Mau Keuangan Bisnis Terkontrol? Kartu Kredit Prabayar Solusinya!

Dalam dunia bisnis perusahaan, segala kegiatan tidak pernah terlepas dari pengeluaran anggaran untuk keberlangsungan bisnis. Tentu kita butuh sebuah metode yang dapat memberikan kita kemudahan. Baik itu secara akuntansi dan administrasi, salah satu yang dapat dimanfaatkan adalah dengan menggunakan metode prepaid business credit cards atau kartu kredit prabayar perusahaan.

Kartu kredit prabayar perusahaan menjadi alternatif lain bagi perusahaan dari kartu kredit pascabayar perusahaan biasa karena penggunaannya yang mirip dengan kartu debit yang tentu sudah akrab dikehidupan sehari-hari.

Metode prepaid business cards ini bisa digunakan untuk kalangan bisnis mana pun. Untuk bisnis besar, kecil, perusahaan sektor publik, penggunaan kartu kredit prabayar ini dapat merampingkan fungsi pengeluaran, mengurangi resiko, dan segala pengeluaran dapat terkontrol oleh manajemen.

Apakah benar sebermanfaat itu? Mari sama-sama kita kupas tentang kartu kredit prabayar bisnis!

Apa Perbedaan Kartu Kredit Prabayar dengan Pascabayar Perusahaan?

Sekarang, telah banyak perbankan baik swasta maupun BUMN yang menyediakan produk prepaid business credit cards yang tentu saja menyasar para perusahaan.

Lalu apa yang membedakannya dengan kartu kredit pada umumnya? Secara fitur, tidak ada perbedaan yang jauh dari kartu kredit pada umumnya, namun seperti namanya kartu kredit prabayar perusahaan, kartu kredit yang diperuntukan untuk memenuhi kebutuhan transaksi dan perjalanan bisnis perusahaan dengan menyediakan kemudahan bagi perusahaan untuk mengontrol setiap transaksi yang dilakukan oleh pegawai karena terlebih dahulu kamu telah memasukan sejumlah uang.

Kartu kredit perusahaan biasa, kamu dituntut untuk dapat secara tepat waktu membayar tagihan secara tepat waktu dan dari penggunaanya pemimpin perusahaan juga dapat menilai kinerja para karyawan. Namun tentu kita tak dapat menduga hal apa yang ada di depan terhadap keadaan perusahaan. Menurut Bankret, kartu kredit perusahaan berpotensi merusak hubungan karyawan.

Nah, kartu kredit prabayar hadir dengan mengecilkan segala resiko yang sering terjadi pada kartu kredit perusahaan tradisional. Pengguaannya pun dapat membebaskan perusahaan dari anggunan berlebih.

Bagaimana Cara Kerja Kartu Kredit Prabayar Perusahaan?

Penggunaan prepaid credit cards mungkin akan menawarkan perusahaan kamu pada sesuatu yang sering diabaikan.

Kartu kredit prabayar perusahaan memungkinkan kamu untuk melakukan kredit dengan cara yang lebih aman. Ia juga memungkinkan kamu melakukan semua hal yang biasa kamu lakukan dengan menggunakan kartu kredit perusahaan pada umumnya. Namun, terlebih dahulu kamu perlu memasukan sejumlah dana.

Di sini perusahaan kamu dapat belajar strategi pengelolaan keuangan dengan bijaksana. Ini membantu kamu mengembangkan rasa keuangan bisnis yang lebih baik dan membuat keputusan pembelian yang lebih cerdas.

Berbeda dengan kartu kredit bisnis, kamu hanya dapat membelanjakan jumlah yang telah dimasukkan ke kartu prabayar, membuatnya ideal untuk penganggaran.

Penggunaan kartu kredit prabayar dapat membuat kamu tidak lagi perlu membayar biaya penerbitan, bunga, transaksi, penarikan, pembatalan, atau penurunan, kamu tidak perlu menambah hutang sebagai penalti atas kesalahan kecil. Kamu juga dapat memeriksa akun kamu dari mana saja, yang membuat kamu terbiasa menumbuhkan kesadaran fiskal.

Keuntungan Apa Saja yang Didapat Perusahaan?

Ketika memutuskan menggunakan sebuah kebijakan keuangan, tentu yang kamu harapkan adalah itu memberikan dampak pada bisnis yang dijalankan. Begitu juga ketika memutuskan menggunakan kartu kredit prabayar perusahaanada sejumlah potensi keuntungan ketika kamu bertransaksi dengan kartu kredit prabayar perusahaan.

  • Menawarkan peningkatan kontrol atas pengeluaran karyawan. Karena kartu prabayar memerlukan dana yang sudah dimuat sebelumnya sebelum dapat digunakan, maka akan jauh lebih mudah untuk mengawasi pengeluaran karyawan dengan batas yang ketat.
  • Kartu kredit prabayar dapat dikeluarkan tanpa pemeriksaan kredit. Ini bisa sangat baik untuk bisnis baru atau pemula yang tidak memiliki riwayat kredit yang mapan tetapi masih perlu melakukan pembelian di berbagai lokasi yang berbeda.
  • Pengunaan kartu kredit prabayar membebaskan kamu terbelit utang.

Lalu, Apa Saja Kerugian Potensial yang akan Dialami Perusahaan?

Sayangnya, karena kartu prabayar cukup membatasi dalam penggunaannya, mereka juga dapat datang dengan serangkaian potensi kerugian, walau hal tersebut sangat tergantung pada penerbit kartu dan kebijakan yang mereka keluarkan.

Misalnya, beberapa bank memiliki peraturan yang ketat tentang jumlah maksimum dana yang dapat kamu masukan pada kartu. Sehingga mungkin uang yang bisa kamu belanjakan akan terbatas.

Tentu ini berbeda dengan kartu kredit biasa yang memungkinkan kamu melakukan peminjaman uang diluar limit dan terbebas biaya bungan selama satu bulan.

Jadi, penting untuk melakukan riset kecil sebelum kamu memutuskan untuk menggunakan kartu kredit kredit prabayar.

Beberapa kartu juga mungkin memiliki jumlah saldo minimum yang harus ada pada kartu. Ini mungkin bukan masalah jika bisnis kamu besar dengan dana yang besar.

Tetapi untuk bisnis baru yang lebih kecil atau pemula, mereka mungkin tidak dapat memenuhi persyaratan untuk kartu tertentu. Belum lagi, beberapa kartu mungkin memiliki ketentuan dengan biaya bulanan yang harus kamu bayarkan jika kamu ingin tetap menggunakan kartu.

Perusahaan kartu kredit ingin membuat kamu menggunakannya sesering yang kamu bisa. Untuk itulah berbagai promo dan insentif menarik dihadirkan. Namun, ini tak berlaku bagi pengguna kartu kredit prabayar.

Hal ini tentu jelas, karena kamu uang yang kamu belanjakan adalah uang kamu sendiri, tidak ada poin atau juga imbalan yang menarik dari setiap transaksi yang kamu lakukan.

Kapan Harus Menggunakan Kartu Kredit Prabayar?

Ada beberapa situasi yang membuat penggunaan kartu kredit prabayar dirasa sangat sesuai dengan bisnis kamu.

Semisal, jika kamu masih menggunakan pekerja freelance atau karyawan kontrak tetapi terkadang kamu juga membutuhkan karyawan ini untuk melakukan pembelian, kartu prabayar dapat menjadi pilihan ideal. Itu karena kartu prabayar membantu kamu membatasi pengeluaran dan mengawasi dengan ketat jumlah dana yang digunakan untuk pembelian.

Untuk karyawan yang lebih senior, penggunaan kartu kredit pascabayar tentu dirasa lebih tepat. Karena tentu mereka terkadang membutuhkan biaya yang lebih besar yang mungkin tak bisa dimuat dalam kartu kredit prabayar.

Namun, menambahkan kartu prabayar untuk memudahkan mereka membeli keperluan-keperluan kecil, seperti minuman dan makanan ringan masih dapat diproses melalui sistem manajemen pengeluaran yang sangat efisien. Juga, kartu-kartu ini bahkan tersedia dalam berbagai mata uang, untuk perjalanan ke luar negeri.

Yang tentu masih sering menjadi pekerjaan rumah besar dari segala pengeluaran yang dilakukan baik menggunakan kartu kredit prabayar dan pascabayar adalah pencatatan pengeluaran yang efesien. Ini mungkin saat untuk perusahaan kamu beralih pada sesuatu yang lebih inovatif.

JojoExpense

Tapi, dengan hadirnya JojoExpense dari Jojonomic membuat hal itu tak perlu lagi dipusingkan. Pengunaan aplikasi JojoExpense memungkinkan karyawan untuk mengirimkan bukti pengeluaran secara real time.

Tentu ini menjadi kabar baik bagi bagian akuntan perusahaan yang sering dipusingkan karena pengeluaran tak tercatat dengan rapih dan baik. Semua bisa kamu kontrol dalam gengaman, melalui ponsel kamu. Ini akan memberikan perusahaan kamu efesiensi lebih dari 76%.

Selain itu, tim ahli dari kami juga siap membantu perusahaan kamu, dalam memberikan solusi terhadap kendala tentang pengeluaran yang perusahaan kamu hadapi.