Kas kecil: Definisi, Manfaat, dan Metode yang Perlu Kamu Ketahui!

Pencatatan keuangan merupakan hal yang sangat penting di dalam sebuah perusahaan. Hal ini dapat menunjukkan jumlah uang yang dimiliki oleh perusahaan baik dari transaksi kredit maupun debit. Bahkan, pencatatan keuangan yang baik dapat dijadikan sebuah indikator untuk mengatur sebuah strategi pada level manajemen perusahaan. Apakah kamu selalu mencatat setiap uang yang dikeluarkan oleh perusahaan meski nominal yang dikeluarkan hanya sedikit? Jika tidak, mungkin kamu belum mengetahui betapa pentingnya kas kecil bagi perusahaan. Bacalah ulasan tentang kas kecil berikut ini untuk lebih memahaminya!

Definisi Kas Kecil

Dalam melakukan sebuah transaksi bisnis, perusahaan tidak melulu mengeluarkan dana yang besar untuk membayar suatu hal. Tanpa disadari, perusahaan juga bisa mengeluarkan uang dengan nominal yang relatif kecil tetapi kuantitasnya banyak. Meski jumlahnya kecil, setiap uang yang keluar perlu dibuat sebuah pembukuan untuk mempermudah seorang akuntan perusahaan dalam pencatatan keuangan perusahaan.

Nah, pembukuan itu nantinya akan digunakan untuk mencatat setiap pengeluaran yang dilakukan perusahaan dalam nominal yang tidak terlalu banyak, kemudian disebut kas kecil atau petty cash. Petty cash biasanya digunakan untuk pembiayaan operasional perusahaan atau pun hal-hal yang berkaitan dengan aktivitas-aktivitas yang dilakukan oleh perusahaan.

Manfaat Kas Kecil

Namanya memang petty cash, namun ia memiliki manfaat yang besar bagi perusahaan. Berikut ini beberapa manfaat yang bisa dirasakan perusahaan dengan adanya kas kecil:

Mempermudah Akuntan Perusahaan dalam Pencatatan Keuangan

Seorang akuntan perusahaan memiliki beban yang cukup berat karena bertugas untuk membuat laporan keuangan setiap bulannya. Ia harus memiliki tingkat ketelitian yang tinggi dan juga sisi analisis yang kuat untuk mendapatkan laporan keuangan yang tepat dan akurat. Adanya kas kecil tentu saja akan sangat membantu seorang akuntan dalam pencatatan keuangan. Nantinya, ia hanya menyatukan data-data pengeluaran dari setiap divisi di perusahaannya.

Bisa Digunakan untuk Meningkatkan Pelayanan Perusahaan

Dalam dunai bisnis, rapat di kantor atau di sebuah tempat makan merupakan hal yang biasa. Apa lagi jika kamu berada pada divisi yang sering berkaitan dengan pihak eksternal perusahaan seperti misalnya divisi event. Tentu saja kamu perlu menyiapkan dana untuk menyediakan makanan yang layak demi meningkatkan pelayanan perusahaan di mata orang-orang yang bekerjasama dengan perusahaanmu.

Dana Darurat bagi Perusahaan

Di divisi general affair, terkadang banyak sekali kebutuhan divisi lain yang harus dipenuhi dengan sesegera mungkin. Bayangkan jika seorang general affair tidak punya uang tunai dan harus melakukan pengajuan terlebih dahulu kepada divisi keuangan untuk melakukan transaksi yang berkaitan dengan aktivitas perusahaan? Maka hal tersebut tentu saja akan menghambat kinerja dan aktivitas-aktivitas karyawan dalam sebuah perusahaan.

Berbeda halnya jika seorang general affair mempunyai uang tunai yang bisa digunakan sebagai dana darurat ketika divisi lain meminta sesuatu hal secara mendadak tanpa pemberitahuan sebelumnya. Sehingga dinamika yang terjadi di dalam perusahaan pun akan segera teratasi dengan mudah.

Pembayaran Relatif Praktis dalam Sebuah Transaksi

Regulasi yang mudah membuat keberadaan kas kecil sangat membantu setiap elemen dalam sebuah perusahaan untuk menjalankan aktivitasnya. Kamu tidak perlu khawatir dengan sistem pembayaran yang ribet. Mengapa demikian? Karena petty cash sangat praktis digunakan untuk melakukan pembayaran-pembayaran dalam nominal yang kecil.

Adanya Anggaran untuk Keperluan Harian

Berbagai macam fasilitas biasanya disediakan oleh kantor demi meningkatkan produktivitas atau pun membuat karyawannya merasa bahagia saat bekerja di kantor. Salah satu fasilitas yang biasanya selalu ada dalam setiap perusahaan adalah dapur.

Petty cash ini juga sangat berguna dalam memenuhi kebutuhan harian karyawan. Misalnya saja ketika teh di dapur tiba-tiba habis, kamu tidak perlu khawatir karena kamu tinggal menggunakan kas kecil untuk membeli teh.

Metode Kas Kecil

Ternyata banyak juga ya manfaat petty cash, lalu bagaimana metode pencatatan kas kecil yang biasanya digunakan oleh perusahaan? Yuk simak beberapa metode yang digunakan untuk pencatatan kas kecil!

Metode Tetap atau Imprest Fund System

Metode tetap adalah metode pembukuan kas kecil di mana rekening petty cash jumlahnya selalu tetap karena besarnya penggantian sebanding dengan pengeluaran yang telah dilakukan sehingga saldo kas kecil selalu tetap seperti semula. Pengeluaran yang dilakukan oleh kasir petty cash juga tidak dibuat dalam jurnal secara langsung, tetapi kamu hanya perlu mengumpulkan bukti transaki dari pengeluaran yang dilakukan oleh perusahaan.

Ciri-ciri Metode Tetap

Beberapa ciri-ciri dalam penerapan metode tetap dalam kas kecil yang perlu kamu ketahui:

  1. Kamu cukup mengumpulkan bukti-bukti dalam setiap transaksi yang telah kamu lakukan sebelumnya. Nantinya, bukti-bukti tersebut bisa kamu jadikan sebagai bukti untuk meminta uang ganti kepada pihak keuangan perusahaan.
  2. Setiap dana dari kas kecil berasal dari penarikan uang yang sama jumlahnya dengan dana kas kecil yang sudah dikeluarkan. Sehingga, saldo kas kecil selalu tetap seperti sebelumnya.
  3. Pada saat proses penggantian terjadi kasir akan mencatat bukti-bukti yang diberikan oleh-mu akan dicatat dalam jurnal pengeluaran kas kecil atas penggunaan dana kas kecil yang dilakukan olehmu.

Metode Fluktuasi atau Fluctuating Fund System

Metode fluktuasi dalam petty cash adalah sebuah metode pengisian dan pengendalian keuangan di mana jumlahnya selalu berubah. Dalam metode fluktuasi pengisian saldo kembali tidak harus sebesar pengeluaran yang di lakukan. Hal itulah yang menyebabkan saldo petty cash selalu berubah-ubah. Berbeda dengan metode tetap, pada metode fluktuasi pengeluaran yang di lakukan oleh kasir kas kecil di buat di dalam sebuah jurnal.

Ciri-ciri Metode Fluktuasi

Beberapa ciri-ciri yang perlu kamu ketahui tentang metode fluktuasi dalam kas kecil:

  1. Pengisian kembali oleh kasir kas kecil dilakukan di bagian dana debit dalam akun petty cash.
  2. Setiap bukti-bukti transaksi yang dilaporkan oleh perusahaan kepada kasir kas kecil akan selalu dicatat dalam sebuah jurnal pembukuan kas kecil.
  3. Besarnya jumlah dana akan terus berubah-ubah atau tidak tetap karena disesuaikan dengan aktivitas yang dilakukan oleh perusahaan yang berkaitan dengan penggunaan dana pada petty cash.

Setelah membaca artikel ini, apakah sekarang kamu sudah mengerti tentang definisi, manfaat, dan metode yang ada dalam kas kecil? Ternyata kas kecil itu memiliki banyak manfaat ya bagi perusahaan jika pengelolaannya bisa dialkukan dengan baik dan benar. Dalam hal ini, kas kecil tentu saja berkaitan dengan pengeluaran perusahaan dengan nominal yang kecil, jika kamu masih bingung bagaimana mengaturnya kamu bisa menggunakan produk kami yang bernama JojoExpense.

JojoExpense

JojoExpense dapat membantumu meningkatkan efisiensi manajemen pengeluaran perusahaan kamu hingga 76%! Sehingga kamu bisa meminimalisir biaya pengeluaran perusahaan tempat kamu bekerja dengan lebih efisien dan hemat waktu. Jika kamu menggunakan JojoExpense, dijamin pengeluaran perusahaanmu akan tercatat dengan baik dan terhindar dari penipuan keuangan. Penasaran dengan JojoExpense? Kamu bisa mencoba JojoExpense secara gratis untuk mempelajari lebih lanjut. Selamat mencoba!