HR Gap Analysis: Semua yang Harus Kamu Ketahui

[popup_trigger id=”15220″ tag=”button”]tes[/popup_trigger]

Tahukah kamu, kalau karyawan memegang peranan penting dalam pertumbuhan perusahaan Kamu. Apa yang kamu ingin capai dalam suatu perusahaan yang Kamu pimpin dan karyawan dengan kriteria seperti apa yang Kamu butuhkan? Banyak cara terbaik untuk menilai serta mengetahui kemajuan dari SDM yang kamu miliki. Salah satunya, dengan menggunakan HR gap analisis merupakan cara yang sering digunakan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan di atas.

SaaS

Apa itu Gap Analisis?

HR gap analisis adalah rincian informasi mengenai karyawan Kamu,seperti keterampilan yang mereka miliki untuk mencapai tujuan bisnis yang diinginkan. Langkah yang diambil oleh gap analisis ini untuk kemajuan yang ingin dicapai oleh perusahaan Kamu.

Pada HR gap analisis berfokus pada sumber daya manusia di dalam perusahaan, dengan menggunakan analisis ini Kamu dapat mengetahui berbagai masalah berikut sebab akibat kemunduran dalam perusahaan. Selain itu analisis ini dapat membantu rencana organisasi untuk mendukung pertumbuhan serta  dapat memahami keterampilan dan pengalaman dalam tenaga kerja Kamu dan mengembangkan strategi untuk mengatasi kesenjangan antara keduanya.

Kegunaan Didalam HR Gap Analysis

terdapat berbagai kegunaan yang perlu ditentukan sebelum menggunakan gap analisis. Kegunaan yang ada, berdasarkan dengan fakta-fakta yang terjadi di lapangan. Berikut merupakan Kegunaan HR gap analysis :

Merencanakan Pertumbuhan Kedepannya

HR gap analisis dapat membantu organisasi untuk lebih maju khususnya dalam tenaga kerja yang Kamu miliki, baik ketika dalam pertumbuh dan perampingan pada ketenaga kerjaan. Intinya, seorang HR harus memikirkan tentang kemungkinan terburuk, lalu keputusan terbaik apa yang harus diambil. Kamu dapat merencanakan mengenai langkah kedepan yang harus Kamu ambil, dengan mengambil tindakan yang berhati-hati.

Mengetahui segala resiko yang akan nantinya kamu hadapi dari segala keputusan yang kamu ambil, merupakan salah satu bagian dari pembuatan rencana ini.

Mulai dari resiko keuangan sama dengan produksi dapat di atas dengan baik oleh HR gap analysis. Apabila Kamu tidak menggunakan metode gap ini, maka akan sangat beresiko untuk mendapatkan kerugian dari berbagai elemen didalamnya.

Menonjolkan Kebutuhan di Masa Depan

Ketika Perusahaan Kamu merencanakan suatu perubahan besar yang beda dari sebelumnya, maka Kamu perlu memiliki orang yang satu visi untuk mendukung kemajuan dari perusahaan. HR gap analysis memungkinkan Kamu untuk dapat mengidentifikasi berapa banyak pekerja, keterampilan, dan pengalaman yang akan kamu butuhkan.

Menganalisa Sumber Daya

Membuat HR gap analysis dapat memberikan Kamu gambaran yang jelas tentang value apa yang ia berikan kepada perusahaan, dengan Kamu mendapatkan informasi menentukan kandidat untuk mendukung perencanaan management demi kesuksesan. Dengan menemukan rangkaian keterampilan  yang kurang dimanfaatkan dan mengidentifikasi karyawan yang dapat dilatih untuk posisi lain.

Manfaat HR Gap Analysis

Inilah cara organisasi Kamu akan mendapatkan manfaat dari HR gap analysis :

  1. Kamu akan menilai seberapa baik perusahaan kamu beroperasi
  2. Kamu akan membandingkan keterampilan masing-masing karyawan dan menyadari apakah lebih baik jika Kamu memberikan pelatihan atau merekrut karyawan baru yang lebih cocok dengan posisi yang diajukan.

Cara melakukan HR Gap Analysis

Kamu dapat melakukan Hr gap analysis, karena ini akan sangat berguna untuk perusahaan Kamu, jika ingin mencapai tujuan yang ditetapkan. Terdapat empat langkah sederhana,diantaranya:

  • Tentukan tujuan Kamu
  • Identifikasi keterampilan
  • menilai keterampilan saat ini
  • Buat Rencana

Define Your Goals

Dimulai dengan mengatur target yang ingin Kamu capai. Apa yang ingin Kamu capai pada Perusahaan kamu ? Tanpa tujuan yang jelas, kamu tidak akan mengetahui sumber daya dan strategi apa yang dibutuhkan dan dengan demikian kesenjangan apa yang perlu kamu isi.

Kamu dapat menentukan tujuan untuk tingkat perusahaan atau skala yang lebih spesifik, seperti untuk departemen dan tim.

Identifikasi keterampilan

Setelah anda menetapkan tujuan, pikirkan semua keterampilan yang dibutuhkan oleh perusahaan Kamu untuk memenuhi sasaran yang ingin digapai. Daftar yang dibuat harus mencakup soft skill dan hard skill, sehingga kamu dapat membangun tenaga kerja yang sesuai dengan kebutuhan yang diinginkan.

Kamu dapat bertanya kepada karyawan mengenai, keterampilan apa yang mereka rasakan kurang atau berharap mereka dapatkan di tim. Kemudian, untuk masing-masing keterampilan itu nilai mana yang lebih penting dan tingkatkan keahlian yang dirasa dibutuhkan oleh perusahaan.

Menilai Keterampilan Saat Ini

Dengan menggunakan daftar keterampilan yang ada, Kamu dapat mulai menggunakan apa yang sudah ditawarkan oleh tenaga kerja . Jika Kamu berada dalam organisasi yang lebih kecil, Kamu dapat melakukan hal ini dengan membuat list atau daftar keterampilan untuk setiap karyawan. Keterampilan yang dibutuhkan dengan tingkat keahlian yang memang dibutuhkan oleh perusahaan. Perusahaan yang lebih besar mungkin ingin berpacu hanya pada ulasan kinerja, penilaian manajemen dan survei karyawan untuk mengumpulkan informasi ini.

Buat Rencana

Dengan daftar keterampilan utama yang dibutuhkan dan yang sudah dimiliki oleh karyawan dalam suatu perusahaan, Kamu akan dapat melihat di mana kesenjangan dalam HR gap analysis.  Langkah selanjutnya yang harus Kamu lakukan ialah, mengidentifikasi solusi terbaik untuk menindaklanjuti kesenjangan yang ada.

Solusi yang harus diambil :

  • Sesuaikan dengan jumlah karyawan Kamu
  • Kembangkan Karyawan yang dimiliki
  • Restrukturisasi tenaga kerja yang dimiliki

Gap Analysis: Metode Yang Paling Tepat Untuk Pengambilan Keputusan

Dengan menggunakan gap analysis dapat memudahkan seorang HR dalam memberikan keputusan yang baik, karena dengan menggunakannya akan terlihat jelas mengenai kompetensi yang dimiliki oleh seorang karyawan. Walaupun kadangkala pada saat pengumpulan data yang dilakukan, memakan waktu yang lama, namun dengan menggunakan gap selalu memberikan hasil terbaik.

Namun bagaimana HR melakukan gap analysis, tetapi tidak memakan waktu yang lama dan cukup singkat serta mudah? Yang pasti dengan menggunakan kemajuan teknologi saat ini, melalui software canggih yang hadir, maka pekerjaan yang sulit menjadi lebih mudah.

Lalu software apa yang bisa digunakan untuk mempermudah kerja HR? software yang dapat mempermudah kerja seorang HR adalah Jojonomic. Jojonomic hadir dengan segala fitur yang lengkap, mudah, dan dapat mengoptimalkan kerja HR.

Dengan menggunakan JojoTimes, memberikan gap analysis yang akurat, dengan menggunakan data dari seluruh karyawan sehingga hasil yang dihasilkan akan menjadi konkrit. Sehingga memudahkan HR dalam melakukan pekerjaannya, untuk membandingkan karyawan agar bisa menentukan keterampilan yang kurang dan sudah baik dimiliki oleh suatu perusahaan.

Dengan menggunakan Jojotimes, Kamu dapat memantau karyawan dimanapun dan kapanpun. Meningkatkan kinerja karyawan dengan memonitoring secara real-time, anti fraud dan pengelolaan administrasi HR secara otomatis.

Meningkatkan waktu secara efesien serta produktivitas, aman menyimpan database karyawan anda, secara fleksibel kontrol kebijakan cuti dan lembur anda. Jojotimes dapat membantu aktivitas karyawan serta mendeteksi late comers dan early leavers. Lebih dari 345+ perusahaan menggunakan Jojonomic untuk mengelola kegiatan bisnis sehari-hari dan meningkatkan kinerja karyawan.

Dengan sekali klik, kamu dapat merasakan kemudahan serta efektivitas yang di hasilkan oleh JojoTimes. Mari coba demo yang diberikan oleh tim secara gratis, lalu download demo dan nikmati manfaat yang dihasilkan.