Keuntungan Paperless Bagi Budgeting Perusahaan

keuntungan paperless

Berbagai perusahaan sudah sangat lama mengetahui keuntungan paperless. Didukung dengan perkembangan zaman metode pendokumentasian berbagai berkas penting bisa dilakukan tanpa kertas. Paperless sangat berhubungan erat dengan e-bussiness.

Tren penggunaan paperless sebenarnya sudah mulai berkembang mulai dari munculnya internet dan komputer. Sebelum masa itu pengusaha cenderung menjadikan kertas sebagai medium pemberkasan berbagai dokumen penting. Tentu saja penggunaan kertas berdampak kepada alam mengingat bahan dasarnya sendiri adalah pohon.

Semakin berkembang dan majunya perindustrian banyak perusahaan yang mulai beralih menggunakan keuntungan paperless. Apalagi dengan semakin digembor-gemborkannya kampanye global warming atau pemanasan global akibat berkurangnya pohon.

Kertas Dan Pohon

Sebelum era revolusi industri perusahaan banyak menggunakan kertas dalam berbagai hal. Walaupun sampai sekarang masih digunakan tapi intensitasnya tidak seperti dahulu. Masyarakat modern sudah mengerti dengan keuntungan paperless bagi kehidupan mereka.

Nilai utama keuntungan yang bisa didapat dari paperless adalah ramah lingkungan. Tentu saja dengan berkurangnya penggunaan kertas maka penebangan pohonpun bisa dikurangi. Dahulu karena tergantungnya industri kepada kertas banyak beberapa lokasi hutan yang mengalami penggunduluan.

Akibatnya tempat yang hutannya mengalami penggundulan entah secara legal ataupun illegal harus terus terkena bencana alam banjir. keuntungan paperless bagi perusahaan juga sangat jelas. Dengan berkurangnya kebutuhan akan kertas perusahaan bisa mendapatkan keuntungan berlimpah.

Kertas yang harus dibeli karena kebutuhan pemberkasan bisa ditekan ketika menggunakan paperless. Ini adalah sebuah alternatif untuk mengurangi biaya yang perlu dikeluarkan oleh perusahaan dalam hal kesehariannya.

Perlahan tapi pasti eksistensi kertas mulai tidak dibutuhkan lagi dalam kehidupan manusia. Hanya industri makanan dan retail yang masih cukup berpegang keras terhadap kertas. Ini merupakan langkah baik mengingat semakin buruknya kondisi dari bumi.

Berkembangnya perangkat lunak yang bisa membantu perusahaan dalam berbagai hal sangat mendukung adanya keuntungan paperless. Penggunaan perangkat lunak ini dinilai sebagai penyebab utamanya kertas mulai tidak digunakan lagi oleh beberapa perusahaan.

Mungkin dizaman dahulu bagi karyawan yang berkerja di kantor sudah terbiasa melihat tumpukan dokumen penting. Bukan saja menyulitkan ketika hendak mencari file yang diinginkan. Penggunaan kertas juga menyita tempat dan tenaga ketika dibutuhkan.

Fleksibilitas adalah nilai utama dari keuntungan paperless. Dengan kapasitas penyimpanan di internet yang sangat besar memungkinkan berkas penting perusahaan tersimpan aman. ATK yang dahulu sangat dibutuhkan oleh perusahaan sekarang hanya menjadi alat pendukung saja.

Paperless Metode Terbaik Untuk Perusahaan

Pada era digital seperti sekarang ini penggunaan kertas untuk menyimpan berkas penting sudah tidak diminati lagi. Apalagi sangat banyak kebutuhan yang diperlukan ketika menyimpan file didalam kertas. Seperti harus adanya pulpen ataupun pensil dan untuk mengoreksinya harus menggunakan tipe-x.

Kebutuhan pengeluaran perusahaan akan semakin besar ketika menggunakan metode konvensional. keuntungan paperless akan mengunggului dari segi finansial dan juga efisiensi pada perusahaan. Industri sudah tidak memiliki banyak pilihan lagi terkait paperless. Karena perkembangan zaman yang semakin cepat menuntut mereka untuk segera menerapkannya.

Para konsumen dan masyarakat yang semakin sadar dengan lingkungan hidup. Sering kali melakukan kampanye terkait keuntungan paperless bagi perusahaan. Tentu saja jika perusahaan menerapkan konsep ini akan mendapatkan perhatian khusus dari masyarakat.

Belum Bisa Lepas Sepenuhnya Dari Kertas

Karena sejarah yang sangat panjang penggunaan kertas belum bisa lepas sepenuhnya dari kehidupan manusia dan industri. Walaupun banyak perusahaan dan institusi pemerintahan sudah menggunakan keuntungan paperless. Berbagai perusahaan masih menggunakan kertas untuk menunjang pemberkasan mereka.

Kertas dahulu digunakan hampir diseluruh kegiatan perusahaan. Tapi dengan perkembangan era digital ini kertas hanya digunakan untuk keperluan yang benar-benar penting. Seperti saat perusahaan akan menjalin kerjasama ataupun ketika mengirimkan sebuah proposal.

Masih banyaknya penggunaan kertas dibandingkan dengan keuntungan paperless. Adalah karena edukasi di institusi pendidikan masih menggunakan kertas. Inilah penyebab utama belum bisa digunakannya paperless secara penuh.

Penggunaan paperless juga harus didukung dengan perangkat keras maupun lunak yang memadai. Resiko dari kehilangan data ketika menggunakan keuntungan paperless. Membuat perusahaan tetap memilih pemberkasan melalui kertas. Walaupun dengan kertas tingkat kehilangan dokumennya masih lebih tinggi karena daya tahan kertas yang sangat rapuh.

Edukasi masyarakat tentang keuntungan paperless juga belum begitu merata. Sebagian malah belum mengerti benar dengan manfaat yang didapatkan dari paperless. Terlepas dari pro dan kontra paperless memberikan dampak perubahan yang begitu signifikan kepada dunia industri.

Bahkan paperless mampu mengefisiensikan budgeting yang dikeluarkan oleh perusahaan. Dengan keuntungan inilah banyak perusahaan yang melirik penggunaan metode paperless untuk kepentingan kantornya. Berbagai upaya juga telah dilakukan untuk mengaplikasikan paperless bagi setiap kegiatan perusahaan.

Paperless Dan Promosi Digital

Cara promosi yang jadul adalah dengan penggunaan kertas untuk membuat selembaran. Promosi yang masih menggunakan kertas dinilai tidak maksimal lagi. Karena waktu konsumen lebih lama dihabiskan untuk menikmati media sosial.

Maka dari itu keuntungan paperless lainnya adalah dalam segi mempromosikan. Promosi perusahaan yang menggunakan paperless melalui media sosial. Ternyata mampu lebih banyak menarik minat konsumen dibandingkan secara konvensional.

Pergerakan dari penggunaan kertas juga sangat lambat. Saat pertukaran berkas didalam perusahaan kertas tersebut harus dibawa untuk dibaca. Sedangkan jika perusahaan telah menggunakan metode paperless cukup mengirimkan filenya saja melewati email ataupun flash disk.

Bahkan berkas penting tersebut bisa langsung dipersentasekan melalui powerpoint tanpa ribet. keuntungan paperless yang terbesar adalah meringankan pekerjaan kantor. Sebab untuk mencari berkas kertas pegawai bisa memakan waktu lama. Sedangkan jika telah menggunakan paperless berkas tersebut bisa ditemui dengan mudah.

Bagaimanapun dengan perkembangan zaman yang semakin pesat setiap kebutuhan pencatatan dalam perusahaan akan berubah secara perlahan. Ini ditandai dengan  kemunculan perangkat lunak yang semakin merajalela dalam berbagai segi kebutuhan perusahan.

keuntungan paperlessJojoExpense Mempermudah Dengan Paperless

Perangkat lunak seperti JojoExpense yang menggunakan keuntungan paperless dapat anda manfaatkan. Penggunaan paperless untuk berbagai pencatatan keuangan perusahaan bisa dihapuskan. Selain itu banyak budget yang bisa dikurangi semenjak penggunaan perangkat lunak ini.

Setiap aliran dana yang telah tersimpan didalam penyimpanan cloud. Bisa anda teliti lebih dalam ketika menggunakan JojoExpense. Tidak perlu lagi ribet saat mencar berkas yang diperlukan ketika menggunakan JojoExpense.

Perangkat lunak ini juga memungkinkan untuk anda melakukan monitoring secara jarak jauh asalkan terkoneksi internet. Jadi jika ada urusan mendesak terkait keuangan cukup gunakan JojoExpense dan anda sudah bisa menyelsaikannya saat itu juga.

Rubah perusahaan anda dengan memanfaatkan keuntungan paperless dalam JojoExpense sekarang juga. Nikmati versi demo dari perangkat lunak ini secara free. Cukup masuk ke situs resmi Jojonomic dan download langsung perangkat lunak versi demonya.

Kemudahan yang ditawarkan oleh JojoExpense bisa didapatkan dengan gratis saat menerapkan versi demo dari perangkat lunak ini.