Kecurangan Expense Yang Sebaiknya Dihindari Dalam Keuangan Perusahaan

Kecurangan expense perusahaan bisa saja terjadi di mana saja dan kapan saja. Suatu proses kecurangan memang seringkali dijumpai dalam hal apapun. Termasuk pula dalam hal bekerja di kantor atau perusahaan. Kecurangan bisa saja terjadi oleh karyawan atau staf yang bekerja di suatu perusahaan sehingga hal ini bisa berdampak buruk pada perusahaan. Kecurangan terutama bisa terjadi dalam hal biaya atau pengeluaran. Bahkan kecurangan dalam hal expense perusahaan juga tidak jarang dijumpai di lapangan.

Kecurangan dalam hal expense di perusahaan seringkali terjadi sebab hal ini berkaitan dengan uang. Banyak kecurangan yang terjadi karena adanya keinginan untuk menguasai keuangan perusahaan demi kepentingannya sendiri. Keinginan seorang staf perusahaan untuk menuhi kebutuhan dan keinginannya dnegan cara melakukan kecurangan di tempatnya bekerja rupanya sudah menjadi hal yang seolah wajar dan seringkali dijumpai. Tidak hanya staf atau karyawan perusahaan di bagian keuangan saja yang mampu melakukan kecurangan tetapi juga karyawan dari berbagai macam divisi juga bisa saja melakukan kecurangan di perusahaan. Pengeluaran perusahaan bisa saja dimanipulasi agar tampak lebih banyak padahal sebagian dari laporan pengeluaran tersebut sebenarnya diambil oleh staf untuk dipergunakan demi keuntungannya sendiri. Tentu saja hal ini akan menimbulkan kerugian bagi banyak pihak yang tergabung ke dalam naungan suatu perusahaan.

Metode Kecurangan

Kecurangan yang terjadi di dalam perusahaan mengenai expense atau biaya dan pengeluaran sebenarnya tidak bisa dibiarkan begitu saja. Kecurangan yang berkaitan dengan biaya perusahaan sudah tentu harus segera diatasi. Pada kenyataannya kecurangan dalam hal expense perusahaan ini bisa terjadi dalam beberapa bentuk. Kecurangan pada suatu perusahaan biasanya terjadi karena beberapa faktor. Misalnya saja karena staf yang melakukan kecurangan tersebut memang membutuhkan sejumlah uang untuk keperluan dirinya ataupun keluarganya sehingga ia nekat melakukan suatu bentuk kecuringan uang bisa merugikan perusahaan pada akhirnya. Dan biasanya faktor kebutuhan ini menjadi dasar utama bagi seorang karyawan untuk melakukan kecurangan dan bahkan pencurian.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Biasanya kekurangan ini terjadi dalam bentuk perbedaan antara laporan keuangan dengan yang sebenarnya terjadi. Saat seorang karyawan menggunakan uang perusahaan untuk kebutuhan dirinya maka ia bisa saja memalsukan leporan keuangan perusahaan. Banyaknya pengeluaran yang ditulis dalam laporan memang seauai namun jumlah pengeluaran tersebut telah mencakup sejumlah uang yang diambil dan digunakan oleh karyawan untuk kepentingan dirinya. Terkadang bentuk kecurangan ini juga terjadi dalam bentun kredit yang dilakukan oleh karyawan namun tagihan kredit ditanggung oleh perusahaan. Tentunya hal ini bisa menimbulkan kerugian pada pihak perusahaan dan bahkan bisa saja pengeluaran perusahaan menjadi lebih besar dibanding dengan pendapatannya sehingga hal ini sangatlah berdampak buruk baik bagi keuangan perusahaan maupun nama baik perusahaan.

Penyalahgunaan Wewenang

Kecurangan di perusahaan terutama dalam hal keuangan juga bisa saja terjadi karena adanya kesempatan bagi karyawan. Umumnya kecurangan yang terjadi di perusahaan dikarenakan adanya kesempatan bagi seseorang untuk melakukan kecurangan tersebut. Biasanya hal semacam ini bisa dengan leluasa dilakukan oleh orang yang memiliki jabatan tertentu seperti misalnya posisi pemegang keuangan perusahaan.

Seorang karyawan yang bertugas dan berfungsi untuk menjadi akuntan perusahaan atau bekerja di divisi keuangan bisa saja memiliki kesempatan yang lebih luas untuk melakukan penggunaan uang perusahaan demi kepentingan dirinya dalam berbagai macam bentuk. Tentu saja hal ini akan jarang diketahui staf atau karyawan yang lain karena laporan keuangan yang disusun telah diusahakan untuk dapat menutupi kecurangan yang dilakukan oleh karyawan tersebut. Bahkan seorang pimpinan perusahaan atau manajer juga bisa saja tertipu dengan laporan keuangan palsu jika manajer tersebut tidak teliti.

Kejanggalan bisa saja dihilangkan oleh karyawan sehingga kecurangan dalam hal expense perusahaan tidak akan bisa diketahui. Wewenang memang seringkali membutakan mata Anda dan kita semua sehingga orang yang memiliki kewenangan tertentu akan melakukan upaya untuk menyalahgunakan wewenangnya demi pemenuhan kepentingan diri sendiri. Seseorang ya g memiliki wewenang tentu memiliki kesempatan yang lebih luas untuk melakukan penghitungab yang curang sekalipun penghitungan tersebut harus dilaporkan pada pimpinan perusahaan.

Upaya Pencegahan

Segala bentuk kecurangan dan perilaku ataupun hal yang buruk sudah tentu dapat dicegah sekalipun di perusahaan. Demikian pula dengan kecurangan expense perusahaan yang berpeluang untuk dilakukab oleh beberapa karyawan termasuk karyawan atau staff dari tim keuangan dan pembukuan perusahaan. Memang tidak menutup kemungkinan bahwa kecurangan tersebut dapat dilakukan oleh divisi lainnya. Untuk itu sebaiknya perusahaan selalu melakukan beberapa hal atau upaya yang sekirabya dapat menghindarkan perusahaan dari peristiwa penyalahgunaan wewenang.

Maka dari itu sudah seharusnya pimpinan perusahaan bekerja sambil mengeluarkan berbagai kebijakan untuk mencegah terjadinya pelahganuaan wewenang. Misalnya saja pimpinan perusahaan memberikan peraturan baru tentang pengelolaan keuangan yang menyatakan tentang setiap pengeluaran harus disertai dengan bukti atau dokumen asli. Selain itu proses pengeluaran uang perusahaan haruslah jelas dan sesuai dengan SOP. Jangan sampai pengeluaran dilakukan untuk berbagai hal yang tidak jelas dan tidak penting.

Suatu perusahaan juga sebaiknya memiliki dua orang financial controller atau 2 orang audit dan sejenisnya agar pengeluaran perusahaan selalu terpantau dengan baik. Setidaknya setiap pengeluaran uang perusahaan yang dilakukan haruslah disetujui oleh kedua belah pihak karyawan. Laporan keuangan juga sudah seharusnya berdua dan dibuat berdasarkan pada pengeluaran yang sesungguhnya untuk mendukung operasional perusahaan. Tentunya kontrol budget ini akan dapat lebih bermanfaat dan tidak sampai merujuk padapemborosan.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Menghindari kecurangan expense memang merupakan salah satu misi perusahaan untuk memastikan keuangan perusahaan yang aman dan stabil. Sehingga ada banyak perusahaan yang berusaha mencari solusi paling tepat untuk permasalahan tersebut. Salah satunya dengan menggunakan program yang efektif dan efisien, yaitu JojoExpense. Dimana melalui penggunaan program yang satu ini, maka perusahaan bisa secara otomatis mengatur pemasukan dan pengeluarn perusahaan secara lebih transparan. Selain itu program yang satu ini juga bermanfaat mempermudah pekerjaan tim keuangan perusahaan. Sistem yang otomatis dan mobile memudahkan aplikasi yang digunakan untuk menjalankan program dapat diakses dimana saja.

Adapun hal tersebut bisa terwujud sepenuhnya berkat fitur-fitur yang tersedia pada JojoExpense. Antara lain yaitu fitur berikut ini:

  • Auto Reimbursement
  • Auto Generate Expense Report
  • OCR (Auto Read Receipt)
  • Cash Advanced
  • Real Time Direct Transfer
  • Custom Approval Flow
  • Custom/Advance Approval Policy
  • Custom Reports Field
  • Custom Expense Transaction Field

Serta masih banyak fitur lain yang menarik yang bisa didapatkan dari program tersebut. Bersama JojoExpense tentu resiko kecurangan expense bisa dihindari semaksimal mungkin. Oleh sebab itu jangan ragu dan berpikir ulang, segera tetapkan pilihan. Dapatkan coba gratis program JojoExpense di perusahaan Anda dan biarkan keuangan perusahaan tetap sehat sepanjang waktu. Bersama dengan program yang fantastis ini, dijamin pengeluaran perusahaan aman terkendali!