Kisah Sukses Pengusaha Muda Indonesia yang Menginspirasi

Karakteristik wirausaha

Oke, kali ini kita akan bahas mengenai kisah sukses para pengusaha. Khususnya pengusaha local kita loh. Kita  akan bahas latar belakang mereka, kita kupas habis. Simak yuk artikel dibawah ini!

Pengusaha Sukses #1: William Tanuwijaya – Tokopedia

sumber: dakonan.com

William Tanuwijaya dilahirkan pada tanggal 11 November 1981. Setelah tamat SMA, beliau merantau ke ibukota untuk melanjutkan pendidikan.

William Tanuwijaya kemudian mengambil pendidikan di Universitas Bina Nusantara (Binus), jurusan Teknik Informatika.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

William kemudian bekerja sampingan sebagai penjaga warnet, dimana beliau kemudian memperoleh tambahan penghasilan dan internet gratis. Dari sinilah William pertama kali mengenal internet lebih dalam.

Kisah suksesnya berlanjut saat beliau bekerja di beberapa perusahaan software developer dan game developer, bahkan di perusahaan jual beli online KafeGaul.

Dengan pengetahuan dan pengalaman yang telah diperolehnya, William mengajak salah satu rekannya bernama Leontinus Alpha Edison, merintis Tokopedia.com pada tanggal 6 Februari 2009 yang kemudian rilis pada 17 Agustus 2009.

Tanpa memakan waktu lama, Tokopedia mendapatkan suntikan investasi pada tahun pertamanya dan dinobatkan sebagai startup e-commerce terbaik di Indonesia oleh Bubu Awards.

Kini, Tokopedia menjadi satu platform terbesar yang menghubungkan penjual dan pembeli dengan proses jual beli yang aman, nyaman dan praktis.

Pengusaha Sukses #2: Achmad Zaky – BukaLapak

sumber: jagoanhosting.com

Achmad Zaky lahir pada 24 Agustus 1986 di kota Sragen, Indonesia. Beliau adalah lulusan teknik informatika dari Institut Teknologi Bandung pada tahun 2004.

Ketertarikannya dengan dunia informatika tampak sejak bangku SD, dan terbukti dari kemenangannya di berbagai kejuaraan dan olimpiade selama mengenyam pendidikan.

Setelah lulus dari ITB, Achmad Zaky mendirikan perusahaan jasa konsultasi teknologi bernama Suitmedia. Zaky membuat sebuah website yang menjadi proyek internal perusahaan. Proyek tersebutlah yang menjadi asal kesuksesan Achmad Zaky pendiri bukalapak.com.

Setelah menyelesaikan pengembangan Bukalapak.com yang diselesaikan hanya dalam kurun waktu dua bulan, Achmad Zaky mengajak para pedagang mall dan UMKM untuk bergabung di Bukalapak.com.

Tak disangka ajakan ini memperoleh respon sangat positif, dan menjadikan Bukalapak.com tenar dalam sekejap.

Seiring dengan pertumbuhan yang sangat pesat, pendanaan dari investor kerap berdatangan.

Beberapa investor yang tertarik mendanai bukalapak.com antara lain adalah 500 Startups, Batavia Incubator, IMJ Investment, dan juga Elang Mahkota Teknologi Tbk (EMTEK Group).

Pengusaha Sukses #3: Ferry Unardi – Traveloka

sumber: phinemo.com

Pendiri Traveloka Ferry Unardi, lahir pada 16 Januari 1988 di kota Padang.

Setelah menyelesaikan pendidikan di sekolah menengah, Ferry memutuskan untuk melanjutkan pendidikan tinggi di Purdue University jurusan Computer Science and Engineering.

Setelah menyelesaikan pendidikan S1, beliau memutuskan untuk bekerja di Microsoft, Seattle. Dengan tingkat persaingan yang tinggi, Ferry menilai bahwa kariernya di Microsoft akan sulit naik.

Beliau kemudian memutuskan untuk berhenti bekerja dan melanjutkan studinya.

Sambil menjalani studi di Harvard University, Ferry Unardi tertarik untuk mengembangkan perusahaan rintisan (startup). Beliau memilih bidang mesin pencari tiket pesawat.

Karena ide inilah, lahir Traveloka, startup di bidang reservasi tiket yang tergolong baru dan langsung menarik perhatian para investor.

Sejauh ini, Traveloka sudah mendapatkan pendanaan dari beberapa perusahaan modal ventura (venture capital).

Pendanaan pertama berasal dari East Ventures pada tahun 2012 dan Global Founders Capital pada tahun 2013.

Pengusaha Sukses #4: Nadiem Makarim – Gojek

transonlinewatch.com

Dibalik kesuksesan GoJek, ternyata ada sosok pendiri yang bernama Nadiem Makarim yang lahir pada 4 Juli 1984.

Beliau sempat menjalani pendidikan SMA di Singapura, pendidikan sarjana di International Relations di Brown University Amerika Serikat, serta pendidikan master di Harvard Business School.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Dengan latar pendidikan yang luar biasa, beliau kemudian bekerja di sebuah perusahaan konsultan Mckinsey & Company, Managing Editor di Zalora Indonesia, terakhir sebagai Chief Innovation officer di Kartuku.

Namun tidak puas sampai disana, Nadiem mendirikan PT GoJek Indonesia, penyedia jasa transportasi ojek di Indonesia yang berkembang pesat setelah aplikasi ponselnya diluncurkan pada awal 2015.

Awal mula berdirinya GoJek adalah ide Nadiem yang melihat permasalahan utama pengendara ojek, yaitu tidak produktifnya tukang ojek karena kerap mangkal menunggu penumpang.

Hal ini terjadi karena adanya giliran dalam melayani penumpang.

Dari situlah Nadiem menghasilkan inovasi yang mampu menghubungkan penumpang dan pengendara ojek sehingga bisa menerima order kapan saja dimana saja tanpa harus mangkal.

Saat ini, GoJek telah membuktikan prestasi yang luar biasa, setidaknya ada lebih 10 ribu supir ojek yang tergabung dalam GoJek.

Salah satu sumber peningkatan yang drastis karena adanya aplikasi berbasiskan Android.

Harapan Nadiem Makarim pendiri GoJek adalah, perusahaannya PT GoJek Indonesia dapat terus membantu serta melayani seluruh masyarakat Indonesia dimanapun mereka berada.

Pengusaha Sukses #5: Hendy Setiono – Baba Rafi

sumber: koreksiana.blogspot.com

Kebab Baba Rafi didirikan sejak tahun 2007 dan berpusat di Jakarta, dengan jumlah outlet yang semula hanya 2 kini telah berkembang mencapai 1.200 outlet di seluruh dunia.

Hendy Setiono, pria asal Surabaya tersebut memperoleh ide kuliner ala timur tengah ini saat tengah berkunjung ke Qatar. Dia melihat banyaknya kedai kebab disana, dan berpikir bahwa kuliner tersebut memiliki potensi besar untuk berkembang di Indonesia.

Untuk merealisasikannya, dia bekerja sama dengan Hasan Baraja untuk mengembangkan usaha kuliner itu dengan modal awal sebesar Rp4.000.000 saja.

Setelah berjalan selama 14 tahun, kini Baba Rafi sudah mengembangkan sayapnya hingga ke luar negeri, seperti Malaysia, Filipina, China, dan Sri Lanka. Hendy mengungkapkan bahwa dia masih ingin memperluas usahanya ke berbagai negara lainnya di seluruh dunia.

Perkembangan Kebab Baba Rafi tidak berhenti sampai disitu, terbukti dari terbentuknya perluasan bisnis Hendy Setiono, yaitu Babarafi-online.com.

Babarafi-online.com merupakan bagian dari PT Baba Rafi Indonesia yang bergumul dalam bisnis Kebab Turki Baba Rafi.

Dengan perluasan ini, kini muncul peluang bisnis waralaba Baba Rafi yang terbuka bagi para calon pebisnis yang ingin memulai usahanya.

Dengan demikian, Hendy Setiono sudah menjadi salah satu pelopor waralaba asal Indonesia yang sukses mendunia.

Pengusaha Sukses #6: Jason Lamuda – Berrybenka.com

halosis.asia

Menjadi seorang pebisnis di bidang digital, sejumlah tantangan besar akan selalu menghampiri setiap saat.

Berbagai kendala sangat mungkin dialami oleh para pebisnis startup, terutama mereka yang memiliki tingkat persaingan yang sangat tinggi.

Hal serupa juga dialami oleh Jason Lamuda, yang sukses menjalankan bisnisnya hingga dapat bertahan dan berkembang dengan pesat seperti sekarang ini.

Jason Lamuda, Pria yang menyelesaikan gelar master di Columbia University untuk jurusan Financial Engineering ini, justru mengawali karirnya di McKinsey & Company sejak bulan Agustus 2008.

Bekerja sebagai Business Analyst selama 2 tahun, Jason akhirnya keluar dari McKinsey & Company dan memutuskan untuk memulai bisnisnya di bidang digital.

Jason menunjukkan kepiawaiannya dalam membangun sebuah bisnis digital dengan mendirikan Berrybenka dan meniti kesuksesannya di dunia bisnis. Tidak perlu waktu yang lama, Berrybenka berkembang dengan sangat pesat dan mengalami pertumbuhan bisnis yang luar biasa.

Jason kemudian memperluas jangkauan pasar Berrybenka dengan cara menyediakan beragam kategori produk yang lebih variatif, seperti: make-up, kecantikan, dan bahkan beberapa apparel olahraga.

Hal ini tentu akan menjadi sebuah nilai jual Berrybenka di tengah-tengah ketatnya persaingan di antara bisnis online yang berkembang di Indonesia.

Jason Lamuda mengungkapkan bahwa dirinya akan terus memperluas sektor bisnis Berrybenka, dan mengincar sektor fashion pria untuk pengembangan ke depannya.

Trik jitu menjalankan bisnis berdasarkan kisah sukses pengusaha

Kamu pasti setuju jika mendirikan bisnis atau usaha sendiri bisa menjadi suatu kebanggaan tersendiri. Bukan hanya mampu mengelola keuangan dan mendapatkan keuntungan lebih besar, tapi para pengusaha yang sukses bisa memiliki kepuasan tersendiri karena bisa membantu orang lain mendapatkan pekerjaan darinya.

Namun benarkah, semua hal yang dibayangkan tentang menjadi pengusaha sukses semacam ini adalah sesuatu yang menyenangkan saja? Ternyata tidak lho! Sebagai pengusaha yang menjalankan bisnis tertentu, seseorang bakal dihadapkan dengan sejumlah permasalahan dan rintangan. Dengan begitu, usaha tersebut bisa dikatakan berhasil dan senantiasa bertahan seperti halnya kisah sukses pengusaha yang telah dijabarkan di atas.

Jangankan untuk sukses, seorang pengusaha pastinya juga harus melakukan sesuatu yang luar biasa hanya untuk bertahan di tengah ketatnya persaingan. Apalagi di tengah kondisi perekonomian saat ini yang tak lepas dari berbagai kesulitan, seorang pengusaha dipaksa memiliki kekuatan dan mentah luar biasa untuk menjadikan bisnisnya tetap bertahan.

Jika kamu telah memantapkan diri sebagai seorang pengusaha yang memang ingin mempertahankan bisnis, maka kamu harus mampu menerapkan beberapa langkah layaknya kisah sukses pengusaha di atas.

Pengusaha sukses itu selalu tekun dan bekerja keras

Kalimat tersebut mungkin terdengar sederhana, tapi ketahuilah untuk bisa tekun dalam menjalankan suatu bisnis sebenarnya tidak semudah yang dibayangkan. Kamu membutuhkan kerja keras dan konsistensi luar biasa supaya tidak jadi pribadi yang mudah menyerah ketika menemui tantangan atau hambatan dalam menjalankan usaha tersebut.

Berani mengambil risiko yang menghadang

Seorang pengusaha harus berani mengambil risiko untuk mendapatkan hal-hal baru di dalam hidupnya. Mengambil berbagai keputusan yang disertai pertimbangan risiko terkecil dari pilihan tersebut merupakan hal yang patut dibiasakan untuk menjadi seorang pengusaha sukses.

Pengusaha sukses harus tampil percaya diri

Setiap calon pengusaha sukses bisa dilihat dari gestur tubuhnya ketika memperkenalkan diri pertama kali. Pasalnya, para pengusaha sukses sangat percaya diri dan kemampuan ini pula yang bisa meningkatkan intuisi dalam hal kebijakan pengambilan keputusan.

Percaya pada kemampuan diri sendiri juga bisa menghilangkan berbagai rasa ketidakpastian yang kerap jadi ketakutan pengusaha di awal perjalanannya. Ingat, kamu harus yakin dengan segala kemampuan, pengalaman, dan juga ilmu yang kamu miliki.

Tidak lelah berinovasi

Langkah selanjutnya untuk menjadi seorang pengusaha sukses adalah tetap berinovasi. Ketahuilah, inovasi adalah suatu cara yang bisa membuat sesuatu yang tampak usang menjadi lebih bernilai. Ide atau produk yang telah lama beredar bisa saja membuat pasar jadi jenuh.

Jika ingin membuat kondisi pasar kembali bergairah, maka kamu harus berani berinovasi dalam mengkreasikan produk lama. Jika kamu tidak mau berinovasi, bisa dipastikan penjualan yang kamu lakukan akan semakin menurun.

Dunia bisnis memang cenderung bergerak secara dinamis dan menciptakan berbagai perubahan. Coba bayangkan, jika dulu sebuah ponsel monokrom dan monophonic sudah bisa membuat setiap orang berbahagia, maka lihatlah sekarang. Dunia bisnis ponsel telah diubah oleh teknologi menjadi produk smartphone yang memiliki lebih banyak keunggulan.

Oleh sebab itu, jika kamu berniat melakukan inovasi apapun, maka kamu harus memantapkan hati untuk bersungguh-sungguh saat melakukannya. Bahkan, tak ada salahnya jika kamu membentuk sebuah tim kreatif yang berpengalaman dengan sumber daya waktu dan dana untuk menghasilkannya.

Bukan hanya itu saja, kamu sebagai pemimpin bisnis tersebut juga harus sering melakukan pengamatan dan survei pasar ataupun bereksperimen dengan hal-hal baru. Dengan demikian, inovasi yang kamu lakukan selalu mengikuti tren yang ada saat ini.

Tidak cepat merasa puas

Tak sedikit pengusaha yang merasa dirinya puas dengan apa yang telah didapatkan. Tahukah kamu, sikap semacam ini sangat tidak bagus untuk diri dan bisnis yang sedang dilakoni. Sebab, pemimpin bisnis yang terlalu cepat puas justru akan membuat bisnis tersebut berhenti dan tidak akan berkembang.

Oleh sebab itu, rasa cepat puas ini harus segera dilenyapkan dari dalam diri seorang pemimpin bisnis supaya perkembangan dan pertumbuhan bisnis tidak ada batasnya. Dijamin, kamu bisa mengembangkan bisnis bahkan melampaui ekspektasi kamu sendiri jika memiliki prinsip semacam ini.

Demi mendapatkan sebuah rasa yang selalu haus akan sebuah pencapaian, kamu harus berani menantang diri sendiri. Misalnya, jika target pertama telah berhasil dilakukan, maka jangan ragu untuk mencoba target selanjutnya yang lebih besar. Inilah yang disebut sebagai mental dan ambisi seorang pengusaha sukses. Tanpa keberanian ini, lebih baik kamu berhenti dan jangan pernah berpikir untuk berbisnis apapun.

Memperluas jaringan bisnis

Seorang pengusaha tanpa jaringan atau yang sering dikenal dengan istilah networking bagaikan mayat hidup dalam dunia bisnis. Pasalnya, sehebat apapun kamu sebagai seorang pebisnis, kamu pasti membutuhkan orang lain untuk menjadikan bisnis tersebut berkembang.

Jaringan seperti ini bisa sangat membantu kamu untuk menjadikan bisnis tetap sukses dan bertahan lama. Semakin banyak jaringan atau koneksi yang kamu miliki, maka semakin besar pula peluang kamu untuk membuat bisnis tersebut eksis atau bahkan berkembang lebih pesat.

Oleh sebab itu, jangan pernah lelah untuk mengenal berbagai macam orang dari kalangan apapun untuk melebarkan sayap bisnis yang kamu lakoni. Bila perlu, bergabunglah dengan komunitas atau perkumpulan para pebisnis yang ada di kota kamu. Selain itu, ingatlah bahwa seorang pengusaha bukan seorang pemimpin di sebuah perusahaan saja.

Di sisi lain, para pebisnis juga merangkap sebagai seorang public relations sekaligus tenaga marketing. Jadi pastikan, kamu bakal selalu memperluas jaringan demi mengembangkan bisnis tersebut.

Menambah wawasan

Untuk menjadikan diri kamu sebagai seorang pengusaha sukses dan eksis layaknya kisah sukses pengusaha yang telah dijabarkan sebelumnya, kamu tak perlu malu untuk menggali ilmu dari senior atau bahkan junior dan bawahan kamu. Melalui ilmu dan wawasan yang semakin banyak, kamu bisa mengaplikasikan ilmu tersebut untuk mempertahankan bisnis dari segala bentuk persaingan yang ketat.

Meningkatkan pelayanan

Tak bisa dipungkiri jika pelayanan ataupun service kepada pelanggan adalah suatu hal yang sangat penting. Sebab, melalui pelayanan yang baik, bisa dikatakan pelanggan akan merasa puas. Dan jika pelanggan terpuaskan, bisa dipastikan mereka akan senang dan terus berlangganan. Dengan begitu, kamu bisa lebih mudah menjadikan bisnis tersebut tetap berjalan dan bertahan di antara himpitan persaingan dan ekonomi yang serta tak menentu.

Jangan lupa juga untuk meminta saran ataupun kritik membangun dari para pelanggan tersebut. Tindakan ini merupakan trik paling mudah untuk mengakomodasi pelanggan supaya kamu bisa memperbaiki dan menyesuaikan pelayanan terhadap mereka.

Waspada terhadap segala bentuk ancaman bisnis

Langkah terakhir yang bisa menjadikan kamu seorang pengusaha sukses adalah tetap waspada dan selalu sigap dengan segala ancaman yang mungkin datang menerpa bisnis tersebut. saat ini orang bisa melakukan apapun untuk mengancam orang lain dalam hal bisnis.

Bukan hanya dari kompetitor saja, tapi sejumlah rekan bisnis atau bahkan mantan karyawan pun bisa menciptakan suatu ancaman kepada bisnis yang kamu jalankan. Ketahuilah, sebagian besar pengusaha terlalu lengah terhadap ancaman semacam ini sehingga tak heran jika mereka bisa tiba-tiba mengalami kerugian yang tidak sedikit.

Nah, setelah membaca cerita inspiratif  pengusaha sukses dari Indonesia, apakah kalian tertarik menjadi pengusaha sukses juga? Pastinya dong ya. Kalau begitu diantara 5 pengusaha sukses diatas siapa yang ingin kamu tiru? Kalau ingin menjadi pengusaha dan membuat perusahaan bisa loh coba produk software HR kita.

Software HR kita adalah yang terbaik di Indonesia. Jojonomic menyediakan salah satu produk yaitu JojoPayroll. Dimana JojoPayroll ini adalah penggajian online yang sistemnya sudah terintegrasi dengan PPH21, BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan. Jadi, HRD sudah tidak perlu lagi menghitung secara manual menggunakan excel untuk menghitung gaji. Oiya, kalau mau mencoba demo gratisnya bisa klik link ini ya JojoPayroll.