Job Description Adalah Hal Penting Dalam Gambaran Pekerjaan

job description adalah

Job description adalah uraian jabatan atau lebih tepatnya gambaran mengenai tugas dari suatu jabatan. Job description biasanya merupakan suatu pernyataan tertulis yang berisi tentang tujuan dari dibentuknya suatu jabatan dan tugas. Melalui job description inilah maka akan didapatkan gambaran mengenai apa yang harus dilakukan oleh seseorang dengan jabatan tertentu. Seorang tenaga kerja juga dapat melakukan tugasnya sesuai dengan job description yang jelas sehingga ia dapat mengerti benar tentang bagaimana ia harus menjalankan pekerjaannya. Dalam hal ini posisi dan tugas dari seorang tenaga kerja sudah tentu jelas sehingga ia juga dapat menjalin hubungan dan komunikasi dengan berbagai pihak yang berkaitan dengan jabatan kerjanya.

Seseorang dengan job description yang jelas tentu akan lebih mudah dalam melakukan pekerjaan sehingga ia dapat membantu sebuah perusahaan dalam menjalankan misinya. Tentu saja seorang tenaga kerja yang melakukan pekerjaannya dengan loyal dan maksimal akan memberikan kontribusi bagi perusahaan. Visi perusahaan pada akhirnya dapat dicapai dengan baik dan hasil yang dicapai bukan tidak mungkin akan sesuai dengan apa yang telah diharapkan baik oleh pemilik perusahaan maupun oleh para tenaga kerja di perusahaan tersebut. Oleh karena itu sebuah job description sangatlah penting dan perlu disosialisasikan pada para tenaga kerja di suatu perusahaan.

Manfaat Job Description

Setiap tenaga kerja tentu perlu tahu mengenai job description yang berkaitan dengan tugas dan jabatannya. Suatu jabatan pada dasarnya merupakan suatu unit dasar dari struktur organisasi yang tentu berperan penting dalam membangun organisasi. Setiap jabatan dalam suatu organisasi sudah tentu harus saling dikombinasikan sehingga tujuan dari perusahaan dapat tercapai. Oleh karena itu dalam menjalankan pekerjaannya maka seorang pekerja memerlukan catatan yang sistematis dan tertulis mengenai tugas dan seluruh tanggung jawabnya.

Di dalam job description akan dijelaskan secara lebih lanjut mengenai wewenang seorang pekerja sehingga pekerja tersebut dapat selalu fokus pada wewenang dan tanggung jawabnya tersebut. Dalam hal ini tentu job description sangat dibutuhkan dan memiliki peranan yang penting sebab seluruh tugas yang tertuang di dalam job description akan membantu para pekerja dengan menghindarkan terjadinya perbedaan pengertian. Job description juga akan menghindarkan seseorang dari pekerjaan rangkap.

Dengan adanya job description pula maka seorang pekerja akan tahu dan paham benar mengenai batas-batas dari tanggung jawab dan pekerjaannya. Tentunya setiap jabatan yang ada pada suatu perusahaan memiliki batas-batas tersendiri sehingga setiap pekerja dapat melaksanakan tugasnya sesuai dengan wewenang dari jabatannya. Job description tampaknya tidak hanya berguna bagi para pekerja saja tetapi juga bagi atasan. Dengan adanya job description maka para atasan dapat lebih mudah mengawasi dan memaksimalkan tugas serta tanggung jawab dari masing-masing pekerja. Para atasan juga dapat terusmemberikan motivasi bagi para pekerja sehingga para tenaga kerja yang ada di suatu perusahaan dapat terus bekerja secara optimal.

Job Description Adalah Poin Yang Penting

Tampaknya siapapun mengerti kegunaan dan pentingnya job description dalam suatu pekerjaan . Baik seorang pekerja maupun pimpinan dan bahkan pemilik perusahaan sudah tentu memahami job description. Bahkan banyak orang awam yang mendengar dan memahami arti dari istilah ini. Di sini job description adalah sesuatu yang bisa dijumpai gambaran sederhana mengenai pekerjaan dari seorang pekerja yang tergabung ke dalam suatu divisi atau departemen di perusahaan tertentu. Suatu job description tentu sangat diperlukan di dalam dunia kerja sebab batasan-batasan yang jelas tentang suatu pekerjaan bisa dijabarkan di dalam job description ini. Hal inilah yang mendorong seorang pekerja akan bekerja secara maksimal.

Setiap pekerjaan yang menjadi tanggung jaweab bagi seorang pekerjaan tentu akan dilakukannya secara optimal sehingga pada akhirnya produktivitas perusahaan akan menjadi semakin meningkat. Bagi karyawan atau pekerja yang masih belum berpengalaman juga bisa diberikan training yang tepat sehingga ia dapat menjalankan tugasnya dengan semakin baik. Tidak hanya itu saja tetapi job description juga akan membuat evaluasi kerja karyawan dapat dilakukan dengan lebih mudah. evaluasi kinerja akan membantu perusahaan untuk semakin meningkatkan kualitas SDM di dalam suatu perusahaan. Penilaian kinerja karyawan tentu tidak hanya bertujuan untuk memperbaiki kesalahan dan kualitas tenaga kerja saja tetapi hal ini pada akhirnya juga bisa bertujuan untuk pemberian reward bagi karyawan berprestasi sehingga motivasi kerja para karyawan pada akhirnya semakin meningkat dan membuat para karyawan bekerja dengan baik.

Cara Membuat Job Description

Pentingnya job description adalah aplikasinya dalam dunia kerja membuatnya semakin dibutuh dan butuh untuk disosialisasikan pada para pekerja. Membuat suatu job description tentunya tidak sembarangan tetapi harus tepat dan benar. Di dalam suatu job description sebaiknya ada identifikasi pekerjaan yang akan memperjelas tanggung jawab dan peran dari masing-masing pekerja. Selain itu di dalam suatu job description juga sudah seharusnya ada ringkasan pekerjaan yang umumnya menyangkut tentang penjelasan singkat mengenai karakteristik dari pekerjaan yang bersangkutan. Dalam ringkasan pekerjaan ini juga tentunya terdapat aktivitas jabatan yang membedakan sebuah jabatan dengan jabatan yang lainnya. Selain itu terdapat pula kewajiban pekerjaan didalam sebuah job description. Tentu masing-masing pekerjaan akan menemukan tugas yang harus dijalaninya dan tugas tersebut berbeda antara jabatan yang satu dengan jabatan yang lain. Maka dari itu sebuah job description sebaiknya dibuat dengan bahasa yang singkat dan jelas agar mudah dipahami oleh para karyawan. Kata kerja yang digunkan juga seharusnya jelas dan bersifat tegas.

Menentukan dengan tepat tentang suatu job description adalah hal penting yang harus dipikirkan perusahaan. Sehingga pembagian kerja nantinya dapat dilakukan secara optimal. Tentu saja hal ini bisa dilaksanakan dengan baik bila menggunakan bantuan produk atau software yang tepat. Salah satunya melalui penggunaan JojoTimes yang membantu memberikan berbagai manfaat pada perusahaan seperti misalnya:

  • Membantu menentukan data dan informasi karyawan secara terpusat dan mudah untuk diakses dengan otomatis.
  • Membantu langkah kerja tim HRD yang jauh lebih efektif dan efisien sehingga tidak memakan banyak waktu yang diperlukan.
  • Menentukan penilaian dan pelatihan karyawan yang tepat sasaran dan dapat dikontrol dengan mudah.

Tentu saja berbagai manfaat di atas didapatkan dari berbagai macam fitur yang ada di dalam JojoTimes. Beberapa fitur pendukung yang dimiliki oleh produk yang satu ini antara lain yaitu sebagai berikut:

  • Mobile Check In & Check Out
  • Accurate GPS location via Geotagging
  • Check In & Check Out Monitoring
  • Biometric Face Recognition
  • Fake ID Detection
  • Fingerprint Feature

Dari informasi menarik di atas berkaitan dengan manfaat dan fiturnya, tentu sudah terbukti bahwa JojoTimes adalah solusi yang tepat bagi perusahaan Anda. Oleh sebab itu jangan ragu lagi, segera dapatkan coba gratis di perusahaan Anda dan lihat sendiri bagaimana produk ini bekerja dengan optimal dalam berbagai aspek manajemen karyawan perusahaan.