Jam Kerja Fleksibel Dengan Segala Keuntungannya 

Pemikiran bahwa dalam pekerjaan harus 8 jam yang sangat kaku sudah tidak menarik lagi bagi pengusaha, mereka lebih memilih menerapkan jam kerja  fleksibel  bagi pegawainya. Banyak pebisnis yang sudah menyadari banyaknya keuntungan dari menerapkan jenis waktu kerja seperti ini. 

Memberikan kebebasan bagai karyawan untuk melakukan tugasnya sudah memberikan hasil yang baik bagi perusahaan. Bahkan sebuah perusahaan yang telah menjalankan bisnisnya dari tahun 2011 silam berhasil mendapatkan dampak lebih baik karena menerapkannya. 

Testimoni itu datang dari seorang karyawannya, ia mengatakan bahwa menerapkan jam kerja fleksibel justru membangun komitmen dan tanggung jawab yang lebih besar bagi setiap karyawan. Bolos atau absen akan sangat berkurang  karena penggunaanya. 

Mereka bisa memanfaatkan waktunya untuk berkerja walau dalam keadaan sakit,  sebenarnya inti dari berkerja adalah menghasilkan suatu produk bagaimanapun caranya. Dengan zaman yang semakin maju sistem kerja seperti ini semakin disukai karena tidak kaku dan setiap karyawan bisa melakukan kewajibannya bagi perusahaan sembari menikmati hobinya. 

Solusi Untuk Mengekspresikan Diri 

Terkadang stigma setiap orang berkerja di kantor itu selalu terkekang dan penuh tekanan. Hal ini bisa muncul didalam benak banyak orang karena kantor adalah tempat untuk berfokus kedalam pekerjaan, tidak ada fokus lain saat sudah berada di kantor. 

Berbeda ketika melakukan pekerjaan di rumah dengan jam kerja fleksibel, memang tuntutan dan target pekerjaan masih ada tapi kelonggaran dari berbagai faktor akan dirasakan. Hal yang paling jelas adalah tidak adanya tekanan dari lingkungan kerja, serta akan jarang ditemui persaingan tidak sehat seperti saling menjatuhkan demi kedudukan. 

Semua karyawan akan tertuju kepada tugasnya masing-masing, karena apabila mereka sibuk memikirkan masalah lain justru akan tertinggal jauh. Suasana persaingan dalam melakukan pekerjaan akan sangat sehat dengan fokus hasil bukan kepada individunya. 

Hal seperti ini sangat sulit dilakukan jika tidak menggunakan jam kerja fleksibel dan melaksanakannya di kantor. Karyawan terkadang sulit untuk bisa melakukan hal terbaiknya bagi perusahaan karena tidak bisa mengekspresikan dirinya saat di kantor. 

Tentu saja hal ini bisa terjadi karena berbagai faktor internal maupun eksternal yang berhubungan kepadanya. Drama-drama yang sering terjadi dalam perusahaan kerap kali menyebabkan konflik dan menurunkan produktifitas dari bisnis. 

Dengan menggunakan jam kerja fleksibel berbagai drama dan konflik tidak akan terjadi, itu juga yang dirasakan oleh sebuah perusahaan besar seperti inmobile solution. Daya problem solving dari setiap karyawan juga akan meningkat drastis karena mereka harus bisa menyelsaikan masalah dengan kemampuannya sendiri tanpa bantuan orang lain. 

Melatih untuk manajemen waktu yang lebih baik adalah sebagain manfaat lainnya. Terkadang beberapa orang akan sangat sulit melakukan manajemen waktu, ini disebabkan karena mereka biasa diatur dan tidak pernah mengatur jadwalnya sendiri. 

Ketika menjalani jam kerja fleksibel mereka harus bisa melakukan time manajemennya sendiri. Selain baik bagi perushaan karyawan yang sudah memiliki kesadaran tentang manajemen waktu akan memiliki karir yang lebih baik kedepannya. 

Dibalik Keunggulannya Terdapat Kekurangan 

Melaksanakan jam kerja fleksibel belum tentu memberikan yang terbaik bagi perusahaan, masih banyak faktor yang harus dikaji lebih dalam. Salah satunya adalah memberikan motivasi kepada setiap karyawan agar mencapai target perkerjaannya dengan baik. 

Masalah utama dari penerapan jam kerja fleksibel adalah rasa malas untuk mengerjakan pekerjaan yang seharusnya dilakukan oleh setiap pegawai. Mereka akan lebih nyaman menghabiskan waktu untuk kepentingan pribadinya daripada melakukan kewajibannya. 

Fenomena ini terjadi karena sangat berkurangnya tekanan dan stress dari menggunakan jam kerja fleksibel di perusahaan. Dibutuhkan pendekatan agar seluruh pegawai bisa mengerti dan melaksanakan tugasnya dengan baik karena mereka sudah diberikan keleluasan menentukan jam serta tempatnya berkerja. 

Berikan juga sedikit tekanan apabila tetap memandel tidak melaksanakan tugasnya dengan baik. Selalu minta laporan terupdate dari progress pekerjaan yang sedang dilakukan setiap karyawan agar terhindari dari gagalnya tercapai target perusahaan. 

Pandangan setiap orang memang akan sangat berbeda, unik memang dalam kehidupan akan selalu saja yang memandang buruk kepada andaBegitupun lingkungan anda, jika  terus-terusan berada di rumah mereka akan berpikir bahwa anda adalah pengangguran padahal sebaliknya. 

Penilaian lingkungan memang tidak langsung memberikan dampak kepada anda, tapi perlahan itu akan menjadi masalah juga pada akhirnya. Untuk itu selalu menjalin komunikasi dengan lingkungan sekitar, selain untuk merefresh otak anda saat lelah berkerja sekedar berbincang dan terbuka kepada masyarakat bisa memberikan kepercayaan diri. 

Di Indonesia memang masih jarang penerapan sistem jam kerja fleksibel, karena dibeberapa perusahaan belum memahami manfaat serta peralatan pendukung komunikasi masih kurang. Para pegawai juga akan terus khawatir mereka harus berkerja lebih lama apabila diterapkannya sistem seperti ini. 

Padahal apabila mereka membuka sedikit pemikirannya, solusi dari berkerja ekstra adalah dengan menyelsaikan pekerjaan secepat mungkin agar tidak tertinggal. Berkerja sesuai kemampuan dan target yang jelas, ada pepatah mengatakan sedikit demi sedikit agar menjadi bukit. 

Begitupun dalam menjalani pekerjaan dengan jam kerja fleksibel. Cicilah pekerjaan sedikit demi sedikit sehingga selsai pada akhirnya. Jangan tunggu pekerjaan sampai menumpuk dan menganggu waktu anda bersama keluarga. 

Mengatasi Laporan Absensi Lebih Mudah 

Diberlakukannya kebijakan kerja fleksibel menimbulkan tugas yang lebih berat bagi HR, sehingga mereka harus memiliki solusi yang lebih relevan dan efektif untuk menyelsaikan setiap laporan dan pekerjaannya. Keunikan berkerja dengan waktu yang fleksibel juga harus bisa tetap dipantau oleh  setiap HR. 

Solusi terbaik yang bisa dilakukan HR adalah mulai menggunakan kemajuan teknologi untuk mengikuti percepatan perkembangan perusahaan. Software canggih seperti jojotimes merupakan jalan pintas yang bisa dipilih untuk menyaingi setiap perkembangan jam kerja fleksibel. 

Jojotimes menawarkan monitoring karyawan yang lebih mudah dengan menggunakan pengenalan wajah dan GPS. Anda tidak perlu lagi repot mengecek kegiatan karyawan melalui pesan singkat dan lain sebagainya cukup gunakan sotware ini dan semua laporannya bisa dilihat. 

Menyesuaikan jam kerja setiap karyawan akan sangat rumit, tapi jangan dulu khawatir jojotimes dapat mengaturnya didalam satu aplikasi terpadu. Anda bisa mendapatkan jadwal terbaik dalam software  sehingga menghemat waktu membuat jadwal untuksetiap karyawan. 

Menyimpan berkas laporan serta data penting karyawan hingga menumpuk?, hal ini justru sangat berpotensi untuk hilangnya dokumen tersebut. Berbeda cerita dengan penggunaan jojotimes, setiap data penting karyawan akan tersimpan secara digital ditempat yang aman dan bisa anda ambil kapapun juga sesuai dengan kebutuhan. 

Tinggalkan cara lama yang melelahkan dan merepotkan dan mulai menggunakan kemudahan software jojotimes sekarang juga. Kemudahan itu bisa anda coba pada saat memakai demo dari jojotimes di jojonomic. Anda tidak perlu mengeluarkan biaya sedikitpun untuk memakai demo jojotimes, jika dirasa telah cocok tinggal nikmati versi penuhnya.