Kartu Tenaga Kerja Luar Negeri Dengan Banyak Manfaat

Dokumen seperti kartu tenaga kerja luar negeri merupakan salah satu berkas yang harus dimiliki apabila anda ingin berkerja diluar negeri. Kenapa seorang yang ingin berkerja keluar negeri harus memiliki KTKLN ini?, karena menurut undang-undang nomor 39 tahun 2004 pasal 62 ayat 1, seluruh tenaga kerja indonesia harus memiliki kartu ini .

Sebenarnya apasih manfaat dari memiliki KTKLN ini?, secara general KTKLN ini merupakan sebuah kumpulan identitas anda didalam sebuah microchip sehingga ketika nanti diminati berbagai dokumen bisa menjadi referensi. Tapi dalam penerapannya masih banyak kontra.

Ada banyak pihak yang merasakan bahwa manfaat dari KTKLN yang sebenarnya tidak bisa dirasakan, karena para TKI masih tetap mengalami hambatan saat menjalankan mimpinya untuk berkerja diluar negeri. Hambatan tersebut seperti terkena razia, ataupun menjadi korban penjualan manusia.

Terlepas dari pro serta kontra yang mengiringi kartu tenaga kerja luar negeri, dokumen ini memang diperlukan sebagai sayarat pemberangkatan seorang TKI. Jika tidak memiliki KTKLN maka pemberangkatannya akan terhambat bahkan terancam dibatalkan.

KTKLN Menyesuaikan Bidang Dan Negara Tujuan

Bagi calon TKI yang akan mengikuti program G to G Korea serta Jepang ia harus mendapatkan KTKLN di BNP2TKI. Sedangkan untuk yang berkinginan berkerja di Hongkong, Timur Tengah, Malaysia harus mendaftarkan di BNP3TKI.

Jadi jangan sampai salah memilih jika tujuan anda untuk berkerja di Jepang maka harus melakukan registrasi KTKLN di BNP2TKI. Jika salah memilih malah akan membuang waktu serta biaya saat membuat kartu tenaga kerja luar negeri.

Lalu syarat yang diperlukan untuk pembuatan KTKLN ini juga menyesuaikan dengan kebutuhannya untuk apa, contohnya ketika hendak melakukan perpanjangan kontrak maka dokumen yang dibutuhkan adalah visa kerja, paspor, kartu perserta atau polis asuransi KPA dan surat perjanjian.

Seiring perkembangan zaman KTKLN ini sekarang sudah berbentuk digital dan tidak berupa microchip lagi, ini tentu memudahkan TKI saat membutuhkannya dan mengurangi resiko kehilangan KTKLN saat melakukan perjalanan jauh.

Tapi dalam proses pembuatannya memang masih harus mendatangi kantor BNP2TKI terdekat untuk bisa mendapatkan KTKLN ini. Agar lebih mudah anda bisa meminta dari PJTKI untuk mengurusi KTKLN untuk mendapatkan hasil yang lebih cepat dan tepat.

Apa Saja Yang Harus Dilakukan Untuk Mendapatkan KTKLN

Untuk pendaftaran perseorangan pertama anda menyiapkan beberapa fotokopi dokumen seperti paspor, KTP, visa serta kontrak kerja dengan pihak negara tujuan lalu jangan sampai lupa membawa materai Rp 6000,- . Selanjutnya membayar biaya melalui bank yang telah disetujui beserta mengisi formulir slip setoran asuransi TKI milik anda.

Berikutnya mendaftarkan diri di konsorsium asuransi proteksi atau KAP agar mendapatkan polis asuransi. Kemudian berikan bukti setoran bank, fotokopi KTP, kontrak kerja dan paspor anda kepada BNP2TKI. Agar anda bisa menerima KTKLN.

Sebelum semua prosesnya selsai semua dokumen anda akan di verifikasi kebenarannya, lalu persiapkan juga diri anda karena selanjutnya adalah interview dari pihak BNP2TKI. Usahakan memakai pakaian formal karena akan adanya pemotretan serta scan sidik jari.

Manfaat Utama KTKLN Sebagai Pelindung TKI

Pada dasarnya KTKLN merupakan kumpulan data pribadi si TKI tersebut bahkan memuat tentang infomasi atasan tempatnya berkerja. Ini bisa menjadi modal untuk melacak apabila terjadi hal tidak diinginkan seperti human traficking atau perdagangan manusia.

Sudah banyak TKI yang terjebak didala lingkaran perdagangan manusia karena terjerat iming-iming mendapatkan gaji yang sangat besar. Untuk itulah pihak BNP2TKI membuat KTKLN ini agar memudahkan pelacakan TKI yang hilang.

Mendapatkan Keuntungan Bebas Fisikal

Karena semua data yang tercantum telah valid TKI yang memegang kartu tenaga kerja luar negeri bisa menikmati kebijakan bebas fisikal, artinya ia tidak perlu membayar BFLN sebesar 1 juta rupiah.  sedangkan biaya itu harus dibayar bagi TKI tanpa KTKLN.

Tentu akan sangat merugikan jika biaya itu harus dibayarkan setiap bulannya, sebagai kompensasi tidak memiliki KTKLN. Lebih jauhnya pemerintah juga akan mengenakan denda apabila kedapatan TKI yang tidak memiliki KTKLN ini, jadi kerugian yang diderita akan berlipat.

Untuk itu lengkapi dokumen kembali sebelum keberangkatan jangan sampai niatan ingin mencari uang keluar negeri menjadi kandas karena tidak memiliki KTKLN atau malah tidak menguntungkan karena dikenakan bebas fisikal juga denda dari negara.

Sebenarnya memiliki kartu tenaga kerja luar negeri ini untuk kebaikan TKI sendiri tapi karena prosesnya yang memakan waktu serta biaya yang tidak sedikit, masih banyak TKI yang tidak memiliki kartu ini sehingga dianggap imigran illegal di negara tujuan.

Karena telah dianggap imigran illegal maka status serta keamanannya akan sangat terancam, banyak kasus mengerikan TKI yang dihukum mati karena berbagai alasan terutama di negara saudi arabia. Mungkin saja kasus itu terjadi karena dokumen seperti KTKLN tidak dilengkapi.

Memilih menjadi TKI memang menjadi sebuah sarana perubahan hidup yang bisa dibilang instan, karena jumlah bayaran serta jenjang karir diluar negeri memang lebih menjanjikan. Belum lagi berkelana ke negeri lain memang menjadi sebuah kebanggan tersendiri bagi mayoritas masyarakat Indonesia.

Hal itulah yang membuat terkadang TKI tidak waspada dalam menyiapkan dokumen serta kelengkapannya disana. Mereka tidak memikirkan bahaya serta masa depannya disana yang ada TKI hanya memikirkan asal sampai dan berkerja di negeri sembrang saja.

Akibatnya banyak TKI yang terbengkalai tidak mendapatkan pekerjaan juga tempat yang layak untuk beristirahat. Seperti yang sudah viral belakangan ini di media sosial kondisi tragis TKI yang terlunta-lunta dan tidak bisa kembali.

Sebenarnya anda bisa berkerja di perusahaan luar negeri tapi tetap berada di Indonesia. Karena sekarang zaman sudah sangat berkembang. Sistem kerja yang mengharuskan datang ke tempat kerja sudah tidak zaman lagi. Bahkan perusahaan luar negeri membuka peluang freelancer atau mengerjakan tugasnya di rumah.

Bagaimana bisa?, ya dengan di monitor melalui perangkat lunak manajemen bisa mengetahui apa yang sedang dikerjakan karyawan. Serta sistem absensi yang lebih efisien melalui software tanpa harus repot datang ke kantor.

Software jojotimes adalah pilihan terbaik untuk memanaje kehadiran karyawan dengan waktu kerja yang fleksibel. Karena dilengkapi dengan penggunaan GPS perusahaan bisa mengetahui progress pekerjaan serta posisi karyawan tanpa khawatir.

Lalu HR tidak perlu lagi kerepotan ketika dimintai laporan mengenai kehadiran dari karyawan karena jojotimes bisa membuatnya dengan mudah. Pekerjaan membuat laporan dengan jojotimes akan dikerjakan secara otomatis jadi tidak ada lagi waktu yang dihabiskan untuk membuat  laporan.

Database dari jojotimes sendiri berbasis cloud sehingga sangat aman, semua data kehadiran serta laporan perusahaan tersimpan rapih secara digital. Untuk apa masih mau repot untuk masalah manajemen absensi karyawan, sekarang juga nikmati kemudahan dengan menggunakan demo jojotimes untuk perkembangan perusahaan anda.