Mengenal Tentang Konsultan Perpajakan

Tahukah kamu apa itu konsultan pajak? Untuk sebagian orang yang memiliki kesibukan yang sangat tinggi, berbagai urusan terkait dengan administrasi dan perpajakan adalah sebuah tantangan tersendiri. Hal seperti ini biasanya dirasakan para pebisnis ataupun pekerja yang tidak familiar dengan berbagai urusan tersebut. Pajak memiliki sejumlah ketentuan yang terbilang rumit, dimana sebagian besar orang justru tidak familiar. Meskipun begitu, bukan berarti seseorang bisa mengabaikan kewajiban pajaknya. Secara tegas, hal ini diatur dalam aturan perpajakan bahwa tidak ada seorang pun yang bebas dari kewajiban pajak. Bagaimana jika kita tidak memiliki pemahaman dan kemampuan dalam menghitung kewajiban pajak?

Untuk membantu menjawab pertanyaan tersebut, berikut artikel mengenai konsultan pajak yang bisa membantu kamu memperoleh pemahaman dasar mengenai profesi ini dan untuk memutuskan penting atau tidaknya profesi ini. 

Apa itu Konsultan Pajak?

Konsultan pajak adalah orang yang memberikan jasa konsultasi perpajakan kepada wajib pajak dalam rangka melaksanakan hak dan memenuhi kewajiban perpajakannya sesuai dengan peraturan perundang-undangan perpajakan. Artinya, konsultan pajak adalah orang yang bertugas membantu wajib pajak mengurus segala hal yang berhubungan dengan pajak. Dengan begitu, pihak yang menggunakan jasa tersebut dapat melaksanakan kewajiban perpajakannya dengan baik.

Syarat Menjadi Konsultan Pajak

Jika kamu tertarik untuk menjadi konsultan pajak, kamu harus memenuhi seluruh persyaratannya. Ketika seseorang ingin berkarier di profesi ini, maka seseorang harus memiliki izin praktik dan sertifikat terlebih dahulu. Berikut kita simak informasi syarat menjadi profesi ini:

  • Warga negara Indonesia
  • Bertempat tinggal di Indonesia
  • Memiliki serendah-rendahnya ijazah Strata Satu atau sederajat
  • Tidak terkait dengan pekerjaan atau jabatan pada Pemerintah/Negara atau Badan Usaha Milik Negara/Daerah
  • Memiliki NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak)
  • Memiliki Sertifikat Konsultan Pajak
  • Bersedia menjadi anggota IKPI (Ikatan Konsultan Pajak Indonesia) dan patuh pada Kode Etik Ikatan Konsultan Pajak
  • Batas usia maksimal menjadi Konsultan Pajak adalah umur 70 tahun.

Apa yang dimaksud dengan Sertifikat Konsultan Pajak?

Ketika seseorang ingin menjadi konsultan pajak, maka seseorang harus memiliki izin praktik dan sertifikat terlebih dahulu. Izin praktik konsultan pajak tersebut diterbitkan langsung oleh Direktorat Jenderal Pajak.

Jadi, apa yang dimaksud dengan sertifikat konsultan pajak?

Sertifikat konsultan pajak adalah surat keterangan tingkat keahlian sebagai konsultan pajak. Sertifikat tersebut hanya bisa didapatkan melalui Ujian Sertifikasi Konsultan Pajak (USKP), kegiatan yang dilaksanakan untuk memperoleh sertifikat konsultan pajak.

USKP diikuti secara bertahap dari tingkat A, tingkat B dan tingkat C. Siapa saja yang dapat mengikuti USKP? Peserta ujian ini adalah orang perseorangan yang mendaftarkan diri ke Panitia Penyelenggara Sertifikasi Konsultan Pajak.

Jenis Layanan dan Jasa Konsultan Pajak

Di Indonesia, sudah banyak perusahaan yang menggunakan jasa konsultan pajak dalam rangka efisiensi perusahaan lho. Berikut ini layanan yang biasanya diberikan konsultan pajak pada para pengguna jasanya:

Jasa Kepatuhan Pajak

Konsultan pajak mengurusi hal-hal yang berhubungan dengan kepatuhan pajak kliennya seperti menghitung, membayar dan melaporkan pajak.

Jasa Perencanaan Pajak

Selanjutnya, konsultan pajak melakukan jasa perencanaan pajak yang bertujuan mengoptimalkan keuntungan klien.

Jasa Pemeriksaan Laporan Pajak

Ini adalah layanan untuk mengevaluasi data yang berhubungan dengan munculnya beban pajak yang merugikan perusahaan klien.

Jasa Pendampingan dalam Pemeriksaan

Konsultan pajak memiliki tanggung jawab dalam mewakili atau mendampingi klien saat pemeriksaan pajak. Hal ini dilakukan karena tidak sedikit klien yang kurang memahami permasalahan perpajakannya. Konsultan pajak juga ikut membantu menyiapkan data/dokumen yang dibutuhkan saat pemeriksaan.

Jasa Konsultasi

Kemudian, konsultan pajak menawarkan jasa konsultasi permasalahan perpajakan.

Jasa Restitusi Pajak

Bila klien membutuhkan pengembalian kelebihan pembayaran pajak (restitusi), konsultan pajak dapat membantu pelaksanaannya mulai dari persiapan data, penyampaian restitusi, pemeriksaan sampai proses akhir dari diterimanya pengembalian kelebihan pajak tersebut.

Jasa Penyelesaian Sengketa Pajak

Konsultan pajak dapat memberikan pelayanan penyelesaian sengketa pajak. Contohnya, jika klien berencana mengajukan keberatan pajak, banding, dan lain sebagainya.

Keuntungan Menggunakan Jasa Konsultan Pajak

Jika kamu ingin tahu apa saja keuntungan yang diperoleh wajib pajak saat menggunakan jasa konsultan pajak, berikut ini penjelasannya:

  • Lebih efisien karena tingkat kesalahan yang ada sangat kecil sehingga minim resiko untuk membayar lebih.
  • Perusahaan tidak terbebani dengan urusan administratif pajak pada saat membuat laporan berikut proses pelaporannya, karena hal tersebut sudah ditangani secara langsung oleh para ahli dari konsultan pajak.
  • Perusahaan lebih nyaman saat menjalani pemeriksaan pajak, karena didampingi oleh pihak konsultan yang memahami prosedur pemeriksaan serta mengantisipasi resiko kerugian akibat kesalahan dalam perhitungan.
  • Bisa mengatasi masalah dengan cepat dan tuntas, sehingga tidak menyita pikiran dan waktu pimpinan perusahaan.
  • Perusahaan dapat lebih fokus dalam pengembangan bisnis.
  • Pemilik dan manajemen perusahaan bisa beraktivitas seperti biasa, tanpa ada beban karena urusan pajak sudah ditangani oleh orang yang kompeten.
  • Perusahaan bisa melakukan perencanaan pajak atau tax planning.

Bagaimana Perhitungan Tarif Konsultan Pajak?

Jika berbicara mengenai layanan jasa, tidak lengkap rasanya kalau kita tidak membahas tarif yang dikenakan konsultan pajak. Pada dasarnya, tarif jasa konsultan ini akan dibedakan berdasarkan layanan yang digunakan klien. Sebagaimana jasa lainnya, setiap penyedia jasa yang resmi dan memiliki izin, serta kinerja yang baik, akan menerapkan sejumlah tarif yang lebih mahal dibandingkan dengan layanan jasa yang tak berizin. Tarif konsultan pajak dihitung berdasarkan dua cara, yaitu dengan menerapkan tarif per jam dan tarif flat untuk setiap urusan pajak yang diselesaikan. Besaran tarif ini tentu akan sangat berbeda-beda, tergantung pada kesepakatan antara kantor konsultan dengan klien yang bersangkutan.

Perlukah Menggunakan Jasa Konsultan Pajak?

Setelah mengetahui definisi, syarat dan keuntungan menggunakan jasa konsultan pajak, mungkin sebagian dari kamu masih merasa penasaran apakah penting menggunakan jasa konsultan pajak. Apalagi, jika biaya yang dikeluarkan untuk konsultan pajak tidaklah murah sehingga bisa saja membebani kas perusahaan.

Sebenarnya, keputusan yang diambil haruslah mempertimbangkan kebutuhan wajib pajak pengguna jasa konsultan pajak. Oleh karena itu, kamu harus memperkirakan kebutuhan dengan kemampuan finansial.

Selain itu, kamu juga bisa memeriksa terlebih dahulu sumber daya manusia di dalam perusahaan. Bisa jadi, sebenarnya kamu memiliki sumber daya yang cukup untuk mengurus sendiri kewajiban perpajakan kamu.

Nah, beberapa hal di atas bisa menjadi pertimbangan penting bagi suatu perusahaan untuk menjawab pertanyaan perlu tidaknya menggunakan jasa konsultan pajak. Dengan begitu, pilihan yang tepat pun bisa diambil oleh perusahaan sehingga semua hal yang berhubungan dengan pajak bisa teratasi dengan baik secara maksimal.

Dalam sebuah perusahaan, yang namanya perpajakan itu sangat kental dengan sistem penggajian. Tidak jarang ini menjadi bagian paling memusingkan dari segi keuangan di akhir bulan. Agar lebih mudah dan cepat, saatnya perusahaanmu beralih ke JojoPayroll. Terintegrasi dengan PPh 21, BPJS Ketenagakerjaan dan BPJS Kesehatan, aplikasi ini menjadi tempat all-in-one untuk semua kebutuhan penggajian karyawan. Terotomatisasi dengan penghitungan yang akurat, kini sudah tidak perlu lagi melakukan semuanya secara manual.