Fringe Benefit, Jenis, Tujuan, dan Manfaatnya

Fringe benefit atau yang juga biasa disebut dengan istilah program pelayanan karyawan umumnya dilakukan oleh suatu perusahaan agar para karyawan yang bekerja di perusahaan tersebut tetap betah. Di dalam perusahaan memang terdapat banyak program yang secara khusus diadakan untuk para tenaga kerja seperti misalnya program kesehatan atau program keselamatan kerja dan lain sebagainya. Demikian pula program pelayanan karyawan yang juga diadakan sebagai program untuk tenaga kerja perusahaan. Sebenarnya ada banyak istilah yang digunakan untuk menyebut fringe benefit seperti jaminan sosial atau program kesejahteraan karyawan dan lain sebagainya.

Fringe benefit hadir dalam berbagai macam bentuk yang tentunya diadakan dengan tujuan untuk memberikan pelayanan atau fasilitas demi mencapai kesejahteraan karyawan. Tentu saja fringe benefit ini pada akhirnya berkaitan dengan perekonomian karyawan. Di samping itu program ini juga mendukung kesejahteraan karyawan. Dengan adanya fringe benefit ini maka kondisi fisik dan mental para karyawan pada akhirnya akan semakin terpelihara. Fringe benefit atau program pelayanan karyawan akan memberikan dampak positif pada pengembangan karyawan sehingga karyawan perusahaan akan semakin memiliki kualitas yang baik. Potensi SDM yang dimiliki oleh para karyawan akan semakin meningkat dan berkembang dengan baik karena adanya program pelayanan karyawan yang diberikan oleh perusahaan.

Jenis-Jenis Fringe Benefit

Ada banyak bentuk dan jenis fringe benefit yang diberikan oleh perusahaan pada para karyawan. Berbagai jenis fringe benefit tersebut antara lain program kesejahteraan ekonomi karyawan dan program rekreasi serta pemberian fasilitas. Program kesejahteraan ekonomi karyawan umumnya meliputi dana pensiun dan asuransi serta pemberian kredit. Program ini pada akhirnya akan membantu melindungi kondisi ekonomi karyawan. Sedangkan program rekreasi meliputi kegiatan olah raga dan kegiatan sosial yang tentunya akan membantu memberikan kepuasan batin karyawan.

Berbagai kegiatan yang sering kali dilakukan oleh perusahaan untuk memenuhi program rekreasi ini yaitu adanya kegiatan darmawisata yang dapat diikuti oleh segenap karyawan pada suatu perusahaan. Program lainnya yaitu pemberian fasilitas antara lain meliputi adanya kafetaria untuk mempermudah karyawan yang ingin makan dan minum. Ada pula perusahaan yang memberikan fasilitas berupa perumahan dinas atau mess ataupun tunjangan perumahan yang diberikan oleh perusahaan pada para karyawan. Perusahaan juga sering kali menyediakan toko sehingga para karyawan bisa melakukan pembelian barang-barang yang merupakan kebutuhan bagi karyawan itu sendiri. Selain itu ada pula fasilitas kesehatan dan fasilitas pendidikan yang diberikan pada para karyawan.

Tujuan Fringe Benefit

Berbagai program pelayanan karyawan atau fringe benefit saat ini telah mengalami perkembangan yang semakin luas. kesejahteraan para karyawan seolah menjadi titik perhatian bagi perusahaan. Segala upaya dilakukan oleh perusahaan agar karyawan betah bekerja dan memiliki loyalitas pada perusahaan. Di zaman sekarang ini memang kesejahteraan karyawan menjadi suatu hal yang tidak dipandang remeh lagi. Ditambah lagi di zaman sekarang ini semakin banyak berkembang organisasi buruh yang kehadirannya semakin membuat para pemilik dan pemimpin perusahaan merasa khawatir. Tentu saja pengusaha atau pimpinan perusahaan akan selalu berusaha untuk memberikan hal apa yang sekiranya baik untuk para karyawannya agar para karyawan tidak sampai membentuk organisasi buruh dan mendemo perusahaan. PersoLan mengenai kesejahteraan karyawan memang merupakan hal yang penting dan bahkan hal mengenai kesejahteraan karyawan ini menjadi perhatian tersendiri bagi pemerintah. Oleh karena itu setiap perusahaan memang sudah seharusnya memiliki fringe benefit dengan tujuan khusus untuk meningkatkan kesejahteraan karyawan.

Prinsip Fringe Benefit

Prinsip utama dari pelaksanaan fringe benefit umumnya adalah adanya program pelayanan yang diharapkan agar pada akhirnya hasil yang diperoleh perusahaan setidaknya sama dengan biaya yang dikeluarkan untuk pengadaan fringe benefit. Program pelayanan untuk para karyawan pada dasarnya memang diadakan untuk memenuhi kebutuhan dari para karyawan itu sendiri. Segala fasilitas yang diberikan untuk karyawan selalu bertujuan untuk membantu para karyawan dalam memenuhi segala kebutuhannya. Di samping itu fringe benefit akan selalu diusahakan agar berjalan secara efektif sehingga dapat memberikan hasil yang maksimal untuk para karyawan. oleh karena itu setiap usaha yang dilakukan oleh perusahaan tentunya bersifat lebih efektif. Pelayanan yang harus diberikan oleh perusahaan juga sudah seharusnya bisa dinikmati oleh para karyawan. Dengan demikian maka tujuan dari fringe benefit itu sendiri bisa tercapai. Namun biaya untuk mengadakan program fringe benefit hendaknya dihitung dan dipersiapkan dengan benar agar tidak sampai berlebihan. Hendaknya biaya untuk mengadakan program fringe benefit ini harus jelas dasar pembelanjaannya.

Dampak Fringe Benefit

Berbagai aksi tentunya menimbulkan reaksi seperti halnya program perusahaan yang tentunya akan mengundang reaksi dari para karyawan. Program yang satu ini yang diadakan oleh perusahaan juga tak selamanya menimbulkan dampak positif bagi pengembangan para karyawan. Program tersebut yang tadinya bertujuan untuk kesejahteraan para karyawan juga mungkin saja bisa menimbulkan dampak negatif. Masalah mungkin saja bisa timbul berkaitan dengan adanya fringe benefit. Misalnya saja program fringe benefit yang sedang berlangsung bisa saja menjadi sumber keluhan yang baru bagi para karyawan.

Ketidakpuasan karyawan akan layanan yang diberikan oleh perusahaan kemungkinan dapat menimbulkan adanya pembicaraan negatif di antara para karyawan. Layanan dari perusahaan bisa saja dinilai masih kurang. Program semacam ini justru bisa saja mendorong para karyawan untuk meminta layanan yang lebih lagi. Fasilitas yang diberikan oleh perusahaan akan dirasa masih kurang sehingga berbagai macam tambahan program untuk kesejahteraan karyawan akan diminta untuk semakin diperbanyak atau dikembangkan. Hal ini di satu sisi bisa membuat keuangan perusahaan tidak optimal. Semakin banyak layanan dari perusahaan untuk karyawan tentu akan memangkas dana yang tersedia pada perusahaan hanya untuk hal tertentu saja.

Oleh sebab itu dapat kita lihat pentingnya mengatur keuangan perusahaan setepat dan sebaik mungkin. Sehingga tidak perlu terjadi poin-poin penting dalam keuangan perusahaan yang bisa terlewatkan. Apabila ingin mendapatkan solusi yang paling tepat dalam menghadapi hal ini tentu saja melalui pemakaian JojoExpense yang secara teliti mengatur dan mencatat pengeluaran yang dilakukan. Yang mana hal ini akan membantu menghindari kerugian dari pihak perusahaan sepenuhnya pada sistem keuangan yang dimiliki. Berkat fitur-fitur menarik seperti misalnya Mobile Approval, Cash Advance, ataupun Budget Controlling dan lain sebagainya, tentu pengeluaran yang terjadi di dalam perusahaan akan terkontrol lebih efektif dan lebih efisien.

Nah, jika sudah yakin benar dan percaya, tunggu apa lagi? Yuk, segera saja lakukan coba gratis JojoExpense di perusahaan Anda. Biarkan sistem keuangan perusahaan Anda menjadi lebih baik, lebih terkontrol dan lebih sistematis. Tidak ada kecurangan yang berpotensi merugikan perusahaan. Tidak perlu pusing dengan cara-cara konvensional yang memakan banyak waktu. Percayakan pada JojoExpense maka seluruh sistem keuangan perusahaan Anda bisa lebih dioptimalkan tanpa ada halangan yang berarti.