Kualitas Rekrutmen Sebagai Penentu Sumber Daya Dalam Perusahaan

kualitas rekrutmen

Kualitas rekrutmen menjadi hal yang penting dan perlu diperhatikan. Rekrutmen sendiri sebenarnya merupakan suatu tindakan yang dilakukan sebagai proses untuk menarik dan menyaring serta memilih orang yang sekiranya tepat dan sesuai dengan ketentuan perusahaan. Proses perekrutan yang dilakukan ini nantinya bertujuan untuk memberikan karyawan baru bagi suatu perusahaan. Tentu saja karyawan yang menjadi bagian dari suatu perusahaan nantinya diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi perusahaan. Oleh karena itu pemilihan karyawan disesuaikan pada kualifikasi yang diberikan oleh perusahaan.

Proses perekrutan pada dasarnya menjadi suatu hal yang tidak boleh dipandang remeh atau disepelekan. Sebab melalui adanya proses rekrutmen inilah maka tim HR bisa melakukan penyeleksian terhadap beberapa kandidat yang telah melama posisi kerja di suatu perusahaan. Jadi dalam melakukan penyeleksian dan penerimaan karyawan tentu haruslah diperhatikan berbagai macam hal. Misalnya memperhatikan apa yang menjadi kebutuhan dan keinginan perusahaan dalam rangka mencapai tujuan perusahaan.

Dengan adanya metode yang benar dalam melakukan proses perekrutan maka nantinya akan dihasilkan seperangkat karyawan yang akan berpartisipasi dalam beberapa hal. Hal tersebut antara lain meliputi proses seleksi dan proses penentuan kandidat sehingga bisa ditemukan karyawan yang memang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan perusahaan. Setiap hal atau tahap yang dilakukan dalam suatu proses rekrutmen tentu berperan penting dalam menciptakan SDM yang bersifat profesional.

Metode Kualitas Rekrutmen

Pada umumnya ada beberapa metode kualitas rekrutmen yang bisa dilakukan oleh tim sumber daya manusia perusahaan. Antara lain dengan menggunakan metode berikut ini.

1. Iklan

Hal paling umum yang dapat dilakukan oleh sebuah perusahaan dalam mencari tenaga karyawan baru adalah melalui adanya iklan lowongan kerja. Sebuah perusahaan mungkin saja bisa memasang iklan mengenai adanya lowongan kerja di media cetak seperti koran atau mungkin majalah. Atau mungkin cara yang paling modern di era digital seperti sekarang ini adalah memasang iklan lowongan kerja di beberapa media sosial. Misalnya saja seperti di Facebook atau Instagram atau mungkin di Twitter dan sebagainya. Pemanfaatan berbagai media yang ada rupanya bisa menjadi suatu pilihan yang bersifat efektif dalam hal memilih dan mencari karyawan perusahaan. Kualitas rekrutmen bisa terjadi dalam hal ini yaitu pada saat HR melakukan proses seleksi kandidat untuk mencari karyawan terbaik dan berkualitas untuk perusahaan.

2. Rekomendasi dari perusahaan internal

Beberapa perusahaan juga bisa saja menerapkan adanya sistem rekomendasi dalam mencari tenaga kerja baru. Rekomendasi ini bisa dilakukan oleh seluruh karyawan perusahaan. Mungkin saja seorang karyawan di perusahaan bisa merekomendasikan atau mengusulkan anggota keluarganya atau kerabatnya untuk bisa menjadi bagian dari tim tenaga kerja perusahaan. Atau mungkin seorang karyawan yang sedang bekerja di sebuah perusahaan bisa mengusulkan teman dan kenalannya yang sekiranya cocok untuk bekerja di tempatnya bekerja. Ada banyak orang di sekitar karyawan yang sekiranya bisa diusulkan atau direkomendasikan untuk turut bekerja di tempat yang sama. Dari rekomendasi inilah maka biasanya kualitas SDM bisa diketahui secara lebih dahulu sebelum dipekerjakan.

3. Agen penyedia tenaga kerja

Sebuah perusahaan yang sedang membutuhkan tenaga kerja atau karyawan bisa mencari karyawan baru dengan berbagai cara. Misalnya saja melalui sebuah agen tenaga kerja yang biasanya menyalurkan para tenaga kerja di berbagai macam perusahaan. Agen tenaga kerja biasanya menampung banyak pencari kerja dengan berbagai macam keahlian atau ketrampilan yang dimiliki oleh masing-masing orang. Jadi agen tenaga kerja akan menyalurkan pekerja yang sekiranya sesuai dengan kualifikasi yang diberikan oleh sebuah perusahaan. Biasanya agen tenaga kerja mencari dan memilih kandidat yang terbaik dan sesuai dengan kriteria yang diberikan oleh sebuah perusahaan. Setelah seorang tenaga kerja diajukan oleh agen maka selanjutnya tim HR akan melakukan bagiannya yaitu melakukan proses seleksi sebelum kandidat dipekerjakan di perusahaan.

4. Lembaga pendidikan

Pada beberapa kasus rupanya pencarian tenaga kerja oleh perusahaan dilakukan dengan cara mencari tenaga kerja secara langsung di sekolah atau perguruan tinggi. Biasanya perusahaan akan mencari karyawan di institusi pendidikan yang dinilai dapat memberikan lulusan terbaik dan berkualitas. Sampai dengan sekarang ini rupanya masih banyak perusahaan yang cenderung memilih karyawan dengan didasarkan pada lembaga pendidikan. Beberapa lembaga pendidikan mungkin dipercaya dapat menghasilkan tenaga kerja atau SDM yang berpotensial. Terkadang tenaga kerja yang diperoleh di lembaga pendidikan belum memiliki pengalaman kerja yang banyak. Namun tetap saja tenaga kerja yang belum berpengalaman ini dipercaya memiliki potensi sehingga nantinya bisa dikembangkan dengan baik.

Tujuan Kualitas Rekrutmen

Sudah jelas bahwa proses rekrutmen menjadi hal yang penting di dalam sebuah perusahaan. Sebenarnya tujuan utama dari adanya proses rekrutmen adalah untuk memenuhi kebutuhan perusahaan dalam hal pemenuhan Sumber Daya Manusia atau SDM. Melalui adanya proses rekrutmen ini maka diharapkan agar perusahaan dapat memenuhi segala harapannya terutama dalam hal mendapatkan tenaga kerja atau karyawan atau pegawai yang berkualitas tinggi.

Dalam hal ini kualitas rekrutmen diperlukan sehingga proses perekrutan ini bisa dilakukan dengan baik dan berhasil. Artinya proses rekrutmen ini bisa memberikan hasil berupa pemilihan karyawan yang berpotensial sehingga hal ini akan memberikan keuntungan bagi perusahaan. Oleh karena itu proses perekrutan karyawan tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Proses perekrutan sudah seharusnya dilakukan dengan berbagai langkah yang tepat sehingga upaya pencarian dan penyeleksian calon karyawan ini tidaklah sia-sia.

Dengan adanya cara atau metode yang tepat maka proses perekrutan pegawai diharapkan bisa memberikan hasil yang terbaik bagi perusahaan yaitu berupa tenaga kerja yang ahli dan terampil. Pada akhirnya melalui proses perekrutan inilah maka citra perusahaan bisa saja dinilai mengalami peningkatan sehingga pelamar lowongan kerja yang tidak berhasil dalam hal ini tetap berpandangan positif terhadap perusahaan. Dengan demikian maka proses rekrutmen bisa disebut memiliki kualitas yang baik sehingga bisa memberikan hasil terbaik untuk perusahaan.

Dalam mendapatkan kualitas rekrutmen yang baik, tentu perlu sistem yang direncanakan dengan baik pula. Sama halnya jika ingin memiliki sistem keuangan perusahaan yang lebih efektif dan efisien. Susah saatnya mempertimbangkan produk pendukung keuangan perusahaan yang optimal, seperti misalnya JojoExpense. Dengan produk yang satu ini maka dijamin keuangan perusahaan akan jauh lebih transparan. Dapat dilihat kapan saja dan dimana saja, termasuk sistem rembus dan penyediaan kas yang lebih cepat.

Tentunya manfaat ini berkat beberapa fitur menarik yang tersemat di dalam JojoExpense. Sebut saja fitur Auto Reimbursement, Auto Generate Expense Report, OCR (Auto Read Receipt), Cash Advanced, Real Time Direct Transfer, Custom Approval Flow, dan sebagainya. Oleh karena itu jangan ragu dan berpikir ulang lagi. Segera saja dapatkan coba gratis JojoExpense di perusahaan Anda sekarang juga. Dapatkan sistem keuangan yang lebih efektif dan efisien bersama produk yang satu ini.