Kesalahan Penggajian Akibatkan Penurunan Kualitas Pegawai

Pernahkah selama anda berkerja menerima gaji kurang ataupun lebih?, ini bisa terjadi karena adanya kesalahan penggajian. Memang ketika perhitungan gaji atau payroll tidak semudah yang diperkirakan banyak komponen serta rumus untuk menyelsaikannya, belum lagi jumlah karyawan juga mempengaruhi kemungkinan terjadinya salah hitung ini.

Bagaimana tidak, contohnya saja jika dalam satu perusahaan memiliki karyawan sampai puluhan ribu tentu saat perhitungan payrollnya akan sangat komplikasi, belum lagi setiap karyawan memiliki hak yang berbeda didalam gajinya, bonus serta tunjangan juga merupakan komponen tambahan.

Apabila kesalahan penggajian terjadi sekali dua kali memang masih bisa disebut wajar tapi jika sudah berkali-kali patut dipertanyakan kemampuan manajemen tersebut dalam menyelsaikan kewajibannya. Tapi itu semua kembali ke perusahaan, kebijakan apa yang dilakukan perusahaan untuk membantu kinerja HR.

Agar bisa menyelsaikan tugasnya dengan cepat dan lebih akurat. Sebenarnya dengan sistem payroll sendiri manajemen sudah sangat terbantu tapi karena perkembangan bisnis yang semakin cepat karena kemajuan teknologi. Perusahaan juga semakin banyak membutuhkan SDM.

Sehingga tenaga kerja dalam suatu perusahaan paling sedikit memiliki karyawan berjumlah ratusan. Mungkin bagi perusahaan memiliki banyak pegawai merupakan sebuah bantuan yang sangat jelas, tapi dengan semakin bertambahnya pegawai maka pekerjaan manajemen akan lebih banyak.

Kesalahan Penggajian Dampaknya Terhadap Perusahaan

Sebenarnya penyelsaian kesalahan penggajian bisa diselsaikan dengan cara yang mudah yaitu berkonsultasi langsung kepada pihak manajemen. Tapi justru dampak kepada karyawan akan sangat besar dengan terjadinya hal ini.

Salah satu dampak negatif dari kesalahan ini adalah berkurangnya kepercayaan karyawan terhadap perusahaan karena pegawai tidak mendapatkan haknya dengan sesuai. Apalagi jika terjadi berulang maka karyawan akan banyak yang mengundurkan diri.

Perusahaan besar akan sangat memperhatikan kesejahteraan dari setiap karyawannya, dengan cara memberi gaji yang layak perusahaan bisa mendapatkan kepercayaan dari karyawan. Jika sudah disetujui di kontrak kerja jumlahnya sekian tapi dikenyataan kurang atau lebih pasti menjadi pertanyaan tersendiri.

Peristiwa gaji lebih mungkin jarang terdengar yang paling sering adalah kurangnya jumlah payroll karyawan. Karyawan akan sangat kecewa karena hanya untuk mendapatkan hak gajinya saja harus memakan waktu serta repot-repot menghubungi manajemen.

Syukur-syukur apabila perusahaan bisa menyelsaikan masalah kesalahan penggajian secara serentak tapi apabila harus perorangan maka akan sangat menghambat aktivitas didalam perusahaan. Kesalahan besar jika membiarkan kejadian ini terus berulang.

Karena kredibilitas perusahaan serta produktifitas karyawan dipertaruhkan ketika terjadi hal seperti ini. Pergerakan manajemen untuk segera menyelsaikan masalahan ini akan sangat baik, semakin lambat penyelsaian maka dampaknya akan lebih buruk.

Lalu adakah cara untuk menghindari terjadinya salah perhitungan dalam payroll ini?, tentu saja ada banyak cara agar perhitungan serta pembayaran gaji tidak salah. Tapi kita juga tidak boleh menyalahkan sepenuhnya kepada pihak manajemen karena mereka juga masih manusia yang pasti berbuat sebuah kesalahan.

Sikap Yang Bisa Diambil Untuk Menghindari Kesalahan Penggajian

Pastikan pihak manajemen yang bertanggung jawab kepada gaji karyawan selalu dalam keadaan yang prima dan tidak dalam tekanan. Karena fokus kerja dan terjadinya kesalahan ini bisa jadi akibat tekanan kerja yang terlalu berat, sehingga terjadi error dalam penggajian.

Tim yang mengurusi gaji karyawan haruslah dengan jumlah yang sesuai, dalam artian bahwa jumlah pegawai yang melakukan perhitungan harus mencukupi disesuaikan dengan jumlah seluruh karyawan. Jangan sampai jumlah karyawan ribuan tapi yang mengurusi payroll hanya beberapa orang saja.

Bayangkan beban pekerjaan yang akan mereka terima untuk mengurusi payroll ribuan orang, sedangkan mereka juga memiliki kehidupan pribadinya masing-masing. Jika dipaksa untuk selalu lembur demi menyelsaikan payroll kondisi tubuhnya akan drop dan hasil yang diberikan buruk.

Jangan ragu untuk membuat tim kerja yang banyak asalkan semua hak karyawan serta kemajuan perusahaan terjamin. Pada akhirnya keuntungan dari semua itu akan dirasakan oleh perusahaan sendiri, mengeluarkan budget lebih untuk kepentingan karyawan tidak ada salahnya daripada harus kehilangan kredibilitas.

Manajemen payroll juga menunjukan seberapa profesional perusahaan tersebut. Jika hanya mengurusi gaji saja masih banyak terjadi kesalahan bagaimana mau memulai untuk melebarkan sayap dan membuka cabang baru yang tentu saja akan menambah jumlah pegawai.

Jadi hasil penggajian atau payroll adalah langkah utama untuk memajukan sebuah perusahaan, tanpa sistem payroll yang baik akan sangat sulit perusahaan bisa berkembang. Membayarkan hak karyawan sesuai dengan perjanjian kontrak merupakan kondisi ideal dalam perusahaan.

Kelebihan Pembayaran Gaji

Kelebihan pembayaran gaji juga termasuk kesalahan pada saat kalkulasi payroll, ini mungkin berita baik bagi karyawan tapi sebuah malapetaka untuk perusahaan. Jika diketahui dengan cepat mungkin tidak ada masalah tapi lain lagi ketika sudah dalam waktu yang lama baru diketahui.

Uang gaji lebih yang diberikan mungkin sudah digunakan oleh karyawan, lalu perusahaan tiba-tiba menagih uang tersebut. Tentu perasaan dari karyawan akan kecewa dan pada akhirnya menyebabkan produktifitasnya jadi buruk.

Sebenarnya uang lebih itu memang wajar ditagih kembali  oleh perusahaan, tapi perasaan seseorang tidak akan ada yang tahu selain dirinya sendiri. Maka mungkin saja ia rela memberikannya kembali tapi didalam hatinya merasakan kekecewan yang sangat kepada perusahaan.

Tentu saja kekecewaan ini bisa berdampak kepada perusahaan, sedangkan untuk mendapatkan hasil kerja terbaik perusahaan harus menciptkan lingkungan kerja serta meraih kepercayaan karyawan. Jika kesalahan penggajian sampai terjadi itu akan menghancurkan semua hubungan yang telah dibangun perusahaan dengan pegawai.

Software Solusi Bagi Kesalahan Penggajian

Jika permasalahannya sudah diketahui dan akibatnya juga, maka selanjutnya adalah menemukan solusi dari masalah payroll ini. Cara paling efektif dan sudah terbukti yaitu dengan memanfaatkan perangkat lunak untuk membantu mengerjakan payroll oleh manajemen.

Software akuntansi seperti jojopayroll memang mampu mempermudah perhitungan gaji setiap karyawan. Dilengkapi dengan banyak fasilitas untuk mempermudah kerja manajemen untuk menghasilkan perhitungan gaji yang lebih akurat.

Perbedaan komponen gaji pada setiap karyawan bukan lagi sebuah masalah ketika memanfaatkan software jojopayroll. Anda bisa menambahkan komponen apa yang akan dimasukan kedalam payroll seorang pegawai, bahkan jiga komponen itu sudah tidak berlaku lagi anda bisa dengan mudah mencabutnya jadi bisa terhindar dari kelebihan gaji.

Data payroll akan menjadi sebuah berkas penting yang tidak boleh hilang. Tapi karena sangking pentingnya data tersebut menumpuk dan malah akan rumit ketika hendak dijadikan referensi perhitungan. Dengan jojopayroll data penting yang anda butuhkan akan tersusun rapi karena berupa file digital.

Sistem penyimpanan yang digunakan juga memungkinkan anda untuk melakukan perhitungan dimanapun dan kapanpun. Jadi ayo sekarang juga perbaiki sistem payroll di perusahaan anda dengan menggunakan jojopayroll, coba saja dengan memakai versi demo dari jojopayroll di jojonomic anda akan merasakan keakuratn kalkulasi dari software ini.