Langkah Dalam Menghitung Laporan Laba Rugi Perusahaan Manufaktur

analisis kinerja keuangan

Laporan laba rugi wajib dilakukan oleh seluruh jenis perusahaan, tak terkecuali yang bergerak di bidang manufaktur. Selain sebagai alat kontrol, laporan ini juga berfungsi sebagai indikator performa perusahaan itu lho!

Buat kamu yang akan mulai bekerja di sebuah perusahaan, penting bagi kamu untuk tahu jenis laporan yang akan dibuat oleh perusahaan. Karena, bisa jadi nantinya kamu yang akan bertanggungjawab membuat laporan keuangan itu.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Namun, jika sekarang kamu belum tahu laporan-laporan apa saja yang umumnya dibuat oleh perusahaan manufaktur. Jangan panik! kita akan bahas secara tuntas bersama-sama.

Terdapat beberapa jenis laporan yang perlu dibuat oleh perusahaan seperti laporan keuangan, laporan perubahan modal, laporan laba rugi, dan masih banyak lagi tergantung kewajiban dan kebutuhan perusahaan.

Namun, pada artikel ini, secara rinci kita akan membahas secara khusus mengenai laporan laba-rugi perusahaan manufaktur. Yuk, baca terus agar kamu lebih mengetahui seperti apasih laporannya!

Apasih Laporan itu?

Secara sederhana, laporan adalah penyampaian informasi sebagai bentuk pertanggung jawaban. Pada umumnya berbentuk tulisan tapi bisa juga dalam bentuk lisan.

Tapi untuk laporan perusahaan pastinya harus berbentuk tulisan ya! Karena laporan perusahaan harus didasari oleh data-data yang akurat, dan harus ditampilkan didalam laporannya. Jadi, kalau kamu diperintah untuk membuat laporan, lakukan dengan bentuk tertulis ya!

Pengertian Laporan Laba Rugi

Laporan laba rugi merupakan sebuah laporan keuangan perusahaan yang dibuat oleh divisi keuangan tertentu. Adapun isi dari laporan laba rugi adalah data-data pendapatan dan beban yang ditanggung oleh perusahaan.

Laporan laba rugi umumnya dibuat untuk menjelaskan kondisi keuangan perusahaan pada periode tertentu. Untuk itu, tidak heran jika sebagian besar laporan perusahaan dikerjakan pada akhir periode baik akhir bulan maupun akhir tahun sesuai dengan ketentuan masing-masing perusahaan.

Dengan adanya laporan laba rugi maka pihak atasan atau pemilik usaha dapat mengetahui kondisi keuangan perusahaan terkini. Denagn demikian laporan tersebut dapat dijadikan sebagai dasar evaluasi sebagai bentuk langkah kebijakan selanjutnya.

Laporan keuangan laba rugi haruslah dibuat dengan baik, karena jika ada kesalahan dalam penulisan angka satu digit saja maka dapat berdampak dan berpengaruh pada kelangsungan perusahaan. Selain itu, kesalahan penulisan laporan laba rugi perusahaan maka dalam menentukan arah kebijakan perusahaan kedepannya.

Jenis Laporan Laba Rugi

Laporan laba rugi terdiri dari berbagai jenis yaitu:

Laporan Laba Rugi Single Step

Mendengar kata single tentu yang dipikirkan adalah tunggal. Ya, memang laporan laba rugi single step adalah laporan tunggal yang hanya menunjukkan satu kategori pendapatan dan satu kategori pengeluaran. Format dalam laporan laba rugi ini bermanfaat bagi pengguna eksternal yang tidak bisa menghitung rasio efisiensi dan profitabilitas dengan lingkup data yang terbatas.

Laporan laba rugi single step bersifat sederhana dan tidak berisi detail perputaran keuangan yang terjadi pada perusahaan. Biasanya laporan keuangan ini digunakan perusahaan rintisan atau UMKM. Berikut merupakan contoh laporan laba rugi single step:

Laporan Laba Rugi Multiple Step

Ini merupakan laporan yang dimana divisi keuangan harus memisahkan akun biaya ke dalam akun lain yang lebih relevan, mendetail dan dapat digunakan berdasarkan fungsinya.Tidak hanya itu saja, beban pokok penjualan, biaya operasi dan non operasi dipisahkan dan digunakan untuk menghitung laba operasi, lab kotor dan laba bersih.

Laporan laba rugi multiple step biasanya berdasarkan standar yang digunakan perusahaan untuk pelaporan keuangan besar yang memiliki banyak pemangku kepentingan seperti kreditor dan investor. Berikut merupakan contoh laporan laba rugi multiple step:

Tujuan Laporan Laba Rugi

Penting dicatat bahwa ada beberapa jenis laporan pendapatan yang dibuat dengan alasan berbeda. Sebagai contoh laporan akhir tahun disiapkan setiap tahunnya untuk pemegang saham dan calon investor. Laporan keuangan ini sebenarnya tidak memberikan banyak manfaat bagi manajemen yang sedang mencoba menjalankan rencana kerja tahun depan.

Berbeda dengan laporan keuangan internal perusahaan, laporan keuangan ini disiapkan manajemen untuk memeriksa status operasi selama 1 tahun. Dalam hal ini manajemen biasanya mempersiapkan departemen yang lebih terstruktur unruk membuat transparasi pendapatan dan pengeluaran sesuai dengan segmen bisnis masing-masing departemen.

Selain sebagai laporan keuangan untuk mengetahui kondisi keuangan perusahaan, tujuan lain dari dibuatnya laporan lab rugi yaitu:

  • Membantu perusahaan mengetahui jumlah pajak yang ditanggung
  • Mengecek histori perolehan laba/rugi dari waktu ke waktu sebagai evaluasi dan pembanding
  • Membantu mengecek ke efisiensi dan ke efektivitas perusahaan berdasarkan nilai biaya usaha.

Jadi, dengan laporan laba rugi, maka perusahaan dapat mengetahui laba bersih yang didapat dari kegiatan usaha yang dijalankannya. Pada akhirnya tujuan utama dari pembuatan laporan laba rugi adalah untuk mengkomunikasikan profitabilitas dan aktivitas bisnis perusahaan dengan pengguna akhir dan pemangku kepentingan.

Akun-akun Yang Terdapat Dalam Laporan Laba Rugi

Dalam laporan laba rugi, terdapat akun-akun yang terdiri dari:

Laba (Profit)

Ini merupakan peningkatan modal dan aktiva bersih yang sudah dikurangi dengan biaya. Laba merupakan hasil dari seluruh kegiatan usaha perusahaan baik itu dari usaha utama maupun dari anak perusahaan dan perusahaan yang bekerjasama.

Rugi (Loss)

Dalam penjelasan diatas laba merupakan peningkatan modal. Sedangkan rugi adalah penurunan modal atau aktiva bersih yang terjadi dalam satu periode. Dalam hal ini total biaya lebih besar dibandingkan total pendapatan perusahaan.

Pendapatan (Revenue)

Pendapatan merupakan aliran aktiva yang masuk melalui kegiatan usaha perusahaan seperti kegiatan produksi barang, pelunasan utang dari debitur, pemberian jasa dan berbagai kegiatan lainnya.

Penghasilan (Income)

Penghasilan merupakan total dari pendapatan yang dikurangi dengan biaya operasional seperti biaya usaha, biaya amgkut, biaya administasi, biaya pajak dan lain sebagainya. Perlu diketahui bahwa perusahaan dapat dikatakan rugi jika terdapat selisih dari penghasilan dengan biaya, dimana biaya lebih besar daripada penghasilan.

Beban/Biaya (Expense)

Biaya/Beban merupakan aliran aktiva yang keluar dan disebabkan oleh kegiatan usaha perusahaan seperti pembayaran utang perusahaan, penyerahan jasa, produksi barang dan lain sebagainya.

Harga Perolehan (Cost)

Harga perolehan merupakan kas keluar yang disebabkan oleh adanya kegiatan pembelian barang atau jasa. Dalam bahasa Akuntansi, harga perolehan disebut sebagai biaya produksi. Hal ini dikarenakan apda saat pembelian barang dan jasa jumlahnya akan dicatat dalam akun aktiva. Contoh: Pembelian mesin, pembayaran sewa gedung, dan sewa kendaraan.

Siapa Yang Menggunakan Laporan Laba Rugi?

Yang menggunakan laporan laba rugi terdiri dari dua kelompok yaitu pengguna internal dan pengguna eksternal. Pengguna internal terdiri dari manajemen perusahaan dan dewan direksi. Dengan laporan laba rugi maka dapat membantu mereka dalam menganalisis bisnis secara keseluruhan dan membuat keputusan bisnis.

Sedangkan pengguna eksternal terdiri dari investor dan kreditur. Disisi lain ada orang-orang dari luar perusahaan yang tidak memiliki sumber informasi keuangan tentang perusahaan kecuali laporan yang sedang diterbitkan. Dalam hal ini investor biasanya ingin tahu seberapa menguntungkannya suatu perusahaan dan apakah perusahaan tersebut dapat tumbuh dan menguntungkan di masa depan.

Investor biasanya mempertimbangkan laporan laba rugi perusahaan terkait akan menginvestasikan dana mereka pada perusahaan tersebut ataukah tidak. Sederhananya, mereka menginginkan laporan keuangan yang positif untuk menghasilkan yan positif.

Sedangkan kreditur tidak peduli tentang profitabilitas tentang investor. Kreditur akan lebih peduli tentang arus kas perusahaan. Jika arus kasnya lancar itu artinya perusahaan tersebut dapat membayar kembali pinjaman mereka.

Sedangkan pesaing pengguna eksternal laporan keuangan menggunakan laporan laba rugi untuk mengukur seberapa baik perusahaan competitor untuk memastikan apakah mereka harus memasuki pasar baru dan mencoba bersaing dengan perusahaan lain atau akan membangun strategi baru.

Laporan Laba Rugi Perusahaan Manufaktur

Seperti namanya, laporan laba rugi menginformasikan keuntungan dan kerugian suatu perusahaan. Dengan adanya laporan mengenai keuntungan ataupun kerugian, sebuah perusahaan manufaktur akan dapat mengevaluasi pendapatan penjualan barang yang mereka hasilkan.

Apa yang perlu mereka perbaiki dan apa yang perlu mereka tingkatkan. Laporan ini juga sangat penting bagi perusahaan, terlepas perushaan tersebut  private atau public. Lalu, apa saja sih yang membedakannya?

Public company adalah perusahaan yang melakukan jual-beli saham secara umum. Sedangkan private company itu, segalanya dikuasai secara private. Owner perusahaan memiliki kuasa yang sangat besar dalam menentukan kebijakan dalam perusahaaannya dan jenis investornya adalah investor privat. Singkatnya, saham perusahaan tidak di perjual belikan untuk umum.

Dalam sebuah laporan laba rugi sebuah perusahaan, ada empat elemen penting yang harus kamu perhatikan. Yuk, dicek di penjelasan selanjutnya.

Elemen-elemen dalam Laporan Laba Rugi Perusahaan Manufaktur

Didalam membuat laporan ini ada empat elemen dasar yang harus kamu perhatikan. Elemen merupakan indikator penting dalam penetapan laporan laba rugi perusahaan.

Revenues (pendapatan)

Pertama ada revenues yang merupakan pendapatan perusahaan dari penjualan produk yang mereka buat. Info tambahan untuk kamu, revenue ini bukan keuntungan murni yah. Soalnya untuk mencari keungtungan masih harus di hitung dengan biaya yang diperlukan untuk menghasilkan barang ataupun jasa dari perusahaan trsebut.

Expense (biaya)

Selanjutnya ada expense yang merupakan semua biaya yang dibutuhkan perusahaan dalam memperoleh pendapatan. 

Profit (keuntungan),

Kemudian ada keuntungan yang merupakan sebuah pendapatan dari hasil penjualan melebihi dari biaya yang dikeluarkan. Revenue > Expense

Loss (kerugian)

Terakhir ada kerugian yang merupakan kebalikan dari keuntungan. Dapat dikatakan sebagai biaya yang diperlukan ternyata lebih besar dari pendapatan. Expense > Revenue

Fungsi Laporan Laba Rugi di Perusahaan Manufaktur

Selanjutnya, akan dibahas beberapa fungsi penting dibutuhkannya laporan laba rugi dalam perusahaan manufaktur yang perlu kamu pahami:

Sebagai Laporan Keuagan

Laporan ini yang akan merangkum pendapatan yang didapatkan dengan biaya manufaktur yang dikeluarkan. Dengan mengetahui bagaimana relasi pendapatan dengan biaya, perusahaan dapat mencari cara agar pendapatan yang didapatkan pada tahun berikutnya lebih baik, dibandingkan dengan pendapatan tahun ini.

Dengan informasi jenis biaya yang diperlukan perusahaan juga dapat memodifikasi biaya-biaya mana saja yang mungkin bisa dikurangi sehingga margin yang di dapat akan lebih besar.

Indikator Performa Perusahaan

Laporan keuntungan dan kerugian juga berfunsi sebagai indikator performa perusahaan tersebut. Apalagi jika perusahaan tersebut adalah perusahaan public, yang secara aktif menjual sebagian dari perusahaannya kepada masyarakat umum dalam bentuk saham.

Sebagai Data Pembanding

Laporan yang dibuat dapat digunakan sebagai pembanding bagaimana performa perusahaan dalam produksinya. Pendapatan yang didapat apakah ada peningkatan atau penurunan, serta marginnya apakah lebih besar atau lebih kecil.

Selain itu perusahaan juga dapat menentukan strategi jangka panjang dan pendek. Serta menentukan prioritas, agar keuntungan yang didapatkan meningkat. Apakah mereka perlu meningkatkan biaya riset ataukah membeli teknologi baru agar biaya produksi dan penggunaan material menjadi lebih rendah.

Monitor Kesehatan Keuangan Perusahaan

Bersamaan dengan neraca saldo dan cash flow statement sebuah perusahaan dapat mengetahui performa kesehatan keuagan mereka. Kesehatan keuagan sebuah perusahaan sangat lah vital sebagai penyokong eksistensi perusahaan itu sendiri.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Perusahaan yang memiliki keuagan yang sehat tidak hanya untuk membiayai operasional saja. Memiliki keugan yang sehat akan memudahkan perusahaan mendapatkan dana pinjaman dan memiliki image yang bagus terutama untuk perusahaan public.

calculator

Proses Menghitung Laba Rugi pada Perusahaan Manufaktur

Kamu sekarang sudah tahu apa fungsi dan elemen-elemen apa saja yang dibutuhkan ada dalam laporan laba rugi perusahaan manufaktur, bukan? Sekarang, kita akan membahas seperti apa sih langkah-langkah yang perlu kamu lakukan dalam membuat laporan pada perusahaan manufaktur. Langsung saja yuk!

1. Catat Semua Pengeluaran dan Pendapatan

Langkah awal yang perlu kamu lakukan adalah mencatat semua pengeluaran dan pendapatan secara detail ya! Mulai dari biaya yang dibutuhkan dalam semua produksi dan biaya lainya yang dibutuhkan oleh perusahaan dalam menghasilkan produknya.

Jangan lupa juga untuk mencatat juga berapa pendapatan yang dihasilkan oleh perusahaan. Pada perusahaan manufaktur biaya yang banyak dikeluarkan adalah bahan material, karena bahan material adalah nafas dari proses manufaktur.

2. Menghitung Pendapatan dan Biaya Produksi yang Diperlukan

Setalah itu kamu menghitung berapa unit barang yang berhasil terjual dan berapa biaya yang kamu perlukan untuk produksinya. Selesih yang kamu dapatkan adalah masih berbentuk laba kotor atau gross profit.

3. Menghitung Biaya Operasional 

Selanjutnya kamu perlu menghitung biaya operasional yang dikeluarkan perusahaan. Contoh biaya operasional bisa berupa gaji karyawan, biaya utilitas, biaya sewa pabrik, dll. Kamu perlu juga menghitung jika memang ada pajak yang harus dibayarkan dalam proses manufaktur perusahaan.

4. Penyusunan Laporan

Sekarang kamu perlu menyusun data-data pendapatan dan pengeluaran yang sudah ada dari barang yang berhasil dijual. Dimulai dari total pendapatan dan diakhiri dengan laba bersih. Menyusun data-data yang rapih itu penting, karena selain agar terlihat rapih juga agar memudahkan melihat rinciannya.

Mengitung Laporan Laba Rugi di Perusahaan Manufaktur

Setelah mengetahui serba serbi dari laporan laba rugi di perusahaan manufaktur, selanjutnya akan kami sajikan contoh menghitung dan menyajikannya. Yuk, disimak bersama agar jika nantinya kamu diminta untuk menyusun, tidak mendapat kesulitan yang berarti deh!

Total pendapatan             100.000.000

Harga pokok penjualan  (20.000.000)

Laba kotor                          80.000.000

Biaya operasional

Gaji                                       10.000.000

Sewa pabrik                        10.000.000

Utilitas                                  10.000.000

Total biaya operasional    (30.000.000)

Operating profit (EBIT)       50.000.000

Pajak                                     (10.000.000)

Laba Bersih                          40.000.000

Contoh di atas adalah perhitungan yang sangat sederhana bagaimana kamu dapat menghitung laba rugi perusahaan manufaktur. Pada kenyataanya jenis-jenis biaya operasional jauh lebih besar, di tambah faktor deapriciation (penyusutan nilai aset) pada mesin mesin yang digunakan untuk produksi, pajak yang dibebankan, serta hutang perusahaan yang harus dibayar. Kenali juga cara menghitung harga pokok produksi

Operating Profit (EBIT)

EBIT

Earning before interest and tax adalah keuntungan yang perusahaan dapatkan sebelum dikurangi bunga dan beban pajak. Memang pada kenyatannya perusahaan selalu bergulat dengan pinjaman dan pajak yang harus dibayarkan setiap tahunnya.

Pada umumnya, perusahaan manufaktur dalam pengadaan mesin untuk operasi produksinya tidak dibayarkan secara tunai. Mereka membayarnya dengan hutang, baik hutang langsung kepada produsen mesin ataupun melalui pinjaman kepada pihak bank.

Tahu kah kamu bahwa operating profit atau (EBIT) itu sangat penting? Operating profit merupakan sebuah indiktor dasar, apakah perusahaan dapat bertahan dengan pendapatan mereka tanpa bantuan hutang.

Jika perusahaan tidak bisa mememenuhi keperluan operasional dan produksinya, sudah pasti perusahaan harus menunggak cicilan hutan dan tidak akan mampu membayar pajak. Jika hal tersebut terjadi, maka besar kemungkinan, perusahaan akan dicabut kelegalan usahanya.

Kenapa Laporan Laba Rugi untuk Perusahaan Manufaktur Itu Penting?

Laporan laba rugi perusahaan manufaktur penting tidak hanya bagi pemilik perusahaan, tetapi juga bagi orang atau badan yang tertarik untuk berinvestasi. Begitupun bagi pemerintah dalam mengawasi dan menginvestigasi kesehatan keuangan perusahaan manufaktur tersebut.

Untuk dapat bertahan, sebuah perusahaan harus selalu menghasilkan pendapatan yang lebih dan terus menerus agar dapat terus eksis dalam industrinya.

Bagi pemerintah, di mana perusahaan itu berdiri kesehatan keuangan sangatlah penting agar perusahaan tidak bangkrut (default). Perusahaan yang default akan menimbulkan masalah yang sangat besar.

Timbulnya masalah yang disebabkan oleh default-nya perusahaan seperti gagalnya pembayaran hutang, deviden, dan kewajiban keuagan lainnya yang sudah menjadi tanggung jawab perusahaan manufaktur.

Selain itu, perusahaan manufaktur yang sudah menunjukan tanda-tanda default biasanya akan melakukan proses pengurangan pegawai yang cukup besar, sehingga dapat menimbulkan masalah sosial.

Ditambah karena perusahaan tersebut tidak mampu membayar kewajibannya, membuat iklim industri menjadi kurang bagus. Baca informasi tentang konsolidasi

Jojonomic

Semoga dengan membaca artikel ini dengan kamu sudah mendapatkan gambaran sederhana, bagaimana sebuah perusahaan menyusun laporan laba ruginya. Masih banyak lagi loh jenis laporan yang digunakan oleh perusahaan. 

Agar dapat memudahkan kamu mengontrol biaya operasional perusahaan tempat kamu bekerja, coba deh gunakan JojoExpense. Aplikasi ini akan meningkatkan efisiensi kamu dalam mengelola keuangan perusahaan.  Cara JojoExpense meningkatkan efisiensi kamu mengelola keuangan dengan pemerosesan otomatis dan memangkas hal-hal kecil dengan teknologi yang ditawarkan. Menarik, bukan?