Keuntungan Lisensi Bisnis Sebagai Perlindungan Hukum

Banyak orang yang mungkin mencari tahu apa saja sebenarnya keuntungan lisensi bisnis yang bisa diperoleh. Sehingga kebanyakan pengusaha yang baru saja memulai bisnisnya sering mengacuhkan pentingnya hal tersebut. Padahal dalam bisnis menentukan lisensi adalah hal yang cukup penting. Supaya nantinya hal-hal yang tidak diinginkan bisa dihindari semaksimal mungkin. Namun, banyak pengusaha awam yang sering kurang memahami lisensi bisnis ini seperti apa, lalu bagaimana bentuknya, dan terakhir apa manfaat serta keuntungannya. Supaya dapat memahami lebih jelas, sebaiknya berikan sedikit waktu untuk melihat informasi berikut ini.

Tentang Lisensi Bisnis

Mungkin bagi yang masih awam belum paham benar apa itu lisensi bisnis serta bagaimana wujudnya. Alangkah baiknya memahami dulu hal ini sebelum mencoba untuk mengurus dan memastikan ijin lisensi tersebut pada lembaga terkait. Adapun lisensi bisnis ini adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan perijinan dan hak paten menjalankan suatu bisnis. Misalnya saja bisnis makanan yang harus memiliki surat kelengkapan termasuk Surat Ijin Usaha Perdagangan, BPOM atau surat dari Badan Pengawas Obat dan Makanan, serta hak paten untuk menu tertentu yang unik sesuai ciri khas perusahaan.

Dengan adanya lisensi tersebut, tentunya hal ini memudahkan suatu bisnis untuk menjalankan usahanya dan lebih mudah dikenali oleh para konsumen juga. Misalnya saja yang sedang hits yaitu teh bubble atau ayam geprek. Dengan hak paten dan lisensi, maka ada hak untuk menuntut restoran atau kedai lain yang menggunakan nama usaha atau menu serupa. Sehingga di kemudian hari juga membantu para pemilik usaha untuk terlindungi maksimal secara penuh.

Pentingnya Lisensi Bisnis

Membentuk lisensi bisnis akan memberikan banyak manfaat. Tentu saja hal ini sering kali terlewat oleh para pengusaha. Sehingga di kemudian hari saat ada usaha lain yang serupa akhirnya menjadi masalah dalam perkembangannya. Seperti misalnya saat mengalami persaingan bisnis, kemudian produk andalan dicuri idenya oleh perusahaan lain, tanpa lisensi yang jelas tentu hal ini tidak bisa dituntut secara hukum, apalagi diproses dengan hukum yang semestinya.

Oleh sebab itu sebagai pengusaha hal pertama yang harus diperhatikan yaitu masalah surat ijin dan lisensi dalam perusahaan mereka. Sehingga secara tidak langsung bisa menunjang bisnis secara lebih baik. Dengan lisensi juga bisa memberikan kepercayaan pelanggan yang lebih besar dibandingkan dengan bisnis lain yang serupa. Sering kali kita lihat pelanggan dan konsumen lebih memilih perusahaan atau tempat yang memiliki lisensi resmi. Sehingga di sini juga terletak pentingnya memiliki lisensi yang paten dari lembaga terkait.

Mengurus Lisensi Bisnis

Banyak orang yang kurang paham bagaimana langkah untuk mengurus lisensi bisnis tersebut. Sering kali banyak pengusaha awam tidak tahu harus melangkah kemana. Padahal mengurus lisensi ini tidak sulit dan bahkan bisa cukup mudah. Sehingga bila ingin mengurusnya maka tidak perlu susah dan bingung. Bagi yang tertarik untuk mengurus lisensi bisnis, coba saja ikuti langkah dan petunjuk berikut ini:

  • Siapkan segala macam surat menyurat berkaitan dengan ijin perusahaan yang resmi. Sering kali sebelum mengajukan lisensi maka lembaga terkait akan meminta bukti ijin perusahaan yang valid. Seperti misalnya SIUP dan NPWP perusahaan yang resmi.
  • Carilah lembaga yang tepat untuk mengurus ijin dari lisensi yang diinginkan. Sehingga dengan demikian nantinya tidak mengalami masalah dalam pengajuan lisensi. Umumnya setiap lembaga memiliki tugas masing-masing. Demikian halnya jika ingin mendaftarkan hak paten dan lisensi bisnis di departemen terkait. Seperti misalnya Departemen Perindustrian.
  • Siapkan segala berkas yang diperlukan atau persyaratan yang diminta sebelum mengajukan lisensi. Sehingga nantinya proses pengajuan lisensi berjalan lancar dan maksimal. Umumnya berkas yang lengkap dapat dilakukan pengajuan dalam waktu cepat. Sehingga dalam hitungan minggu lisensi yang diharapkan bisa didapatkan dengan cepat dan mudah.

Keuntungan Lisensi Bisnis

Dengan memiliki lisensi tentu saja ada banyak keuntungan yang bisa diperoleh. Terutama dari sisi hukum dan kepastian produk yang dibisniskan. Bagi yang ingin tahu lebih jelasnya, berikut ini keuntungan lisensi bisnis yang bisa diperoleh bagi pengusaha yang memiliki ijin resmi tersebut.

  • Lisensi bisnis bisa membantu untuk memberikan kepercayaan terhadap pelanggan yang lebih tinggi. Umumnya di masa sekarang konsumen lebih memilih usaha yang jelas dan resmi terdaftar daripada yang tidak. Dengan lisensi pasti akan membantu memastikan usaha yang dijalankan lebih terpercaya serta minim resiko penipuan.
  • Keuntungan lisensi bisnis berikutnya yaitu memastikan adanya perlindungan jaminan hukum dari lembaga yang resmi. Sehingga dalam persaingan bisnis serta permasalahan mengenai paten maka ada surat resmi departemen yang dimiliki. Dimana apabila ada perusahaan lain yang menyamai produk yang dilisensikan, maka perusahaan berhak mengajukan tuntutan secara hukum perdata maupun pidana.
  • Memiliki lisensi bisnis juga memberikan image perusahaan yang lebih berkelas serta resmi di hadapan para konsumen. Dengan mengurus ijin resmi beserta lisensinya maka tentu perusahaan bernar-benar mengutamakan kepuasan pelanggan secara maksimal. Karena umumnya lisensi ini adalah hal yang banyak ditanyakan konsumen. Sehingga apabila memiliki lisensi, otomatis hal ini membantu memenuhi selera dan keinginan konsumen sepenuhnya.
  • Lisensi bisnis adalah salah satu cara untuk membantu mendapatkan royalty atas produk yang dipatenkan. Sehingga apabila menjalankan bisnis semacam franchise, maka lisensi inilah yang mewajibkan para agen untuk memberikan sejumlah komisi sesuai kesepakatan.

Mengurus ijin perusahaan merupakan hal yang sangat penting, termasuk mendapatkan keuntungan lisensi bisnis memang merupakan poin yang sebaiknya tidak dilewatkan begitu saja. Sehingga sebaiknya segera lakukan pengurusan ijin dan lisensi bisnis perusahaan Anda untuk mencegah resiko dalam bisnis yang berlarut-larut. Sama halnya dalam memantau keuangan perusahaan, usahakan untuk selalu memastikan pengeluaran perusahaan sesuai dengan kebutuhannya dan ada bukti yang resmi. Sehingga nantinya kecurangan terhadap keuangan perusahaan bisa dihindari semaksimal mungkin. Oleh sebab itu gunakan saja sistem yang lebih praktis dan efisien. Misalnya melalui penggunaan JojoExpense.

Bersama program yang satu ini maka keuangan perusahaan akan lebih terkontrol dan tidak mudah terjadi kesalahan dalam perhitungan dan pencatatan keuangan. Selain itu sistem yang ekonomis dan praktis membantu tim perusahaan dalam hal pengontrolan secara efektif. Kecurangan keuangan bisa dihindari dan keuangan perusahaan bisa jauh lebih sehat. Dimana umumnya hal ini bisa tercapai maksimal berkat beberapa fitur penting yang terdapat pada JojoExpense berikut ini:

  • Mobile Approval
  • Capture Expenses
  • Budget Controlling
  • Reimburse via App & Web
  • Cash Advanced

Serta masih banyak lagi fitur lain yang mendukung perusahaan sepenuhnya dalam memiliki keuangan yang tercatat optimal dan bersih dari penipuan. Oleh sebab itu sebaiknya segera saja beralih pada program yang diberikan oleh JojoExpense. Dapatkan segera coba gratis pada perusahaan Anda untuk bisa memastikan bahwa keuntungan yang didapatkan perusahaan jauh lebih maksimal. Bersama dengan program ini, dijamin keuangan perusahaan lebih sehat dan terkontrol maksimal.