Influencer Marketing Perkembangan Metode Penjualan Produk

Influencer marketing sudah menjadi trend pemasaran produk dizaman ini. Dimana pihak perusahaan akan memakai jasa orang-orang berpengarauh dibeberapa media sosial seperti facebook, instagram dan twitter.

Banyak lahirnya orang berpengaruh atau influencer di dunia maya adalah karena drastisnya perkembangan internet. Dengan memanfaatkan peluang itu perusahaan bisa meraup untung yang sangat besar. Karena para influencer ini dipercaya oleh audiencenya, contoh yang paling jelas.

Ketika seorang selebgram memakai suatu produk dan memamerkan didalam akun pribadinya otomatis followersnya. Akan melihat dan tertarik untuk membeli produk tersebut. Influencer marketing ini juga sangat erat dengan endorsement.

Ribuan Benefit Dari Influencer Marketing

Pendayagunaan media sosial sudah diakui kekuatannya untuk mendongkrak popularitas suatu produk. Bahkan produk lokal saja bisa booming dan laris terjual akibat pemasaran melalui media sosial ini. Apalagi jika memanfaatkan tokoh-tokoh influencer didalamnya.

Jika diperhatikan influencer marketing ini hampir tidak berbeda dengan pengiklanan menggunakan model. Hanya saja si model yang diajak berkerja sama juga memiliki tanggung jawab untuk membuat konten sekreatif mungkin agar audience bisa tertarik.

Pasar global sekarang sudah penuh dengan persaingan perusahaan yang menggunakan metode penjualan produk dengan influencer. Bahkan salah satu pekerjaan yang diminati oleh kaum muda diera ini adalah menjadi seorang influencer.

Dengan memanfaatkan rupa ataupun konten-konten nyelenehnya mereka bisa meraup ribuaan hingga jutaan audience. Perubahaan kebiasaan masyarakat juga menjadi faktor utama mulai diliriknya metode influencer marketing sebagai salah satu peluang mengembangkan bisnis.

Lalu kemudian dikenal juga kata viral yang sebelumnya tidak begitu sering digunakan. Lalu apa dampak dari viral ini bagi produk anda?. Sebenarnya akan sangat berkaitan karena para influencer akan berusaha membuat produk yang dia tawarkan agar viral di dunia maya.

Karena jika sudah viral seluruh masyarakat Indonesia bisa mengetahui. Vira bisa dikatakan sebagai salah satu kesuksesan pengiklanan melalui influencer marketing. Kata viral ini hampir sama dengan booming. Jika sudah viral seluruh media cetak pasti akan memberitakan karena sangat menarik bagi masyarakat untuk mengetahuinya.

Contohnya saja iklan sebuah trading yang belakangan viral. Karena berisi sebuah adegan yang cukup unik. Dimana bintang utama iklan itu mengatakan bahwa ia bisa mendapatkan ribuan dollar hanya dalam waktu yang singkat. Tapi karena plot iklan yang seakan dibuat-buat walaupun viral malah menjadi boomerang sendiri kepada produk.

Jadi menggunakan influencer marketing juga harus bijak. Karena audience sekarang sangat berpikir kritis terhadap apapun yang diberitakan. Kesalahan kecil saja akan sangat berdampak kepada produk. Bisa diibaratkan bahwa metode ini adalah pisau bermata dua.

Apabila anda sebagai manajemen perusahaan tidak bisa dengan baik menggunakan metode ini. Malah akan merugikan perusahaan anda. Sebaliknya jika penggunaannya tepat dan efisien maka peningkatan penjualan produk akan sangat mudah.

Influencer marketing belakangan bukan saja digunakan oleh brand-brand ternama. Perusahaan yang baru mulai atau start up juga sudah menerapkan metode ini. Jadi bisa dibilang penerapan advertising menggunakan influencer adalah cara terbaik dimasa kini.

Apa Saja Yang Perlu Dipersiapkan Untuk Influencer Marketing

Anda pasti sudah sangat tertarik untuk menerapkan strategi penjualan menggunakan influencer marketing. Sebelum itu anda harus mengetahui dahulu apa saja yang harus dipersiapkan ketika memulai memakai metode ini.

Pertama adalah dengan melakukan riset mendalam mengenai strategi penerapannya. Riset ini akan menjadi ujung tombak bagi seluruh divisi pemasaran didalam perusahaan. Karena nantinya ketika riset telah terkumpul maka metode marketing ini bisa diterapkan secara efektif.

Masalah utamanya jika daya tarik dari perusahaan anda tidak begitu besar. Sehingga untuk mendapatkan respon dari riset yang diberikan tidak maksimal. Respon yang digunakan biasanya berupa kuisioner yang diberikan secara offline maupun online. Jika tidak terpenuhi dengan maksimal maka influencer marketing bisa terhambat.

Lalu apa solusi terbaiknya?. Perusahaan bisa memberikan reward kepada konsumen yang mengisi kuisioner berupa diskon ataupun produk. Hal ini terbukti sangat efisien dan efektif untuk menarik minat para konsumen agar mengisi kuisioner tersebut.

Biasanya kuisioner yang ditanyakan mengenai pandangan masyarakat terhadap perusahaan dan juga produknya. Data didalam kuisioner ini nantinya akan sangat berguna untuk menerapkan influencer marketing kedalam pasar.

Hampir 70% perusahaan dizaman ini selalu melakukan riset dengan cara seperti ini. Bahkan beberapa brand makanan yang baru saja diluncurkan pasti melakukannya. Penyebaran kuisioner sangat beragam ada yang setelah pembelian ataupun via media sosial melalui internet.

Langkah Selanjutnya Dalam Influencer Marketing

Tahap pertama telah selsai dengan mengumpulkan responden dari target pembeli produk. Selanjutnya adalah melakukan campaign atau kampanye. Tehnik ini memang biasanya digunakan oleh para calon legislatif dan politikus lainnya.

Padahal makna sebenarnya dari campaign ini adalah memberikan informasi lebih mendalam kepada masyarakat tentang produk yang ditawarkan. Campaign didalam influencer marketing biasanya diterapkan menggunakan media sosial. Platform media sosial yang sering dipilih adalah twitter disana para influencer akan membuat campaign lewat tagar atau hashtag.

Jika tagar yang diiklankan oleh influencer ini sampai masuk trending topic. Maka strategi pemasarannya telah berhasil. Memang ada beberapa tahapan yang begitu sulit dalam pemasaran melalui influencer ini.

Tapi benefit yang didapatkan akan sebanding dengan kesulitan yang ditempuh saat membuat iklan ini. Biasanya pihak perusahaan juga akan membuat target dari campaign ini. Target seperti perkembangan followers bisa menjadi target utamanya.

Maksud dari pertambahan followers ini karena pihak perusahaan mengetahui tingkat conversion followers ke panjualan akan sangat berpengaruh. Peran pentingnya influencer marketing akan sangat berperan ditahap ini.

Pihak perusahaan yang sudah berhasil menggunakan metode ini menjelaskan bahwa. Dengan pertambahan followers ini akan sangat berpengaruh kepada penjualan produk. Alasan utamanya karena ketika page yang dibuat telah disukai oleh pembeli yang berpotensi untuk melakukan transaksi.

Walaupun tidak berminat untuk membelinya sekarang tapi page itu akan terus menarik minatnya secara perlahan. Ada sebuah produk yang bisa disinergikan dengan metode influencer marketing. Yaitu JojoExpense dimana perusahaan bisa dengan mudah memperluas jaringan bisnisnya.

Proses yang berjalan secara otomatis akan membantu penggunaan metode influencer marketing. Pihak manajemen tidak perlu lagi memasukkan berbagai perintah yang diperlukan untuk menghasilkan data yang diinginkan.

Update terkini dari hasil penjualan akan bisa diketahui secara langsung. Karena mudahnya untuk mengontrol anggaran anda menggunakan JojoExpense ini. Berkat aplikasi perusahaan akan cepat mendapatkan kemajuan yang signifikan.

Selain proses yang berjalan secara otomatis anda jadi bisa mengetahui lebih dalam tentang keuangan dengan JojoExpense. Optimasi penjualan anda dengan aplikasi JojoExpense dan strategi influencer marketing ini.

Aplikasi canggih ini bisa anda coba versi demonya secara langsung disitus resmi Jojonomic. Apalagi tidak dikenakan biaya sedikitpun untuk menikmati aplikasi demo ini.