Inilah Keuntungan Menghadiri Konferensi

Konferensi merupakan sebuah rapat atau pertemuan untuk melakukan suatu perundingan atau saling bertukar pendapat untuk menyelesaikan suatu masalah yang dihadapi bersama. Selain itu, konferensi juga dapat dikatakan sebagai media komunikasi taap muka untuk menghasilkan suatu mpemahaman bersama yang tidak mungkin dilakukan dengan komunikasi secara tertulis.

Jenis-jenis konferensi

  1. Konferensi Pers

Konferensi pers merupakan suatu aktivitas guna mengundang wartawan berdialog sesuai dengan materi yang telah dipersiapkan sebelumnya oleh pihak pemimpin rapat, sasarannya agar pertemuan tersebut dapat dimuat wartawan ke dalam media massa.

Konferensi pers biasanya diselenggarakan dengan mendadak dan di tempat seadanya. Sehingga konferensi pers ini seseorang yang mengikutinya belum tentu mendapatkan fasilitas yang diharapkan seperti jamuan atau akomodasi.

  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Konferensi pers biasanya dilakukan saat sedang atau sesudah terjadinya peristiwa besar dan penting. Sehingga dengan adanya konferensi pers ini dapat memberikan pemahaman kepada media massa akan suatu hal yang sedang atau sudah terjadi.

  1. Konferensi kasus

Konferensi kasusmerupakan suatu aktivitas pelengkap atau pendukung dalam kegiatan konseling dan bimbingan untuk membahas masalah guna mendapatkan kemudahan, keterangan serta komitmen dalam pemecahan masalah. Akan tetapi, tidak semua permasalahan dapat dilakukan dengan konferensi kasus.

Namun, dalam kasus pelik dan diperlukan adanya pihak lain tentu konferensi kasus ini penting dilakukan agar penyelesaian masalah tidak hanya mengandalkan konselor saja melainkan dapat dilakukan dengan kolaboratif dengan melibatkan pihak-pihak tertentu dan sama-sama mempunyai kepentingan dan dianggap berkompeten terhadap suatu masalah yang tengah dihadapi.

  1. Konferensi video

Konferensi video ini merupakan suatu aktivitas penyampaian informasi dimana bentuk informasinya tidak hanya disampaikan melalui audio saja tetapi juga dapat disampaina secara visual.

Konferensi video mengandalkan telekomunikasi audio video yang dapat membawa beberapa pihak yang ada di berbagai tempat untuk mengadakan konferensi atau perundingan bersama.

Konsep yang digunakan dalam konferensi video ini adalah percakapan yang terjadi antara 2 orang atau lebih dalam ruangan berukuran besar di tempat yang berbeda.

Keuntungan menghadiri konferensi

Konferensi tidak hanya suatu pertemuan untuk membahas suatu permasalan saja. Banyak manfaat dari menghadiri koferensi antara lain sebagai berikut:

  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.
  1. Dapat menentukan riset

Dalam melakukan konferensi, maka penting menentukan riset apa yang hendak dikerjakan. Karena biasanya seseorang melakukan konferensi sudah mempunyai topic umum tentang risetnya. Meski demikian,ada saja seseorang yang masih tidak yakin dengan topic yang sedang ia kerjakan.

Untuk itu, dengan menghadiri konferensi ini maka dapat saling berbagi pendapat dan memberikan hasil pendapat terkait topic yang berbeda-beda sehingga dengan begini akan mendapatkan berbagai topic baru.

  1. Mendapat umpan balik

Dengan menghadiri konferensi, maka seseorang bisa mendapatkan umpan balik yang membuat seseorang merasa puas. Dengan begitu akan lebih mudah untuk seseorang dalam memperbaiki hasil riset yang masih perlu diperbaiki dan dibuat lebih sempurna agar layak dimasukkan ke dalam jurnal paper.

  1. Dapat meriview

Dalam mengikuti konferensi, maka tidak jarang jika seseorang akan menemukan ada presentasi lain dari orang besar. Dari presentasi tersebut maka seseorang dapat mengukur tingkat kemampuannya sendiri. Terkadang presentasi dari orang besar sekalipun mendapat pertanyaan dai audience yang berguna bagi seseorang jika suatu melakukan presentasi mendapatkan pertanyaan yang senada.

  1. Menambah inspirasi

Dengan menghadiri konferensi maka seseorang bisa menambah insipirasinya. Karena dalam menghadiri konferensi pers seseorang dapat menambah pengetahuan secara gratis dan sekaligus mendapat pengalaman serta interaksi social akan bertukar pendapat.

Hal yang perlu dilakukan sebelum menghadiri konferensi

Setelah menghadiri konferensi tentu seseornag akan merasa lelah karena dalam menghadiri konferensi tentu aka nada berbagai stan menarik yang membuat seseorang lupa akan tujuannya menghadiri konferensi tersebut. Untuk itu, inilah beberapa hal yang perlu dilakukan sebelum menghadiri konferensi:

  1. Tetapkan tujuan

Sebelum menghadiri konferensi sebaiknya tetapkan tujuan anda. Menghadiri konferensi tentu membuat seseorang harus membayar biaya pendafatran yang lumayan sehingga sudah dipastikan bahwa konferensi merupakan suatu yang berharga sehingga jangan sampai menyia-nyiakan kesempatan tersebut.

  1. Berjejaring

Setelah menghadiri konferensi pasti aka nada yang namanya makan malam bersama. Hal ini tentu bisa menjadi peluang jejaring yang bagus. Namun akan lebih baik sebelum mengikuti makan malam tersebut persipakan diri anda dalam bertukar kontak atau informasi.

  1. Percaya diri

Sebelum menghadiri konferensi persiapkan diri anda untuk percaya diri. Biasanya dalam acara konferensi akan menyisakan banyak waktu untuk Tanya jawab di sesi akhir mereka sehingga disini anda bisa mencoba ajukan beberapa pertanyaan.

Hal yang perlu dilakukan setelah menghadiri konferensi

Setelah menghadiri konferensi, sebaiknya Anda tidak hanya berlalu saja. Manfaat dalam menghadiri konferensi bisa didapat setelah hari-hari berikutnya, bahkan saat konferensi tersebut berlangsung. Berikut merupakan hal yang perlu dilakukan setelah menghadiri konferensi:

  1. Mengirim pesan singkat

Dalam konferensi tentu anda akan mengenal banyak orang yang sempat bertukar kontak. Untuk itu, setelah menghadiri konferensi, anda bisa mengirim pesan singkat kepada orang yang telah bertukar kontak dengan anda. Hal ini dapat menjadi langkah yang baik agar koneksi dengan jaringan baru dapat terjalin baik. Namun perlu diingat anda tidak boleh berlebihan dalam mengirim pesan kepada jejaring yang baru anda kenal.

  1. Melakukan apa yang sudah dicatat

Selama konferensi berlangsung, tentu anda akan sibuk mencatat segala hal yang disampaikan selama konferensi. Namun, jangan sampai semua yang sudah dicatat hilang begitu saja setelah konferensi selesai. Untuk itu, lakukan apa yang sudah dicatat.

  1. Menyampaikan hasil konferensi kepada rekan kerja

Setelah menghadiri konferensi, penting bagi anda menyampaikan hasil konferensi kepada rekan kerja anda. Hal ini dikarenakan tidak semua karyawan bisa menghadiri konferensi tersebut. Anda tidak perlu menyampaikannya secara serius dan formal, cukup santai saja namun disampaikan dengan baik.

Biaya untuk menghadiri konferensi

Dalam menghadiri konferensi tentu membutuhkan biaya pendaftaran yang cukup besar sehingga siapapun yang menghadiri konferensi harus serius dalam mengikuti konferensi tersebut.

Dan setiap perusahaan tentu ingin karyawannya mengikuti konferensi untuk mendapatkan informasi, namun perusahaan juga tidak lupa bagaimana cara menghemat biaya mengikuti konferensi tersebut. Seringkali kegiatan konferensi membutuhkan biaya yang cukup sehingga perusahaan harus memperhitungkan pengeluaran dengan bijak.

Namun kini perusahaan tidak perlu pusing lagi mengenai biaya tersebut karena ada aplikasi JojoExpenses dari JOJONOMIC yang dapat membantu perusahaan dalam mengelola pengeluaran perusahaan dengan lebih efisiensi.

JojoExpenses mampu mengontrol segala anggaran perusahaan baik dimana saja dan kapan saja. Menariknya, JojoExpenses dilakukan dengan cara otomatis dan menghemat waktu. Jadi, perusahaan dapat mengontrol anggaran perusahaan dimana saja dan kapan saja.

JojoExpenses juga membantu perusahaan dengan memberikan kemudahan dalam mengakses keuangan perusahaan kapan saja dan dimana saja, dengan begitu organisis perusahaan dapat berjalan dengan baik sekaligus mampu meningkatkan produktivitas karyawan dan perusahaan tersebut dengan sangat professional.