di Indonesia

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Beberapa hal yang harus ada dalam rancangan Financial Projection?

Berikut ini beberapa hal penting yang wajib dicantumkan ketika menyusun rancangan anggaran keuangan perusahaan yaitu :

1. Dana start- up yang dibutuhkan

Dalam sebuah rancangan Financial Projection harus dicantumkan jumlah budget dana start-up yang dibutuhkan dan merupakan anggaran total keseluruhan dana yang akan dikeluarkan sebagai modal awal untuk menyelenggarakan usaha bisnis, mulai dari aset bisnis sampai pada dana operasional yang diperkirakan untuk penyelenggaraan bisnis.

Selain itu Anda juga harus mencantumkan dari mana perkiraan sumber-sumber dana yang akan Anda peroleh nantinya, apakah dari investor, donatur, kreditor, modal pribadi dan sebagainya.

Kemudian selanjutnya Anda kalkulasikan prediksi dana yang ada dengan dana yang akan dikeluarkan, selisihnya merupakan kebutuhan kekurangan dana perusahaan yang harus dicari. Di dalam sebuah bentuk financial projection yang lebih profesional, maka Anda perlu mengisi secara detail seluruh kebutuhan perusahaan mulai dari anggaran gaji perbulan, berbagai pajak, biaya hukum dan sebagainya.

2. Proyeksi Rencana penjualan

Proyeksi perkiraan penjualan juga perlu Anda tampilkan di dalam sebuah financial projection perusahaan Anda, meliputi proyeksi tingkat penjualan, biaya, pertumbuhan dan sebagainya sebagai bagian dari perkiraan sebuah proses penjualan.

Financial projection merupakan gambaran secara umum bagaimana pengelolaan keuangan sebuah perusahaan. Financial projection yang baik memberikan gambaran yang realistis untuk dicapai sehingga memberi jaminan lebih bagi terselenggaranya dengan baik sebuah bisnis usaha yang akan dijalankan.

Bagi para pebisnis awam biasanya memang tidak terlalu menekankan pada penyajian konsep financial projection secara lebih detail, hanya gambaran umum yang penting dari kebutuhan yang ada. Untuk perusahaan berskala besar biasanya menggunakan financial projection sebagai patokan penyelenggaran usaha bisnis yang lebih mayor.

3. Cantumkan budget dengan angka-angka yang proporsional

Jika Anda diminta untuk mengisi sebuah finacial projection di dalam sebuah even kompetisi bisnis misalnya, maka yang perlu Anda lakukan adalah bagaimana menyajikan angka-angka yang proporsional terhadap kebutuhan yang ada.

Financial projection di dalam sebuah kompetisi bisnis diibaratkan sebagai proposal pengajuan dana yang harus bisa disajikan dengan baik dan meyakinkan pihak pemberi dana hibah untuk usaha bisnis yang akan Anda jalankan. Memulai sebuah usaha dengan cara-cara profesional akan lebih berpeluang mendapatkan hasil yang lebih baik.

Dua, yaitu proyeksi perkiraan penjualan juga perlu Anda tampilkan dalam sebuah financial projection perusahaan. Pekiraan penjualan meliputi proyeksi tingkat penjualan biaya, pertumbuhan dan sebagainya sebagai bagian dari perkiraan sebuah proses penjualan.

Untuk para pebisnis awam yang baru ingin memulai merintis usaha memang tidak terlalu menekankan pada pembuatan konsep financial projection secara detail, hanya gambaran umum yang penting dari kebutugan yang ada. Sedangkan untuk perusahaan yang berskala besar biasanya wajib menggunakan financial projection sebagai acuan penyelenggaraan usaha bisnis yang lebih besar.

Kunci utama dari pembuatan financial projection adalah menyajikan angka-angka yang proporsional terhadap kebutuhan perusahaan kalian. Financial projection bisnis diibaratkan sebagai proposal pengajuan dana yang harus bisa ditampilkan dengan baik dan meyakinkan pihak pemberi dana hibah untuk usaha bisnis yang akan kalian jalankan.

Fungsi Financial Projection

Banyak fungsi financial projection untuk usaha bisnis kalian, mari kita bahas secara lebih detail fungsi-fungsi dari financial projection:

1. Budgeting

Dalam bisnis Fungsi budgeting sangat penting karena perusahaan dapat merencanakan setiap pengeluaran yang akan dilakukan setiap harinya. Selain itu banyak aktifitas yang dilakukan oleh perusahaan setiap harinya yang berhubungan dengan uang, logistik, SDM, dan sebagainya/ Tiap-tiap aktifitas perusahaan tersebut memerlukan pendanaan. Ketika membuat financial projection, Anda juga dapat menjadikannya sebagai data untuk mengeksekusi keuangan perusahaan dalam jangka waktu harian, bulanan, bahkan tahunan. 

2. Cash flow management

Adanya cash flow management sangat diperlukan supaya Anda dapat lebih mudah mengetahui kapan waktunya keadaan finansial perusahaan sepanjang tahun berada diwaktu yang kurang baik. Sehingga kemudian Anda dapat mengantisipasi hal tersebut dengan memikirkan cara agar hal itu tidak terjadi. 

3. Alokasi modal

Susun alokasi dana atau modal dengan baik untuk mengalokasi dana dan planning yang Anda miliki sehingga Anda tahu kapan harus mengalokasikan dana serta kebagian mana agar usaha bisnis dapat berjalan dengan lancar.

Mengetahui nilai perusahaan, agar saat bertemu dengan investor, kalian sudah mengetahui nilai perusahaan yang kalian punya. Nilai perusahaan tersebut dapat dihitung dari financial projection. 

4. Melihat kebutuhan CAPEX & modal kerja

Capex adalah Capital Expenditure atau belanja modal. Ketika ingin membangun sebuah usaha bisnis, menentukan target setinggi-tingginya merupakan hal baik, namun jangan lupa untuk meningkatkan kualitas ‘dapur’ dari usaha bisnis kalian. Saat kalian menentukan target tinggi, harus punya aset yang tinggi juga sehingga bisnis yang kalian jalankan akan stabil. Pada saat ingin membangun usaha bisnis kita harus mengetahui modal kerja dan capex yang dibutuhkan dalam jangka waktu satu tahun, dua tahun bahkan tiga tahun kedepan. 

5. Rasio

Untuk seseorang yang baru saja memulai menjalanakan bisnis, terdapat dua rasio yang harus diperhatikan.

Pertama, rasio vertikal yaitu rasio untung rugi, seberapa besar rasio keuntungan terhadap omset. Perlu diperhatikan juga berapa rasio biaya marketing terhadap omset. Sehingga ketika Anda mengetahui rasionya, maka Anda dapat membuat planning untuk kedepannya.

Rasio kedua, rasio horizontal, untuk mengetahui pertumbuhan bisnis kalian dari tahun ke tahun, untuk membandingkan perkembangan dan pertumbuhan bisnis kalian. 

Point Penting Financial Projection

Setelah kita mengetahui apa itu financial projector dan pentingnya hal tersebut untuk sebuah usaha dan bisnis, mari sekarang kita bahas point-point apa saja yang harus disajikan dalam sebuah financial projector agar investor tertarik?

Kalau bisnis kalian sudah berjalan, pastikan kalian melampirkan laporan keuangan yang sudah terjadi. Dasar untuk membuat financial projection adalah financial historical usaha bisnis itu sendiri. Selanjutnya, tampilkan forecaster keuangan usaha bisnis kalian dalam 3 skenario. Skenario baik, buruk dan medium yang akan bisnis kalian alami. 

Langkah Membuat Financial Projection

Ada beberapa langkah yang perlu Anda perhatikan ketika ingin membuat financial projection. Berikut ini tahapan secara umumnya:

1. Hitunglah dana awal yang dibutuhkan

Dana ini biasa disebut dengan start-up money. Yang dimaksud dengan dana awal adalah dana yang dibutuhkan dalam suatu financial projection yakni total seluruh dana yang disiapkan sebagai modal awal memulai suatu bisnis. Misal, dana-dana tersebut bersumber dari investor, donatur, kreditur, modal pribadi, dll.

2. Kalkulasikan rencana

Buat prediksi dana yang sudah ada dengan dana yang akan Anda keluarkan. Selisihnya merupakan kebutuhan kekurangan dana perusahaan yang perlu Anda cari. Jika perlu, Anda isi secara detail seluruh kebutuhan perusahaan. Mulai dari anggaran gaji perbulan, penghitungan pajaknya, biaya hukum, biaya operasional, dll.

3. Perkiraan penjualan

Sebagai catatan, proyek anggaran ini merupakan gambaran secara umum pengelolaan keuangan perusahaan. Financial projection ini memiliki karakter yang memberikan gambaran serealistis mungkin untuk dicapai, sehingga bisnis yang akan Anda jalankan memiliki jaminan peluang untuk sukses.

Bagi perusahaan baru, biasanya gambaran proyek anggaran atau keuangan ini tidak terlalu menekankan pada konsep yang detail. Hanya saja gambaran umum yang penting dari kebutuhan perusahaan harus jelas. Sedangkan, bagi perusahaan yang berskala besar, biasanya dituntut untuk menggunakan financial projection sebagai acuan pelaksanaan bisnis yang lebih besar.

Kunci dari membuat financial projection adalah menghadirkan angka-angka yang proporsional dan realistis terhadap kebutuhan perusahaan Anda. Bisa dikatakan proyeksi keuangan ini sebagai proposal pengajuan yang harus disajikan dengan baik agar pihak yang akan memberikan dana tersebut yakin terhadap bisnis yang Anda jalankan.

Tetapi hal terpenting agar investor tertarik untuk memberi dana adalah Anda harus bisa meyakinkan mereka bahwa bisnis yang Anda jalani mempunya potensi yang besar. Kalian harus yakin bahwa bisnis kalian bisa berkembang besar. Financial projection hanyalah tools yang akan membantu kalian dan investor supaya punya gambaran bisnis kalian akan seperti apa nantinya.

Tips Mengatur Keuangan Perusahaan

Perencanaan administrasi keuangan yang baik dan matang juga bisa membuat investor tertarik. Untuk mempermudah perusahaan dalam mencatat laporan keuangannya Jojonomic memiliki solusi untuk itu. JojoExpense dari Jojonomic hadir untuk mengatasi masalah perusahaan. Salah satu fitur yang JojoExpense tawarkan adalah kemudahan reimbursement karyawan yang dapat di approve oleh atasan kapan saja dan dimana saja.

Karyawan hanya tinggal mengupload bukti reimburse berupa bill ke aplikasi JojoExpense yang dapat di install disemua smartphone. Lalu permohonan reimburse akan langsung masuk ke atasan untuk selanjutnya di approve atau ditolak. Setelah reimbursement di approve oleh atasan, permintaan reimburse akan masuk ke finance. Selanjutnya finance mencairkan uang reimburse karyawan berupa transfer atau cash sesuai dengan keinginan karyawan. Dengan menggunakan JojoExpense dapat meningkatkan efisiensi manajemen pengeluran perusahaan hingga 76%.

financial projection

Dengan semua kemudahan yang ditawarkan oleh JojoExpense, tidak perlu lagi khawatir sulit untuk mendata pengeluaran usaha kalian. Semua data pengeluaran akan tersimpan otomatis di database JojoExpense dan dapat diakses dengan mudah. Serta JojoExpense ini dapat dipantau langsung oleh kalian sebagai pemilik bisnis, sehingga menghindari kecurangan yang dilakukan oleh karyawan.

Memakai aplikasi finance & expense yang terbaik akan disukai oleh tim Anda karena Produk Finance & Expense kami siap digunakan, mudah dipakai dan memiliki ROI besar untuk semua jenis bisnis.

Aplikasi JojoExpense

Gunakan aplikasi yang bisa menjadi Solusi Manajemen Pengeluaran Perusahaan yang Fleksibel, yaitu JojoExpense yang memudahkan staf keuangan untuk memantau disbursement perusahaan secara real-time dan akurat. Hemat waktu hingga 77% dengan proses pelaporan pengeluaran otomatis!

Aplikasi JojoExpense dengan Fitur Populer

  • Monitor disbursement uang panjar kerja di manapun kapan pun
  • Proses pelaporan dan pengarsipan reimbursement otomatis dan dapat disesuaikan
  • Peraturan budget yang disesuaikan untuk reimbursement dan Cash Advance

Bagaimana? Apakah Anda sudah tertarik untuk menggunakan JojoExpense agar pengeluaran usaha bisnis Anda bisa makin lebih terkontrol?