Karyawan Tanpa NPWP Harus Sadari Kewajibannya

Karyawan tanpa NPWP adalah sebuah fenomena yang lazim  ditemui diberbagai perusahaan. Berbagai alasan membuat banyak karyawan enggan untuk membuat NPWP, mereka terkesan malas karena takut terkena potongan pajak besar didalam pendapatannya.

Padahal dalam kenyataanya justru dengan tidak memiliki NPWP mereka dikenakan pajak yang lebih besar yaitu 20% dari nominal penghasilannya. Tentu saja uang itu langsung dipotong dari gaji mereka karena perusahaan sudah mengetahui pegawai yang tidak memiliki NPWP.

Kurangnya sosialisasi  dan kepekaan dari rekan kerja membuat masih banyaknya karyawan tanpa NPWP di Indonesia. Mereka juga tidak mau mencari informasi lebih dalam mengenai manfaat penggunaan NPWP didala kehidupannya.

Hasilnya ini menjadi beban tersendiri bagi HR perusahaan. Karena perhitungan gaji bagi pemilik NPWP dan tidak akan sangat berbeda terlepas dari besarannya. Sebagai HR yang cerdas mulai berikan penyuluhan tentang pentingnya kepemilikan NPWP bagi seorang karyawan agar mempermudah kinerja.

Hambatan Bagi Karyawan Tanpa NPWP

Sebelum melangkah lebih jauh ada baiknya, untuk memahami lebih dalam tentang NPWP. NPWP merupakan nomor pokok wajib pajak, biasanya kartu ini juga bisa difungsikan sebagai tanda  pengenal. 15 digit nomor didalam NPWP berfungsi untuk identitas pembayaran pajak anda.

Selanjutnya apa saja sih yang  mungkin terjadi apabila karyawan tanpa NPWP?. Hal pertama adalah  mereka akan sulit untuk mengajukan kredit dan berbagai pinjaman melalui bank ternama. Karena salah satu syarat pencairan dana melalui bank adalah NPWP, pihak bank bisa meninjau kepatuhan serta ketepatan membayar pajak sebagai nilai plus seseorang saat mengajukan pinjaman.

Apabila kewajiban saja masih tertunda atau malah tidak dibayar bagaimana nanti membayar cicilan dari pinjaman, mungkin itu yang akan terbersit kedalam benak pengelola bank apabila seorang karyawan yang tidak memiliki NPWP.

Terkena potongan pajak yang lumayan sebesar 20% dari jumlah normalnya, pemerintah memberlakukan ini sebagai peringatan agar pihak terkait bisa mengikuti aturan dan membuat kartu NPWP demi kemudahannya sendiri.

Memberikan citra buruk bagi perusahaan. Image bagi perusahaan yang acuh terhadap karyawan tanpa NPWP sangat terlihat jelas, karena mereka membiarkan perbuatan salah berjalan terus menerus dan tidak menghentikannya segera.

Perusahaan dengan karyawan yang taat  undang-undang dengan  membuat NPWP akan terlihat lebih profesional dan kredibel, ini membuktikan bahwa perusahaan tersebut memang mampu menciptakan sumber daya alam yang unggul dan terlatih.

Hukuman terburuk bagi karyawan tanpa NPWP adalah denda serta penjara, denda yang dikenakan jumlahnya tidak sedikit. Penjara akan menanti  bagi orang yang lari dari kewajiban membayar pajak, lamanya hukuman ini paling cepat 6 bulan dan  lama berkisart 5-6 tahun penjara.

Tentu saja penjara maupun denda merupakan hukuman  terburuk  dan bisa  merusak karir anda, untuk itu apabila sekarang masih belum memiliki NPWP mulailah mengajukan NPWP di kantor direktorat pajak terdekat. Waktu yang dibutuhkan untuk membuat NPWP juga tidak terlalul lama sehingga  anda masih  bisa produktif.

Cara Terampuh Menanggulangi Karyawan Tanpa  NPWP

Solusi yang bisa dilakukan sebuah perusahaan untuk menanggulangi karyawan tanpa NPWP, solusi pertama dengan sering melakukan  sosialisasi dan pengecekan  rutin kelengkapan pekerja seperti NPWP. Merekapun masih termasuk manusia  biasa yang mungkin  saja melakukan kesalahan tapi jangan biarkan hal buruk itu terus berlanjut.

Karena yang terkena dampaknya nanti bukan hanya  karyawan  itu  sendiri, perpusahaan harus bisa memberikan solusi terbaik bagi kasus seperti ini. Sempatkan waktu untuk selalu  mengingatkan bahwa karyawan  tanpa NPWP bisa terkena hukuman berat seperti denda dan bahkan penjara.

Pemberian nasihat langsung dari HR atau atasan perusahaan akan memberikan dampak lebih kuat untuk karyawan membuat NPWP. Beritahu mereka untuk menggunakan NPWP untuk mendapatkan  berbagai kebutuhan  hingga melakukan pinjaman besar dari bank.

Syarat Syarat Pembuatan NPWP

Setelah menjelaskan lebih dalam mengenai manfaat yang bisa anda dapatkan dari  membuat NPWP sekarang, kami akan menjelaskan apa saja yang dibutuhkan. Ktp adalah dokumen utama untuk pembuatan NPWP.

Kartu identitas penduduk ini memang menjadi dasar pembuatan NPWP. Lalu selanjutnya adalah surat keterang berkerja dari perusahaan tempat anda kerja, surat ini bisa  didapatkan dengan  berkonsultasi bersama HR.

Proses pengirian kartu NPWP biasanya dikirim melalui pos, anda ingin membuat NPWP dengan cepat tanpa ribet registrasi melalui halaman resmi direktorat pajak?, maka pilihan lainnya adalah langsung melakukan pendafaran kekantor pajak.

Sadari Kewajiban Agar Mendapatkan Kemudahan

Orang bijak sering berkata bahwa sebelum menuntut hak maka anda harus melunasi kewajiban terlebih dahulu. Kata-kata itu sangat cocok untuk masalah pajak, jika anda ingin mendapatkan berbagai kemudahan maka bayar lah kewajiban pajak.

Selain terhindar dari berbagai hukuman yang mungkin jatuh kepada anda, membayar pajak memberikan ketenangan tersendiri bagi diri anda pribadi. Ikut mensejahterkan bangsa serta negara, dengan tindakan konkret membayar pajak tepat waktu.

Permasalahan kepemilikan NPWP merupakan tanggung jawab bersama agar kedua belah pihak perusahaan serta karyawan bisa merasakan kebaikan. Sebaliknya apabila masih nekad tidak membuat NPWP tapi dengan status karyawan bersiap saja untuk mendekam dibalik jeruji besi karena telah dianggap tidak melakukan kewajiban.

Pada  akhirnya membayar pajak juga demi kebaikan kita sendiri, pemerintah akan menyalurkan dana pajak untuk pembangunan sarana dan prasana penunjang seperti transport, jalan, taman dan lain sebagainya. Sarana itu bisa dinikmati oleh anda serta dimasa depan berguna untuk anak serta cucu.

Jadi masih mau menjadi karyawan tanpa NPWP?, berpikir sehatlah dengan mulai mendaftarkan diri sebagai  wajib pajak. Langkah awalnya adalah mulai bangun kesadaran untuk membuat NPWP dan membayar pajak sebagai kewajiban.

Sebagai HR pasti akan kesulitan untuk memilah dan memilih mana saja karyawan yang memiliki dan tidak NPWP. Belum lagi masalah payroll yang akan saling berbeda satu sama lain. Solusi terbaik adalah dengan menggunakan software canggih untuk membantu pekerjaan anda sebagai HR agar tidak menjadi sebuah beban.

Jojopayroll Solusi Perhitungan Gaji

Kini telah hadir untuk membantu urusan payroll anda yaitu jojo payroll, aplikasi ini memberi kemudahan proses kalkulasi gaji karyawan yang biasa memakan waktu lama sekarang mampu diselsaikan dengan sekejap.

Proses otomatis dengan satu kali perintah, begitu anda memilih perintah apa tinggal tunggu saja sapai proses beres. Sambil menunggu anda bisa bersantai atau melakukan kegiatan produktif lainnya. Sistem juga sudah mengintegrasikan pembayaran seperti pajak, iuran serta kebutuhan lainnya.

Melakukan transfer masih secara manual?, sangat merepotkan serta membuang waktu. Dengan jojopayroll anda bisa melakukan transfer sekaligus ke 150 lebih akun bank di Indonesia. Takut data penting tercecer saat mengerjakan payroll? Maka sebaiknya mulailah beralih ke Jojopayroll.

Karena basis penyimpanan cloud yang sangat aman bagi data penting anda. Untuk membuktikan kehebatan Jojopayroll anda bisa melakukan percobaan dengan memakai demo yang tersedia di jojonomic. Demo ini tidak perlu mengeluarkan uang sedikitpun dengan  fungsi yang hampir sama dari versi penuhnya