HR Strategis Dalam Peranannya Di Suatu Perusahaan

HR strategis tentunya bisa bertindak sesuai dengan berbagai macam pedoman HR. Apa yang dilakukan oleh seorang HR tentunya haruslah tepat dan telah dipertimbangkan secara matang sebelum dilakukan. Seorang HR sudah seharusnya memiliki kebijaknaan sehingga apa yang dilakukannya tidak sampai merugikan karyawan sekaligus perusahaan. HR sendiri sebenarnya merupakan bagian yang penting di sebuah perusahaan. Peran HR begitu besar karena HR turut menentukan SDM yang ada di dalam perusahaan. Semakin SDM di suatu perusahaan pandai dan cakap serta terampil maka perusahaan akan semakin berkembang dengan baik.

Nama perusahaan pada akhirnya akan dikenal karena banyaknya SDM yang berkualitas di perusahaan tersebut. Tidak hanya itu saja namun nama perusahaan juga akan semakin dikenal oleh masyarakat awam karena perusahaan bisa memberikan output yang baik. Oleh karena itu peran HR di suatu perusahaan sangatlah penting. Sebab seorang HR akan selalu membantu perusahaan dengan caramenjadi penopang agar perusahaan menjadi semakin sukses. Hr memang identik dnegan karyawan. Maka itu jika karyawan atau SDM di suatu perusahaan memiliki kinerja yang baik dan bisa memberikan kontribusi bagi perusahaan maka HR akan dinilai telah memberikan keuntungan pula bagi perusahaan. Sebab para pekerja yang ada di suatu perusahaan menjadi tanggung jawab bagi tim HR.

Bekerja Sesuai Fungsinya

Seorang HR strategis bertanggung jawab terhadap para karyawan yang bekerja di perusahaan. Mulsai dari proses perekrutan pegawai hingga tunjangan karyawan serta kompensasi bagi karyawan yang mengundurkan diri. HR sudah seharusnya bekerja dengan maksimal karena bagaimanapun juga suatu perusahaan membutuhkan SDM atau pegawai yang berkualitas. Pegawai atau tenaga kerja yang berkualitas tentunya akan memberikan kontribusi bagi perusahaan sehingga perusahaan dapat berkembang dengan baik dan memberikan hasil yang baik pula.

Dalam melakukan pekerjaannya tentunya seorang HR harus memiliki strategi yang tepat sehingga HR bisa disebut bekerja dengan strategis. Kinerja HR yang strategis ini akan membuat HR dapatt melakukan tugas-tugasnya dnegan lebih mudah sehingga hasil pekerjaan HR selalu dinilai baik. Setiap pekerjaan juga sudah seharusnya dilakukan dengan tanggung jawab penuh dan dilakukan berdasarkan pada langkah-langkah yang tepat. Perencanaanebagai langkah awal tentu sudah menjadi bagian dari pekerjaan HR dalam melakukan tugasnya. Dengan perencanaan yang dipenuhi dengan strategi maka HR strategis perusahaan dapat bekerja dengan baik.

Menempatkan SDM dengan Tepat

Hingga saat ini masih banyak pula tenaga kerja yang bekerja di suatu perusahaan tidak memiliki kualitas yang baik. Ditambah lagi posisi tenaga kerja juga belum tentu tepat. Tentu saja hal ini sebaiknya tidak sampai terjadi sebab setiap pegawai harus memiliki posisi yang tepat agar dapat bekerja secara maksimal. Seorang karyawan jika ia berada di posisi yang tepat maka ia dapat bekerja secara efektif dan efisien. maka sudah tentu hasil pekerjaannya bisa dibilang baik dan bisa saja maksimal.

Efektivitas dan efisiensi karyawan ini sudah seharusnya menjadi tanggung jawab bagi HR sebab HR memang memiliki peran penting dalam mancari dan menampatkan SDM di suatu perusahaan. Jika seorang pegawai atau karyawan di suatu perusahaan dapat bekerja sesuai dengan keahliannya maka sudah tentu karyawan tersebut akan memberikan hasil pekerjaan yang baik. Tentu saja hal ini sangat menguntungkan bagi perusahaan. Semakin baik kualitas SDM yang ada di suatu perusahaan maka semakin tinggi pula kecenderungan para karyawan untuk memberikan hasil atau kontribusi terbaik bagi perusahaan.

Mengadakan Manajemen Trainee

Pengangkatan pegawai baru di suatu perusahaan terkadang menjadi hal tersulit bagi suatu perusahaan. Seorang karyawna yang baru saja bekerja di suatu perusahaan sudah seharusnya segera menyesuaikan diri dengan lingkunggan dan dalam waktu yang cukup singkat pula ia harus segera meklakukan berbagai tugasnya dengan sangat baik. Dalam hal ini tentu dibutuhkan peran dari HR. Bagaimanapun juga HR turut bertanggung jawab pula terhadap perkembangan kinerja setiap karyawan baru di perusahaan.

Oleh karena itu HR perlu berkerja seacra strategis terutama dalam mengadakan manajemen trainee untuk pegawai baru. Terlebih lagi jika pegawai baru merupakan fresh graduate yang belum memiliki pengalaman kerja. Namun sebenarnya perekrutan tenaga fresh graduate merupakan Tentu saja karyawan fresh graduate mendapatkan penanganan dan bimbingan yang tepat agar nantinya ia dapat bekerja secara efektif dan efisien serta maksimal sehingga akhirnya bisa turut menyumbangkan kontribusi bagi perusahaan. HR perlu menggunakan strategi melalui program magemen trainee agar tenaga kerja bisa bertindak dan bekerja sesuai dengan keinginan perusahaan.

Menghargai Karyawan

Karyawan yang bekerja di suatu perusahaan sudah seharusnya dihargai. Tidak hanya oleh pimpinan perusahaan saja tetapi juga dari divisi lain yang dihormatinya sepertimisalnya divisi HR. Pada dasarnya pengembangan SDMmerupakan hal yang sangat penting dan perlu untuk dilakukan agar karyawan dapat bekerja secara efektif dan memberikan hasil semaksimal mungkin. Tentunya karyawan akan merasa sangat senang jika pekerjaan sekaligus dirinya dihargai. Segala apa yang menjadi kebutuhan bagi karyawan tentu harus lebih diperhatikan agar kinerja karyawan tidak sampai mengalami kendala. Penyediaan fasilitas bagi karyawna juga perlu diperhatikan sehingga karyawan merasa dihargai.Misalnya saja adanya jam yang fleksibel untuk karyawan perempuan sehingga karyawan bisa tetapmenjalankan perannya sebagai ibu. Tentu saja jam yang fleksibel ini tidak mengurangi jam kerja yang seharusnya sehingga karyawan perempuan tetap dapat bekerja dengan baik dalam waktu yang sama dengan karyawan lainnya. Hal ini nantinya akan membuat karyawan menjadi lebih baik lagi dalam bekerja.

Memang tidak mudah dalam suatu karyawan mengatur banyak karyawan melalui seorang HR. Karena itu posisi HR strategis ini juga harus dibantu oleh sistem yang tepat dan memadai. Salah satunya dengan memutuskan penggunaan JojoTimes yang akan membantu HR dalam memantau karyawan secara lebih tepat dan mudah. Dengan software tersebut maka tim HR bisa melihat secara lebih mudah bagaimana pola absensi karyawan sepenuhnya. Lantas selain itu juga bisa bermanfaat untuk memberikan gambaran karir karyawan di dalam suatu perusahaan. Sepak terjang, kelebihan maupun kekurangan bisa tersimpan rapi melalui sistem yang tepat tersebut. Bahkan informasi mengenai karyawan juga bisa disimpan dalam software yang berfokus membantu meringankan tugas HR perusahaan.

Hal ini berkat beberapa fitur menarik yang dimiliki JojoTimes, termasuk di antaranya yaitu fitur berikut ini:

  • Fake ID Detection
  • Integrated Attendance System
  • Secured Cloud Based Storage
  • Accurate Real Time Monitoring
  • Schedules and Job Shifts

Serta masih banyak jenis fitur lainnya yang sangat dapat diandalkan. Dengan berbagai fitur tersebut dijamin perusahaan akan lebih efekfif melakukan pemantauan karyawan. Oleh sebab itu jangan lagi menunda, segera dapatkan coba gratis di perusahaan Anda dan rasakan sendiri keuntungannya. Melalui penggunaan JojoTimes, dijamin perusahaan bisa lebih teratur serta karyawan juga akan lebih mudah dikontrol kehadiran dan jenjang karirnya. Selamat mencobanya!