Flowchart Software dan Perbedaan dengan DFD

Untuk membuat suatu software, diperlukan konsep dan perancangan terlebih dahulu. Dari itu, Anda akan bisa membuat software sesuai dengan proses yang mendetail. Perlu flowchart software untuk melakukan hal tersebut. Flowchart sendiri merupakan simbol tertentu yang menjelaskan atau menggambarkan urutan proses yang mendetail antara proses yang satu dengan yang lain dalam program.

Tujuan Flowchart Program dan Perbedaan dengan DFD

Flowchart dibuat untuk menjelaskan detail dari pembuatan program tersebut. Dengan penulisan yang mendetail sehingga jika pun ada yang tidak dimengerti, maka dari flowchart tersebut bisa dijabarkan lebih luas. Agar tujuan tersebut bisa tercapai, maka perlu penulisan flowchart yang tepat. Mulai dari input, proses hingga output.

flowchart software

Banyak yang mengatakan jika flowchart software itu sama dengan DFD padahal keduanya adalah hal yang berbeda. Data flow diagram atau yang lebih dikenal dengan DFD adalah diagram yang menggunakan notasi. Notasi tersebut untuk menggamabarkanarus data sistem atau menjelaskan suatu proses kerja dari suatu sistem. Sehingga, yang menggunakannya mampu memahami sistem dengan lebih jelas dan terstruktur.

Secara umum, perbedaan antara flowchart dengan DFD yaitu:

  • Flowchart menjelaskan alur kerja ataupun prosedur yang ada di sistem atau software. Sedangkan DFD hanya menunjukkan alur data dari sistem tersebut.
  • Flowchart penulisan dan alur datanya harus urut. DFD prosesnya bisa dilakukan secara serentak atau parallel.
  • Flowchart memiliki looping sedangkan DFD tidak ada.
  • Flowchart memiliki proses perhitungan sedangkan DFD tidak memiliki proses tersebut.

Jenis Flowchart Software

Ada 5 jenis flowchart software yang harus anda ketahui terutama jika Anda bekerja atau bersinggungan dengan sistem dan software. Jenis flowchart tersebut yaitu:

1.     Flowchart Sistem

Flowchart ini menunjukkan suatu alur kerja yang sedang dikerjakan dalam suatu sistem secara keseluruhan. Sehingga akan menjelaskan urutan dari prosedur apa saja yang ada di sistem tersebut. Dapat dikatakan juga jika flowchart ini adalah deskripsi dari prosedur yang ada di dalam sistem yang dibuat.

flowchart softwareDalam flowchart jenis ini, akan ada data pada sistem dan proses untuk mentransformasikan data. Penggambaran datanya bisa digambarkan secara offline atau dikaitkan langsung dengan komputer ataupun offline yang tidak dikaitkan langsung ke komputer namun dengan device lain. Misalnya dengan kalkulator.

2.     Flowchart Dokumen

Flowchart ini disebut juga dengan bagan alir formulir atau paperwork flowchart. Artinya adalah flowchart ini dibuat untuk menunjukkan arus atau alur laporan, formulir dan tembusannya.

3.     Flowchart Skematik

Flowchart skematik adalah bagan alir yang bentuknya mirip dengan flowchart sistem. Tujuannya adalah untuk menggambarkan suatu prosedur yang ada di dalam sistem. Namun keduanya memiliki perbedaan. Bedanya adalah flowchart skematik menggunakan simbol yang tidak hanya ada di flowchart sistem namun juga gambar komputer serta alat yang dipergunakan.

Tujuannya adalah agar alur tersebut lebih mudah dimengerti. Terutama untuk Anda yang yang bekerja sama dengan pihak lain. Dengan begitu, akan lebih meminimalisir kesalahpahaman yang terjadi. Sayangnya, jenis sistem ini memiliki kekurangan yaitu susah dan lama untuk menggambarnya.

Sehingga jika Anda memiliki waktu yang terbatas, Anda akan sangat kesulitan. Jika pun Anda ingin menggunakan flowchart ini, maka Anda harus memiliki tim yang bisa menggambarnya.

4.     Flowchart Program

Flowchart software ini merupakan flowchart yang menjelaskan secara rinci mengenai langkah dari suatu proses pembuatan program yang terbuat dari derivikasi flowchart sistem. Ada 2 jenis flowchart program yaitu:

  • Program logic Flowchart : jenis ini dipergunakan untuk menggambarkan setiap langkah dari program komputer yang ada. Penggambaran tersebut dilakukan secara logika.
  • Detailed computer program flowchart: penggambaran setiap langkah dalam program yang dibuat dan penggambarannya dipersiapkan oleh analis sistem.

5.     Flowchart Process

Proses penggambaran ini bertujuan untuk memecah dan menganalisa langkah selanjutnya pada suatu sistem. Sehingga dalam penggambarannya, dibutuhkan simbol tersendiri. Misalnya simbol untuk menunjukkan delay atau penundaan.

flowchart software

Flowchart ini dipergunakan oleh perekayasa industrial yang mengembangkan atau mempelajari proses manufacturing. Sedangkan dalam analisis sistem, penggunaannya khusus untuk menelusuri suatu alur dari laporan atau program.

7 Point Penting Membuat Flowchart

Tidak semua orang bisa membuat flowchart software. selain harus menghafal simbol yang dipergunakan, ada ketentuan tersendiri dalam pembuatannya. Berikut ketentuan untuk membuat flowchart:

  • Pembuatan flowchart harus dari halaman atas ke bawah dan dari sebelah kiri ke sebelah kanan.
  • Aktivitas yang digambarkan harus diartikan atau didefinisikan lebih dahulu. Kemudian baru dimengerti sebelum digambar. Proses tersebut harus jelas dari awal hingga akhir. Karena jika tidak, akan membuat pihak yang bekerja sama, misalnya programmer, menjadi bingung.
  • Langkah dari aktivitas harus menggunakan kata kerja dan diurutkan dengan benar.
  • Ruang lingkup aktivitas yang digambarkan haruslah ditelusuri dan ditulis dengan hati-hati. Sehingga jika memiliki percabangan yang memotong aktivitas, tidak perlu untuk menggambarkan flowchart yang sama. untuk mengatasi hal tersebut, maka diperlukan simbol percabangan atau konektor.
  • Menggunakan simbol flowchart yang biasanya dipergunakan. Jangan menggunakan simbol sendiri yang tidak dimengerti oleh orang lain.

flowchart software

Walaupun Anda tidak begitu mengerti, namun flowchart software ini tetap dipergunakan untuk membuat suatu program termasuk program pembayaran atau payroll. Namun, Anda perlu perlu susah susah untuk membuatnya saat ini karena sudah ada JojoPayroll. Aplikasi ini akan membantu Anda untuk meringankan pekerjaan Anda membayarkan gaji pegawai.

JojoPayroll untuk Memaksimalkan Flowchart Software

Kami sudah membuat produk yang dilengkapi dengan perhitungan gaji yang akurat yang juga diintegrasikan dengan absensi sehingga jika karyawan tidak masuk karena membolos akan berpengaruh pada gaji. JojoPayroll juga sudah dilengkapi dengan database komprehensif yang terhubung dengan cloud.

Pembayaran Pajak

 

Penyimpanan secara online ini memungkinkan Anda untuk bisa mengakses data dimana saja dan kapan saja Anda mau. Jadi, walaupun Anda sedang tidak di kantor dan Anda harus mengambil data, Anda bisa melakukannya karena data tersimpan di cloud.

Dengan fitur yang ada di JojoPayroll, Anda juga akan mendapatkan hal seperti berikut:

  • Mencetak slip gaji untuk setiap payroll yang dilakukan. Sehingga Anda tidak perlu melakukan perhitungan dan pencatatan secara manual untuk slip gaji karyawan. Dengan begitu, Anda akan lebih mudah untuk menghemat waktu.
  • Melakukan transfer ke lebih dari 150 akun bank yang ada di Indonesia. Anda tidak perlu bingung, ataupun harus berganti akun untuk membayarkan gaji karyawan. Karena hanya dengan sekali klik gaji akan segera ditransfer ke nomor rekening karyawan.
  • Melakukan perhitungan untuk pajak dan angsuran BPJS. Jadi Anda hanya tinggal memasukkan data dan JojoPayroll akan melakukan perhitungan otomatis untuk Anda.

Jadi, daripada Anda harus membuat program sendiri dan menuliskan flowchart software yang rumit, Anda bisa langsung menggunakan JojoPayroll. Untuk mencoba gratis dan merasakan manfaat JojoPayroll, klik link ini https://jojonomic.com/produk/jojopayroll-penggajian-online/ dan download versi gratisnya. Jadi coba sekarang nikmati manfaat kemudian!