Fungsi Pajak Yang Harus diketahui

fungsi pajak

Besarnya kebutuhan dan juga tuntutan dari warga membuat jumlah keperluan warga yang harus dipenuhi semakin tinggi. Oleh karenanya sebagai warga yang baik tentunya taat pajak menjadi sebuah keharusan. Ternyata fungsi pajak yang sebenarnya cukup banyak tentunya memberikan manfaat untuk warga sekitarnya. Pajak yang dikenakan kepada seseorang atau pelaku bisnis tentu berbeda.

Semakin tinggi nilai kena pajak yang terdapat di dalam objek pajak tersebut maka jumlah pajak yang wajib dibayarkan juga akan semakin besar. Rutin membayar pajak ketika sebuah lamunan yang menentukan kemanakah arah dan tujuan dari pajak tersebut, maka pajak memiliki fungsi yang cukup besar. Termasuk untuk memberikan pengertian akan kewajiban pembayaran pajaib secara tetap waktu.

Fungsi Pajak Secara Umum

Apabila berhubungan dengan pajak tentu saja pajak tersebut memiliki peruntukan tertentu. Apabila eseorang tidak memiliki tujuan tertentu maka nilai pajak yang dibayarkan juga berbeda. Secara umum fungsi pajak secara umum seperti:

Fungsi Pajak Sumber Anggaran

Fungsi pertama dari pajak adalah sebagai pelaksana sekaligus sebagai sumber utama dari fungsi anggaran. Pelaksana sekaligus perencana fungsi anggaran maksudnya adalah semakin banyak nilai dan jumlah pajak yang disetorkan kepada negara maka jumlah angagran yang bisa digunakan untuk melakukan pembangunan semakin besr. Nilai anggaran daayang terkumpul menentukan jumlah pembelanjaan yang bisa diambil dan dipenuhi. Oleh karenanya akan lebih baik jika jumlah pajak tersebut harus terus ditingkatkan untuk memenuhi kebutuhan anggaran  untuk keperluan dana anggaran untuk pembangunan.

Mengatur Keperluan Negara

Fungsi dari pajak yang berikutnya adalah untuk mengatur keperluan. Apabila sebuah negara memiliki kebijakan mengenai pajak yang relatif kuat, maka negara tersebut dapat memenuhi segala kebutuhan dari negara tersebut. Mulai dari pembelanjaan infrastrukutr hingga pembelanjaan lainnya yang diperlukan oleh negara. Peruntukan pajak masing-masing negara memiliki nilai serta jumlah tertentu yang disesuaikan dengan keperluan.

fungsi pajak

Oleh karennaya semakin kuat landasan hukum dari peraturan pajak yang dikenakan oleh negara maka semakin kuat pula bagaimana posisi keuangan dari negara untuk memenuhi kebutuhan operasional negara tersebut. Termasuk untuk memenuhi kebutuhan lainnya untuk keperluan rakyat secara keseluruhan.

Menjaga Stabilitas

Fungsi berikutnya dari pajak adalah sebagai upaya untuk menjaga stabilitas. Mulai dari stabilitas pertumbuhan ekonomi hingga stabilitas harga-harga kebutuhan pokok. Termasuk menjaga stabilitas inflasi yang berlaku. Oleh karenanya, akan lebih baik jika sebuah negara memiliki sebuah aturan yang jelas dan kuat mengenai pajak sehingga stabilitas kondisi perekonomian negara secara umum tetap terjaga dengan baik.

Apabila sebuah negara tidak memiliki peraturan yang tegas perihal pajak maka negara tidak akan memiliki kemampuan untuk menjaga stabilitas keuangan negara. Bisa dikatakan jalannya perkonomian negara sangat bergantung kepada bagaimana negara mengatur perihal perolehan pajak secara umum.

Fungsi Pajak Sebagai Pendapatan Negara

Pendapatan merupakan fungsi pajak berikutnya yang cukup penting. Pajak menjadi sumber utama dari pendapatan negara. Jika warganya tidak tertib membayar pajak, maka jumlah pendapatan negara akan berkurang. Apabila jumlah pendapatan negara berkurang maka pemerintah tidak akan mampu mencukupi kebutuhan warganya baik itu yang berhubunagn dengan insfrastruktur hingga keperluan lainnya.

Target rasio jumlah pajak yang dibayarkan oleh warganya semakin tinggi, maka total pendapatan negara akan semakin meningkat. sehingga secara umum, negara akan memiliki jumlah pendapatan yang tinggi ketika rasio warga negara yang taat pajak semakin banyak. Jika jumlah warga yang taat pajak semakin banyak, maka jumlah pendapatan negara yang akan dibelanjakan untuk berbagai keperluan negara dan warganya akan semakin besar juga.

Macam-Macam Pajak

Pajak memiliki fungsi yang cukup banyak serta sangat penting untuk perkembangan negara secara keseluruhan. Memang tidak dapat dipungkiri bahwa adanya pajak bagi beberapa kalangan dianggap sebagai sebuah beban. Akan tetapi tidak melihat banyaknya fungsi pajak  yang bisa diamb8l oleh negara yang warga negaranya memiliki kesadaran tinggi akan pajak.

Jika negara tidak memiliki warga yang memiliki kesadaran tinggi untuk membayar pajak tentunya negara tidak akan bisa mendapatkan dan memenuhi semua kebutuhan dari warganya sendiri. Jika warganya tidak memiliki kedisiplinan tinggi untuk melakukan pembayaran pajak secara disiplin maka pemerintah tidak akan mampu memenuhi keperluan warganya.

fungsi pajak

Pajak Penghasilan

Pajak yang memiliki porsi paling besar untuk memberikan kontribusi pada negara adalah pajak penghasilan. Semakin tinggi nilai penghasilan dari seseorang maka jumlah pajak yang harus dibayarkan semakin besar. Sehingga jika seseorang memiliki pendapatan tinggi, maka tidak heran jika pajak pendapatan yang harus dibayarkan juga sangat tinggi.

Meskipun pendapatan seseorang diterima setiap bulannya akan tetapi perhitungan untuk jumlah pajak yang harus dibayarkan adalah perhitungan secara tahunan. Jumlah penghasilan seseorang yang dihitung dalam waktu satu tahun kemudian dipotong dengan jumlah pajak yang wajib dibayarkan tentu saja cukup besar.

Secara umum melihat fungsi pajak yang cukup besar memang tidak salah jika sebagai warga negara yang baik diwajibkan untuk taat membayar pajak. Segala bentuk pelanggaran maupun penentangan untuk tidak membayar pajak merupakan sebuah pelanggaran norma hukum yang berlaku. Sebab pajak sangat berkaitan dengan bagaimana negara dapat memenuhi kebutuhan rakyatnya. Penggunaan pajak yang disetorkan kepada negar secara umum digunakan untuk sebesar-besarnya kemakmuran rakyatnya.

Sehingga wajar apabila negara memiliki kebijakan yang cukup kuat yang berhubungan dengan pengaturan pajak demi kemakmuran rakyatnya secara keseluruhan. Tanpa adanya pengaturan untuk pembayaran pajak maka pemerintah tidak akan mampu memberikan kontribusi yang sebesar-besarnya untuk kemakmuran rakyat secara keselurhan. Oleh karenanya, sebagai pemerintah yang ingin mengutamakan kepentingan warga negaranya tentu saja harus melakukan pembayaran secara rutin untuk semua keperluan warganya.

fungsi pajak

Meskipun pemerintah memiliki aturan ketat tentang perpajakan, akan tetapi tidak semua warga negara memiliki kewajiban atau dnegan kata lain terikat dengan kewajiban membayar pajak. Pemerintah memiliki aturan yang lebih detail dan spesifik untuk pembayaran pajak serta subjek pajak. Tidak semua orang yang ada wajib membayar pajak.

Aturan Membayar Pajak

Pemerintah memiliki peraturan jelas mengenai siapa saja yang secara efektif dan wajib menjalankan kewajiban untuk membayar pajak. Persyaratan yang dimaksud berhubungan erat dengan bagaimana kondisi dari objek pjak tersebut. Apabila berhungan erat dengan pembayaran pajak seperti jumlah penghasilan minimum sampai kena pajak.

Pemberian batasan kepada orang-orang yang memiliki kewajiban untuk membayar pajak tentu dilakukan agar pajak yang sejatinya digunakan untuk sebesar-besar kemakmuran rakyatnya bisa ditarik secara tepat dan juga digunakan secara tepat sasaran juga. Aturan-aturan subjektif tersebut dibuat agar warga negara tidak memiliki anggapan bahwa pajak merupakan iuran yang sangat memberatkan.

Oleh karennya jika berhubungan dengan pajak, warga negara memang diharuskan untuk berhati-hati agar tidak terjadi kesalahan dalam hal input data kependudukan agar tepat sasaran. Pajak yang merupakan sebuah iuran wajib untuk setiap warga negaranya memang harus diatur dengan detail agar tidak terjadi kesalahan dalam hal perhitungan pajak dan juga peruntukannya dengan baik.