Butuh Dana Pinjaman untuk Bisnis? Kredit Tanpa Agunan Solusinya

kredit tanpa agunan

Apakah kalian mengenal istilah KTA? KTA lebih dikenal sebagai Kredit Tanpa Agunan. Biasanya KTA diberikan kepada nasabah bank yang membutuhkan dana pinjaman.

Pinjaman tersebut bisa digunakan untuk berbagai keperluan bagi para debitur yang pastinya telah memenuhi persyaratan yang telah ditentukan oleh pihak bank. Kredit ini bisa menjadi solusi bagi banyak kebutuhan kamu, terutama untuk keperluan usaha.

Dengan cicilan yang cukup ringan, biasanya KTS ini diberikan dalam jumlah yang lumayan besar yaitu mulai dari 5 juta hingga bisa mencapai ratusan juta tergantung ketentuan yang telah ditetapkan bank.

Namun, apakah kalian mengenal istilah Kredit Tanpa Agunan? Dalam artikel ini akan membahas tentang pengertian serta kelebihan pada KTA ini. Di baca yuk!

Apa Itu Kredit Tanpa Agunan?

Kredit Tanpa Agunan (KTA) adalah salah satu produk pinjaman yang memberikan fasilitas kredit tanpa membebankan calon nasabah untuk mempersiapkan suatu aset untuk dijadikan jaminan atas pinjaman tersebut.

Dengan begitu, tidak adanya jaminan yang harus diberikan darimu untuk menjamin pinjaman tersebut. Dalam hal ini bank hanya mengambil keputusan pemberian kredit berdasarkan pada riwayat kredit dari pemohon kredit secara pribadi.

Pada umumnya riwayat kredit dibangun pada saat kamu memiliki kartu kreditkredit motorkredit mobil atau KPR. Dalam penggunaannya, ada beberapa manfaat yang sering dimanfaatkan dari KTA.

Salah satunya adalah untuk kebutuhan konsumsi. Itu pun masih bersifat luas dan bermacam-macam. Dalam hal ini, kemampuan dari nasabah untuk melaksanakan kewajiban pembayaran kembali atau melunasi pinjaman adalah pengganti jaminan.

kredit tanpa agunan

Keunggulan dalam Kredit Tanpa Agunan

Dalam sebuah kredit pasti ada kelebihan dan kekurangannya, mari kita bahas kekurangannya terlebih dahulu berikut ini:

Syarat Lebih Mudah Dibanding Kredit Multiguna

Seperti yang sudah disebutkan, Kredit Tanpa Agunan diberikan tanpa ada syarat pengajuan agunan dari calon debitur kepada kreditur. Karena itu, hal ini sangat membantu kita yang belum mempunyai aset seperti rumah atau mobil.

Untuk masalah kelengkapan dokumen, bank biasanya hanya meminta fotokopi KTP, kartu keluarga, dan catatan pembayaran kartu kredit bulan terakhir, serta mengisi formulir.

Untuk mengisi formulir pun terkadang Anda tidak harus datang ke bank. Sebab beberapa bank sudah menyediakan formulir di website mereka, yang siap diunduh (download). Sangat praktis bukan?

Masa Pencairan Cepat, Bisa Kurang Dari 3 Hari

Salah satu keunggulan KTA adalah bisa digunakan untuk keperluan dana darurat atau kebutuhan lain yang sifatnya mendesak. Kenapa begitu? Karena bank tidak memerlukan agunan apa pun dari debitur, sehingga dana bisa cair dalam waktu 2-3 hari.

Tentu saja, hal itu bisa terjadi asalkan syarat-syarat yang dibutuhkan sudah terpenuhi. Bagi orang yang sedang membutuhkan pinjaman cepat, tentunya hal tersebut sangat membantu.

Hampir Tiap Bank Menawarkan Kredit Tanpa Agunan

Satu hal yang pasti, kamu tidak perlu bingung mencari produk KTA. Karena sekarang sudah ada banyak bank yang menyediakan jasa Kredit tanpa agunan. Beberapa bank bahkan sangat gencar dalam memasarkan produk ini mengingat pangsa pasarnya yang relatif tinggi.

Didalam kelebihan pasti mempunyai suatu kekurangan, dibawah ini akan membahas tentang kelemahan Kredit Tanpa Agunan. Dibaca yuk!

kredit tanpa agunan

Kelemahan Kredit Tanpa Agunan

Didalam kelebihan pasti mempunyai kekurangan, berikut ini adalah kekurangan dari kredit tanpa agunan:

Bunga KTA Relatif Tinggi

Salah satu kekurangan yang dimiliki Kredit Tanpa Agunan adalah bunganya yang tinggi. Salah satu penyebabnya karena produk ini tidak menyertakan jaminan sebagai salah satu syaratnya.

Sehingga hal itu membuat bunga yang dibebankan menjadi tinggi. Tentunya, hal ini akan sedikit memberatkan kamu ketika dalam proses pembayaran angsuran.

Harus Punya Kartu Kredit Lebih Dulu

Nah ini dia yang sering membuat orang-orang gagal mendapat Kredit Tanpa Agunan. Karena salah satu syarat yang diberikan oleh bank adalah kepemiikan kartu kredit selama 1 tahun.

Kalaupun tidak menggunakan kartu kredit, kamu diharuskan menjadi pengguna layanan payroll bank tersebut. Kebanyakan orang tidak mengetahui kekurangan ini. Meski persyaratan lainnya relatif mudah, namun hal ini mesti diingat karena sangat krusial dalam proses persetujuan.

Limit Kecil, Sehingga Masa Tenor Relatif Pendek

Ini dia kekurangan selanjutnya, bank umumnya hanya menawarkan produk kredit tanpa agunannya berkisar antara 3 juta dengan limit sampai Rp 200 juta.

Karena tidak sebesar limit Kredit Multiguna yang bisa disesuaikan dengan harga agunan. Pemberian limit KTA biasanya dilihat dari limit kartu kredit yang dimiliki calon debitur.

Nilai pinjaman kamu diperbolehkan mencapai antara dua hingga tiga kali dari nilai tersebut. Bank juga akan meminta persyaratan berupa NPWP untuk nasabah yang mengajukan pinjaman di atas 50 juta rupiah.

Karena limit yang kecil itu, masa tenor tersebut juga ikut dibuat pendek. Sehingga jumlah cicilan yang harus dibayar menjadi sedikit lebih besar.

Denda

Bila peminjam gagal membayar angsuran atau mengalami kredit macet bank akan mengirimkan penagih ke alamat yang bersangkutan dan bila upaya ini tak membawa hasil maka pihak bank akan mengajukan gugatan pidana.

Pada kondisi terakhir ini aset milik peminjam bisa disita serta masuk dalam blacklist pihak bank. Akibatnya di masa depan adalah peminjam bisa mengalami kesulitan untuk melakukan transaksi keuangan.

Ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk menghindari gagal bayar atau kredit macet dengan cara-cara berikut ini:

  1. Untuk mendapatkan angsuran yang seringan mungkin kamu bisa meminta jangka waktu yang paling pendek. Sehingga beban bunga yang harus kamu tanggung juga berjumlah lebih kecil.
  2. Saat mengajukan KTA cermati besaran biaya provisi atau administrasi. Pilihlah produk KTA yang memberikan potongan 0% untuk biaya administrasi agar jumlah pinjaman yang kamu ajukan tak berkurang.
  3. Asuransi bisa menjadi pilihan sebagai jaminan finansial bila terjadi hal yang tak diinginkan di masa depan. Asuransi akan menghindarkan anggota keluarga dari beban hutang peminjam KTA.
  4. Sebagai pengingat jangan lupa mencatat batas akhir pembayaran angsuran pinjaman. Perhatikan  pula nilai sanksi yang harus ditambahkan bila kamu telat mengangsur. Autodebet dari akun tabungan bisa menjadi pilihan, bila kamu seseorang yang tergolong pelupa.
  5. Upayakan agar total angsuran pinjaman tak mencapai lebih dari 30% gaji kamu, agar pinjaman tak terlalu membebani keuangan kamu.

Apa Saja Yang Bisa Dibiayai Oleh KTA?

Banyak hal yang dapat digunakan dalam kredit tanpa agunan yaitu sebagai berikut:

  • Biaya Merenovasi Rumah.
  • Biaya Pernikahan.
  • Biaya Pendidikan Pribadi/anak.
  • Biaya Pengobatan.
  • Pelunasan/Penutupan Credit Card.
  • Modal Usaha/Bisnis.
  • Kebutuhan finansial lainnya.

perseroan terbatasBagaimana Cara Kerja Kredit Tanpa Agunan (KTA)?

Setelah debitur mendapatkan pinjaman tanpa agunan dari institusi / lembaga keuangan (contoh bank), debitur diharuskan membayar cicilan pinjaman setiap bulan, sepanjang tenor yang disetujui.

Jumlah angsuran akan terhitung dari kalkulasi pembagian pokok pinjaman ditambah dengan bunga KTA. Keterlambatan membayar angsuran pinjaman akan dikenakan denda dari Bank.

Apabila debitur melunasi pinjaman lebih cepat dari tenor yang disetujui, maka penalti akan dikenakan kepada debitur. Jika debitur tidak mampu melunasi pinjaman tanpa jaminan, maka institusi keuangan berhak mengejar hingga menuntut debitur.

Persyaratan Aplikasi KTA dan Dokumen Yang Diperlukan

Pada umumnya persyaratan dasar dari aplikasi kredit tanpa agunan bank adalah sebagai berikut:

  • Warga Negara Indonesia
  • Berumur 21 hingga 60 tahun
  • Memiliki penghasilan / pendapatan bersih bulanan sesuai dengan ketentuan masing-masing pihak bank. Berlaku baik untuk karyawan, wiraswasta dan profesional.
  • Untuk warga negara asing, calon peminjam masih dapat melakukan aplikasi KTA selama menyediakan dokumen lengkap yang dibutuhkan dan memiliki penghasilan bulanan yang cukup. Sebagian Bank memiliki ketentuan daerah atau kota tertentu, dimana Bank hanya akan menerima aplikasi KTA di lokasi tertentu saja. Akan tetapi, ini tidak berlaku untuk bank-bank besar di Indonesia seperti Mandiri, BCA, Danamon, Citibank dan bank besar lainnya.
  • Sedangkan untuk persyaratan dokumen yang diperlukan untuk pengajuan KTA adalah:
  • Fotokopi KTP / Paspor / KITAS
  • Fotokopi Slip Gaji / SKP / SPT (untuk karyawan, profesional)
  • Fotokopi Rekening Tabungan 3 bulan terakhir (untuk Wirausaha)
  • Fotokopi NPWP*
  • Fotokopi Kartu Kredit*
  • Fotokopi SIUP/SITU & perizinan dan Akta Pendirian Perusahaan (Wiraswasta / Profesional

PayrollNah, Payroll juga merupakan istilah dari Kredit Tanpa Agunan. Jojonomic mengeluarkan fitur payroll yaitu JojoPayroll. Kelola penggajian bulanan perusahaan menjadi mudah dengan aplikasi otomatis JojoPayroll.

Semua perhitungan telah disesuaikan dengan Kebijakan Perburuhan Indonesia, di mana basis data karyawan dapat diintegrasikan dengan pajak pribadi, asuransi, tunjangan, dan reimbursementAyo! buruan coba tunggu apa lagi?