Miliki Kartu Kredit Perusahaan untuk Kemudahan dalam Berbisnis

kartu kredit perusahaan

Halo! Kalian ingin menjadi pembisnis atau kalian memang sudah mempunyai bisnis? Nah artikel ini cocok nih buat kalian baca. Karena artikel ini akan membahas bagaimana seorang pembisnis memiliki kartu kredit untuk bisnisnya.

Kartu kredit ini diharapkan dapat mempermudah kalian seorang pembisnis untuk memudahkan dalam keuangan. Memangnya apasih kartu kredit perusahaan? Lalu apa perbedaan dengan kartu kredit perorangan?

Jadi, daripada berlama-lama, mending kita langsung aja yuk bahas apa itu kartu kredit perusahaan!

Kartu Kredit Perusahaan

Pada dasarnya kartu kredit ini adalah kartu kredit yang digunakan oleh perusahaan untuk karyawannya. Nah, penggunaan kartu kredit hanya boleh digunakan untuk kebutuhan kantor.

Contoh kamu harus pergi ke keluar kota untuk kebutuhan kantor, maka pembelian tiket pesawat itu akan dibayar lewat kartu kredit kantor. Lalu, bagaimana cara kerjanya? lanjutkan saja baca artikel ini.

Cara Kerja Kartu Kredit Perusahaan

Konsep dasar dari kartu kredit jenis ini sebenarnya hampir sama dengan kartu kredit perorangan, yaitu sebagai alat pembayaran untuk transaksi tanpa uang tunai. Secara fitur, produk ini juga sudah memiliki program reward serta banyak layanan lain yang sama dengan produk sejenisnya.

Namun, yang membuatnya berbeda adalah kartu kredit korporasi digunakan oleh nasabah perusahaan dan diatasnamakan kepada karyawan terpilih. Sementara kartu kredit konvensional diberikan untuk nasabah perorangan atau atas nama pemilik kartu itu sendiri.

Dengan cara ini, pegawai yang menerima kartu akan dapat melakukan pembayaran menggunakan rekening kartu kredit jenis ini tanpa perlu proses yang berbelit.

Sebenarnya cara kerjanya sama saja dengan kartu kredit perorangan, namun statusnya yang dibedakan. Selain status, fungsionalnya juga berbeda. Lalu, mengapa kartu kredit jenis ini dan perorangan harus dipisah?

Hal itu untuk mencegah terjadinya memakai kartu kredit perusahaan untuk keperluan pribadi atau sebaliknya keperluan kantor dibayar melalui kartu kredit pribadi. Nantinya, hitung-hitungannya akan berantakan dan sulit untuk menyusun pembukuannya.

kartu kredit perusahaan

Keuntungan Menggunakan Kartu Kredit Korporasi

Lalu, apasih keuntungan kita menggunakna kartu kredit korporasi? Nah, hal ini lah yang harus kalian ketahui sebagai pembisnis atau yang baru terjun ke dunia bisnis.

Jadi dalam menggunakan kartu kredit korporasi, ada 4 keuntungan yang akan didapatkan oleh perusahaan. Apa saja keuntungannya? Scroll ke bawah artikel ini!

Optimalkan Keuangan Perusahaan

Salah satu manfaat terbesar dari penggunaan kartu kredit korporasi adalah bisa membuat proses keuangan sebuah bisnis menjadi lebih maksimal.

Produk ini juga dapat membantu perusahaan untuk menghemat waktu proses klaim dan penggantian dana dengan memberikan kartu ini kepada karyawan khusus, seperti manajer senior, direktur, atau karyawan lain dengan kriteria tertentu yang pekerjaannya membutuhkan mobilitas yang tinggi.

Pengendalian Pengeluaran

Keunggulan lainnya yang bisa dirasakan adalah pengeluaran perusahaan akan dapat dengan mudah dikendalikan. Salah satu yang dilakukan adalah dengan mengatur kredit dan batas pembelanjaan (limit) yang berbeda untuk setiap karyawan yang memegang kartu kredit sesuai posisi dan departemennya masing-masing.

Jadi, Anda tidak perlu khawatir akan ada penyelewengan penggunaan dana perusahaan ketika memakai produk ini.

Program Khusus Perusahaan

Keuntungan lain dari penggunaan kartu kredit korporasi adalah adanya program reward khusus. Keuntungan yang sering didapatkan diantaranya perusahaan akan mendapat keistimewaan tertentu, seperti potongan tunai atau diskon.

Hal ini sendiri tentunya akan membantu pihak perusahaan untuk menghemat biaya tambahan. Tidak cuma itu, beberapa produk kartu kredit corporate bahkan memberikan jaminan asuransi perjalanan gratis saat membeli tiket dengan produk tersebut.

Tentunya, hal ini membuat pendaftaran asuransi perjalanan tambahan menjadi tidak diperlukan lagi, jika karyawan pemegang kartu harus melakukan tugas ke luar negeri.

Memudahkan Transaksi di Luar Negeri

Seperti produk sejenis lainnya, kartu kredit korporasi sangat berguna sebagai pengganti transaksi uang tunai. Tentunya hal ini akan sangat membantu ketika sedang berada di luar negeri.

Tidak cuma itu, alat pembayaran ini bisa menjadi produk yang baik untuk mengintegrasikan pembelian korporasi ke dalam kelangsungan kredit perusahaan. Khususnya di saat perusahaan sedang memasuki masa kesulitan keuangan dan saat persediaan uang tunai menipis.

kartu kredit perusahaan

Manfaat Kartu Kredit Perusahaan

Manfaat terbesar dari kartu kredit jenis ini adalah kemampuannya untuk mengoptimalkan proses keuangan suatu perusahaan. Perusahaan dapat menghemat waktu dalam memproses klaim dan penggantian dengan memberikan kartu kredit jenis ini kepada karyawan kunci, seperti manajemen senior, direktur, atau karyawan lain yang pekerjaannya meliputi pembelian dalam frekuensi tinggi.

Selain itu, pengeluaran perusahaan juga dapat dengan mudah dikendalikan dengan mengatur kredit dan batas pembelanjaan yang berbeda untuk karyawan berbeda yang memegang kartu kredit corporate, sesuai posisi dan departemen mereka masing-masing.

Sisi terbaiknya adalah seluruh transaksi dengan kartu kredit ini terhitung dalam program reward khusus, yang kemudian memungkinkan perusahaan untuk mendapat keistimewaan tertentu, seperti potongan tunai atau diskon, dan karenanya membantu menghemat biaya tambahan, bahkan ada juga yang memberikan biaya asuransi.

Terakhir, kartu kredit jenis ini juga berlaku sebagai alat pembayaran yang baik untuk mengintegrasikan pembelian korporasi ke dalam kelangsungan kredit perusahaan, khususnya di saat-saat sulit secara finansial dan saat persediaan uang tunai menipis kartu ini akan berguna.

Dalam sebuah proses klaim konvensional tanpa menggunakan kartu kredit, seorang karyawan yang telah ditunjuk untuk melakukan pembelian dari rekening perusahaan akan melakukan langkah-langkah berikut ini, yang mana sangat tidak praktis:

  1. Membayar item-item bisnis dari kantongnya sendiri.
  2. Menyimpan nota pembelian
  3. Mengajukan penggantian setiap akhir bulan atau setiap tiga bulan. Oleh karena itu, karyawan harus mengajukan formulir pada atasan langsung untuk mengesahkan pembelian dan mengajukannya pada manajemen untuk disetujui. Seluruh formulir dan nota pembelian kemudian diproses oleh bagian administrasi.
  4. Menunggu hingga periode waktu tertentu selagi cek disiapkan dan akhirnya penggantian diberikan.

Jika karyawan yang sama memiliki kartu kredit ini, ia cukup melakukan pembelian bisnis menggunakan kartu yang diberikan perusahaan dan tagihan kartu kredit tersebut kemudian akan ditangani oleh personil bagian keuangan terkait di setiap akhir bulan.

Cara ini tentu lebih praktis dilakukan dan karyawan jadi tidak perlu mengeluarkan uang dari kantong sendiri dulu.

Cara Mendapatkan Kartu Kredit Perusahaan

Nah, sekarang kalian penasaran kan bagaimana cara mendapatkannya karena kartu ini memiliki keuntungan-keuntungan dan juga manfaat yang akan kalian terima ketika berbisnis. Jadi tanpa berlama-lama, berikut yang harus kalian siapkan untuk mendapatkan kartu kredit jenis ini.

  • Foto kopi paspor atau kartu identitas karyawan yang ditunjuk sebagai pemegang kartu
  • Keterangan bank terbaru milik perusahaan
  • Pernyataan finansial terbaru perusahaan
  • (Untuk perusahaan terbatas/swasta) Resolusi jajaran direktur
  • (Untuk perusahaan kemitraan) Surat otorisasi

Jadi jika kalian ingin mengajukan kartu kredit jenis ini kalian harus memiliki dokumen yang di atas ini ya! Tetapi hal ini balik lagi pada ketentuan-ketentuan penyedia jasa kartu kredit jenis ini. karena, tidak semua penyedia jasa kartu kredit ini memiliki ketentuan yang sama.

Nah, sekarang kami menawarkan kartu sejenisnya nih, yaitu JojoCashcard. JojoCashCard memudahkan kamu untuk mengelola pengeluaran perusahaan tanpa tunai, dengan cara mencatat transaksi-transaksi Anda secara otomatis, dengan proses registrasi yang singkat dan dapat digunakan kapan pun dimana pun.