Kesalahan yang biasa terjadi dalam Akuntansi

Menghitung Pajak

Akutansi memang sudah sangat sering kita dengarkan bukan tidak hanya di sekolah maupun  dikehidupan sehari-hari. Namun paham kah kamu apa itu akutansi?

Akuntasi adalah proses penjabaran informasi, pengolahan data serta pencatatan rincian transaksi yang berkaitan dengan keuangan dan berujung dengan terbuat nya laporan keuangan.

Akutansi pun dapat terbilang sebagai tanggung jawab perusahaan terhadap modal yang diberikan dan dipercayakan oleh para investor . maka dari itu sangat penting bagi perusahaan untuk menunjukan rincian informasi yang lengkap serta transparan untuk kebutuhan akutansj bagi beberapa pihak.

Namun, ada beberapa perusahaan yang menyajikan informasi keuangan perusahaan nya masih secara manual. Yang berdampak akhir nya pada output yang kurang stabil dan juga rentan terhadap tingkat kecurangan karena tidak transparaan.

Kenapa Akuntansi sangat penting bagi sebuah perusahaan?

  • Akutansi memberikan informasi mengenai keuangan perusahaan 

Tugas akutansi sendiri ialah untuk  membantu investor dalam mengambil keputusan untuk mengalokasikan dana nya didalam perusahaan.

  • Akutansi sebagai sumber informasi bagi para pembaca laporan

Laporan yang disediakan oleh perusahaan menjadi laporan pertanggung jawaban perusahaan dalam menggunakan dana yang diberikan selama ini. Jadi sangat penting bagi perusahaan dalam merincikan pendanaan nya.

  • Akutansi sebagai tolak ukur meningkatkan kualitas perusahaan

Melaporkan keuangan atau yang biasa disebut dengan akutansi biasanya dilakukan diakhir periode dan selalu dilakukan secara sistematis. Bertujuan untuk melihat sejauh mana perkembangan perusahaan yang sudah dijalan kan selama periode terakhir.

  • Akutansi sebagai “pemikat” investor

Biasanya sebuah perusahaan akan menuliskan secara detail dan lengkap rincian pendanaan yang digunakan selama 1 periode terakhir. Selain sebagai tolak ukur perkembangan pembukuan juga berfungsi penting untuk menarik perhatian para investor yang ingin menanamkan modal nya diperusahaan. 

Namun dalam pengaplikasian nya seringkali perusahaan masih melakukan pembukuan secara manual. Cara manual selain merepotkan juga dapat membuat pembukuan menjadi kurang transparan.

Penulis juga menemukan banyak sekali  kesalahan yang tidak sengaja yang dilakukan oleh finance dalam menuliskan laporan keuangan di setiap periode nya.

Kesalahan apa saja yang biasa terjadi saat penulisan laporan?

konflik karyawan yang rawan

  1. Menyatukan finansial pribadi dengan perusahaan.

Tidak jarang ada beberapa pihak finance yang dengan atau tidak sengaja menggabungkan finansial pribadi dengan perusahaan yang akan diganti di hari lain

Namun nyatanya menyatukan finansial pribadi dengan perusahaan adalah sebuah kesalahan besar karena dapat merusak arus kas perusahaan kamu secara tidaklangsung. Selain itu juga dapat akan berdampak negatif terhadap perkembangan perusahaan kamu.

   2. Lalai dalam menyimpan bukti pembayaran

Seringkali beberapa perusahaan lalai dalam menyimpan bukti pembayaran. Hal ini berdampak negatif bagi arus perusahaan kamu karena akan terjadi ketidak seimbangan dalam menyusun laporan keuangan diakhir periode.

    3. Kurang mengenal akutansi dengan baik

Kurang nya pemahaman terhadap penyusunan laporan keuangan dapat menyebabkan ketidakseimbangan diakhir perhitungan. Yang akan berdampak negatif terhadap perusahaan sehingga diperlukan pemahaman yang lebih mendalaml mengenai akutansi sendiri.

  4. Tidak memiliki perencanaan keuangan

Dengan tidak ada nya  perancangan keuangan yang baik akan sangat berdampak bagi arus keuangan perusahaan. Karena dengan perancangan keuangan akan membuat perusahaan lebih mudah dalam membuat laporan keuangan sehingga jadi lebih efektif dan efisien.

   5. Kesalahan Pencatatan

Ini merupakan hal yang sangat fatal dalam proses pembukuan. Karena kesalahan sekali dalam penulisan laporan akan berdampak terhadap arus kas perusahaan yang signifikan.

   6. Cuma Membuat Laporan keuangan sebagai pembukuan

Tidak jarang beberapa perusahaan hanya menjadi kan laporan keuangan sebagai “kewajiban” saja diakhir periode. Padahal laporan keuangan merupakan sebuah kebutuhan yang mesti nya dilakukan di setiap akhir periode setiap perusahaan.

karna dengan laporan keuangan kamu bisa mendapatkan solusi untuk mengembangkan perusahaan kamu lagi.

   7. Menyepelekan “Rancangan” dari laporan keuangan

Memang isi laporan keuangan itu sangat penting, namun rancangan dari laporan keuangan kamu juga tidak kalah penting loh. Tidak jarang beberpa akuntan menuliskan laporan keuangan nya dengan bentuk yang sulit dipahami.

kadang kala mereka menganggap bahwa “yang penting isinya” padahal racangan keuangan yang buruk dapat membuat investor tidak tertarik dengan perusahaan. jadi jangan menyepelekan lagi ya mengenai rancangan laporan keungan perusahaan kamu

7 hal diatas merupakan kesalahan yang biasanya terjadi pada beberapa perusahaan baik perusahaan kecil maupun besar. Kesalahan kesalahan tersebut bisa saja terjadi dengan atau tidak sengaja dilakukan.

Kesalahan yang terus menerus dilakukan dalam menyusun laporan keuangan bukan hanya mengganggu arus keuangan namun juga akan merugikan perusahaan kamu.

Maka dari itu untuk mengurangi kesalahan yang terjadi berulang-ulang perusahaan sebaiknya beralih dari proses manual menjadi ke digital.

Contoh nya seperti JojoExpense yang merupakan sebuah sistem yang dibuat untuk mempermudah serta menjaga keamanan data base para karyawan.

Apa sih JojoExpense?

JojoExpense sendiri merupakan sebuah sistem yang dibuat oleh Jojonomic untuk membantu perusahaan kamu dalam mengkontrol dana kamu dari manual menjadi digital.

Selain itu JojoExpense juga membantu perusahaan kamu dalam mencatat setiap pengeluaran maupun pemasukan perusahaan secara mudah dan sistematis sehingga laporan keuangan akan telihat jauh lebih menarik.

Apa yang membedakan JojoExpense dengan yang lain?

Selain memudahkan dalam membuat laporan keuangan JojoExpense juga dapat secara langsung dan cepat mendeteksi kecurangan yang terjadi. sehingga kamu gak perlu khawatir lagi dengan tindak kecurangan yang dilakukan oleh oknum-oknum yang tidak diinginkan.

JojoExpense juga akan men-report hasil laporan kamu secara real time. Sehingga tidak ada lagi alasan untuk menunda dalam pembuatan laporan keuangan.

Laporan keuangan pun menjadi lebih mudah dan juga lebih cepat. kesalahan-kesalahan yang biasanya terjadi saat membuat laporan keuangan pun jadi lebih berkurang.

fitur real time dalam JojoExpense juga membantu perusahaan dalam mentransfer penggajian perusahaan langsung ke rekening karyawan masing-masing. jadi karyawan bisa dengan mudah mengakses nya.

Selain real time JojoExpense juga menyediakan fitur Detect Fraud yang dimana dapat dengan cepat mendeteksi adanya kecurangan pada laporaan keuangan. sehingga perusahaan kamu dapat dengan mudah menemukan solusi dari permasalahan kamu yang terdeteksi dari JojoExpense.

JojoExpense juga memiliki fitur lain seperti Reimbursement secara digital. Kamu tau gak menurut penelitian bila suatu perusahaan menggunakan reimbursement secara digital dapat membantu mengurangi waktu reimbursement secara  manual hingga 70% loh.

Dengan reimbursement yang dilakukan secara digital, perusahaan kamu akan jauh lebih mudah  melakukan reimbursement jadi gak perlu lagi harus approve dengan datang ke kantor. selain menghemat tenaga juga menghemat waktu loh.

Selain itu JojoExpense juga membantu perusahaan kamu dalam menyimpan data base setiap karyawan nya.

Dengan penyimpanan yang lebih mudah dan juga lebih aman JojoExpense akan mempermudah pekerjaan Finance dan HR di perusahaan kamu sehingga tidak ada lagi kesalahan penulisan yang bisa merugikan perusahaan kamu.