Inovasi Produk: Pengertian dan Konsepnya

inovasi produk

Dalam suatu perusahaan, perlu adanya inovasi produk. Inovasi inilah yang nantinya akan memberikan suatu cita rasa yang baru terhadap produk yang sudah ada sebelumnya. Apalagi, jika dibarengi dengan munculnya pesaing dengan produk yang hampir sama dengan produk perusahaan Anda. mau tidak mau, harus segera diperbarui agar tidak kalah dengan produk tersebut.

Pengertian Inovasi Produk

Secara umum, inovasi produk memiliki arti sebagai suatu kemajuan fungsional dari suatu produk yang bisa membuat produk tersebut lebih baik dibandingkan dengan produk pesaing. Minimal produk terbaru tersebut lebih bagus dari produk sebelumnya. Karena jika suatu produk memiliki suatu keunggulan, maka akan dilihat sebagai nilai tambah untuk konsumen.

inovasi produk

Setiap inovasi yang dilakukan atas suatu produk memiliki resiko yang berbeda. Walaupun tujuan dari ide tersebut adalah untuk memberikan nilai plus tersendiri terhadap sebuah produk, namun hal tersebut tidak bisa menjamin kesuksesannya. Karena ada pula yang menganggap jika ide itu tidak memberikan perubahan sehingga merugi.

Peluang untuk Inovasi Produk

Ada peluang yang bisa saja terjadi setiap dilakukan pengubahan model suatu produk. Peluang tersebut:

Mencoba untuk Mengurangi Biaya Produksi

Ini dapat dilakukan dengan menambah kuantitas pembelian suatu bahan baku sehingga harga bisa diminimalisir. Dengan begitu, biaya produksi juga akan berkurang. Selain menggunakan bahan baku yang sudah ada, Anda juga bisa mengoptimalkan ide dengan proses produksi. Misalnya yang awalnya menggoreng, kemudian mengubahnya menjadi mengukus.

Memberikan Subsidi Harga

Dengan adanya ide baru suatu produk, akan ada harga yang lebih tinggi, selisih harga dari produk tersebut dapat dimanfaatkan. salah satu peluang yang bisa Anda manfaatkan adalah dengan subsidi harga. Sehingga bisa mendongkrak produk yang satu dengan yang lainnya.

Manfaat Inovasi Suatu Produk

Tidak bisa dipungkiri, jika inovasi produk itu sendiri memberikan manfaat tidak hanya pada barang namun juga pada perusahaan yang memproduksi. Berikut merupakan manfaat dari pembaruan produk, diantaranya:

  • Memberikan nilai plus pada produk sehingga bisa menarik perhatian untuk konsumen. Dengan begitu, konsumen akan mencoba untuk menggunakan produk tersebut.
  • Meningkatkan daya saing. Perkembangan pasar semakin lama semakin maju dan sengit. Jika perusahaan tetap menggunakan produk yang sama dalam waktu yang lama tanpa adanya ide, maka akan kalah.

Karena hal tersebut, agar bisa mengimbangi produk dan persaingan dari perusahaan yang lain, maka pembaruan produk harus dilakukan. Siapa yang unggul maka itulah yang akan menang di pasar persaingan.

  • Adaptasi dengan lingkungan yang dinamis. Boleh saja mempertahankan suatu produk yang ada namun, Anda tidak bisa mencegah perubahan seperti trend pasar. Sehingga mau tidak mau harus selalu menyesuaikan agar perusahaan tetap bisa bertahan.

Ada beberapa cara untuk mengatasi perubahan yang dinamis tersebut dan salah satunya adalah dengan inovasi produk. Anda bisa menciptakan suatu produk yang sesuai dengan trend tersebut. Sehingga nantinya, Anda bisa memiliki beberapa pilihan produk yang dapat ditawarkan ke konsumen.

inovasi produk

Namun, untuk mencapai manfaat tersebut dan memberikan keuntungan bagi perusahaan, maka harus ada strategi. Masing-masing perusahaan memiliki situasi dan kondisi yang berbeda sehingga untuk strategi dapat disesuaikan dengan kondisi yang ada.

Konsep Inovasi Produk

Inovasi produk tersebut, pada dasarnya didasari pada 2 hal yaitu:

·        Marketing Pull / Demand Pull

Inovasi bisa saja terjadi karena ketidakpuasan dari konsumen atau dari pangsa pasar Anda akan produk yang Anda keluarkan. Sehingga untuk mengatasi masalah tersebut, maka mau tidak mau harus mengadakan pembaruan terhadap suatu produk.

Selain itu, dorongan untuk melakukan suatu ide juga disebabkan karena seseorang atau sekelompok orang yang ingin membuat suatu produk yang diinginkan pasar. Misalnya pangsa pasar di Indonesia butuh pelembab yang tidak hanya bisa melindungi kulit namun juga mencerahkan.

Karena permintaan tersebut, akhirnya perusahaan membuat suatu pelembab yang sesuai keinginan pasar. Dengan begitu, produk yang dibuat sudah memiliki pangsa pasarnya tersendiri. Jikapun untuk meraih keuntungan dari pangsa tersebut, maka tetap harus dilakukan strategi marketing yang tepat.

·        Technology Pull

Inovasi ini terjadi karena ketidakpuasan dari peneliti baik yang internal ataupun eksternal terhadap produk yang sudah ada. Karena hal tersebut tujuan dari dilakukan pembaruan tersebut adalah untuk mengkomersilkan produk yang belum dimengerti masyarakat.

Alasan tersebutlah yang kemudian mendorong adanya inovasi produk. Bedanya, pembaruan ini yang disebabkan karena alasan ini, tidak melihat apakah pasar sedang butuh atau tidak. bisa juga dianggap untuk mencegah ketertinggalan persaingan karena teknologi yang semakin lama semakin berkembang.

Konsep Inovasi Produk

Inovasi produk memiliki konsep yang dapat Anda pilih sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Konsep dasar tersebut yaitu:

1.     Simplify (Menyederhanakan)

Konsep ini menyederhanakan suatu proses. Misalnya yang awalnya membuat produk harus disortir terlebih dahulu kemudian untuk inovasinya, tidak perlu disortir namun bisa dimaksimalkan dalam pengolahan. Dengan cara tersebut, Anda melakukan suatu inovasi terhadap produk terhadap suatu proses.

2.     Combine (Menggabungkan)

Konsep ini adalah menggabungkan 2 proses atau 2 produk menjadi 1 produk. Misalnya yang awalnya shampoo yang diproduksi yang bertujuan untuk mengatasi ketombe dan ada yang untuk rambut rontok. Kemudian dari inovasi berkonsep kombinasi tersebut, dibuat sampo untuk ketombe dan rontok.

3.     Integrate (Mengintegrasikan atau Menyatupadukan)

Konsep ini menyatukan beberapa produk. Hampir sama dengan mengkombinasi namun lebih kompleks sehingga keunggulan yang dimiliki tidak hanya 1 namun juga bisa berlipat. Dengan begitu, nilai plus yang dimiliki produk tersebut juga akan semakin besar.

4.     Re-Arrange (Mengatur Ulang)

Artinya adalah mengatur ulang tentang produk tersebut. Bisa dari komposisi, bisa dari produksi atau bahkan bisa dari desainnya, agar terlihat lebih menarik di mata konsumen.

5.     Eliminate (Menghilangkan atau Mengeliminasi atau Menyingkirkan)

Artinya adalah menghilangkan proses atau bagian tertentu yang tidak perlu dikerjakan. Misalnya dalam desain atau tampilan dari produk tersebut ada gambar bintang. Padahal kalau tidak ada gambar tersebut, desain produk tetap bagus, sehingga gambar dihilangkan. Dengan begitu, Anda melakukan inovasi untuk desain produknya agar terlihat menarik.

inovasi produk

Karena hal tersebut, untuk melakukan suatu inovasi produk yang ada, tidak hanya terkait dengan konsep ataupun alasan namun juga budget. Memang produk bisa dimodifikasi misalnya dengan membuat produk dengan budget seminimal mungkin atau dengan bahan baku yang ada. Akan tetapi, hasilnya tidak akan semaksimal jika produk benar-benar suatu produk yang baru. Apalagi, perusahaan butuh produk yang tidak kalah dengan produk pesaing.

Cara Melakukan Inovasi Produk

Inovasi produk sangatlah berguna dalam produksi yang dilakukan. Banyak cara yang dapat anda gunakan untuk mendapatkan inovasi produk. Anda akan mendapatkan banyak ragam produk dan akan laku dipasaran. Perusahaan akan mendapatkan keuntungan yang banyak. Ada tiga cara melakukan inovasi produk, apa saja itu? Yuk simak!

Mencari Ide Baru

Tentu saja untuk bisa mendapatkan inovasi produk pastinya anda harus mencari inspirasi yang baru dan menarik. Pastikan ide yang dituangkan tersebut dapat dipentuk menjadi sebuah produk yang nantinya akan layak dijual dipasaran. Mungkin perusahaan dapat mengutus para karyawannya untuk membuat ide-ide baru yang menarik dan jarang ditemui dipasaran. Selain itu perusahaan juga dapat melombakan ide-ide baru untuk produk baru tersebut. Maka semua karyawan bisa ikut serta, sehingga perusahaan dapt memilih mana yang paling bagus dari desain dan bahan yang digunakan juga. Apakah nantinya produk tersebut akan berhasil di pasaran atau tidak. Dan hal-hal kecil juga dipertimbangkan seperti misalnya warna juga harus dipertimbangkan maupun ukuran produk.

Mengamati Produk Serupa

Mungkin anda juga terinpirasi dari produk yang sebelumnya diluncurkan di pasaran. Anda bisa mengembangkan lagi tetapi dengan tambahan-tambahan yang dapat membedakan produk yang kali ini akan anda pasarkan dengan produk yang sebelumnya anda luncurkan. Dengan produknya yang sebelumnya yang laku dipasaran dan banyak konsumen yang menyukainya maka nantinya perusahaan bisa membuatnya versi barunya atau versi tambahan yang lebih baik. Konsumen juga akan suka mungkin dengan kali ini pilihan warnanya lebih banyak, ukurannya mungkin lebih minimalis atau juga lebih besar, bentuk produk yang baru mungkin sedikit berbeda tetpi masih mirip dengan yang sebelumnya juga dapat dijadikan pilihan.

Melihat Keinginan Konsumen

Nah, kali ini anda harus dan wajib melakukannya. Karena dengan anda mengamati apa kemauan dari konsumen atau kemauan pasar produk anda akan diserbu oleh para konsumen. Karena mereka mungkin sedang menyukai model yang seperti ini atau warna yang lebih soft, dan sebagainya. Atau anda juga bisa mengabulkan keinginan pasar lalu kemudian langsung membuat rancangan untuk memproduksinya. Selain daripada itu anda bisa melihat juga apa yang sudah banyak dipasaran sebaiknya jangan dijadikan pilihan saja, tetapi juga harus melihat kebutuhan dan keinginan konsumen. Mungkin dengan mengemasnya menjadi produk yang lebih menarik, baik dari warnanya, bentuknya, ukurannya yang berbeda dari yang ada dipasaran.

Melihat Peluang Yang Ada

Melihat peluang bisa dilakukan dengan melihat apa yang ada dipasaran sehingga perencanaan akan lebih menarik dan tidak monoton dari barang dipasaran. Perusahaan bisa langsung memproduksinya supaya konsumen dapat segera menerima dan menyukainya. Atau bisa juga peluang yang dimaksud adalah jarangnya produk yang diluncurkan dibidang tersebut. Karean itu perusahaan bisa langsung merencanakan hal tersebut dan memproduksinya. Produk yang dipilih dan dibuat dengan seksama bisa saja langsung disukai dipasaran. Pastikan juga pemilihan bahan-bahan yang berkualitas tinggi supaya dapat menarik minat para konsumen dan meningkatkan nilai jual dari produk tersebut.

Tips Menemukan Inovasi Produk dengan Cepat

Sangat penting untuk menemukan inovasi produk dengan cepat dan menemukan produk yang akan disukai oleh konsumen melalui produk yang menarik dan memikat konsumen. Banyak yang harus anda lakukan untuk mencapai hal tersebut. Selain itu seluruh karyawan harus aktif disetiap bidang dan departemennya. Karena antara perusahaan dan karyawan harus memiliki kerja sama dalam menghasilkan inovasi terbaik.

Banyak Membaca Informasi

Banyak membaca banyak informasi yang didapatkan bagi perusahaan. Mungkin dengan membaca apa saja tipe produk yang sedang viral dan disukai konsumen saat itu. Jadi jika perusahaan banyak membaca maka mereka juga akan mengikuti jaman sesuai dengan kemauan konsumen dan kemauan pasar. Sehingga perusahaan akan mudah mencari inpirasi untuk inovasi baru bagi produk yang akan diluncurkan selanjutnya.

Kemudian ada juga bagian karyawan yang berfungsi sebagai pengawas pemasaran. Jadi mereka akan bertugas mengawasi bagaimana keadaan pasar, produk-produk apa saja yang sedang viral dan booming di pasaran sana, dan harga yang pantas. Walaupun sepele tetapi hal ini sangat berguna dalam mencari inovasi produk. Melalui membaca informasi tentu hal ini mudah untuk didapatkan.

Mencari Ide Dari Karyawan

Pasti para karyawan juga memiliki keahlian untuk memunculkan ide-ide baru untuk perusahaan. Jadi perusahaan bisa menyuruh karyawan atau juga bisa melalui kompetisi untuk membuat perancangan produk baru yang akan terpilih. Sehingga rancangan mereka bisa dijadikan produk baru yang akan diluncurkan dipasaran. Hal ini akan sangat menarik minat karyawan untuk berpartisipasi. Perusahaan juga dapat memberikan hadiah bagi para karyawan yang berhasil mencapai target tersebut. Jadi tak hanya dari departemen peancangan saja tetapi seluruh karyawan dapat memberikan ide-ide cemerlang mereka. Hal ini juga secara tidak langsung menambah pengalaman untuk para karyawan juga.

Melakukan Riset Dari Konsumen

Sebaiknya perusahaan membuka pertanyaan terbuka bagi para konsumen agar perusahaan mengetahui apa yang konsumen inginkan. Bisa juga melalui melakukan riset dari konsumen yang ada. Bisa saja dari bentuk, warna, ukuran, produk apa yang sedang sering dibeli konsumen. Perusahaan dapat mengetahuinya setelah meriset para konsumen. Maka dengan begitu perusahaan akan menemukan inovasi produk baru dengan mudah dan cepat. Atau dengan meriset komentar konsumen bagi produk sebelumnya maka perusahaan bisa memperbaikinya atau juga lebih lagi meningkatkan kualitas produk. Sgar konsumen semakin suka dengan produk-produk yang diluncurkan.

Pentingnya Mengembangkan Inovasi Produk Dalam Bisnis

Ivovasi produk sangatlah penting bagi dunia bisnis. Bisa saja perusahaan anda dapat mengubah sesuatu menjadi lebih baik dan dapat membuat konsumen terkesan dari produk perusahaan anda yang menarik dan tak tertebak. Konsumen akan suka dengan produk baru yang dapat dibilang unik.

Inovasi Produk Dalam Menjaring Konsumen

Jika produk anda disukai banyak konsumen maka akan semakin bagus. Mereka akan menunggu perusahaan anda untuk merilis produk baru lagi dan mereka akan tertarik juga sehingga produk akan laku dipasaran. Dengan begitu jika produk anda semakin disukai dan bertambah banyak maka perusahaan akan mendapatkan banyak konsumen dari mana saja. Bisa saja produk anda tersebar dibeberapa daerah bahkan sampai ke berbagai negara. Semakin bagus produk maka dengan begitu konsumen atau pembeli semakin banyak dan keuntungan yang didapat juga semakin banyak.

Inovasi Produk Untuk Meningkatkan Pendapatan

Dengan inovasi produk baru maka banyak juga konsumen yang membeli dan produk akan laku keras di pasaran. Dengan begitu pendapatan perusahaan akan semakin banyak dan mendapatkan keuntungan yang besar. Jika perusahaan sudah dikenal banyak konsumen maka pendapatan juga akan semakin meningkat secara tidak langsung. Inovasi produk baru memang hal yang tepat untuk menarik para konsumen yang ada. Semakin banyak yang tertarik tentu makin banyak juga pendapatan bagi perusahaan yang jelas semakin menguntungkan.

JojoExpense untuk Membantu Pengelolaan Budget dan Inovasi Produk

Agar tidak terlalu kaget atau bingung pengolahan budget yang dipergunakan itu bagaimana, maka perlu pengajuan dana lebih dahulu. Perlu dilakukan pengecekan dan kemudian baru bisa disetujui untuk pencairan dana.

Agar lebih mudah untuk menyetujui pengajuan dana, reimburse ataupun pengawasan keuangan, Anda butuh JojoExpense. Dengan aplikasi ini, Anda bisa langsung menyetujui pengajuan dana yang dibutuhkan, dimana saja dan kapan saja tanpa perlu menunggu di kantor.

Untuk mencoba gratis secara langsung, klik https://jojonomic.com/produk/jojoexpense-reimburse-online/. Selamat menikmati kemudahan dengan JojoExpense!