Manfaat dan Contoh Games Outbound untuk Pengembangan Karyawan

Salah satu kebutuhan dalam hidup manusia adalah rekreasi atau hiburan. Keduanya bisa didapat melalui beberapa cara, seperti bertamasya, pelesiran, atau sekadar bermain bersama di tempat terbuka, yang sering kita sebut dengan games outbound.

Permainan-permainan yang dilakukan di luar ruangan bentuk dan manfaatnya beragam. Mulai dari mengasah kemampuan motorik, kekompakan dan ketangkasan. Efeknya pun beragam, mulai dari rasa ceria dan senang, hingga saling kenal dan dekat, karena biasanya dilakukan secara berkelompok.

Bicara permainan, sebetulnya tidak selalu identik dengan anak-anak. Games outbound bisa dilakukan untuk orang dewasa. Lebih khusus lagi bisa diaplikasikan untuk para karyawan di kantor.

Mereka yang sudah lima atau enam hari bekerja, berkutat dengan deadline dan klien, juga memerlukan hiburan. Nah, games outbound ini bisa jadi salah satu solusinya. Untuk tahu lebih jauh, baca artikel ini sampai selesai ya!

Guna dan Manfaat Games Outbound

Saat kita bicara games outbound, sebetulnya yang patut dibahas bukan hanya bentuk permainan atau dimana biasanya dilaksanakan. Lebih dari itu, ada manfaat yang bisa didapat dari permainan-permainan ini.

Untuk mengawali artikel ini, kita akan mulai dari guna dan manfaat yang mungkin atau bakal didapat para peserta permainan ini. Lebih khususnya lagi, kita akan membicarakannya dalam konteks untuk karyawan di sebuah perusahaan.

Berikut ini, beberapa poin terkait manfaat atau guna games outbound bagi karyawan ataupun pengembangan diri mereka:

Menumbuhkan Jiwa Kepemimpinan

Pertama, manfaatnya adalah menumbuhkan jiwa kepemimpinan para peserta. Melalui berbagai permainan yang diadakan, peserta diminta untuk dapat mengambil keputusan dalam bermain.

Melatih Kerja Sama Tim

Manfaat yang kedua adalah melatih kerja sama tim. Ini sepertinya adalah manfaat yang paling tampak dan mudah kita tebak. Sebab, hampir semua games outbound dilakukan secara berkelompok.

Sumber: cleverism.com

Wadah untuk Melatih Kemampuan Analisa

Ketiga, permainan-permainan di luar ruangan ini dapat menjadi wadah untuk meningkatkan kemampuan analisa para karyawan. Di setiap permainan peserta akan diminta untuk memikirkan cara terbaik untuk menyelesaikan tantangan.

Sebagai Sarana Kebersamaan

Berikutnya, games outbound dapat menjadi sarana membangun kebersamaan, dan perkenalan antar karyawan. Mungkin, perusahaanmu adalah perusahana yang besar dengan banyak divisi, sehingga tidak semuanya saling mengenal.

Maka dari itu, permainan dapat dijadika sarana untuk kebersamaan dan saling mengenal satu sama lain. Nantinya, saat bekerja akan terbangun suasana yang lebih cair dan lebih kekeluargaan.

Untuk Refreshing Karyawan

Terakhir, yang sudah pasti diharapkan oleh para karyawan, dan sudah sedikit dibahas di bagian pembuka, yaitu untuk refreshing karyawan. Mereka tidak lagi berhadapan dengan komputer, klien, atau alat-alat pekerjaan lainnya.

Melainkan bermain, bercanda dan beraktivitas di luar ruangan. Hal ini sangat penting, karena merupakan salah satu kebutuhan manusia. Hasil dari refreshing ini, nantinya akan membuat karyawan lebih semangat dan nyaman dalam bekerja. Lalu meningkatlah loyalitas mereka.

Sumber: adrenaline.gr

Beberapa Jenis Games Outbound

Bagian selanjutnya, kita akan bahas soal jenis games outbound, yang bisa dibagi berdasarkan guna atau prinsip permainnya. Sedangkan praktiknya, kamu bisa kembangkan dan tentukan sendiri.

Jika kamu adalah seorang human resource (HR) di sebuah perusahaan, kamu bisa merumuskannya bersama para karyawan, sehingga hubunganmu dan karyawan akan semakin dekat, bahkan sebelum permainan-permainan itu dilaksanakan.

Satu, Permainan Kekompakan

Jenis yang pertama ini adalah permainan dengan tujuan untuk melatih kekompakkan. Karena akan melatih kekompakkan, sudah pasti permainan ini dilakukan oleh lebih dari satu orang.

Kamu bisa membuat beberapa kelompok. Lalu merumuskan satu permainan atau tantangan yang bisa diselesaikan dengan kerja sama tim. Misalkan yang sederhana adalah membawa bola diatas untaian tali. Saat ada satu orang di kelompok tersebut yang lengah, maka misi mereka akan gagal.

Dua, Permainan Konsentrasi

Kemudian, jenis permainan yang mengasah konsentrasi. Permainan jenis ini sebetulnya tidak harus dilakukan di ruangan terbuka. Juga tidak perlu ruangan yang luas biasanya. Tujuannya adalah untuk menyegarkan otak para peserta, yaitu para karyawan.

Permainan bisa dengan mengajukan beberapa soal. Lalu peserta diminta untuk mengingatnya. Begitu dilakukan secara berulang.

Tiga, Permainan Ketangkasan

Ketiga, bisa saja kamu membuat permainan yang mengadu ketangkasan. Nah, untuk jenis ini, biasanya akan lebih menyenangkan untuk dilakukan di luar ruangan dan di tempat yang luas.

Kamu bisa membuat permainan yang melatih kecepatan peserta dalam melakukan sesuatu, kekuatan, atau ketangkasan lainnya.

Contoh Games Outbound

Sekarang, saatnya kita masuk ke pembahasan terkait contoh games outbound yang bisa kamu praktikan. Bisa langsung kamu jalankan, bisa juga kamu modifikasi sesuai kebutuhan dan keinginan.

Kita akan coba bahas satu persatu, yaitu:

Wajan Berair atau Putri Salju

Namanya bisa beragam sih untuk permainan ini. Permainan ini dilakukan berkelompok. Saat bermain, setiap kelompok akan diminta membuat satu banjar dengan jumlah anggota masing-masing kelompoknya sama.

Kemudian, setiap orang akan diberikan alat yang sama, bisa wajan atau piring, bisa juga wadah-wadah lainnya, seperti baskom, gelas dan lain-lain.

Kemudian, kamu siapkan barang yang akan dibawa. Sebetulnya, prinsip dari permainan ini adalah ketangkasan dan menguji ketenangan para peserta. Mereka akan diminta untuk mengoper barang yang telah ditentukan dari paling depan ke belakang.

Misalnya tepung, orang yang ada di paling depan barisan akan diberikan tepung untuk selanjutnya diberikan secara berantai ke teman belakangnya. Kalau air, pun caranya sama, hanya saja nanti efeknya berbeda.

Ketika tidak tenang dan hati-hati, makan peserta akan banyak yang basah atau berlumur tepung. Maka dari itu dinamai putri salju.

Blind Walk

Permainan atau game outbound ini juga dilakukan berkelompok. Setiap kelompok akan diuji kekompakannya. Nantinya, mereka akan berbaris atau membuat banjar, dengan ketua kelompok di paling belakang. Ada juga yang meletakkan ketua kelompoknya di garis finish.

Nantinya, akan ada aba-aba dari ketua yang mengarahkan peserta lainnya. Bisa dengan kata-kata yang umum, seperti arah kanan dan kiri. Bisa juga dengan istilah lain dengan arti tertentu.

Misal, kelompok satu harus mengikuti ilustrasi suara bebek untuk mencapai garis finish, begitu pula dengan yang lainnya.

Sumber: baligrouporganizer.com

Pipa Bocor

Sebagaimana namanya, setiap kelompok peserta akan diberikan pipa yang telah dilubangi, atau dengan kata lain diberikan pipa bocor. Di dalamnya disediakan bola plastik.

Tantangannya adalah, membuat bola plastik itu keluar dengan dorongan air. Untuk itu, setiap kelompok harus mengisi pipa dengan air sampai penuh, hingga membuat bola keluar. Namun, pipa tersebut berlubang dan bocor.

Itulah tantangannya, dimana para peserta dituntut untuk cekatan, cepat mengambil keputusan dan mengatur strategi, serta kompak untuk dapat menutup lubang-lungan yang ada. Berikutnya mengisi air hingga bolanya tampak di permukaan pipa.

Kerjasama Membawa Bola

Satu permainan yang bisa kamu aplikasikan untuk mengasah kerja sama, kekompakan dan konsentrasi adalah permainan bola, yang merupakan satu dari sekian games outbound.

Nantinya, setiap peserta akan dibagi menjadi kelompok. Kemudian mereka akan diberikan seutas tali yang bakal dipegang dua orang, yaitu di setiap sisinya. Para peserta akan diminta untuk membuat semacam lingkaran dan menumpuk tali mereka.

Di bagian tengah tumpukan tali, akan diletakkan bola plastik, lalu mereka harus berusaha membawanya sampai garis finish yang telah ditentukan. Jika ada salah seorang yang tidak menarik talinya, maka sangat mungkin bola tersebut jatuh.

Oper Karet

Bentuk permainan lainnya yang bisa kamu praktikan adalah oper karet. Karet disini, maksudnya adalah karet gelang. Namun, diopernya menggunakan alat, yaitu sedotan yang digigit oleh peserta.

Setiap kelompok akan membuat banjar dan mereka akan mengoper satu persatu. Kelompok yang berhasil mengoper karet paling banyak, itulah pemenangnya.

Itulah kurang lebihnya penjabaran terkait manfaat hingga contoh permainan yang bisa kamu praktikan untuk para karyawanmu. Games outbound tersebut bisa kamu ciptakan sendiri lalu kamu jalankan secara berkala. Misalkan setiap tiga bulan sekali.

Namun, kalau begitu, harus ada improvisasi dan pembaruan secara berkala juga ya. Harapannya, pasca karyawan melakukan permainan-permainan ini. Kinerja mereka akan meningkat, sejalan dengan manfaat yang mungkin atau bakal mereka dapatkan dari games outbound.

Nantinya, salah satu tugasmu sebagai HR untuk mengembangkan karyawan pun dapat dijalankan dengan mudah.

JojoTimes

Oh ya, ada satu aplikasi yang bisa membantu kerjamu sebagai HR. Aplikasi JojoTimes dari Jojonomic. Sebuah aplikasi absensi online yang membantumu memantau kinerja para karyawan secara digital.

Karyawan pun dapat dengan mudah melaporkan kehadirannya, karena hanya menggunakan gadget mereka masing-masing. Saat mengisi laporan kehadiran, karyawan dapat melakukannya dimana saja dan kapan saja, lalu akan tertera lokasi keberadaan mereka. Selamat mencoba!