Inklusi Dalam Perusahaan Sebagai Cara Merubah Lingkungan Kerja

Mendukung inklusi dalam perusahaan merupakan cara yang bisa dipilih untuk merubah lingkungan kerja. Tahukah anda tentang inklusi yang diterapkan didalam sebuah perusahaan?, makna inklusi disini adalah perusahaan melakukan penerimaan karyawan dengan berbagai kondisi fisik termasuk orang-orang dengan keadaan disabilitas.

Dimasa kini memang sudah tidak sulit menemukan tenaga kerja disabilitas mereka menuntun ilmu serta melamar pekerjaan sama dengan kebanyakan orang. Bahkan ada beberapa penyandang difabel memiliki angka prestasi yang lebih dari lainnya.

Merekrut orang berkebutuhan khusus juga bisa menjadi sarana merubah lingkungan kerja agar lebih baik, dengan keragaman komposisi pekerja mereka akan belajar untuk saling memahami dan menghargai satu sama lain. Inklusi dalam perusahaan bisa menjadi sebuah hal positif yang bisa diterapkan didalam sebuah bisnis.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Klien serta konsumen juga akan lebih menghargai perusahaan yang memperkerjakan para pekerja disabilitas, memasukan karyawan difabel bisa menjadi personal branding tersendiri bagi perusahaan karena terkesan akan lebih ramah dan terbuka bagi orang-orang berkebutuhan khusus.

Personal Branding Menggunakan Inklusi

Jika anda berpikir secara out of box, inklusi dalam perusahaan bisa menjadi jalan personal branding yang baik. Pendekatan kemanusiaan yang diberikan oleh metode ini akan berdampak dahsyat kepada bisnis anda.

Tidak semua masyarakat menerima anugerah berupa keadaan fisik yang sempurna maupun finansial mencukupi. Untuk itu perusahaan anda bisa menjadi agen perubahan dengan menerima konsep inklusi. Pintu perusahaan anda akan selalu terbuka lebar untuk para disabilitas bisa mendapatkan kehidupan yang lebih sejahtera dengan lingkungan kerja nyaman serta aman.

Sebenarnya cacat fisik mereka tidak menghalangi akalnya untuk berkerja dengan maksimal, karena inti dari pekerjaan adalah menggunakan akal untuk menyelsaikan sebuah tugas. Hanya diperlukan perhatian serta sarana yang lebih untuk menutupi kekurangan mereka.

Fakta didunia juga sudah sering memberikan bahwa inklusi dalam perusahaan memang baik, tentu terlepas dari nilai kemanusiaan seorang disabilitas juga memiliki masa depan yang harus mereka perjuangan. Tentu saja untuk meraih masa depan yang lebih cerah diperlukan uang serta kesempatan.

Lantas apa saja yang bisa didapatkan dari memperkerjaankan seorang yang memiliki disabilitas?, berikut akan kami sajikan beberapa point yang sering didapatkan bagi perusahaan. Point-point ini diharapkan bisa menjadi sebuah pertimbangan positif untuk menganut metode inklusi.

Berkerja Serta Trampil

Kemampuan disabilitas untuk beradaptasi sebenarnya jangan diragukan karena mereka sudah selama hidupnya berusaha agar mendapatkan hal yang setara dengan orang-orang normal. Ketakutan perusahaan ketika menerima difabel adalah karena mereka harus merombak tempat kerja sehingga mudah bagi para disabilitas.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HR Suites hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Tapi kenyataan berkata lain, banyak penyandang disabilitas bisa menggunakan fasilitas seadanya untuk menjalankan pekerjaannya. Jadi keraguan itu hanya stigma sombong dari kebanyakan pemimpin perusahaan.

Anda tidak akan tahu performa seseorang sebelum melihat hasil pekerjaannya begitu juga orang-orang difabel, banyak dari mereka yang mampu meraih gelar akademik lebih baik. Tapi perusahaan enggan menerima hanya karena keadaan mereka.

Para disabilitas kenyataannya mampu berkerja dengan maksimal dan memiliki produktifitas seperti karyawan lainnya. Hanya stigma negatif yang menghalangi mereka untuk mendapatkan kesempatan untuk mebuktikannya.

Penyelesaian Masalah Yang Berbeda

Waktu yang dihabiskan seorang disabilitas adalah mencari cara untuk meraih mimpi mereka dengan keterbatasannya. Sehingga setiap masalah yang dihadapi mereka akan memiliki penyelsaian berbeda dari orang kebanyakan.

Karena fokus mereka telah terlatih dalam mengerjakan sesuatupun disabilitas memiliki konsistensi yang baik. Ini membuktikan bahwa inklusi dalam perusahaan bukan suatu yang buruk untuk dilakukan, malah bisa menjadi sebuah gebrakan yang berdampak positif.

Apabila seorang disabilitas mampu memiliki performa yang positif kenapa karyawan normal tidak bisa. Tentu ini akan menjadi cambuk tersendiri didalam setiap diri pegawai ketika melihatnya, mereka akan berlomba-lomba untuk melakukan yang terbaik bagi perusahaan.

Diluar negeri hampir sudah tidak ada lagi kesenjangan sosial antara penyandang disabilitas dan orang normal. Bahkan banyak pemiliki perusahaan atau bisnis dengan keadaan disabilitasnya, ini karena di negara itu memberikan kesempatan dan dukungan bagi difabel.

Menambah Nilai Unik

Membangun sebuah image baik untuk sebuah perusahaan memang bukan suatu hal yang mudah, karena sudah banyak pesaing dipasaran. Tapi jika anda menggali lebih dalam sebenarnya ada salah satu konsep yang bisa diterapkan untuk menambah nilai di mata konsumen serta klien.

Yaitu dengan inklusi dalam perusahaan, beberapa dekade kebelakang penggunaan metode ini sangat disukai oleh banyak bisnis ternama. Berbagai bantuan dan penghargaan bisa didapatkan dengan memberikan kesempatan berkerja bagi penyandang disabilitas.

Karena nilai kemanusiaan yang ditunjukan didalam perusahaan akan membuka hati semua orang dan membuat mereka mencintai brand anda. Metode ini apabila diibaratkan seperti  sambil menyelam minum air, dengan satu tindakan manfaat yang didapat bisa banyak sekali.

Apalagi sekarang berbagai hal yang berbau kemanusiaan mudah untuk mendapatkan perhatian dari publik dunia. Contohnya  saja orang-orang mulai terbuka untuk membantu yang lainnya walaupun hanya sebatas memberitakan saja. Eksekusi bantuan bisa datang dari pihak lain yang memiliki sumber dana.

Ini membuat inklusi dalam perusahaan bisa menarik lebih banyak jaringan yang menguntungkan. Karena menjalankan bisnis sebenarnya bukan hanya untuk mendapatkan keuntungan saja tapi juga banyak  nilai yang harus diterapkan seperti kemanusiaan serta lingkungan.

Jangan Mau Mengikuti Stereotip

Stereotip adalah mengikuti pemikiran kebanyakan orang, contohnya didalam inklusi ini adalah menilai buruk para pekerja disabilitas dan meragukan kinerja mereka. Padahal anda belum melihat performanya serta hasil akhir yang diberikan.

Mengikuti stereotip bisa membunuh karakter serta masa depan seseorang, penghalang inklusi dalam perusahaan adalah salah satunya stereotip ini. Penilaian kebanyakan belum tentu benar dan terbukti keasliannya, stereotip yang paling banyak dikenal  adalah bahwa seorang perempuan seharusnya hanya menjadi ibu rumah tangga saja.

Terdengar jahat memang tapi itulah stereotip, begitu pula dengan permasalahan disabilitas ini. Masyarakat akan selalu memiliki stereotip bahwa mereka hanya akan mengganggu pekerjaan. Menghilangkan stereotip adalah langkah utama untuk melakukan inklusi.

Untuk memanaje payroll setiap karyawan dengan tunjangan yang berbeda HR bisa menggunakan aplikasi terkini yaitu jojopayroll agar memudahkan. Karena jika perusahaan anda termasuk pendukung inklusi maka jumlah gaji perorangannya akan berbeda.

Jojopayroll dapat mengirimkan upah kelebih dari 150 akun bank secara otomatis, ini akan sangat mempermudah pekerjaan anda. Tanpa harus melakukan transfer berulang yang melelahkan, cukup masukan besaran upah perorangnya maka bisa langsung terkirim ke rekening pegawai.

Slip gaji berbentuk digital merupakan terobosan yang  sangat disukai dizaman sekarang, jojopayroll menggunakan jenis lampiran gaji seperti ini. Selain memudahkan biaya yang dikeluarkan juga akan lebih kecil dari seharusnya.

Penyimpanan dengan menggunkan cloud akan mempertahankan data penting anda. Rasakan keuntungan dari jojopayroll bisa langsung dinikmati dengan mencoba demonya di jojonomic.