Kenali Interpersonal Skill Yang Membantu Anda Memajukan Karir

Banyak dari kita yang belum mendengar istilah dari interpersonal skill dan apa sih kaitannya dengan kesuksesan individu di masyarakat? Pasti banyak dari kamu yang bertanya-tanya. Apa sih interpersonal skill itu? Artikel ini akan mengenalkan sedikit tentang interpersonal skill dan kaitannya dalam aspek kehidupan sehari-hari dari pengetahuan. Yuk! Mari kita bahas bersama-sama pengertian interpersonal skill  berikut ini.

Apa Itu Interpersonal Skill?

Sebelum memasuki lebih dalam tentang interpersonal skill, mari kita kenali dulu definisi dari interpersonal skill. Interpersonal Skill (keterampilan interpersonal) adalah kemampuan seseorang secara efektif untuk berinteraksi dengan orang lain maupun dengan rekan kerja, seperti pendengar yang baik, menyampaikan pendapat secara jelas dan bekerja dalam satu tim.

Pakar lain mengatakan bahwa interpersonal skill adalah kecakapan atau keterampilan yang dimiliki oleh seseorang dalam hubungannya dengan orang lain, kecakapan atau keterampilan untuk berkomunikasi baik verbal maupun non verbal.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Ahli lainnya mengatakan bahwa interpersonal skill (keterampilan interpersonal) adalah suatu keterampilan untuk mengenali dan merespon secara layak perasaan, sikap dan perilaku, motivasi serta keinginan orang lain. Bagimana seseorang mampu membangun hubungan yang harmonis dengan memahami dan merespon manusia atau orang lain.

Nah, didalam interpersonal skill terdapat teori-teori yang berhubungan dengan teori manusia yang pasti kalian belum mengetahuinya. Teori hubungan manusia itu disebut teori hubungan biologis. Apa itu teori hubungan biologis? Teori  hubungan biologis adalah hubungan dimana manusia dapat berhubungan dengan manusia lain dengan menggunakan anggota badan.

Lalu, apakah ada lagi selain teori hubungan biologis? Ya, tentu saja ada yaitu seperti teori hubungan ekonomis yaitu manusia itu akan berhubungan dengan manusia lain karena terdesak kebutuhan ekonomi.

Peranan Penting Interpersonal Skill

Keterampilan interpersonal mempunyai peranan yang sangat penting guna mencari kesuksesan. Terkait dengan hal ini, ketrampilan skill dapat dibagi menjadi beberapa jenis. Pertama yaitu keterampilan mendengar. Komponen terpenting dari komunikasi adalah mendengar. Maksudnya adalah tidak hanya mendengar secara harfiah dengan alat pendengaran atau telinga saja, melainkan mampu mencerna serta menterjemahkan maksud dari pemberi pesan atau orang yang mengajaknya berbicara.

Kedua adalah umpan balik atau providing feedback. Umpan balik merupakan suatu interpersonal skill dalam bentuk ketrampilan seseorang untuk memahami segala dampak atas perilaku terhadap diri sendiri dan orang lain. Misalnya ketika berbicara sesuatu akan membuat sakit hati atau sebaliknya bikin orang lain menjadi senang.

Selanjutnya yang ketiga merupakan keterampilan membujuk atau persuading. Dalam hal ini seseorang harus dapat memberikan pengertian atau bujukan pada orang lain. Sehingga orang tersebut bersedia mengikuti kehendak maupun keinginan dari orang yang mengajaknya secara sukarela. Keterampilan interpersonal yang terakhir disebut resolving conflict. Maksud dari istilah ini adalah kemampuan menyelesaikan masalah ketika sedang mendapatkan konflik dan masalah dengan orang lain.

Fungsi Kemampuan Interpersonal Skill

Keterampilan interpersonal fungsional beragam dan dapat beradaptasi dengan berbagai situasi dan kondisi. Misalnya, untuk kehidupan sekolah dan lingkungan kerja. Dalam banyak situasi dan kondisi, fungsi ini memiliki efek yang kurang lebih sama.

Keterampilan interpersonal yang tinggi memungkinkan individu untuk menghadapi dan menyelesaikan masalah dalam organisasi tanpa harus panik dan bertanggung jawab atas kesalahan. Selain dalam mengatur kegiatan, keterampilan interpersonal yang tinggi juga cenderung menjadikan orang tersebut sebagai pribadi yang dapat diandalkan dan dapat dipercaya.

Sedangkan untuk karier, keterampilan interpersonal dapat meningkatkan tingkat keberhasilan karier pribadi. Pekerja dengan keterampilan interpersonal yang baik dapat menarik perhatian konsumen dengan daya persuasif dan daya tariknya.

Tidak hanya itu, orang-orang ini dapat menyelesaikan konflik dan menemukan solusi lebih cepat daripada orang yang tidak memiliki keterampilan interpersonal yang baik.

Tentu saja, keterampilan interpersonal adalah bagian terpenting dalam kehidupan sehari-hari. Komunikasi yang efektif dapat menyelesaikan masalah diplomatik dan menyampaikan informasi tanpa menyinggung siapapun. Tidak semua orang sempurna dan memiliki keterampilan interpersonal yang baik.

Orang dengan keterampilan interpersonal yang baik dapat memberi dan menerima umpan balik yang membangun tanpa merasa tersinggung. Tidak hanya itu, orang dengan kemampuan interpersonal yang baik juga dapat membujuk orang lain untuk berpartisipasi dalam aktivitas atau membeli produk. Tentunya kualitas ini sangat penting dalam dunia profesional dan kehidupan organisasi.

Manfaat Keterampilan Interpersonal

Dengan memiliki keterampilan interpersonal yang baik, seseorang akan mendapatkan banyak sekali manfaat atau keuntungan. Salah satunya adalah mampu menciptakan serta menjaga keharmonisan hubungan dalam pergaulan

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Misalnya, mudah mendapat teman baru karena banyak yang merasa nyaman ketika berkomunikasi atau berinteraksi dengan orang tersebut. Apalagi jika mampu berbagi baik itu pengetahuan, informasi dan sebagainya.

Selain itu interpersonal skill juga bisa dijadikan sebagai media untuk mendapatkan kesuksesan. Seseorang yang memiliki ketrampilan interpersonal yang baik pasti bisa memperoleh posisi atau jabatan lebih tinggi dibanding yang tidak memilikinya. Ketika menjalankan bisnis sendiri, relasi makin mudah diperoleh.

Manfaat berikutnya adalah untuk membentuk citra diri. Kemampuan dan kepandaian serta kemahiran saat berkomunikasi akan membuat seseorang selalu dianggap oleh orang lain sebagai sosok yang baik. Contoh sederhananya antara lain bicara dengan sopan, bersikap ramah dan seterusnya.

Lebih dari itu, ketrampilan interpersonal juga dapat digunakan sebagai sarana untuk memecahkan masalah dalam sebuah hubungan. Melalui kemampuan berkomunikasi yang baik, masalah yang seringkali terjadi di lingkungan kerja, lingkungan pergaulan dan komunitas sosial lainnya bisa terselesaikan tanpa menimbulkan masalah baru.

Perilaku serta sikap yang dapat pula dirubah dengan cara meningkatkan keterampilan interpersonal. Contohnya ada seseorang yang dulunya mempunyai sifat pendiam dan tidak berani mengemukakan pendapatnya sendiri. Tapi sejak berhasil meningkatkan keterampilan interpersonal pada dirinya, dia jadi mudah tersenyum dan berani bicara di hadapan banyak orang.

Kesimpulannya, interpersonal skill tidak hanya bisa dianggap sebagai keterampilan semata melainkan sebuah kebutuhan. Sehingga setiap orang perlu mempelajari dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari agar dapat menjadi pribadi yang selalu disenangi orang lain.

Ahli lainnya mengatakan bahwa interpersonal skill (keterampilan interpersonal) adalah suatu keterampilan untuk mengenali dan merespon secara layak perasaan, sikap dan perilaku, motivasi serta keinginan orang lain.

Pentingnya Meningkatkan  Interpersonal Skill

Setelah mempelajari keterampilan dan fungsi interpersonal, perlu dipelajari bagaimana meningkatkan keterampilan interpersonal setiap orang. Tidak seperti hard skill yang bisa dilatih dan diukur secara rutin, interpersonal skill tidak bisa diukur dengan alat ukur.

Pada saat yang sama, Indeed mengemukakan bahwa keterampilan interpersonal adalah kemampuan untuk berkomunikasi dengan orang lain dan membangun hubungan.

Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa keterampilan interpersonal merupakan keterampilan yang dibutuhkan untuk kerjasama yang baik dengan orang lain. Keterampilan interpersonal termasuk dalam soft skill, sehingga metode perbaikan tidak berwujud dan tidak pasti. Jika Anda bingung, metode dan metode untuk meningkatkan keterampilan interpersonal tercantum di bawah ini:

interpersonal skill

Komunikasi

Menurut The Balance Careers, komunikasi adalah salah satu keterampilan interpersonal terpenting di tempat kerja. Memang bagi karyawan yang bekerja di suatu perusahaan, sangat penting untuk memiliki keterampilan komunikasi yang efektif.

Berkomunikasi dengan baik dan menjadi komunikator yang positif dapat merangsang semangat orang lain, sebaliknya orang lain dapat dengan mudah bersentuhan dengan orang lain. Selain itu, komunikasi yang efektif dan baik dapat mempermudah mengkomunikasikan masalah dan solusinya. Sayangnya, banyak orang yang masih meremehkan kemampuan ini.

Padahal, komunikasi yang baik akan memudahkan kita untuk menjalin hubungan yang harmonis dengan semua orang di lingkungan kerja. Keterampilan komunikasi tidak hanya kemampuan berbicara. Namun, itu juga mencakup keterampilan komunikasi nonverbal, seperti bahasa tubuh dan komunikasi tertulis. Meskipun mampu berbicara dengan baik, tapi jika bahasa tubuh dan bahasa tulis kita tidak mudah dimengerti pasti akan menyulitkan penyampaian maksud.

empati

Empati

Salah satu cara termudah untuk berinteraksi dengan orang lain adalah memiliki empati. Bersikaplah empati, cobalah untuk memahami dan memahami orang yang bermasalah, alih-alih mengkritik dan merendahkan. Tanpa empati, sulit untuk memahami orang lain. Menjadi atasan, kolega, atau bahkan pelanggan Anda.

Contoh keterampilan interpersonal ini dapat membantu kita memahami dan memahami perasaan orang lain. Tentunya setiap perusahaan ingin merekrut karyawan yang sangat berempati dan simpatik kepada orang lain. Orang yang penyayang memang bisa membuat tempat kerja menjadi lebih positif.

Oleh karena itu, jika Anda ingin memiliki banyak teman dan mudah bergaul dengan orang lain, coba tingkatkan kemampuan empati ini.

contoh interpersonal skill

Mendengarkan

Tidak semua orang memiliki kemampuan untuk menjadi pendengar yang baik. Namun, jika ingin memiliki banyak teman, Anda harus menjadi pendengar yang baik.

Contoh keterampilan interpersonal ini sangat penting karena memungkinkan Anda membangun hubungan yang baik dengan orang lain. Ketika Anda memiliki kemampuan komunikasi yang baik, biasanya dibarengi dengan kemampuan tersebut. Kedengarannya sepele, tapi tidak semua orang bisa menjadi pendengar yang baik. Dengan keterampilan ini, Anda akan dihormati oleh orang lain.

Menyelesaikan masalah

Menurut Robert Half (Robert Half), kemampuan memecahkan masalah merupakan kualitas yang harus dimiliki setiap karyawan di tempat kerja.

Praktik telah membuktikan bahwa keterampilan ini sangat diperlukan dalam dunia kerja. Pasalnya dalam setiap pekerjaan pasti akan menemui masalah yang perlu diselesaikan. Orang dengan kemampuan memecahkan masalah biasanya mampu berpikir kritis, bernalar secara logis dan memiliki ketahanan saat memecahkan masalah. Tanpa kemampuan ini, Anda pasti akan kesulitan menghadapi semua aspek masalah.

interpersonal skill

Kepemimpinan

Keterampilan kepemimpinan juga merupakan contoh dari keterampilan interpersonal yang harus dimiliki setiap karyawan.Bahkan jika Anda bukan seorang manajer atau atasan, Anda harus memiliki keterampilan ini.Memiliki keterampilan kepemimpinan pasti akan memudahkan bekerja dengan tim.

Orang yang memiliki kemampuan kepemimpinan biasanya juga memiliki kemampuan komunikasi, menyimak dan memecahkan masalah yang baik, maka dari sekarang mohon untuk terus meningkatkan kemampuan kepemimpinan tersebut, karena Anda membutuhkan kemampuan tersebut di lingkungan kerja.

Tersenyum

Senyuman energik dan aura positif membuat orang lain merasa nyaman.

Apresiasi

Hargai orang lain dengan banyak cara. Misalnya, mendengarkan tanpa mengganggu atau menghargai hadiah orang lain.

Catatan

Amati dan perhatikan kebutuhan orang lain. Apa yang membuat mereka senang atau sedih. Jika orang ini dalam masalah, tolong berikan bantuan dan saran.

Mediator yang baik

Mediator yang baik dimulai dengan komunikasi aktif. Jika ada masalah atau konflik, tolong jangan melihatnya dari satu sisi, tetapi dari berbagai perspektif untuk menentukan opsi mana yang terbaik.

Bekerja sama dengan baik

Jangan hindari kata “kerjasama”. Kerja sama adalah kunci untuk membangun hubungan yang konstruktif dan baik. Saat bekerja bersama, hindari obrolan ringan dengan teman lain agar orang lain merasa nyaman.

Jangan mengeluh

Mengeluh boleh saja, tetapi terlalu banyak mengeluh hanya akan membawa vitalitas dan suasana negatif bagi orang lain. Orang tidak akan merasa menyesal, tidak akan bersimpati.

Seorang seniman

Tidak ada salahnya menjadi entertainer dalam percakapan yang seru. Humor dan kesenangan dapat meningkatkan komunikasi dan kesuksesan sosial. Selain itu, orang menganggap teman karena terlihat santai, karena mereka humoris dan lucu.

Jenis Kemampuan Interpersonal Skill

Seiring waktu, ada banyak jenis keterampilan interpersonal yang dapat ditingkatkan dan dipelajari. Terkadang keterampilan interpersonal dapat dipelajari dari pengalaman sehari-hari, pengalaman ini memberi setiap orang nilai dan pelajaran baru untuk diadaptasi. Berikut adalah berbagai keterampilan interpersonal yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari:

  • Manajemen konflik
  • Mendengarkan
  • Berpikir kreatif
  • Selesaikan masalah
  • Sabar
  • Diplomatik
  • Mediasi
  • Jaringan
  • Bertanggung jawab
  • Keterampilan Negosiasi
  • Menghormati
  • Kemampuan kerja tim
  • Membangun tim
  • Persuasif (pengajakan)
  • Memberikan umpan balik dan menerima umpan balik dengan baik

Contoh Interpersonal Skill

Bagimana seseorang mampu membangun hubungan yang harmonis dengan memahami dan merespon manusia atau orang lain. Adapun beberapa interpersonal skill (keterampilan interpersonal), antara lain :

Keterampilan Listening (Mendengarkan)

Keterampilan listening adalah Salah satu komponen dari proses komunikasi adalah bagian menerima pesan, salah satunya ialah mendengarkan. Mendengarkan bukan secara harfiah menggunakan alat pendengaran (telinga) , tetapi memiliki arti yang lebih luas dengan penggunaan alat penerimaan pesan lainnya. Berikut ini ada empat alasan utama mengapa orang perlu mendengarkan:

Untuk memahami dan memperoleh informasi

Orang yang menguasai informasi memiliki kesempatan yang lebih besar untuk sukses, baik secara pribadi maupun konteks profesional, sebab, di era sekarang, menguasai informasi berarti menguasai sumber daya.

Memahami perintah, memahami pesan, memahami kebutuhan orang lain, menggali lebih banyak informasi dibutuhkan sebagai modal agar dapat berkomunikasi serta menjadi kemampuan utama untuk dapat berhasil dalam setiap pekerjaan.

Analisis terhadap kualitas Informasi

Kemampuan seseorang untuk dapat menganalisis informasi dibutuhkan agar dapat bertindak tepat. Mendengarkan dan mendapatkan informasi lebih banyak akan meningkatkan kualitas pesan yang diterima, kelengkapan data, dan kemampuan mengolah informasi, sehingga simpulan atau analisis terhadap suatu kondisi atau keadaan dapat diambil.

Membangun dan Memelihara Hubungan

Alasan untuk mendengarkan adalah untuk melakukan komunikasi interpersonal. Banyak survey telah membuktikan bahwa orang yang memiliki kemampuan untuk mendengar dengan efektif memiliki hubungan yang lebih baik dengan sesamanya, sebaliknya mereka yang kurang mampu untuk mendengarkan akan memperburuk hubungan atau setidaknya tidak dapat membangun hubungan yang lebih baik

Menolong Orang Lain

Kemampuan mendengarkan wajib dimiliki agar dapat memahami orang lain dan pada akhinya, dapat menolong orang lain. Pada saat seseoramg mau mendengarkan dan memberikan perjhatian yang tulus serta serius kepada permasalahan yang kita sampaikan, hamper sebagian besar masalah kita telah dapat ditolong, atau minimal dapat memberikan pola atau prespektif yang baru tentang kita dapat menghadapi masalah yang kita hadapi.

Keterampilan Providing Feedback (Memberikan Umpan Balik)

Umpan balik adalah setiap bentuk komunikasi yang disampaikan kepada seseorang dengan tujuan agar orang tersebut mengetahui dampak perilakunya terhadap anda atau orang lain.

Keterampilan Persuading (Membujuk)

Persuading (membujuk) adalah komunikasi tatap muka yang dilakukan dengan sengaja oleh seseorang dengan tujuan agar pihak lain mau mengikuti dengan sukarela kehendak seseorang.

Tips Meningkatkan Interpersonal Skill

Ada beberapa hal yang dapat di lakukan untuk meningkatkan interpersonal skill. Namun yang harus di ingat lakukanlah hal ini dengan tulus dan konsisten supaya dapat memberikan hasil yang bagus. Tips meningkatkan interpersonal skill antara lain.

Tersenyum

Terseyumlah karena tersenyum memberi efek positif pada lingkungan kamu. Bangun sikap ceria & positif dengan tersenyum.

Apresiasi

Berilah apresiasi pada setiap orang yang membantu kamu meskipun itu hanya bantuan kecil (seperti meminjamkan pulpen atau penggaris). Apresiasi yang kamu berikan akan membuat orang tersebut merasa di hargai.

Simpati

Berikanlah simpati kepada orang lain terutama saat mereka dalam keadaan sulit seperti saat sakit atau ada anggota keluarga mereka yang meninggal. Hal ini akan membuat orang tersebut merasa di perhatikan oleh kamu.

Jadilah Penyemangat Jangan Jadi Pengeluh

Jadilah penyemangat untuk teman-teman kamu. Buatlah mereka menjadi positif dengan memberikan motivasi pada mereka.

Jangan jadi pengeluh karena keluhan kamu baik secara langsung maupun tidak akan memberi dampak negatif pada pikiran rekan kamu.

Tengahi Konflik

Jadilah penengah dalam masalah yang ada di sekitar kamu. Pelajari bagaimana cara menjadi mediator yang baik. Posisikan diri kamu sebagai penengah dan pemimpin bagi kelompok kamu.

Itulah beberapa paparan tentang tips meng-interpersonal skill kamu, semoga kamu menjadi seseorang yang dapat mengimplementasikan diri dengan sangat baik. Nah, untuk memaksimalkan pekerjaan kamu pakailah fitur aplikasi dari JojoTimes untuk memonitoring aktivitas real-time, anti-fraud dan pengelolaan administrasi HR otomatis. JojoTimes solusi untuk semua kebutuhan Mobile HR. Ayo! Tunggu apa lagi? buruan coba!