Kerja Online Input Data Pekerjaan Menguntungkan

kerja online input data

Pasti anda merupakan orang yang baru mendengar tentang kerja online input data. Pekerjaan ini sebenarnya sudah ada semenjak 1890an. Dimana saat itu telah dikembangkan sebuah alat penyimpanan data melalui kartu berlubang. Dari sanalah mulai banyak sekali kebutuhan perusahaan terhadap seorang entry atau input data.

Kemudian dengan berkembangnya konsep pekerjaan dengan cara freelancer. Maka pekerjaan ini semakin berkembang lagi. Hal lain yang ikut menunjang perkembang input data adalah kemajuan teknologi pada bidang komputasi. Dulu sekali input data adalah sebuah pekerjaan yang sangat melelahkan dan sulit. Sebab pekerja harus melakukan input manual atau pengetikan.

Tidak seperti sekarang pengetikan yang dilakukan pada computer ataupun mesin ketik sudah sangat mudah. Sebenarnya kerja online input data hampir sama dengan pekerjaan lainnya yang membutuhkan ketelitian dan juga ketelatenan. Hanya saja kewajiban mereka untuk melakukan update informasi terhadap sebuah data. Berikut adalah pendalaman mengenai entry data ini.

Sejarah Kerja Online Input Data

kerja online input data

Dahulu sebelum pekerjaan ini dikenal sebagai kerja online input data. Orang-orang lebih mengenalnya dengan entry data sedangkan mesin yang digunakan adalah keypunch. Keypunch sendiri merujuk cara pemakaiannya yang harus ditekan secara keras. Ada dua orang yang harus bertanggung jawab dalam bagian entry data ini.

Pertama adalah orang yang harus melakukan input atau entry data. Lalu yang kedua akan melakukan verrifikasi data tersebut. Jadi ketika terjadi kesalahan input orang kedua ini memiliki tanggung jawab untuk memperbaikinya. Sistemnya memang sudah sangat baik sejak dahulu. Tapi efisiensinya saja yang masih kurang dan cenderung membutuhkan biaya banyak sekali.

Pekerjaan ini mulai popular pada tahun 1890an. Seiring mulai berkembangnya zaman maka  lahirlah kerja online input data. Tentu saja kelahirannya hasil dari kemajuan teknologi. Tapi prosesnya masih tetap sama, hanya saja terjadi berbagai penyederhanan dari berbagai pihak.

Tanda perubahan terjadi pada tahun 1970. Dimana mesin entri jadul mulai diganti dengan peralatan terminal tampilan video. Sekaligus ini menunjukkan supremasi dari teknologi dibidang pekerjaan kantor. Memang bisa diterapkan dengan sangat efisien. Perusahaan kemudian semakin mengembangkan dan mengefisiensikan input data ini. sampai akhirnya seperti sekarang.

Apa saja sebenarnya requirement untuk kerja online input data?. Tentu saja hal yang sangat mendasar adalah ia harus bisa mengoperasikan sebuah computer. Lalu lebih lanjut ia harus memiliki keterampilan dan mental yang baik. Berikut ini adalah beberapa skill yang harus dimiliki ketika ingin melakukan pekerjaan input data.

Kerja Online Input Data Dengan Keterampilan Mengetik

kerja online input data

Tidak hanya diharuskan untuk bisa mengoperasikan sebuah computer. Tapi pekerja juga harus terampil dalam melakukan pengetikan. Maksudnya adalah ia harus bisa mengetik cepat. Karena kerja online input data yang akan dilakukannya. Memuat banyak sekali data, contohnya saja si pekerja diharuskan untuk memasukan data satu tahun kebelakang.

ini berarti ia harus sangat cepat dan tepat ketika melaksanakannya. Dalam data yang disediakan oleh perusahaan mungkin hanya beberapa saja yang bisa langsung di copy paste. Sedangkan data lainnya harus dimasukkan secara manual. Maka akan tidak efisien jika pekerja, tidak bisa melakukan pengetikan cepat. Target pekerjaannya juga akan ikut terbengkalai jika seperti itu.

Tehnik pengetikan 10 jari adalah kemampuan yang harus dimiliki untuk kerja online input data. Konsep pengetikan sepuluh jari bisa dibilang cukup mudah. Karena anda cukup menghafal letak alphabet yang ada di keyboard ataupun mesin ketik. Sedangkan keyboard sendiri sudah didesain sedemikian rupa. Agar penggunaanya bisa menggunakannya dengan baik.

Mungkin pelajaran mengenai pengetikan ini sudah diajarkan dibeberapa sekolah menengah atas. Jika anda ingin melatih kemampuan typing atau mengetik. Maka bisa menggunakan beberapa software gratis yang telah disediakan di internet. Skill seperti ini terlihat sepele  tapi di zaman berkembang. Seperti sekarang kemampuan ini sangat dibutuhkan.

Kerja Online Input Data Harus Menguasi Hardware Dan Software

Keterkaitan kerja online input data dengan hardware dan software sangatlah erat. Bahkan input data di zaman sekarang tidak bisa dipisahkan dengan kedua hal tersebut. Maka jika ingin mendapatkan hasil pekerjaan yang baik dari input data ini. anda harus turut menguasai segala detail dari hardware dan software.

Alasan pertamanya adalah karena seorang penginput data harus melakukan pekerjaannya dengan basis software. Jika ia tidak memahami software penginput data seperti excel ataupun spreadsheet lainnya. Maka ini akan menghambatnya ketika melaksanakan kewajibannya. Selanjutnya peralatan yang digunakan adalah computer.

Berarti otomatis orang yang akan kerja online input data harus memahami troubleshooting hardware khususnya computer. Minimal ia harus bisa mengoperasikan computer dengan baik. Seperti menyalakan ataupun mematikan computer. Lalu apa saja yang harus dipasang, serta jika ada device pendukung yang tidak berkerja ia bisa menyelsaikan masalahnya.

Banyak yang ingin berkerja sebagai seorang penginput data tapi malas untuk mempelajari hardware maupun software. Inilah yang kemudian menjadi mereka tidak diterima oleh berbagai perusahaan. Karena pengetahuan basicnya saja mereka tidak memahami sama sekali.

Bahasa Inggris Passive Maupun Aktif

Bahasa computer sendiri adalah bahasa Inggris. Walaupun terkadang kita bisa mengubahnya. Tapi pekerja setidaknya harus menguasai bahasa Inggris secara passive. Agar memahami dengan baik setiap kendala dan tips menyelsaikannya ketika menggunakan computer.

Perusahaan memang cenderung menggunakan Windows untuk system operasinya. Tapi banyak juga yang menggunakan Linux ataupun system operasi lainnya. Jika sudah begini maka kerja online input data harus didasari dengan pemahaman bahasa Inggris yang baik. Cukup dengan memahami setiap kata ataupun kalimat yang tertara maka anda sudah memenuhi klasifikasi.

Penerapan Input Data Oleh Software

Kecanggihan teknologi memungkinkan penginputan data ini dilakukan oleh mesin ataupun perangkat lunak. Banyak sekali keuntungan yang akan didapatkan ketika perusahaan menggunakan perangkat lunak seperti ini. salah satu software yang berbasis seperti ini adalah JojoPayroll.

Sangat beruntung jika perusahaan anda menggunakan JojoPayroll. Karena seluruh payroll akan dikerjakan otomatis oleh perangkat lunak ini. jadi efisiensi waktu dan tenaga dari karyawan akan maksimal. Tidak lagi dibutuhkan sejumlah tindakan yang menguras tenaga ataupun waktu.

Bahkan untuk melakukan transfer ke akun bank para karyawan saja anda bisa menggunakan JojoPayroll. System software hasil buatan Jojonomic ini bisa melakukan transfer secara online ke lebih dari 150 akun bank yang ada diseluruh Indonesia.

Pembuatan laporan yang berbasis  kerja online input data. Akan bisa dilakukan oleh JojoPayroll, anda cukup mengambil hasil akhir yang diberikan oleh perangkat lunak ini saja. tanpa harus mengerjakannya secara pribadi. Sungguh kemudahan yang bisa menguntungkan perusahaan anda.

Sudah sangat jelas perangkat lunak ini memang menguntungkan, maka download dan coba versi demonya saja di Jojonomic. Agar anda bisa mengalami sendiri kemudahan ini.