General Affair Adalah: Tugas, Peran dan Fungsinya Dalam Perusahaan

kerja

General Affair Adalah: Tugas, Peran dan Fungsinya Dalam Perusahaan — Segala urusan yang menyangkut kepentingan perusahan harus selalu ada kejelasan baik dari tujuan maupun prospek ke depannya. Kejelasan tersebut harus dapat dibuktikan dengan dokumen maupun kenyataan, dengan memiliki divisi khusus yang disebut General Affair (GA).

Oops! We could not locate your form.

Inilah yang menjadi latar belakang General Affair yang nantinya akan mengurus urusan operasional kantor baik yang rutin maupun yang tidak terduga. Namun, tahukah kamu, apa yang menjadi tugas dan tanggungjawab serta fungsi dari divisi tersebut? Untuk menjawabnya, simak lebih lengkapnya di dalam artikel ini ya!

Pengertian General Affair

General affair atau yang dikenal dengan istilah divisi umum adalah supporting unit yang dibutuhkan perusahaan untuk mengurus berbagai hal keperluan instansinya baik instansi pemerintah maupun instansi swasta. General affair bertugas memberikan pelayanan kepada seluruh unit kerja di perusahaaan baik dalam hal administrasi hingga pengelolaan pelayanan rutin perusahaan.

Keberadaan divisi umum setiap perusahaan berbeda-beda. Ada yang bertugas di bawah HRD dan ada yang bertugas sendiri. Namun, banyak perusahaan yang menggabungkan antara general affair dengan staff atau divisi HRD. Hal ini dikarenakan tugas dan fungsinya memang tidak terlalu jauh.

Ruang lingkup general affair juga bervariasi, umumnya mereka mengurus fasilitas yang berkaitan dengan maintenance gedung kantor, keperluan alat kantor, kendaraan kantor, keamanan kantor, perizinan kantor, kesehatan karyawan kantor, penerimaan tamu kantor, perundang-undangan kantor, gangguan kantor, permasalahan ketenagakerjaan dan kegiatan lainnya yang berhubungan dengan tanggung jawab perusahaan terhadap masyarakat sekitarnya seperti pada program community development atau corporate social responsibility.

Peran General Affair

General affair berperan, bertugas dan memiliki tanggung jawab yang sangat rumiy. Untuk itu, diperlukannya manajemen yang baik dan tepat untuk mengelolanya agar tidak timbul masalah ketika berhubungan dengan unit kerja lain.

General affair atau divisi umum pada sebuah perusahaan sangat berpengaruh dalam menyediakan persediaan kebutuhan alat kantor seperti alat tulis, alat kebersihan dan berbagai alat kantor lainnya. Sedangkan layanan yang diberikan divisi umum yaitu mengurusi segala persediaan rumah tangga kantor yang bertujuan meningkatkan produktivitas karyawan sehingga dapat mempengaruhi pelanggan menjadi lebih baik dan lebih optimal.

Apabila pelanggan merasa puas dan nyaman pada pelayanan yang diberikan general affair maka perusahaan bisa mendapatkan keuntungan dari hasil kerja yang dilakukan general affair tersebut baik keuntungan dalam memperoleh laba maupun penyebaran informasi baik dari mulut ke mulut.

Klasifikasi General Affair

Untuk menjadi general affair maka ada klasifikasi yang harus dipenuhi antara lain sebagai berikut:

Siap bekerja secara tim maupun individu

Untuk menjadi general affair maka seseorang diharapkan dapat bekerja baik secara tim maupun individu. Baik bekerja secara tim maupun individu memiliki peran, tugas dan tanggung jawabnya masing-masing yang harus dipenuhi dari seorang general affair. Untuk itu, seorang general affair harus siap jika ditugaskan bekerja secara tim maupun individu.

Standar pendidikan

Untuk menjadi seorang general affair maka ada standar pendidikan yang harus dipenuhi antara lain memiliki pendidikan minimal D3 dan S1. Akan tetapi, background pendidikan yang tepat masih dipertanyakan. Umumnya background pendidikan dari seorang general affair adalah seseorang yang merupakan lulusan pendidikan ekonomi dan bisnis. Untuk itu, jika ingin menjadi general affair maka pastikan kita menguasai pendidikan tersebut.

Terbiasa dengan administrasi dan manajemen

Menjadi seorang general affair haruslah mampu dan terbiasa dengan bidang administrasi dan manajemen. Tidak heran jika perusahaan seringkali menjadikan istilah tersebut dalam pengrekrutan karyawan. Hal ini dikarenakan kegiatan ini membutuhkan pengalaman dan kemampuan yang lebih.

Memahami SOP dan alur kerja perusahaan

Selain pendidikan dan terbiasa dengan administrasi dan manajemen, seorang general affair harus memahami SOP (standar operasional perusahaan) dan alur kerja perusahaan tersebut. Jika terjadi adanya pelanggaran maka seorang general affair harus sanggup menerima konsekuensinya termasuk mendapat kompensasi dari HRD yang bertugas di perusahaan tersebut.

Meski general affair memiliki banyak tugas dan tanggung jawab namun nyatanya menjadi seorang tidaklah sulit. Namun, perlu diingat bahwa tanggung jawab seorang general affair cukup besar dan dapat mempengaruhi kemajuan bisnis sehingga perusahaan haruslah merekrut seorang general affair yang tepat.

Tugas dan Tanggung Jawab General Affair

500+ Manager Pictures [HD] | Download Free Images on Unsplash

Divisi atau bagian dalam perusahaan yang mengurus segala hal tentang keperluan rutin dan mendadak dalam perusahaan adalah General Affair (GA). General Affair sebenarnya lebih berfokus untuk memberikan pelayanan kepada seluruh bagian perusahaan demi kelancaran kerja perusahaan secara menyeluruh melalui supporting unit.

Biasanya, GA memiliki beberapa fokus pelayanan yaitu aset dan pembelian yang dimana keduanya mencakup maintenance serta pemesanan melalui vendor terpercaya. Berikut ini akan dijelaskan lebih lanjut mengenai tugas dan tanggung jawab General Affair di dalam perusahaan.

General Affair Melakukan Pemesanan (Pengadaan Barang)

Barang atau aset yang ada dalam perusahaan tidak semuanya bersifat awet, seperti contohnya printer atau Personal Computer (PC). Hal ini menjadi tanggung jawab GA dalam melakukan pembelian untuk pengadaan barang.

Tentunya tidak dilakukan asal beli karena seorang GA juga harus dapat melakukan perbandingan harga sebelum melakukan pembelian.

Tujuan pemesanan ini salah satunya tentu saja supaya perusahaan bisa menekan biaya pengeluaran aset. Semakin rendah nilai pengeluaran perusahaan dalam pembelian aset maka dapat dipastikan kinerja divisi GA di perusahaan tersebut juga baik.

General Affair Melakukan Pembelian Rutin

Selain membeli aset perusahaan yang bersifat semi permanen seperti printer, PC, ataupun barang aset lainnya yang mendukung operasional perusahaan, General Affair juga bertugas melakukan pembelian rutin.

Pembelian rutin ini meliputi kebutuhan bulanan seperti air minum, Alat Tulis Kantor (ATK), kertas, tinta printer dan beberapa barang berkala lainnya.

General Affair Melakukan Pembayaran Rutin

Pembayaran rutin dilakukan perusahaan untuk pembayaran listrik, air, telepon, jaringan internet (wifi), dan beberapa pembayaran rutin lainnya.

Untuk poin ketiga ini, seorang GA biasanya melakukan estimasi dana yang sudah terhitung dengan tepat karena pembayaran rutin perusahaan biasanya tidak berbeda dengan bulan-bulan sebelumnya.

Biasanya, untuk perusahaan besar, pembayaran rutin ini juga dilakukan secara otomatis melalui sebuah sistem karena pembayarannya sudah terprediksi dan terintegrasi dengan sistem perusahaan.

Pembayaran Tenaga Kerja Harian

Tidak seperti karyawan yang mendapat gaji tetap setiap bulan, pekerja harian lepas menjadi tanggung jawab GA. Divisi General Affair memiliki wewenang untuk menentukan besaran upah pekerja lepas harian diluar gaji karyawan.

Hal ini menjadi tanggung jawab general affair karena gaji karyawan lepas ikut termasuk dalam keperluan bulanan kantor dalam pembukuannya untuk kebutuhan sumber daya manusia.

Pemeliharaan Aset (Maintenance Assets)

Selain melakukan pembelian barang, divisi GA juga bertanggung jawab dalam memelihara aset yang telah mereka beli. Hal ini dikarenakan agar para user atau pemakai aset perusahaan juga tidak secara sembarangaan menggunakannya karena mentang-mentang tidak ikut membeli.

Oleh karena itu dalam perusahaan yang paling galak ketika menemui karyawan tidak menjaga aset perusahaan adalah divisi General Affair karena mereka lah yang bertanggung jawab ketika terjadi kerusakan aset perusahaan.

Renovasi dan Pembukaan Kantor Cabang

Divisi General Affair dalam perusahaan selalu sensitif dan rinci ketika menentukan biaya, begitupun ketika kantor atau perusahaan akan melakukan renovasi ataupun pembukaan kantor cabang baru. Karena renovasi kantor tidak dapat dilakukan secara asal-asalan atau instan.

Perlu pertimbangan mulai dari faktor kelayakan maupun estimasi dana yang sesuai. Bahkan ketika estimasi dana sudah disetujui oleh pihak GA, pelaporan hasil renovasi dan pembelian material juga harus bisa dibuktikan dengan nota atau faktur.

Fungsi General Affair

The Conscious CEO | 100+ best free electronic, computer, grey and laptop  photos on Unsplash

Setelah membahas mengenai tugas dan tanggungjawab yang dimiliki oleh divisi general affair, selanjutnya kita bahas tentang fungsinya yuk! Kira-kira apa saja sih fungsi departemen GA di dalam sebuah perusahaan? Untuk menjawab pertanyaanmu, langsung aja yuk kita bahas bersama!

Fungsi Pemeliharaan

Fungsi pertama yang dimiliki oleh General Affair adalah mengadakan penilaian kondisi dan fasilitas yang dibutuhkan dan membuat prioritas sebelum mengajukan anggaran.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Sebagai contoh, apakah kebutuhan perbaikan fasilitas toilet lebih penting daripada pembaharuan ruang meeting, training atau lobby penerimaan tamu perusahaan? Apakah keberadaan kantin diperlukan, dan siapa yang mengelolanya?

Sebaiknya GA memprioritaskan pada hal-hal yang akan meningkatkan produktivitas karyawan terlebih dahulu. Akan tetapi, tetap bergantung pada banyak faktor, misalnya untuk perusahaan yang sering menerima kunjungan pelanggan, tentunya lebih baik mempunyai lobby, ruang tunggu atau pertemuan yang lebih representatif.

Fungsi Perawatan

Ternyata, sebuah departemen GA juga memiliki fungsi perawatan lho! Sebagai informasi, perawatan yang menjadi tanggung jawab GA ini meliputi beberapa aspek dan kamu harus tahu banget nih!

Aspek yang tercakup meliputi gedung kantor (kebersihan, tampilan luar), lingkungan kantor (lahan parkir yang aman, halaman kantor dan/atau gudang yang memadai), kebersihan lingkungan kerja bagi karyawan (ruang kerja, ruang meeting, lobby dan semua area perusahaan),  dan perawatan instalasi listrik (mechanical dan electrical). Wah, ternyata banyak juga ya fungsinya!

Membina Hubungan Baik

Aspek penting lain dari tugas seorang General Affair adalah membina hubungan baik dengan para suplier barang atau jasa. Termasuk di dalamnya membuat kontrak kerja, memastikan pembayaran tepat waktu, dan melakukan komplain mewakili perusahaan jika diperlukan.

Hubungan ini secara tidak langsung berdampak pada kinerja dan produktivitas karyawan. Selain itu, akan berdampak juga pada citra perusahaan di mata klien, hal tersebut tentunya akan mempengaruhi profit yang akan diterima.

General Affair Menciptakan SOP

Selanjutnya, GA juga berfungsi dalam menciptakan, mengembangkan, dan mengimplementasikan sistem kerja atau prosedur pengadaan dan perawatan fasilitas yang ada.

Misalnya, membuat checklist dan jadwal kebersihan toilet, membuat ringkasan cara pemeliharaan genset, mobil, sepeda motor dan peralatan berharga lainnya, dan membuat job description para karyawannya.

Pekerjaan standar biasanya membuat prosedur permintaan pengadaan ulang kebutuhan kantor yang sering terpakai, seperti pulpen, kertas, stapler, dan perlengkapan ATK lainnya.

Menyelenggarakan Survey Kepuasan

Sebagai departemen yang aktif melayani internal perusahaan, GA juga mengadakan survei kepuasan pelayanan yang ditujukan kepada seluruh karyawan atau unit kerja. Survei ini dilakukan dalam rangka peningkatan kualitas produk atau jasa, ketepatan dan kecepatan pelayanan yang diberikan.

Menyiapkan Laporan Berkala

Fungsi penting lainnya adalah mempersiapkan laporan berkala untuk keperluan rapat anggaran. Laporan keuangan ini harus terdiri atas aset dan beban biaya kantor sehingga perusahaan bisa menilai efektivitas investasi internal di dalam perusahaan.

Membantu Perizinan

Divisi GA pada sebuah perusahaan juga bisa membantu dalam pengurusan segala bentuk perizinan yang dibutuhkan. Dapat juga berfungsi untuk menjalin hubungan dengan pihak eksternal, seperti pemda, kepolisian, ormas, wartawan, kelurahan, kecamatan, dan sebagainya.

Keahlian Yang Dibutuhkan Untuk Menjadi General Affair

Untuk menjadi general affair maka ada pengetahuan dan keahlian yang diperlukan antara lain sebagai berikut:

  • Pengetahuan bidang administrasi bisnis
  • Pengetahuan bidang manajemen bisnis
  • Kemampuan dalam melakukan arsip dan penyimpanan
  • Kemampuan komputer dan elektronik
  • Keahlian layanan dan komunikasi organisasi
  • Kemampuan penggunaan bahasa asing

Gaji Menjadi Seorang General Affair

Mungkin banyak yang bertanya berapa gaji umum yang diterima seorang general affair? Perlu diketahui bahwa setiap general affair mendapat gaji yang berbeda-beda tergantung dari kebijakan dan posisinya pada suatu perusahaan.

Namun umumnya, perusahaan akan memberikan gaji seorang general affair sebesar 3 juta hingga 5 juta rupiah setiap bulannya. Gaji tersebut merupakan gaji pokok yang belum dijumlahkan dengan intensif seperti lembur, gaji ke-13 dan lain sebagainya.

Seiring berjalannya waktu, maka gaji seorang general affair akan bertambah sesuai dengan prestasi kerjanya. Hal ini dikarenakan sukses atau tidaknya general affair maka diukur dari bagaimana ia dapat menyelesaikan masalah dan mendukung kinerja dalam operasional perusahaan.

Jenjang Karir General Affair

Bekerja menjadi seorang general affair dinilai memiliki jenjang karir yang cukup jelas karena setiap posisi dan jabatan memiliki penghasilan yang berbeda-beda. Adapun jenjang karir general affair yaitu:

  • Staff general affair : Merupakan jenjang awal karir sebagai general affair. Deskripsi kerjanya hanya mengerjakan satu unit tugas saja dengan target yang lebih sedikit.
  • Supervisor general affair : Merupakan jenjang kedua sebagai general affair yang memiliki unit tugas lebih banyak dibandingkan dengan staff.
  • Manager general affair : Merupakan manajer yang bekerja membuat konsep pekerjaan dan mengawasi pekerjaan staff.
  • Head of general affair : Merupakan posisi tertinggi dari general affair yang merupakan kepala bagian dan bertugas untuk mengkoordinasikan pekerjaan serta membuat laporan perusahaan dengan pimpinan maupun dengan bagian lainnya.

Jobdesk Utama General Affair

Mungkin tugas dan tanggung jawab dari general affair sudah dijelaskan sebelumnya pada pembahasan diatas. Namun berikut merupakan jobdesk paling utama dari general affair antara lain sebagai berikut:

  • Sebagai perwakilan dari perusahaan untuk menjalin hubungan baik dengan berbagai pihak eksternal seperti pihak Pemda, kecamatan, kepolisian, PLN, telkom dan lain-lainnya.
  • General affair bertugas memenuhi semua kebutuhan operasional pada internal perusahaan guna menunjang kelancaran pekerjaan dari setiap divisi seperti penyediaan ATK untuk karyawan, pengajuan perawatan kendaraan, perawatan mesin fotocopy, perawatan AC dan lain sebagainya yang berkaitan dengan kebutuhan internal perusahaan.
  • General affair harus menjaga, mendata dan merawat seluruh aset yang dimiliki perusahaan atau yang disewa oleh perusahaan.
  • GA juga bertugas mengurus berbagai dokumen untuk kepentingan internal perusahaan seperti perizinan.
  • General affair bertugas melakukan pengelolaan dan pengawasan aktivitas staff divisi seperti security, office boy, customer service dan lain-lain baik dalam hal absen, izin tidak masuk, cuti dan lain-lain.
  • GA bertugas mengelola gudang dan fasilitas kantor seperti tempat ibadah, toilet, ruang meeting, ruang penyimpanan dan lain sebagainya.
  • General affair bertugas membuat perencanaan anggaran kebutuhan rutin kantor yang dibutuhkan.
Jojo Expense

Nah, setelah dibahas tentang tugas dan tanggungjawab serta fungsi dari GA, kamu bisa banget pakai aplikasi JojoExpense untuk memudahkan kerja sebagai General Affair. JojoExpense berguna untuk sistem reimburse dan cash advance yang lebih canggih. Dengan JojoExpense kita bisa meminta approval reimburse dengan cepat karena atasan kita melihat permintaan secara real time.

Bagian finance juga bisa langsung melakukan pencairan keuangan. Jadi, tidak perlu menunggu lama untuk melakukan reimburse dana ke perusahaan. Begitu juga dengan proses cash advance di mana kita bisa meminta dana di awal dengan proses pencairan yang lebih cepat.

Bagaimana nih? Apakah sekarang kamu sudah paham tentang general affair di sebuah perusahaan? Nah, untuk mempermudahmu dalam mengerjakan tugas dan tanggungjawabnya, jangan lupa gunakan aplikasi dari Jojonomic ini ya! Selamat mencoba!