Inilah Cara yang Tepat Dalam Menyusun Anggaran Perusahaan

anggaran perusahaan

Inilah Cara yang Tepat Dalam Menyusun Anggaran Perusahaan – Apakah kalian tau cara yang tepat dalam menyusun anggaran perusahaan? Sebenarnya, menyusun anggaran itu tidak sesulit seperti yang selama ini kamu pikirkan loh. Ada berapa cara mudah dalam menyusun anggaran belanja perusahaan agar proses pemasukan serta pengeluaran dapat terdata dengan baik. Berikut ini merupakan tips-tips yang bisa kita lakukan dalam meyusun anggaran perusahaan.

Untuk jenis anggarannya sendiri ada banyak jenisnya, seperti anggaran belanja, anggaran penjualan, belanja, produksi, operasi dan pengiriman barang. Mengingat keragaman jenisnya, tentunya penyusun perlu berhati-hati dan memperlakukan dirinya sendiri. Setelah memahami pengertian anggaran perusahaan, mari kita lanjutkan ke pembahasan selanjutnya.

Perencanaan Anggaran

Beberapa ahli di bidang ekonomi menjelaskan pengertian anggaran, antara lain:

  1. Gomes (1995)
    Anggaran merupakan dokumen yang berusaha untuk mendamaikan prioritas-prioritas program dengan sumber-sumber pendapatan yang diproyeksikan. Anggaran menggabungkan suatu pengumuman dari aktivitas organisasi atau tujuan untuk suatu jangka waktu yang ditentukan dengan informasi mengenai dana yang dibutuhkan untuk aktivitas tersebut atau untuk mencapai tujuan tersebut.
  2. Sofyan (1996)
    Menurut Sofyan, pengertian anggaran adalah pendekatan yang sistematis dan formal yang bertujuan untuk mencapai pelaksanaan fungsi perencanaan sebagai alat bantu pelaksanaan tanggung jawa manajemen.
  3. Nafarin (2000)
    Anggaran adalah rencana tertulis tentang sebuah organisasi yang dinyatakan secara kuantitatif untuk jangka waktu tertentu. Biasanya anggaran dinyatakan dalam satuan moneter, tapi bisa juga dinyatakan dalam satuan barang atau jasa.
  4. Mulyadi (2001)
    Mulyadi memaparkan bahwa anggaran adalah sebuah rencana kerja yang dinyatakan secara kuantitatif dan diukur dalam satuan moneter standar. Satuan ukuran lainnya yang digunakan dalam anggaran adalah jangka waktu, yaitu dalam satu tahun.
  5. Munandar (2011)
    Anggaran adalah suatu rencana yang disusun dengan sistematis yang meliputi semua aktivitas perusahaan yang dinyatakan dalam unit atau kesatuan moneter yang berlaku untuk jangka waktu tertentu.

Manfaat Anggaran Perusahaan

Manfaat Kino dapat penghargaan dari Top Brand

Anggaran perusahaan akan membantu menjalankan bisnis dengan dukungan kebijakan dan rencana yang bijaksana. Perusahaan yang telah melihat ke depan pasti akan mempertimbangkan apa yang akan terjadi di masa depan.

Oleh karena itu, perusahaan ini dapat memulai sesuai dengan semua rencana yang disiapkan sebelumnya.

Ada beberapa manfaat penganggaran, salah satunya adalah membantu kelancaran bisnis perusahaan karena didukung oleh kebijakan yang relevan dan perencanaan keuangan yang matang.

Selain itu anggaran perusahaan juga sangat penting untuk membantu dan memudahkan pihak pengelola dalam mengelola dan melaksanakan setiap aktivitas perusahaan.

Berikut merupakan manfaat dari menyusun anggaran belanja perusahaan, antara lain :

  1. Membantu atasan khususnya manajer keuangan dalam mengelola setiap kegiatan perusahaan, termasuk dengan proses aliran dana yang keluar.
  2. Proses berjalannya aliran dana perusahaan akan berjalan dengan terencana, karena sesuai dengan perincian yang tersedia di anggaran
  3. Menghindari adanya proses alokasi dan yang tidak jelas.

Pentingnya Pembuatan Anggaran dalam Perusahaan

Apa Sih Pentingnya Anggaran Bisnis? Temukan Jawabannya di Sini! | Bisnis  Agen Pulsa PPOB dan Pembayaran terpercaya #1 di Indonesia

Setelah memahami pengertian anggaran perusahaan, kini kita memahami pentingnya anggaran. Penggunaan pertamanya adalah menjadi rencana keuangan yang relevan dalam operasi perusahaan. Kemudian dapat mengontrol pengelolaan setiap aktivitas dalam operasional perusahaan.

Selain itu, juga dapat digunakan sebagai pedoman kasar untuk langkah-langkah berkelanjutan dalam membangun financial case perusahaan. Ini juga berisi strategi, rencana dan perkiraan tertentu tentang jalannya kegiatan operasional. Ini seperti menggunakan anggaran itu sendiri sebagai salah satu strategi berkelanjutan perusahaan.

Cara Menyusun Anggaran Perusahaan

Metode & Format Menyusun Anggaran Laba Rugi untuk Bisnis Anda - Jurnal

Sekarang kita sudah mengetahui penjelasan mengenai anggaran belanja perusahaan  beserta manfaat yang dihasilkan. Yuk selanjutnya, kita bahas secara terperinci mengenai cara penyusunan anggaran perusahan :

1. Penentuan Pedoman

Langkah awal yang kamu lakukan ialah menentukan pedoman anggaran, pada pedoman anggaran ini bisa kamu buat berdasarkan anggaran belanja satu tahun perusahaan yang kadangkala dipersiapkan beberapa bulan sebelum anggaran beberapa tahun berikutnya. Pada tahapan ini biasanya, dikenal dengan peranan manajemen puncak sebagai dasaran dalam menyusun anggaran belanja.

Kegiatan manajemen puncak terbagi menjadi dua kegiatan yang diantaranya :

  • Kegiatan penetapan rencana besar perusahaan untuk penyusun anggaran belanja perusahaan. Penetapan rencana besar ini seperti hanya tujuan, manfaat dan asumsi dari anggaran belanja yang telah dibuat
  • Membentuk panitia yang memiliki tugas untuk menysun anggaran perusahaan selama satu periode tertentu.

2. Persiapan

Pada persiapan penyusunan anggaran, yang ikut berpartisipasi dalam penyusunannya adalah semua divisi yang ada di perusahaan dan bukan hanya manajemen puncak serta staff bagian akuntansi saja. Dibutuhkan kerjasama yang solid dalam penysusunan anggaran.

3. Penentuan

Hal selanjutnya adalah menentukan anggaran perusahaan yang sudah dibahas dan disiapkan oleh semua pihak terkait dalam sebuah perusahaan. Berikut merupakan 3 tahapan dalam menentukan anggaran, yaitu :

  • Setiap divisi dalam sebuah perusahaan membicarakan dan merumuskan akan hal yang telah disiapkan agar nantinya anggaran perusahaan yang dibuat nantinya dapat memenuhi kebutuhan dari tiap-tiap divisi.
  • Mengkoordinasikan secara terperinci mengenai anggaran perusahaan yang telah dibuat.
  • Membagikan secara adil anggaran perusahaan, kepada seluruh bagian dalam perusahaan.

Pada tahap ini nantinya, manajemen perusahaan dan direksi akan memeriksa serta melakukan pengesahan setelah melakukan pengujian dalam segi kelayakan dari setiap anggaran. Anggaran tersebut yang diuji merupakan, anggaran yang telah dibuat oleh setiap bagian dalam perusahaan.

4. Pelaksanaan

Tahapan terakhir dalam pembuatan anggaran perusahaan adalah eksekusi atau pelaksanaan anggaran. Pada bagian ini merupakan bagian yang nantinya perencanaan anggaran yang telah dibuat akan diputuskan.

Selanjutnya, masing-masing bagian akan menggunakan anggaran perusahaan sebagaimana yang telah disusun. Pada tahap ini, setiap atasan seperti manajer akan mengawasi kemudian melaporkan ke direksi apakah pelaksanaannya sesuai dengan yang dirumuskan sebelumnya atau tidak.

10 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membuat Anggaran Perusahaan

Cara Branding dan Hal Penting Yang Harus Diperhatikan Saat Melakukan  Branding | Dreambox

Setelah memahami arti anggaran perusahaan dan meninjau secara singkat tujuan anggaran tersebut. Nah, berikut ini rangkuman 10 hal yang perlu diperhatikan sebelum membuat anggaran perusahaan. Mari kita tonton bersama.

1. Pahami kebutuhan dan kemampuan perusahaan

Tahap pertama yang perlu diperhatikan ketika merumuskan anggaran perusahaan adalah memahami kebutuhan dan kemampuan perusahaan itu sendiri. Hal ini terkait dengan perbedaan antara satu perusahaan dengan perusahaan lainnya. Ini membuat tidak mungkin membuat rencana yang sama di setiap perusahaan.

Kemudian dari bagian keuangan dan perencanaan, Anda dapat mengamati pendataan tentang kapabilitas dan kebutuhan perusahaan. Ini merupakan hal penting yang sering terlewatkan dan akhirnya membuat penyusunan anggaran menjadi kurang tepat. Sekalipun terkesan sederhana, itu harus diperhatikan.

2. Tinjau anggaran tahun lalu

Langkah selanjutnya yang dapat dipertimbangkan sebelum membuat anggaran perusahaan adalah memeriksa jumlah anggaran untuk tahun sebelumnya. Ini mungkin data yang valid tentang perkembangan keuangan internal perusahaan tahun lalu. Apakah mungkin mengalami kemunduran atau peningkatan, karena semuanya memiliki teknik penganggaran yang berbeda.

3. Membentuk komite pengelolaan anggaran

Hal yang perlu diperhatikan sebelum menetapkan anggaran perusahaan lain adalah mengatur agar panitia membuat anggaran sendiri. Oleh karena itu, perseroan tidak perlu menyiapkan anggaran tanpa perhitungan yang matang oleh para pelaku yang mumpuni di bidangnya. Panitia sendiri dapat terdiri dari personel keuangan yang diawasi langsung oleh manajemen perusahaan untuk mengawasi rencana tersebut.

4. Tentukan pedoman anggaran

Langkah selanjutnya sebelum membuat anggaran adalah mengembangkan pedoman dasar berdasarkan anggaran itu sendiri. Ini berisi rencana besar, yang meliputi tujuan, asumsi dan manfaat dari rencana tersebut. Penting untuk memetakan dan mengembangkan pedoman ini untuk digunakan sebagai pedoman agar pemupukan tidak menyebar ke mana-mana.

5. Siapkan anggaran Anda

Pada tahap ini pihak terkait dapat memperoleh informasi tentang kebutuhan dengan melaporkan kepada masing-masing departemen di perusahaan. Karenanya, ini bukan hanya menjadi tugas perencana keuangan, tetapi juga merupakan sinergi dari berbagai elemen di dalam perusahaan. Persiapan ini meliputi koordinasi antar berbagai bidang dan penyusunan laporan keuangan untuk memasuki tahap lanjutan.

6. Buatlah rencana anggaran sesuai dengan jenis permintaan

Seperti disebutkan di bagian sebelumnya, ada banyak jenis persyaratan anggaran. Misalnya, penjualan, pendapatan dan pengeluaran, produksi, operasi, dll., Peta distribusi harus sebaik mungkin dan sedetail mungkin. Alokasi keuangan yang ditargetkan sesuai dengan jenis kebutuhan di masing-masing bidang akan memudahkan perkembangan keuangan perusahaan.

7. Penetapan anggaran

Jangan lupa untuk menyusun financial plan untuk tiap jurusan dan bidang yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Tentu saja, Anda dapat mengamati atau berkonsultasi dengan bidang terkait. Jangan lewatkan bagian ini, jangan sampai Anda salah menentukan jumlah uang yang harus dibayar, dan tidak akan menyebabkan inflasi finansial.

8. Buatlah rencana distribusi di setiap area

Setelah menyelesaikan tahapan di atas, langkah selanjutnya adalah menyusun rencana distribusi di setiap bidang. Untuk meminimalkan kesalahan, skala dan sistem alokasi keuangan harus jelas. Tahapan ini tidak boleh diabaikan, agar dana yang masuk ke masing-masing jurusan dan jurusan bisa terarah dengan baik tanpa ada praktik KKN.

9. Mengadakan pertemuan review perencana keuangan

Setelah menyelesaikan banyak persiapan yang diperlukan, Anda dapat melanjutkan ke rapat verifikasi. Pada bagian ini, tim penentu keuangan dan departemen antar departemen dapat menyampaikan laporan keuangan akhir. Sebelumnya, itu diberi wewenang oleh manajer yang berwenang, dan alokasi keuangan dan implementasi dilakukan sejauh mungkin.

10. Mencapai praktik terbaik

Sekarang, langkah terakhir dari tahap perencanaan keuangan perusahaan adalah implementasi terbaik. Anda dapat mencobanya secara berulang dengan mengujinya selama jangka waktu tertentu. Atau dapat dibantu dengan penggunaan personel yang luar biasa sesuai dengan rencana yang dikembangkan sebelumnya.

6 Macam Anggaran Keuangan Yang Harus Dimiliki Perusahaan

Castlegar councillors don't concur on controversial provincial budget | The  Rossland Telegraph

Di bawah ini adalah beberapa anggaran yang harus dimiliki oleh perusahaan :

Anggaran Penjualan

Pada anggaran ini dibuat untuk membuat perkiraan tentang penjualan di masa depan yang di dalamnya terdapat jenis-jenis rencana barang yang akan dijual, harga, jumlah, tempat, dan waktu penjualan itu sendiri. Umumnya pada anggaran ini akan dibuat dalam satu periode yang berisi rencana anggaran satu tahun periode.

Anggaran Biaya Produksi

Pada anggaran ini berisi mengenai rencana biaya pemasaran dan anggaran biaya administrasi. Nantinya, anggaran biaya produksi ini akan digunakan sebagai dasar dalam pembuatan anggaran laba-rugi dan kas.

Anggaran Biaya Bahan Baku

Anggaran ini merupakan bagian paling terpenting dalam proses produksi dan di dalamnya terdapat perencanaan mengenai bahan baku beserta uang. Mengapa penting? Karena ketika kamu membuat anggaran ini, perusahaan dapat mengetahui atau ada transparansi mengenai bahan baku yang akan dipakai sebagai dasar atau patokan pada penyusunan anggaran laba-rugi dan anggaran kas.

Anggaran Biaya Tenaga Kerja Langsung

Pada anggaran ini berisikan biaya tenaga kerja selama satu tahun dan dapat digunakan sebagai dasar dalam anggaran laba-rugi dan anggaran kas. Perhitungan dalam anggaran ini memiliki 2 dasar perhitungan, ada per jam dan per unit.

Anggaran Produksi

Pada anggaran ini di dalamnya berisikan semua perencanaan dalam perusahaan yang nantinya akan di produksi selama satu tahun periode. Ketika kamu membuat anggaran biaya produksi, maka anggaran produksi ini akan menjadi acuan atau dasar dalam pembuatannya dan ditentukan berdasarkan rencana dari penjualan atau persediaan yang sudah direncanakan.

Anggaran Overhead Pabrik

Seperti judulnya, anggaran ini merupakan anggaran yang berisikan perencanaan biaya overhead pabrik selama periode anggaran dan dapat digunakan dalam menyusun anggaran laba-rugi dan anggaran kas. Anggaran ini meliputi beberapa biaya yang harus dikeluarkan, biaya tenaga kerja tidak langsung,pengawasan mesin produksi,pajak,asuransi,hingga fasilitas tambahan yang diperlukan dalam proses produksi.

Pada semua jenis anggaran yang telah disebutkan, memang akan dibuat dan diuji kebenarannya oleh perusahaan. Namun faktanya, dalam beberapa perusahaan seringkali terjadinya penipuan atau penyalah gunaan anggaran yang telah dibuat. Cegah peluang penipuan, dengan mengumpulkan data secara otomatis dan cegah penipuan keuangan secara digital, JojoExpense dapat menjadi jalan keluar dalam mengurangi tingkat penipuan.  Kontrol laju pengeluaran perusahaan dengan lebih efisien hingga 76%  dan hemat waktu dalam manajemen pengeluaran perusahaan, menjadi salah satu kelebihan dari sekian banyak manfaat yang dihasilkan oleh JojoExpense.

Pemahaman lebih mendalam mengenai laju pengeluaran perusahaan, kumpulkan data dari aliran dana secara otomatis dan hemat berjam-jam dari melakukannya secara manual. Kamu akan dapat memahami pengetahuan mengenai laju pertumbuhan perusahaan dan memonitoring perilaku finansialnya. Selain itu, ketika kamu mengajukan anggaran dana untuk bekerja, kamu tidak perlu lagi menunggu antara saat pengajuan request dan lanjut mengerjakan proyek. Lebih dari 345+ perusahaan telah menggunakan Jojonomic untuk mengelola kegiatan bisnis dan meningkatkan kinerja karyawan. Bagaimana jika kamu mencoba menggunakan JojoExpense, dan bandingkan dengan penganggaran manual yang kamu gunakan, lalu liat hasilnya!