Human Resource Planning Beserta Manfaatnya Bagi Perusahaan

human resource

Dalam menentukan sebuah kegiatan pasti sebelumnya kita harus melakukan planning atau perencanaan terlebih dahulu. Sebuah perusahaan dalam mewujudkan eksistensinya untuk mencapai sebuah tujuan memerlukan perencanaan sumber daya manusia yang efektif dan efisien yang disebut Human Resource Planning.

Perencanaan sumber daya manusia (human resource planning) atau yang biasa disebut dengan workforce planning dapat membantu Anda memastikan bahwa perusahaan Anda memiliki orang yang tepat di dalam tim, yaitu mereka yang memiliki kemampuan bersaing, berinovasi, dan dapat mengembangkan keterampilan perusahaan.

Alasannya adalah bahwa tidak ada perusahaan yang mau mengambil risiko kekurangan keterampilan. Suatu perusahaan atau organisasi tanpa adanya pegawai atau karyawan yang sesuai baik segi kuantitatif, kualitatif strategi dan operasionalnya, maka perusahaan itu tidak mampu mempertahankan keberadaannya mengembangkan dan memajukan organisasi.

Perencanaan Sumber Daya Manusia (Human Resource Planning) merupakan strategi SDM melibatkan pengambilan tujuan organisasi dan menerjemahkannya ke dalam suatu kebijakan yang konsisten, terpadu, di dalam proses pembentukan dan pengelolaan karyawan. Namun, apakah kalian tahu apakah pengertian Human Resourse Planning? Jika kalian belum mengetahuinya yuk mari kita membahasnya!

Apa Itu Human Resource Planning?

Human Resource Planning

Perencanaan sumber daya manusia (Human Resource Planning) merupakan proses manajemen dalam menentukan pergerakan sumber daya manusia organisasi dari posisi yang diinginkan di masa depan, sedangkan sumber daya manusia adalah seperangkat proses-proses dan aktivitas yang dilakukan bersama oleh manajer sumber daya manusia dan manajer lini untuk menyelesaikan masalah organisasi yang terkait dengan manusia.

Tujuan dari integrasi sistem adalah untuk menciptakan proses prediksi sumber daya manusia yang muncul dari perencanaan strategik dan operasional secara kuantitatif. Oleh karena itu, perencanaan sumber daya manusia harus disesuaikan dengan strategi tertentu agar tujuan utama dalam memfasilitasi keefektifan organisasi dapat tercapai.

Perencanaan Sumber Daya Manusia (HRP)

Perencanaan sumber daya manusia merupakan proses perencanaan yang dapat membantu perusahaan merekrut, memelihara, dan mengoptimalkan alokasi personel yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan bisnis. Selain itu, dengan menerapkan rencana ini, karyawan juga dapat merespon berbagai perubahan di lingkungan eksternal (perusahaan).

Dilansir dari Smartsheet, dikatakan bahwa perusahaan pintar dapat menangani sumber daya manusia dengan baik dengan menerapkan rencana sumber daya manusia taktis yang terkait langsung dengan organisasi dan strategi sumber daya manusia.

Pentingnya Human Resource Planning

Perusahaan di seluruh dunia harus beradaptasi dengan siklus desain produk dan bisnis yang lebih pendek dan lebih pendek karena perubahan teknologi yang cepat, inovasi produk yang berkelanjutan, globalisasi ekonomi, dan transmisi budaya dan generasi. Hal yang sama berlaku untuk Anda dan perusahaan Anda. Perencanaan sumber daya manusia penting untuk aspek-aspek berikut:

  1. Mengantisipasi permintaan di pasar tenaga kerja yang terus berubah.
  2. Memberdayakan UKM (panggung).
  3. Meningkatkan operasi perusahaan.
  4. Memecahkan risiko makro yang terkait dengan pendekatan sistem HRP.
  5. Atasi kekurangan bakat dan ubah kondisi populasi dunia.
  6. Menghadapi perubahan teknologi dan generasi baru.
  7. Menanggapi perubahan organisasi perusahaan.
  8. Alamat (legislatif) perubahan pemerintah.

Apakah Tujuan Utama Human Resource Planning?

Disetiap kegiatan pasti mempunyai tujuan yang ingin dicapai oleh adanya human resource ini, adapun tujuan utama perencanaan Human Resource ini adalah:

  1. Mencegah Terjadinya Kelebihan Pegawai. Untuk memastikan perusahaan mendapatkan karyawan yang tepat diwaktu dan ditempat yang tepat dan mempunyai kemampuan yang sesuai dengan job desk yang diberikan.
  2. Untuk memastikan Bahwa Perusahaan Bersifat Responsive. Responsive disini memiliki arti bahwa adanya perubahan yang terjadi di lingkungan perusahaan tersebut. Dan menyediakan pengarahan dan tujuan semua aktifitas dan sistem SDM.

Tipe-Tipe Yang Ada Pada Human Resource Planning

Disetiap planning pasti mempunyai tipe-tipe yang mendukung adanya perencanaan terebut. Antara lain adalah

Aggregate Planning

Langkah awal dalam melakukan aggrerate planning adalah dengan memperkirakan permintaan kebutuhan karyawan. Dalam melakukan hal ini perusahaan harus mempertimbangkan strategi yang sudah diterapkan dan tingkat pertumbuhan yang direncanakan.

Succession Planning

Perencanaan ini meliputi kegiatan mengidentifikasi posisi kunci di lini manajemen yang apabila didalam perusahaan posisi tersebut sangat penting dan tidak boleh dibiarkan kosong. Succession planning dibagi menjadi dua tujuan yaitu:

  • Memfasilitasi apabila seorang karyawan mengundurkan diri.
  • Mengidentifikasi perkembangan yang dibutuhkan oleh karyawan yang mempunyai potensi untuk karir kamu.

Perencanaan Kebutuhan Sumber Daya Manusia (SDM)

Kebutuhan tenaga kerja atau sumber daya manusia (SDM) dimaksudkan agar jumlah kebutuhan tenaga kerja masa kini dan masa depan sesuai dengan beban pekerjaan, kekosongan-kekosongan dapat dihindarkan dan semua pekerjaan dapat dilaksanakan. Perencanaan kebutuhan tenaga kerja ini harus didasarkan pada informasi dari faktor internal & faktor eksternal perusahaan.

Human Resource Planning

Sumber daya manusia (SDM) merupakan salah satu faktor kunci dalam reformasi ekonomi, yakni bagaimana menciptakan SDM yang berkualitas dan memiliki keterampilan serta berdaya saing tinggi dalam persaingan global yang selama ini kita abaikan. Dalam kaitan tersebut setidaknya ada dua hal penting menyangkut kondisi SDM Indonesia, yaitu:

  • Pertama adanya ketimpangan antara jumlah kesempatan kerja dan angkatan kerja.
  • Kedua, tingkat pendidikan angkatan kerja yang ada masih relatif rendah

Faktor-faktor yang Mempengaruhi human resource planning

Proses perencanaan sumber daya manusia dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, antara lain:

Lingkungan Eksternal

  • Perkembangan ekonomi mempunyai pengaruh yang besar tetapi sulit diestimasi. Sebagai contoh tingkat inflasi, pengangguran dan tingkat bunga sering merupakan faktor penentu kondisi bisnis yang dihadapi perusahaan.
  • Kondisi sosial-politik-hukum mempunyai implikasi pada perencanaan sumber daya manusia melalui berbagai peraturan di bidang personalia, perubahan sikap dan tingkah laku, dan sebagainya.
  • Sedangkan perubahan-perubahan teknologi sekarang ini tidak hanya sulit diramal tetapi juga sulit dinilai. Perkembangan komputer secara dasyat merupakan contoh jelas bagaimana perubahan teknologi menimbulkan gejolak sumber daya manusia.
  • Para pesaing merupakan suatu tantangan eksternal lainnya yang akan mempengaruhi permintaan sumber daya manusia organisasi. Sebagai contoh, “pembajakan” manajer akan memaksa perusahaan untuk selalu menyiapkan penggantinya melalui antisipasi dalam perencanaan sumber daya manusia.

Keputusan-keputusan Organisasional

  • Rencana strategis perusahaan adalah keputusan yang paling berpengaruh. Ini mengikat perusahaan dalam jangka panjang untuk mencapai sasaran-sasaran seperti tingkat pertumbuhan, produk baru, atau segmen pasar baru. Sasaran-sasaran tersebut menentukan jumlah dan kualitas karyawan yang dibutuhkan di waktu yang akan datang.
  • Dalam jangka pendek, para perencana menterjemahkan rencana-rencana strategi menjadi operasional dalam bentuk anggaran. Besarnya anggaran adalah pengaruh jangka pendek yang paling berarti pada kebutuhan sumber daya manusia.
  • Forecast penjualan dan produksi meskipun tidak setepat anggaran juga menyebabkan perubahan kebutuhan personalia jangka pendek.
  • Perluasan usaha berarti kebutuhan sumber daya manusia baru.
  • Begitu juga, reorganisasi atau perancangan kembali pekerjaan-pekerjaan dapat secara radikal merubah kebutuhan dan memerlukan berbagai tingkat ketrampilan yang berbeda dari para karyawan di masa mendatang.

Faktor-faktor Persediaan Karyawan

Permintaan sumber daya manusia dimodifakasi oleh kegiatan-kegiatan karyawan. Pensiun, permohonan berhenti, terminasi, dan kematian semuanya menaikkan kebutuhan personalia. Data masa lalu tentang faktor-faktor tersebut dan trend perkembangannya bisa berfungsi sebagai pedoman perencanaan yang akurat.

Manfaat Perencanaan SDM

Human Resource Planning

Dengan perencaaan tenaga kerja diharapkan dapat memberikan beberapa manfaat baik bagi perusahaan maupun bagi karyawan.

Manfaat-manfaat tersebut antara lain:

  • Perusahaan dapat memanfaatkan sumber daya manusia yang ada dalam perusahaan secara lebih baik. Perencanaan sumber daya manusia pun perlu diawali dengan kegiatan inventarisasi tentang sumber daya manusia yang sudah terdapat dalam perusahaan
  • Melalui perencanaan sumber daya manusia yang matang, efektifitas kerja juga dapat lebih ditingkatkan apabila sumber daya manusia yang ada telah sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Standard Operating Prosedure (SOP) sebagai pedoman kerja yang telah dimiliki yang meliputi: suasana kerja kondusif, perangkat kerja sesuai dengan tugas masing-masing sumber daya manusia telah tersedia, adanya jaminan keselamatan kerja, semua sistem telah berjalan dengan baik, dapat diterapkan secara baik fungsi organisasi serta penempatan sumber daya manusia telah dihitung berdasarkan kebutuhan dan beban kerja.
  • Produktivitas dapat lebih ditingkatkan apabila memiliki data tentang pengetahuan, pekerjaan, pelatihan yang telah diikuti oleh sumber daya manusia. Dengan mengikutsertakan karyawan dalam berbgai pendidikan dan pelatihan, akan mendorong karyawan untuk meningkatkan produktivitas kerjanya. Melalui pendidikan dan pelatihan dapat meningkatkan kemampuan dan keterampilan sumber daya manusia yang diikuti dengan peningkatan disiplin kerja yang akan menghasilkan sesuatu secara lebih professional dalam menangani pekerjaan yang berkaitan langsung dengan kepentingan perusahaan.

Manfaat Lainnya:

  • Perencanaan sumber daya manusia berkaitan dengan penentuan kebutuhan tenaga kerja di masa depan, baik dalam arti jumlah dan kualifikasinya untuk mengisi berbagai jabatan dan menyelengarakan berbagai aktivitas baru kelak.
  • Salah satu segi manajemen sumber daya manusia yang dewasa ini dirasakan semakin penting ialah penaganan informasi ketenagakerjaan. Dengan tersedianya informasi yang cepat dan akurat semakin penting bagi perusahaan, terutama perusahaan yang memiliki sumber daya manusia yang banyak dengan cabang yang tersebar di berbagai tempat (baik dalam negeri maupun di luar negeri).
    Dengan adanya informasi ini akan memudahkan manajemen melakukan perencanaan sumber daya manusia (Human Resources Information) yang berbasis pada teknologi canggih merupakan suatu kebutuhan yang tidak dapat dihindarkan di era perubahan yang serba cepat
  • Mengetahui pasar tenaga kerja. Pasar kerja merupakan sumber untuk mencari calon-calon sumber daya manusia yang potensial untuk diterima (recruiting) dalam perusahaan. Dengan adanya data perencanaan sumber daya manusia di samping mempermudah mencari calon yang cocok dengan kebutuhan. Dapat pula digunakan untuk membantu perusahaan lain yang memerlukan sumber daya manusia.

Langkah-langkah perencanaan sumber daya manusia (human resource planning)

Setelah memahami manfaat penting dari rencana HRP, kini saatnya Anda dan perusahaan Anda mulai merencanakan rencana sumber daya manusia untuk perusahaan Anda. Rencana tersebut terdiri dari tujuh langkah, termasuk:

Analisis tujuan

Visi perusahaan adalah menjadi konten utama dasar pembuatan HRP. Tim sumber daya manusia harus bekerja sama dengan manajemen senior untuk mendapatkan pemahaman yang menantang tentang tujuan utama perusahaan. Hanya dengan cara ini mereka dapat fokus pada perolehan bakat yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan perusahaan.

Daftar sumber daya manusia saat ini

Mulai dari jumlah orang, skill atau keahlian, kinerja dan potensi, perhatikan sumber daya manusia perusahaan saat ini. Informasi ini biasanya dicatat dalam sistem HRIS (Penyimpanan Informasi Sumber Daya Manusia) perusahaan. Perhatikan apakah penugasan staf dilakukan dengan baik.

Perkirakan permintaan masa depan

Setelah melakukan proses inventarisasi, cari tahu apakah ada kelemahan atau kelebihan dalam penugasan karyawan dan posisi pekerjaan saat ini. Kemudian prediksi kebutuhan masa depan karyawan dari segi kuantitas dan kualitas. Pada langkah prediksi ini, penggunaan matriks SWOT (kekuatan, kelemahan, peluang, ancaman) akan sangat berguna.

Perkirakan jaraknya

Setelah memahami jumlah SDM yang ada dan memprediksi kebutuhan SDM yang akan datang, maka dapat diketahui apakah terdapat perbedaan (gap) antara SDM yang ada dengan permintaan yang akan datang, yang dapat berupa defisit atau surplus. Bahkan kebutuhan tersebut terpenuhi karena tidak ada perbedaan (gap). Jika masih ada kesenjangan kualitas antara sumber daya yang ada dan kebutuhan masa depan, mohon lakukan pelatihan karyawan.

Membuat rencana

Tahapan ini didasarkan pada hasil penentuan kesenjangan sumber daya (apakah surplus atau defisit). Jika ada defisit, Anda harus memutuskan untuk merencanakan proses perekrutan, pelatihan atau transisi. Namun, jika ada kelebihan, Anda harus memutuskan untuk merencanakan proses pelatihan, transisi, pensiun sukarela atau realokasi.

Implementasi rencana

Pada tahap ini baru implementasi dari rencana yang telah ditetapkan, baik itu rekrutmen pegawai baru, pelatihan pegawai, peralihan jabatan pegawai, pensiun sukarela atau realokasi.

Pemantauan, kontrol dan umpan balik

Pada tahap ini, Anda dan perusahaan perlu memantau, mengontrol, dan mengumpulkan berbagai masukan terkait sumber daya manusia perusahaan.

Kesimpulan Human Resource Planning

Acuan dalam menyusun program pengembangan sumber daya manusia. Perencanaan sumber daya manusia dapat dijadikan sebagi salah satu sumbangan acuan, tetapi dapat pula berasal dari sumber lain. Dengan adanya data yang lengkap tentang potensi sumber daya manusia akan lebih mempermudah dalam menyusun program yang lebih matang dan lebih dapat dipertanggungjawabkan. Berdasarkan hal-hal tersebut, dapat diketahui manfaat dari perencanaan sumber daya manusia dalam suatu perusahaan. Sebagai sesuatu yang sangat penting, demi kelancaran dan tercapainya tujuan dari perusahaan.

JojoTimes

Nah, Jojonomic menyediakan aplikasi Software HR agar perencanaan human resource planning perusahaan kamu berjalan dengan lancar. Dengan JojoTimes tingkatkan kinerja tim hingga 100% dengan sistem monitoring aktivitas real-time, anti-fraud dan pengelolaan administrasi HR otomatis. JojoTimes solusi untuk semua kebutuhan Mobile HR.