Landing Page Dan Segala Seluk Beluknya Yang Penting Diketahui

landing page

Landing page merupakan halaman di dalam website yang secara khusus didesain atau dirancang dengan menggunakan mindset marketing. Saat pengunjung melakukan akses terhadap website tertentu maka halaman ini akan ditampilkan. Dengan kata lain hal tersebut bisa diibaratkan sebagai beberapa ruang khusus di dalam rumah. Entah apakah itu adalah ruang tamu atau ruang tidur atau mungkin dapur atau kamar mandi.

Pada dasarnya landing page ini hanya memiliki satu fungsi yang cukup spesifik sehingga akan memudahkan Anda dalam menggunakan website yang diakses. Umumnya Anda bisa menemukan hal tersebut pada website yang berbayar. Sebenarnya nantinya ini akan membantu dan mempermudah Anda dalam mencari informasi pada suatu website. Selain itu juga bisa saja terdapat pada website toko online yang tentunya akan semakin memperlancar bisnis Anda.

Adapun penggunaanya bisa diterapkan dimulai dari pencarian di Google. Jika Anda melakukan pencarian di Google maka biasanya Anda akan menemukan beberapa elemen pada halaman web yang Anda cari. Dalam hal inilah landing page bisa digunakan sehingga akan mempermudah kinerja Anda pada saat mmengakses website. Namunumumnya terdapat pada website yang berbayar sehingga hal tersebut bisa dijumpai dengan lebih mudah pada website yang berkualitas saja.

Ciri Landing Page

Pada dasarnya hal yang satu ini memiliki fungsi khusus pada sebuah website. Selain itu juga sebagai alat untuk mendorong para pengguna untuk lebih memusatkan fokus pada satu produk saja dan kemudian segera melakukan transaksi yang ada di website. Dengan kata lain landing page ini akan mendorong Anda dan para pengguna internet lainnya untuk melakukan suatu aksi tertentu. Misalnya saja seperti aksi berupa membeli suatu produk barang yang tersedia dan ditawarkan atau dipasarkan melalui website. Bahkan hal ini akan mendorong Anda untuk mengisi berbagai macam formulir yang tersedia. Selain itu juga berpotensi untuk mendorong Anda agar bisa mempelajari suatu informasi yang telah diberikan. Dengan kata lain kehadiran landing page sebenarnya sangatlah penting pada suatu website.

Fungsi Landing Page

Fungsi atau kegunaan landing page salah satunya adalah untuk mempermudah pengumpulan data. Landing page pada dasarnya bisa digunakan untuk mengumpulkan data mengenai leads atau mengenai pengunjung yang berpotensial pada bisnis milik Anda. Pada tahap selanjutnya leads ini akan semakin didorong untuk bersedia melakukan transaksi pembelian. Tidak hanya itu saja tetapi landing page juga bisa berfungsi untuk mempercepat proses transaksi. Dengan kata lain landing page akan memberikan suatu langkah atau jalan khusus bagi Anda dan para pengunjung website lainnya agar bisa lebih mudah untuk mengakses produk barang atau layanan jasa yang akan dibeli.

Jenis-jenisnya

Jika ditelusuri lebih lanjut maka Anda bisa menemukan dua jenis landing page. Secara umum diketahui bahwa dua jenis landing page yaitu lead gen atau lead capture pages dan click through landing pages. Jenis yang pertama yaitu lead gen atau lead capture page umumnya berfungsi untuk mengumpulkan data dari para calon pelanggan. Data umumnya tersedia dalam bentuk nama serta alamat email. Sedangkan jenis kedua adalah click through landing pages umumnya digunakan dalam e-commerce. Dalam hal ini halaman yang ditampilkan akan membuat satu tombol sederhana sehingga akan semakin mempermudah Anda dalam melakukan transaksi pembelian. Tentu saja kedua jenis landing page ini sangat penting kehadirannya dalam sebuah website.

Contoh Landing Page

Beberapa contoh bisa Anda jumpai dan temukan dengan cukup mudah. Misalnya saja pada Airbnb yang merupakan platform persewaan properti. Platform ini pada dasarnya bekerja seperti halnya broker antara pemilik properti dengan konsumen dan tentunya di dalamnya terdapat landing page.

Selain itu ada pula Neil Patel yang menyajikan berbagai macam tool untuk marketing pada websitenya. Segala tool yang disajikan tersebut dapat digunakan untuk mengoptimasi performa dari website bisnis.

Ada pula Uniqlo yang merupakan clothing brand internasional yang memiliki desain dengan nuansa simple. Uniqlo menempatkan logonya di atas dan memberikan kalimat ajakan untuk mengisi kolom email. Masih ada banyak lagi contoh penggunaan landing page di beberapa website yang bisa Anda jumpai saat mengakses internet.

Cara Membuat

Sebenarnya cukup mudah membuat landing page jika Anda telah mengetahui dan memahami bagaimana desain dan proporsi terbaiknya. Caranya adalah dengan menginstal satu plugin website builder di suatu website yang berbasis WordPress. Disini akan ada banyak pilihan plugin yang bisa digunakan untuk mengutak-atik berbagai tampilan website dengan cara yang cukup mudah. Sehingga hal tersebut bisa didesain atau dirancang dengan stylek husus sesuai dengan kebutuhan atau keinginan dari Anda dan pemilik bisnis lainnya. Membuat hal ini tentu melalui beberapa langkah sehingga hasil akhirnya akan jadi lebih menarik dan lebih efektif dalam mengubah leads hingga menjadi konversi.

Penggunaan

Anda yang memiliki website berisi tentang bisnis Anda rupanya perlu memahami teknik pembuatan landing page. Sebab pada dasarnya hal ini bisa berfungsi untuk mempermudah Anda dalam melacak leads sehingga leads akan melakukan pembelian pada produk barang atau jasa yang ditawarkan pada bisnis Anda. Tampaknya Anda bisa mencari inspirasi untuk membuatnya supaya tampilan landing page Anda akan menjadi tampak lebih menarik. Tentu hal tersebut akan membuat website Anda menjadi tampak lebih bagus dan berkualitas.

Memiliki landing page untuk kepentingan bisnis dipandang cukup penting, terutama bila menggunakan media online sebagai sarana pemasaran. Seperti halnya dalam mengatur pengeluaran perusahaan yang juga tidak kalah pentingnya. Sebaiknya selalu pantau secara maksimal untuk menghindari resiko adanya kecurangan maupun adanya kesalahan yang tidak diinginkan. Oleh sebab itu sebaiknya gunakan saja JojoExpense yang akan membantu untuk memaksimalkan proses pencatatan pengeluaran dan pemasukan perusahaan yang optimal. Tidak hanya itu saja, software ini juga cukup baik untuk membantu tim keuangan dalam melakukan approval segala pengeluaran dan memastikan semuanya masih berada di dalam budget yang telah disiapkan.

JojoExpense sendiri juga dilengkapi oleh berbagai macam fitur menarik dalam mendukung fungsi-fungsinya supaya lebih optimal. Dalam produk yang satu ini terdapat beberapa detil fitur berikut ini:

  • Auto Generate Expense Report
  • OCR (Auto Read Receipt)
  • Cash Advanced
  • Real Time Direct Transfer
  • Custom Approval Flow
  • Custom/Advance Approval Policy
  • Custom Reports Field
  • Custom Expense Transaction Field

Dengan melihat segala manfaat yang diberikan oleh JojoExpense, maka tentu tidak perlu merasa ragu akan keberhasilan penggunaan produk yang satu ini. Dijamin akan mempermudah tim keuangan perusahaan Anda dalam mencatat segala hal terkait yang lebih sistematis dan lebih terpantau. Segera jadwalkan coba gratis untuk membuktikan sendiri bagaimana produk ini bekerja secara optimal. Biarkan Anda yang menilai sendiri betapa penting kehadiran JojoExpense dalam mendukung tim keuangan perusahaan. Yuk, segera putuskan untuk mencobanya!