13 Jenis Pekerjaan yang Cocok Buat Kamu-Kamu yang Introvert

kerja cerdas

Introvert merupakan salah satu tipe kepribadian yang dipopulerkan oleh Carl Jung. Ia membagi beberapa tipe kepribadian menjadi 4 macam, salah satunya adalah introvert ini.

Seseorang dengan tipe kepribadian ini secara umum terlihat lebih senang menyendiri. Tidak seperti orang ekstrovert yang justru melakukan hal sebaliknya. Orang dengan tipe introvert akan merasa harus mengeluarkan banyak energi saat bersosialisasi.

Biasanya, seorang introvert ketika berada di tempat banyak orang dia merasa tidak nyaman dan cenderung meninggalkan lokasi itu. Mereka cepat merasa lelah jika di keramaian, dan butuh memulihkan tenaga dengan menyendiri.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Dan di artikel berikut ini akan dibahas 13 jenis pekerjaan yang cocok untuk kamu-kamu yang introvert loh… Simak yuk bareng-bareng artikel ini!

Ahli Ekonomi

Ahli ekonomi atau yang lebih kita kenal sebagai pakar identik dengan membicarakan hal-hal finansial. Bahkan gak jarang mereka ini menjadi pakar ekonomi pribadi seorang pengusaha. Seperti mengatur keuangan mereka, apa saja keperluan yang perlu dan ngga perlu.

Bukan cuma itu saja, pakar ekonomi juga bertugas meneliti, menyiapkan laporan dan memberikan solusi terhadap pelbagai masalah ekonomi. Baik dari proses produksi hingga distribusi suatu produk atau jasa. Selain itu, mereka juga setiap harinya memantau perkembangan ekonomi negara termasuk nilai mata uang.

Dengan gaji sebesar Rp 1,4 miliar, menjadi seorang pakar ekonomi menjadi pekerjaan yang diidam-idamkan oleh orang introvert. Akan tetapi nilai sebesar itu berlaku di luar negeri. Berbeda hal dengan kondisi di Indonesia. Mungkin senilai puluhan sampai ratusan juta rupiah per bulan.

Ahli Astronomi

Astronomi merupakan cabang ilmu alam yang meneliti benda langit (seperti bintang, planet, komet, dll). Serta fenomena-fenomena alam yang terjadi di luar atmosfer Bumi (misalnya radiasi latar belakang kosmik).

Ilmu ini secara pokok mempelajari berbagai sisi dari benda-benda langit seperti asal usul, sifat fisika/kimia, meteorologi, dan gerak dan bagaimana pengetahuan akan benda-benda tersebut menjelaskan pembentukan dan perkembangan alam semesta.

Mengamati tata surya atau bintang tentunya sangat menyenangkan. Apalagi jika kamu bukan hanya mengamati saja, tetapi juga digaji besar. Di Amerika sendiri, ahli astronomi digaji sebesar Rp 1,36 miliar lho.

Ahli astronomi juga bertugas untuk mengobservasi, meneliti serta membuat laporan tentang ilmu perbintangan untuk bisa dipelajari kembali. Pekerjaan yang tidak membutuhkan energi bercakap-cakap terlalu banyak ini pas banget buat kamu si introvert.

Website Administrator

Kalau kamu berpikir siapa sih yang membuat website ternama, atau situs pemerintah, nah ini dia. Website administrator merupakan salah satu pekerjaan cukup diminati di negara maju lho. Pasalnya mereka akan digaji sebesar USD 85,240 atau setara dengan Rp 1,1 miliar.

Tentu jenis pekerjaan ini menjadi incaran introvert. Karena pekerjaannya meliputi tanggung jawab untuk mengelola, memaintance, mendesain, mengembangkan hingga memperbaiki pelbagai kerusakan yang terjadi di website tertentu.

Pekerjaan yang berhubungan dengan teknologi dan keamanan data ini biasanya jarang digaji kecil. Di Indonesia sendiri mungkin bernilai ratusan juta rupiah jika memang kamu sudah jago banget.

Ahli Statistika

Statistik menjadi ilmu yang dipelajari saat kuliah. Meski demikian ada sekolah tinggi khususnya sendiri di Jakarta. Ngga heran untuk masuk ke sekolah ini cukup susah, karena setelah lulus kamu sudah bisa bekerja di Badan Pusat Statistik.

Kalau di Amerika sendiri, menjadi seorang ahli statistik akan digaji sebesar USD 80,110 atau setara dengan Rp 1,05 miliar. Wah gak cuma ngitungin angka-angka aja, tetapi kamu juga bakalan digaji dengan angka cukup fantastis.

Tugas ahli statistik disini berusaha mengembangkan atau menerapkan teori dan metode matematika untuk disimpulkan menjadi data numerik. Setelah itu baru bisa diinformasikan ke masyarakat. Walau beberapa penelitian membutuhkan koresponden, ahli statistika tidak banyak berinteraksi dengan orang lain.

Penulis

Ada yang bilang menjadi penulis tidak bisa menjadi kaya. Mungkin itu benar kalau kamu tidak memiliki keahlian spesifik di bidang tulisan tersebut. Nyatanya kalau tulisanmu bisa dipertanggung jawabkan kamu bisa meraih penghasilan cukup besar lho.

Pekerjaan ini juga tidak membutuhkan banyak interaksi dengan orang lain. Kamu tinggal pilih menguasai bidang apa, esai, puisi, novel, lirik lagu, atau bahkan sajak sekalipun. Jika sudah profesional kamu bisa menulis pelbagai hal dan meraih puluhan bahkan ratusan juta rupiah.

Gak cuma itu saja, banyak lomba-lomba yang ditujukan untuk penulis-penulis di Indonesia dengan hadiah uang puluhan juta. Asal kamu jeli melihat peluang yang ada dan jangan takut ikut berkompetisi.

Peneliti Geologi

Pekerjaan ini mungkin masih asing di telinga kamu. Ya benar, peneliti geologi sendiri masih dikatakan pekerjaan baru. Tugasnya menguji dan menganalisa pelbagai kondisi geologis. Diantaranya minyak bumi, aneka tambang, seperti mineral, batu bara, gas bumi maupun belerang.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Meski tidak banyak melakukan interaksi, pekerjaan seperti ini dikatakan cukup berat lho. Kamu akan berurusan dengan aroma kurang sedap dari alam demi menganalisa dan menginformasikannya kepada khalayak.

Di Amerika sendiri gaji pekerjaan ini mencapai Rp 729 juta. Kalau di Indonesia sendiri masih belum ada data resmi berapa yang bakalan kamu dapat jika berprofesi di bidang ini.

Fotografer

Umumnya, introvert akan lebih perhatian pada detail dan punya cara pandang yang lebih tajam dibanding orang lain. Perspektif unik tersebut bisa menjadi bekal untuk menjadi seorang fotografer andal yang bisa menghasilkan foto keren dari angle berbeda. Sebagai fotografer, kamu bisa bekerja secara independen maupun untuk sebuah perusahaan.

Pilot

Sebagai pilot, biasanya saat bekerja kamu hanya butuh komunikasi yang jelas dengan co-pilot dan awak kabin, serta petugas Air Traffic Controller di menara pengawas pesawat. Selebihnya, you’re entirely in control.

Menjadi pilot berarti kesempatan untuk pergi ke banyak lokasi atau negara, bertemu dengan orang baru, sekaligus memiliki waktu untuk diri sendiri. Saat ini pun, pilot perempuan bukan lagi hal yang aneh, termasuk di Indonesia.

Paralegal

Untuk yang tertarik pada hukum, selain pengacara kamu pun bisa berkarier sebagai paralegal. Secara umum, paralegal adalah profesi yang tugasnya membantu pengacara dalam pekerjaannya di sebuah firma hukum atau departemen legal di sebuah perusahaan. Namun paralegal itu sendiri bukanlah pengacara.

Tugas seorang paralegal umumnya adalah menjalankan administratif, mengorganisasi berkas, melakukan riset hukum, dan menyiapkan dokumen. Meski pada umumnya paralegal bukan merupakan sarjana berlatar pendidikan tinggi hukum, namun bisa saja seorang sarjana hukum menjadi paralegal.

Teknisi laboratorium

Seorang teknisi lab umumnya bekerja di balik layar dengan cara menganalisa hasil tes di sebuah fasilitas kesehatan atau laboratorium. Sebagai pekerjaan yang butuh presisi dan hasil diagnosa yang tepat, dibutuhkan suasana kerja yang tenang, which is great for the introvert.

Penerjemah

Jika kamu menguasai bahasa asing, kamu bisa bekerja sebagai penerjemah yang jasanya dibutuhkan untuk menerjemahkan dokumen tertulis dari satu bahasa ke bahasa lain. Mayoritas penerjemah bekerja secara lepas dan bekerja untuk berbagai proyek untuk klien dari berbagai latar belakang.

Dengan semakin terbukanya kerjasama dengan negara lain dan kesempatan karier yang semakin global, diperkirakan jasa penerjemah akan semakin laris dicari.

Market Research Analyst

Profesi yang berkutat pada data ini membutuhkan kemampuan mencari dan menganalisa informasi tentang keadaan pasar untuk mecari tahu potensi penjualan sebuah produk atau jasa.

Kamu tetap harus menyiapkan dan mempresentasikan laporan tersebut di hadapan direksi, namun most of the time, ini adalah pekerjaan yang dilakukan secara independen di depan komputer.

Social Media Manager

Terlepas dari kata “social” yang menempel di profesi ini, namun sebetulnya mengurus social media adalah pekerjaan yang lebih banyak dilakukan seorang diri dari balik layar. Tugas utama seorang social media manager umumnya adalah membuat konten dan meng-handle segala kegiatan sebuah brand di platform online.

Umumnya social media manager akan bekerja dengan beberapa kolega dalam satu perusahaan, sementara ada juga beberapa social media manager yang bekerja dengan lebih fleksibel dan tidak harus ke kantor. Yang pasti, social media manager akan lebih banyak menghabiskan waktu dan berkomunikasi secara online dibanding tatap muka langsung.

Tips Menaklukkan Lingkungan Kerja yang Keras bagi si Introvert

Memasuki dunia kerja merupakan suatu tantangan tersendiri bagi si introvert. Seorang yang menutup diri, biasanya mengalami kesulitan untuk bersosialisasi dengan orang lain. Sementara, lingkungan kerja menuntut setiap orang untuk lebih terbuka atau ekstrovert. Komunikasi adalah suatu hal penting untuk membangun hubungan kerja yang baik. Lalu, bagaimana si introvert harus menyesuaikan diri dengan lingkungan kerja?

Terlepas dari jenis pekerjaan yang cocok bagi si pendiam di atas, ada juga lho yang berani keluar dari zona nyaman dan memilih bekerja di perusahaan pada umumnya. Namun, kamu tidak perlu khawatir, berikut ini tips yang bisa kamu terapkan untuk menaklukkan dunia kerja yang keras dan penuh tantangan.

Sadari bahwa Menjadi si Penutup Diri Bukanla Aib, Namun Anugerah. So, Janganlah Berubah!

Terkadang, seorang penutup diri merasa rendah diri karena terlalu banyak diam daripada bicara. Itulah yang menyebabkan mereka malu mengakui tentang dirinya yang takut menghadapi dunia. Namun, jangan biarkan pemikiran tersebut menghantuimu. Menjadi introvert bukanlah hal yang perlu dianggap aib dan tidak perlu berbohong. Misalnya, ada seseorang yang membuat lelucon dan semua orang tertawa. Sementara, bagi kamu sendiri hal tersebut tidaklah lucu, namun akhirnya ikut tertawa mengikuti yang lain. Sebenarnya, tidak perlu demikian. Jadilah dirimu sendiri karena itu jauh lebih nyaman.

Datang Kerja Lebih Pagi untuk Mengenal Lingkungan Lebih Dulu

Bisa dibilang, PDKT dengan lingkungan kerja. Jika kamu tidak tahu setiap sudut isi lingkungan kerja, maka kamu harus berangkat awal untuk mengenalnya lebih dekat. Sebelum mengenal lebih dekat orang-orang yang bekerja ditempat itu, tentu kamu harus mengenal lingkungannya dulu bukan? Setelah itu, bersiaplah untuk menyambut rekan-rekan kerja yang akan berdatangan satu per satu. Dengan datang lebih pagi, dapat dikatakan bahwa kemampuan adaptasimu meningkat dua kali lipat. Tidak percaya? Coba saja!

Hari Pertama Masuk, Jadilah Observer Rekan Kerja

Pada awal masuk kerja, kebanyakan orang akan lebih banyak diam karena harus menyesuaikan terlebih dulu dengan lingkungan sekitar dan teman-teman yang baru. Nah, sebagai seorang introvert, kamu tidak perlu memaksakan diri untuk membuka kepribadian dan menjadi orang lain. Cukup amati dulu orang-orang bekerja, bercengkerama, dan mengerjakan tugas. Setelah itu, kamu bisa menyesuaikannya di hari kemudian. Ingat, jangan terlihat sok lebih jago dari senior. Sebab, di awal kerja biasanya anak baru akan dites oleh para senior. Untuk itu, cukup ikuti aturannya dan lakukan tugasmu dengan baik.

Berani Keluar dari Zona Nyaman. Ingat, Kamu juga Butuh Teman

Bisa dibilang, zona nyaman seseorang yang suka menutup diri adalah rumah. Namun, kamu tidak akan berada di rumah seharian bukan? Setiap orang butuh orang lain dan hidup berdampingan. Jika kamu sudah berani bekerja di perusahaan, cobalah untuk mengenal orang lain. Temukanlah teman di tempat kerjamu yang bisa diajak ngobrol. Setelah observing, tentu kamu sudah tahu siapa saja sekiranya yang bisa kamu aja bicara bukan?

Cari Tahu Topik Pembicaraan yang Disukai sebagai Bahan Obrolan Setiap Hari

Komunikasi akan tercipta ketika ada bahan obrolan yang harus diperbincangkan. Tentu saja, harus ada ketertarikan antara kedua belah pihak yang berkomunikasi. Sebagai anak baru, tentu kamu harus menyesuaikan terlebih dulu apa topik yang mereka sukai. Gali dulu apa hohi, acara televisi, idola, atau hal-hal menarik apa yang mereka sukai. Dengan demikian, akan mudah mencari bahan obrolan untuk lebih dekat dengan mereka. Jika tidak mau membahas lebih detail, tidak perlu dipaksakan. Cukup lontarkan pendapatmu saja secara singkat sebagai tanda bahwa kamu mengikuti perbincangannya.

Yang Perlu Kamu Lakukan adalah Bicara, Dimulai dari Seseorang yang Membuatmu Nyaman

Menjadi pendiam bukan berarti tidak bisa berbicara dan enggan untuk melakukannya. Mereka jauh merasa lebih nyaman ketika berbicara pada orang-orang tertentu. Misalnya, menemukan sesama introvert dan berbagi pengalamannya masing-masing. Hal tersebut tidak masalah. Sebab, langkah ini bisa jadi awal yang bagus untuk membuka diri pada orang lain nantinya.

Minta Pendapat pada Rekan Kerja Biar Lebih Dihargai dan Dianggap

Tidak dipungkiri, seseorang yang lebih banyak diam seolah tidak dianggap pada suatu kelompok. Sebab, mereka tidak bisa melemparkan pembicaraan karena kamu diam. Mereka jauh lebih menyukai orang-orang yang merespon suatu topik sehingga pembicaraan akan terus berlanjut. Nah, jika kamu tidak mau hal tersebut terjadi terus menerus, cobalah untuk memulai hubungan persahabatan dengan orang lain. Jika ada yang belum paham, cobalah bertanya pada rekan kerja ataupun atasan. Usaha tersebut adalah awal untuk membuka topik pembicaraan dengan orang lain dan akan dihargai karena tanggung jawab mengerjakan tugasmu.

Jangan Pernah Meminta Maaf karena Kepribadianmu yang Introvert

Sekali lagi, menjadi seorang yang suka menutup diri bukanlah aib dan kesalahan. Jadi, kamu tidak perlu meminta maaf pada orang lain. Toh, mereka dengan kepribadian ekstrovert yang terkadang melukai perasaan orang lain tanpa sengaja merasa baik-baik saja bukan? Intinya, hargai kepribadianmu karena itulah jati dirimu. Tidak perlu menjadi orang yang disukai banyak orang jika itu tidak nyaman kamu lakukan. Ketika kamu berusaha menjadi orang lain, saat itulah kamu sudah menghakimi diri sendiri.

Berkecimpung di Dunia Kerja Tidak Serumit yang Kamu Bayangkan, Cukup Biasakan Ucapan ‘Terimakasih’

Dalam dunia kerja, harus ada etika yang dijaga. Misalnya, jika kamu merasa sudah dibantu oleh orang lain, jangan lupa untuk mengucapkan terimakasih. Meskipun sederhana, pada nyatanya banyak yang sungkan untuk mengucapkannya. Entah karena malu atau bagaimana. Dengan mengucapkan kata tersebut, setidaknya seseorang yang membantumu akan merasa dihargai dan tidak kapok untuk membantumu lagi dilain waktu. Tidak hanya terimakasih, biasakan pula untuk mengucapkan ‘tolong’ saat meminta bantuan orang lain dan ‘maaf’ ketika berbuat salah kepada rekan kerja yang lain.

Tetap Percaya Diri sebagai Introvert. Sebab, Ada Kekuatan yang Dimiliki Olehnya

Ketimbang mereka yang suka banyak bicara tanpa action nyata, justru seorang introvert lebih suka kerja tanpa banyak bicara. Itulah yang dinamakan kekuatan para pendiam. Dari waktu kerja yang dimilikinya, mereka akan jauh lebih produktif. Selain itu, seseorang yang menutup diri terbiasa melakukan pekerjaan yang sudah terjadwal sebelumnya, bukan hal-hal spontan. Keterampilan lain yang dimiliki seorang pendiam yaitu lebih telaten dan tenang dalam melakukan segala pekerjaan. Segala keputusannya juga diperoleh dari hasil berpikir secara matang. Jadi, bisa dikatakan bahwa seorang introvert sangat dibutuhkan dalam dunia kerja. Jangan minder lagi ya!

Overall, menjadi diri sendiri tidak ada salahnya meski kamu seorang introvert. Apalagi dalam dunia kerja, yang perlu kamu lakukan hanya bekerja sesuai job desk yang diberikan. Jangan ragu untuk bertanya dan berkomunikasi dengan orang lain jika itu perlu. Fighting!

JojoPayrolNah, kita sudah bahas nih jenis-jenis pekerjaan yang cocok untuk introvert. Kalau begitu ada info penting lagi nih buat kamu yang bekerja sebagai HRD di perusahaan-perusahaan kamu. Ada loh software HR terbaik di Indonesia yang bisa membantu kinerja HRD di perusahaan kamu. Adalah aplikasi dari Jojonomic yang salah satunya adalah JojoPayroll. JojoPayroll adalah aplikasi software HR yang membantu penggajian online. JojoPayroll ini sudah terintegrasi dengan PPH21, BPJS Ketenagakerjaan, dan BPJS Kesehatan. Jadinya para HRD sudah tidak perlu lagi menghitung manual dengan excel. Bila ingin mencoba demonya secara gratis bisa diklik link ini JojoPayroll.