6 Keunggulan Banner Online

keunggulan banner online

Banner online merupakan bagian dari sistem pemasangan iklan secara online. Sebagaimana kita pahami bersama bahwa banner adalah bentuk visual dari iklan. Pengunaan banner memang lebih disukai oleh para pemirsa atau target iklan. Ini karena gambar membuat visualisasi ide atau gagasan yang ingin perusahaan sampaikan menjadi lebih nyata.

Seperti kata pepatah, 1 gambar mampu berbicara lebih dari 1000 kata. Keunggulan banner pun seperti itu. Saat ini, banner tak lagi hanya berbentuk konvensional untuk dipajang di satu tempat tertentu. Ada juga banner online yang dapat disalin, ditempel, dan dibagikan secara digital. Banner tipe ini memiliki beberapa keunggulan dibandiingkan banner konvensional

Paling tidak, ada 7 keunggulan banner online dibandiingkan dengan banner konvensional. Tujuh keunggulan tersebut adalah sebagai berikut.

keunggulan banner online1.      Pemasangan Cepat dan Murah

Para pengusaha biasanya paham, bahwa untuk memasang banner di ruang publik dapat menuntut biaya yang cukup besar. Biaya ini dibayarkan kepada pihak-pihak yang memiliki kewenangan terhadap lokasi pemasangan banner. Jika banner tersebut dipasang di tempat publik yan luas dan dapat dilihat banyak orang, tentu membutuhkan biaya yang besar.

Kita ambil contoh untuk pemasangan banner dan baliho di DKI Jakarta tahun 2019. Biaya yang harus dibayarkan sebagai pajak daerah mencapai Rp 125.000,00 per meter per hari. Biaya ini bisa berbeda tergantung di jalan mana banner dan baliho tersebut dipasang. Jika pemasangan tersebut dilakukan selama setahun, besaran pajak dapat mencapai puluhan bahkan ratusan juta untuk 1 iklan.

Itu baru dari biaya pajaknya, belum dari bahan dan tenaga pembuatannya. Belum lagi jika pemasangan tidak hanya di satu titik, tapi di beberapa titik. Berapa biaya total yang harus dikeluarkan perusahaan untuk iklan? Tentu sangat besar.

Sebaliknya, dengan banner online, biaya tersebut akan dapat dihemat secara signifikan. Karena dari segi pembuatannya, banner online tidak perlu dicetak. Desainnya hanya perlu dibuat sekali di awal. Kemudian untuk diduplikasi, tidak membutuhkan biaya sama sekali, cukup dengan klik saja. Sehingga pembuatannya sangat cepat dan murah.

Selain itu, banner online dapat dipasang di situs terkenal dengan biaya iklan yang tidak semahal banner konvensional. Atau, dapat juga digunakan untuk materi iklan tertarget lewat media sosial atau mesin pencari. Dengan demikian dari segi pemasangan juga tidak membutuhkan biaya yang terlampau mahal.

2.      Mudah Diubah atau Dibongkar-Pasang

Ketika perusahaan memasang banner konvensional, prosesnya akan memakan waktu cukup lama. Mulai dari proses desain, cetak, perizinan, hingga pemasangan. Jangka waktunya bisa dalam hitungan hari, minggu, atau bulan agar hasil memuaskan.

Masalah adalah, ketika perusahaan kemudian ingin mengadakan dan menginformasikan promo baru, prosesnya kembali lama. Ia akan mengulanglagi prosesnya dari awal. Jangka waktunya pun tak berbeda jauh. Tentunya, ini akan menghambat kecepatan perusahaan dalam mengakuisisi pasar. Yang akhirnya malah membuat kompetitor makin berkibar.

Berbeda dengan banner online, keseluruhan prosesnya sangat singkat. Hanya memerlukan waktu beberapa hari. Perizinan pun tak perlu rumit, cukup dengan pemiliki situs atau penyedia jasa agensi iklan online. Dengan demikian, kecepatan perusahaan dalam masuk ke pasar dapat lebih kencang. Perusahaan pun tak akan dibalap oleh kompetitor.

digital marketing di ujung jari3.      Menjangkau Pembeli Secara Maksimal dengan Biaya Minimal

Keunggulan lain dari banner online adalah jangkauannya yang luas dan besar. Tidak peduli berasal dari manapun, selama mengunjungi laman tersebut, maka iklan akan diperlihatkan kepada pengunjung situs itu. Ini membuat iklan online seperti ini memiliki jangkauan yang sangat luas. Bahkan sampai mancanegara sekalipun.

Berbeda dengan ketika perusahaan memasang banner konvensional untuk promosi, jangkauannya hanya di sekitar lokasi pemasangan saja. Adapun orang yang tidak melewati tempat tersebut, tak akan pernah  tahu pemawarannya. Lokalitas ini tentu membuat iklan perusahaan tak memiliki jangkauan seluas iklan online.

4.      Membidik Calon Pelanggan Secara Tertarget

Dalam dunia pemasaran, spesifisitas target market yang dibidik memegang peranan penting. Semakin spesifik target market tersebut, semakin mudah penjualan dilakukan. Begitupun masalah iklan, semakin ikan tersebut dipaparkan kepada target yang spesifik, semakin rendah biaya, dan semakin efektif iklannya.

Banner konvensional tidak memiliki kelebihan tersebut. Ia tidak memiliki kemampuan membedakan pelanggan yang membutuhkan, atau yang tidak. Begitu juga minat pelanggan, sama sekali di luar perkiraan. Satu-satunya acuan adalah jumlah perkiraan orang yang lewat di jalur tersebut.

Sedangkan, untuk banner online, pengiklan memiliki keleluasaan untuk mengarahkan iklan agar dilihat oleh target market tertentu. Melalui media sosial, pengiklan dapat menarget usia, lokasi, hingga minat calon pelanggan. Sedangkan melalui mesin pencari, pengiklan bisa menarget orang yang memang sedang membutuhkan produk atau  jasa tersebut.

keunggulan banner online5.      Menyasar Seluruh Indera

Salah satu yang mempengarui retensi informasi adalah jumlah indera yang digunakan untuk menangkap informasi tersebut. Banner konvensional hanya memiliki kemampuan untuk menyasar 1 indera saja, yaitu penglihatan. Oleh karena itu, efektivitasnya relatif lebih rendah dibandingkan banner online.

Sebabnya, iklan online memiliki kemampuan untuk menggabungkan semua modalitas utama manusia: penglihatan, pendengaran, dan gerak. Iklan lewat video misalnya, mampu mengaktifkan mata, telinga, dan jari pelanggan. Prinsip retensi informasi, semakin banyak modalitas yang terlibat, semakin informasi itu mudah ditangkap dan diingat.

Oleh karena itu menggunakan banner online akan lebih mengena daripada banner konvensional

6.      Efektivitasnya Dapat Diukur dengan Mudah

Ketika memasang banner online, pengiklan akan dihadapkan pada masalah analisa hasil iklan. Karena, tidak ada laporan yang terukur secara akurat menggambarkan hasil dari iklan tersebut. Mungkin memang ada peningkatan penjualan. Namun, tidak pasti juga apakah hasil dari pemasangan banner di tempat tersebut, atau tempat lain.

Berbeda dengan menggunakan banner online. Pihak penyedia jasa layanan iklan biasanya selalu memberikan data tentang jumlah pengunjung, jumlah view iklan, hingga leads yang masuk. Tingal dihitung berapa jumah biaya yang dihabiskan dengan jumlah leads yang masuk. Dari situ akan diketahui seberapa tinggi efektivitas iklan tersebut.

Ketika pengiklan mendapati iklan tersebut kurang efektif, ia dapat mengubah iklannya. Dari penawaran, desain banner, hingga copywriting, semua dapat diubah dan dipasang dengan cepat. Jika ternyata efektif, namun penjualan belum memuaskan, berarti masalahnya bukan di iklan, tapi pada konversinya. Perusahaan tinggal berupaya meningkatkan konversi leads tersebut ke penjualan.

Mengatur Anggaran Banner Online

Meski secara biaya relatif lebih murah, tapi dalam memasang iklan online tetap harus ada kontrol dan pengawasan perusahaan. Salah satu cara terbaik untuk mengontrolnya adalah dengan menggunakan JojoExpense.

JojoExpense untuk mengatur anggaran iklanAplikasi JojoExpense ini dilengkapi fitur canggih geotracking dan geotagging yang dapat memvalidasi data dari tim iklan secara akurat. Dengan ini, perusahaan akan terhindar dari inefisiensi dan penipuan. Sehingga anggaran untuk banner online dapat dialokasikan dan digunakan secara optimal. Coba demo gratisnya di sini.