Google Cloud Platform, Kelebihan dan Jenis Layanan Yang Ditawarkan

Google cloud platform biasa disingkat GCP merupakan kumpulan dari layanan komputasi awan. Bila dilihat dari nama istilahnya maka sudah tentu layanan ini disediakan oleh Google. Layanan ini pada dasarnya berjalan di atas infrastruktur yang sama dengan yang digunakan oleh Google untuk berbagai produk internalnya seperti misalnya Youtube dan Gmail. Pada dasarnya layanan GCP ini menyediakan serangkaian layanan cloud modular yang termasuk komputasi dan penyimpanan. Tidak hanya itu saja tetapi juga tersedia analisis data serta pembelajaran mesin pada platform ini. Sedangkan untuk dapat menggunakannya maka Anda membutuhkan kartu kredit atau mungkin rekening bank agar Anda dapat membelinya.

Zaman memang semakin maju dan kondisiini turut ditandai dengan adanya perkembangan teknologi yang smeakin canggih. Berbagai fasilitas tersedia untuk para pengguna internet sehingga segala segala pekerjaan bisa semakin dipermudah. Terlebih lagi segala pekerjaan yang berhubungan dengan komputasi dan penggunaan media internet. Tentu kini Anda bisa mendapatkan pelayanan terbaik termasuk dari Google yang semakin banyak diakses oleh sebagian masyarakat di dunia termasuk pula GCP. Ada beberapa fasilitas dari platform ini yang tersedia dan bisa Anda nikmati seperti misalnya layanan infrastruktur dan layanan platform serta lingkungan komputasi tanpa server.

Tidak hanya itu saja tetapi masih banyak pula infrastruktur yang tersedia pada platform awan ini dan tentunya masing-masing memiliki kegunaannya tersendiri. Sebab pada dasarnya cloud merupakan sistem komputasi yang dapat digunakan untuk menyimpan dan mengolah data. Tentu saja ddengan adanya cloud ini maka setiap pekerjaan Anda yang berhubungan dengan data dan komputasi menjadi lebih ringan.

Kelebihan Layanan Google Cloud Platform

1. Keamanan Data Terjamin

Dengan adanya layanan dari Google berupa cloud platform ini maka data Anda bisa terismpan dengan aman. Anda kini tak perlu takut dan khawatir mengenai data Anda karena cloud telah menggunakan sejumlah server sebagai storage atau tempat penyimpanan sehingga data Anda akan tersimpan secara rapi pada data center. Selain itu privasi data juga akan lebih terjamin sebab data telah terkunci sehingga tidak akan bisa dibaca oleh siapapun. Data hanya bisa diakses oleh Anda tentunya dengan menggunakan username dan password untuk mengaksesnya. Selain itu data juga tidak akan hilang atau terhapus. Sebab data center yang merupa tempat penyimpanan data bersifat canggih.

2. Skalabilitas Cukup Tinggi

Kapasitas data yang perlu disimpan bisa disesuaikan dengan skala kebutuhan Anda. Cloud memang didesain untuk dapat menyimpan data dengan ukuran kapasitas yang cukup besar. Namun anda juga tetap bisa menggunakan layanan dari Google ini untuk menyimpan data dengan ukuran yang tidak terlalu besar sebab platform ini memang memiliki skalabilitas yang bisa dibilang tinggi. Jadi jika Anda membutuhkan kapasitas storage yang tidak terlalu besar maka Anda tentu bisa menggunakannya. Di kemudian hari jika data semakin bertambah banyak dan Anda mulai membutuhkan kapasitas storage yang lebih besar maka Anda juga tetap bisa menggunakan layanan platform ini. Sistem ini memang menyediakan penyesuaian atas kebutuhan ruang data sehingga bersifat lebih dinamis.

3. Akses Lebih Fleksibel

Memanfaatkan teknologi internet untuk melakukan akses memang menjadi hal yang seringkali dilakukan oleh masyarakat di masa sekarang ini. Melalui teknologi internet inilah maka Anda bisa bekerja dari mana saja dan kapan saja. Ditambah dengan adanya platform yang bisa membantu mempermudah pekerjaan Anda. Pada dasarnya cloud memang memberikan suatu sistem layanan yang lebih cepat tanpa terhalang oleh apapun. Termasuk pula disebuah perusahaan tentunya dengan adanya sistem ini maka Anda bisa mengakses apa saja. Mulai dari pemantauan terhadap kehadiran para pegawai perusahaan dan hal lainnya.

4. Efisien

Penggunaan platform ini juga memberikan keuntungan berupa efisiensi. Tentu saja penggunaan teknologi cloud dapat membuat biaya pengeluaran menjadi lebih murah. Tidak hanya itu saja tetapi pengguna platform juga dapat memperluas bisnis dengan lebih mudah. Memang bisnis Anda akan lebih banyak menemui kompetitor di luar sana tetapi dalam menyikapi hal ini tentu saja Anda tidak perlu khawatir dan takut.

Jenis Layanan Google Cloud Platform

1. BigQuery

Layanan ini sebenarnya sangatlah cocok untuk digunakan sebagai peralatan dalam menganalisis data berkasipasitas besar. Setidaknya data yang bisa diukur mulai dari Terabyte hingga Petabyte. Jenis yang satu ini tampaknya banyak digunakan di berbagai perusahaan besar sehingga dapat digunakan untuk membantu pengusaha dalam menganalisis segala sata transaksi perusahaan. Dengan kata lain layanan ini bisa digunakan pada sebuah bisnis yang berskala besar. Penggunaannya sangat cepat dan sangat membantu. Bahkan prosesnya bisa berjalan hanya dalam hitungan detik saja.

2. Cloud Storage

Produk layanan dari Google yang satu ini tampaknya cukup banyak digunakan oleh beberapa orang. Sebenarnya layanan ini dirancang secara khusus untuk menyimpan data dalam ukuran yang sangat besar. Tidak hanya melakukan penyimpanan data saja tetapi Anda juga bisa melakukan sharing file dan video serta berbagai macam foto dengan sangat mudah. Anda bisa melakukan kesemuanya ini tanpa harus memikirkan adanya cara untuk membuat infrastruktur server terlebih dahulu.

3. AppEngine

Kini dengan bantuan layanan AppEngine maka Anda dapat membuat dan menjalankan aplikasi yang berbasis web. Anda bisa menggunakannya baik secara gratis maupun ada pula yang berbayar. Tampaknya layanan ini mengalami perkembangan hingga akhirnya mampu untuk melaksanakan tugas yang lebih rumit seperti misalnya menyimpan data dalam ukuran yang lebih besar.

4. Compute Engine

Untuk layanan ini tersedia dengan tujuan agar dapat membantu Anda dalam membangun sebuah cloud server. Compute Engine dapat menampung aplikasi web yang dibuat dengan menggunakan program Ruby atau PHP. Dengan menggunakan layanan jenis ini maka Anda bisa mengontrol penggunaan mesin Linux secara penuh.

Google Cloud Platform rupanya memiliki banyak manfaat bagi bisnis dan perusahaan. Demikian halnya saat ingin mengatur keuangan perusahaan yang jauh lebih efektif. Sebaiknya gunakan produk yang tepat, seperti misalnya beralih pada penggunaan produk JojoExpense. Dengan produk yang satu ini, tentu saja perusahaan bisa melihat dan mengawasi pemasukan serta pengeluaran keuangan perusahaan secara akurat. Selain itu juga dapat membantu proses reimbursement yang cepat maupun approval kapan saja dan dimana saja. Bahkan sanggup menghindari resiko penipuan atau fraud pada keuangan perusahaan.

Tentunya manfaat yang menarik ini bisa diperoleh berkat adanya fitur-fitur cemerlang dalam JojoExpense. Misalnya saja fitur Monitoring Requester’s Budget Limit, Custom Expense Categories, Expense Plafond, Add on Description Form to verify Expense, serta berbagai macam fitur menarik lainnya. Oleh karena itu jangan ragu lagi untuk beralih pada produk ini. Segera jadwalkan coba gratis di perusahaan Anda sekarang juga. Jangan biarkan keuangan perusahaan terancam resiko penipuan dan penggelapan uang yang tidak diinginkan, segera outuskan untuk menggunakan JojoExpense sekarang juga.