Kartu kredit Merupakan Kebutuhan atau Keinginan ?

Apakah penggunaan kartu kredit benar memudahkan?

Modal awalSiapa yang tidak mengenal kartu kredit? Iya sebuah kartu yang dimana berfungsi sebagai alat transaksi pada umum nya. Namun ada hal yang berbeda dengan kartu debit, dalam kartu kredit bank seperti meminjamkan konsumen uang dan bukan mengambil uang dari rekening. Kartu kredit adalah sebuah alat pembayaran pengganti uang tunai dalam bentuk kartu yang diterbitkan oleh bank untuk memudahkan para nasabahnya bertransaksi.  

Perkembangan kartu kredit pun terbilang cukup cepat karena minat masyarakat yang semakin berkembang setiap hari nya. Kartu kredit awal nya berfungsi untuk membantu masyarakat dalam aktivitas sehari hari nya namun semakin kesini kartu kredit mulai berfungsi sebagai gaya hidup. Tak jarang banyak karyawan yang menggunakan kartu kredit untuk memenuhi kebutuhan nya sehari-hari. 

Selain itu ada beberapa manfaat yang akan Anda dapat apabila menggunakan kartu kredit yaitu :

  1. Praktis dan mudah

Kehadiran kartu ini pun bertujuan untuk mempermudah masyarakat untuk melakukan aktivitas jual beli

   2. Relatif aman

Karena kartu ini disertai dengan data diri saat mendaftar nya maka ketika terjadi kecurangan atau kehilangan dapat terdeteksi dengan cepat.

   3. Mempermudah mengatur anggaran

Karena sistem kartu kredit ini tersedia dengan cara cicilan maka akan mempermudah perencanaan keuangan nasabah nya.

    4. Mempermudah transaksi online

Dengan zaman digital seperti sekarang tidak sedikit orang yang sudah beralih dari transaksi manual menjadi online. Dengan penggunaan kartu kredit akan mempermudah karyawan yang akan melakukan transaksi online. 

    5. Dapat digunakan di seluruh dunia

Dengan perkembangan yang pesat membuat kartu kredit menjadi bisa digunakan dalam transaksi di seluruh dunia. Dengan begitu banyak manfaat yang diberikan oleh bank kepada nasabah yang membuat tak jarang para karyawan menjadi tergiur untuk bertransaksi menggunakan kartu kredit. Namun disamping banyaknya manfaat yang diberikan ada pula resiko yang harus ditanggung oleh para nasabah.

Mencari pendanaa

Berikut ini adalah prosedur yang harus dilakukan untuk pembuatan kartu kredit yaitu :

  1. Menyertakan fotokopi KTP
  2. Minimal berumur 21 tahun dengan penghasilan gaji minimal Rp 3.000.000
  3. Fotokopi slip gaji
  4. Fotokopi NPWP
  5. Fotokopi buku tabungan 3 bulan terakhir
  6. Dan bagi yang sudah memiliki kartu  kredit sebelumnya bisa menyertakan tagihan kartu kredit 3 bulan terakhir

Namun dengan kemudahan yang diberikan dalam pendaftaran maupun pemakaian ada hal hal yang harus anda perhatikan sebelum menggunakan kartu kredit.Seperti bunga yang harus dibayarkan setiap bulan nya, hal ini sebelum  nya memang sudah disetujui oleh kedua belah pihak namun kesalahan yang sering kali dilakukan oleh para pengguna kartu kredit adalah telat membayarkan cicilan.

Hal ini membuat bunga semakin lama akan semakin menumpuk yang akhir nya akan merugikan karyawan itu sendiri. Hal ini tentu saja bukanya membantu karyawan malah menjadi membebani karyawan secara finansial. Dengan tawaran yang menggiurkan ketika kita bisa menggunakan uang nya terlebih dahulu baru dibayarkan di akhir periode menjerat beberapa karyawan “nakal” yang tidak bisa mengontrol diri nya sendiri. 

Penggunaan kartu kredit menjadikan seseorang menjadi terjerat hutang yang akhir nya di kejar kejar oleh lintah darat ?

Keuntungan EAP ProgrameJika terjadi peristiwa itu maka akan membuat seseorang menjadi terlilit hutang yang malah merugikan diri nya sendiri. Maka dari itu disarankan untuk menggunakan kartu prabayar dengan sangat bijak karena bisa membawamu ke resiko yang cukup berat di kemudian hari. 

Tidak jarang beberapa karyawan melakukan kesalahan-kesalahan yang fatal untuk dilakukan. Kesalahan seperti menganggap kartu kredit sebagai gaji tambahan yang dimana konsep tersebut sangat lah menjebak. Bila seseorang menganggap kartu kredit sebagai gaji tambahan pada akhirnya mereka akan kehabisan gaji pokok nya sendiri. Hal ini selain merugikan diri sendiri juga membuat kita seperti peribahasa “gali lubang tutup lubang” . hal ini tentu saja berbahaya karena kita akan menumpuk hutang terus menerus dalam jangka waktu yang lama.

Selain itu kesalahan lain yang biasanya dilakukan oleh beberapa karyawan yang menjadi nasabah sebuah bank adalah tergoda pada bayaran cicilan minimum yang diberikan oleh bank penerbit. Hal ini tentu saja keliru karena sebenarnya pernyataan ini sangat lah menjebak, ketika kita membayarkan cicilan dalam jumlah yang minimum maka semakin banyak pula bunga yang harus kita tanggung. Bisa jadi bunga yang kita tumpuk selama ini lebih dari nominal kartu kredit yang kita ajukan sebelum nya. Tentu saja hal ini merugikan bagi para nasabah. 

Reimbursement dengan Jojonomic !

Kita biasanya menggunakan kartu kredit untuk membelikan suatu barang yang dimana terkadang kita tidak bisa membeli nya di hari biasa karena keterbatasan finansial. Namun fitur reimbursement dalam JojoExpense dapat membantu ada. Ketika kamu membeli sesuatu untuk kebutuhan kantor namun dana kantor belum cair kamu bisa langsung menggunakan fitur ini. Fitur ini memudahkan kamu untuk membeli peralatan kantor tersebut. Reimbursement pun sekarang menjadi lebih mudah karena bisa digunakan dengan ponsel pribadi jadi tidak memakan waktu yang banyak. 

Fitur reimbursement ada pada JojoExpense dari Jojonomic. JojoExpense menjadikan aktivitas reimbursement menjadi lebih mudah dan menyenangkan. Anda dapat submit langsung melalui ponsel pribadi anda lalu akan diterima langsung oleh atasan anda yang terhubung dengan bagian finance. JojoExpense akan memproses  reimbursement langsung ke rekening pribadi anda. Sehingga mengurangi tindak kecurangan dan kesalahan. Selain itu JojoExpense juga dapat meningkatkan efisiensi manajemen keuangan sebuah perusahaan hingga 76%.