Letter of Credit Dan Peranannya Dalam Kemajuan Bisnis

letter of credit

Letter of credit merupakan suatu surat pernyataan yang dikeluarkan oleh bank atas permintaan dari pembeli yang ditujukan kepada penjual. Pada surat pernyataan ini dinyatakan bahwa issuing bank akan membayar sejumlah uang bila segala syarat yang telah ditetapkan dalam jenis surat ini telah dipenuhi. Letter of credit pada dasarnya merupakan suatu jasa bank yang diberikan pada masyarakat. Jasa yang diberikan oleh bank ini bertujuan untuk memperlancar dan mempermudah pelayanan arus barang mulai dari arus barang dalam negeri hingga arus barang antarnegara.

Umumnya arus barang dalam negeri ini terjadi antarpulau sedangkan arus barang antarnegara berkaitan dengan kegiatan ekspor dan impor. Jadi surat yang satu ini bisa dibilang sebagai suatu surat pernyataan dari bank atas permintaan dari nasabah. Dalam hal ini yang dimaksud dengan nasabah adalah importir yang melakukan pembelian produk. Importir sebagai nasabah meminta banka untuk mengeluarkan surat kredit demi kepentingan pihak ketiga yaitu eksportir atau penjual produk. Inti dari pembentukan surat tersebut adalah bahwa bank bersedia untuk mnyediakan sejumlah uang dan membayarkannya kepadapihak ketiga setelah produk yang dibeli oleh importir telah tersedia. Dalam hal ini letter of credit bisa disebut juga sebagai kredit berdokumen atau documentary credit.

Fungsi Letter of Credit

Letter of credit tentunya dikeluarkan oleh bank dengan disertai fungsi dan tujuan tertentu. Salah satu fungsi dari surat kredit ini adalah untuk menampung dan menyelesaikan berbagai macam kesulitan atau kendala yang mungkin saja dialami oleh pihak importir sebagai pembeli dan juga oleh pihak eksportir sebagai penjual. Dengan kata lain jenis surat ini menjadi suatu jaminan atas kelancaran proses pembayaran serta pengiriman barang yang tentunya sesuai dengan kesepakatan antara pihak pembeli dan penjual atau pihak importir dan eksportir.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi JojoTimes hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

 

Letter of credit juga memberikan keuntungan lainnya baik kepada importir maupun kepada eksportir. Salah satunya adalah jaminan dan kepastian bahwa eksportir akan menerima pembayaran dengan syarat bahwa pihak eksportir tersebut dapat menunjukkan dokumen pengiriman barang sesuai dengan apa yang tertera di dalam surat. Untuk menjalankan fungsi ini maka bank wajib memeriksa kelengkapan dokumen yang telah tercatat di dalam surat kredit namun bank tidak bertanggung jawab terhadapkondisi fisik barang.

Selain itu letter of credit juga dapat memberikan fasilitas berupa pembayaran di muka. Pembayaran juga bisa dilakukan dengan tenggang waktu tertentu sesuai dengan apa yang telah disepakati. Jadi pembentukan surat dalam hal ini memiliki fasilitas kredit eksportir atau importir yang dilakukan melalui perbankan. Surat pernyataan kredit ini juga bisa berfungsi sebagai jaminan pembayaran atas kontraktor dengan beneficiary yang diberikan atas permintaan kontraktor. Selain itu surat kredit ini bisa difungsikan sebagai jaminan khusus kepada pihak beneficiary bila mengalami kegagalan dalam mematuhi atau melaksanakan kontraknya. Dalam hal ini bank hanya bertanggung jawab pada pemrosesan dan penelitian dokumen barang. Sedangkan kondisi dan jumlah barang tidak termasuk dalam tanggung jawab bank.

Kelebihan Letter of Credit

Hingga saat ini hampir separuh bagian dari seluruh pembayaran internasional dilakukan dengan menggunakan letter of credit. Penggunaan jenis surat ini dilakukan dengan pertimbangan adanya beberapa keuntungan yang bisa diperoleh dari penggunaan surat tersebut. Ada beberapa kelebihan dari penggunaan letter of credit misalnya saja adanya jaminan pembayaran bagi eksportir atau penjual yang diberikan oleh catatan dalam surat.

Letter of credit juga memberikan jaminan penerimaan barang bagi importir. Tentu saja jaminan ini dilakukan melalui perbankan yang akan menyerahkan pembayaran sesuai dengan syarat atau ketentuan yang telah ditetapkan dalam surat ini. Kelebihan lainnya adalah adanya fasilitas berupa kredit yang diberikan untuk eksportir atau importir. Fasilitas kredit ini tentu dapat dilakukan melalui perbankan yang mengeluarkan surat jenis tersebut.

Selain itu ada pula fasilitas untuk hedging atau fasilitas untuk menghindari resiko terjadinya fluktuasi kurs valuta asing. Kelebihan pembuatan surat untuk tujuan kredit ini juga masih tersedia baik bagi pihak importir atau pembeli maupun bagi pihak penjual atau eksportir. Melalui surat ini maka importir bisa mendapatkan pembiayaan selanjutnya dengan menggunakan hak kepemilikan dokumen yang berdasarkan pada pernyataan dalam surat. Selain itu importir juga bisa menolak pembayaran melalui bank bila eksportir tidak memenuhi segala persyaratan yang telah disepakati sesuai dengan isi surat. Jadi sebuah letter of credit dapat memberikan jaminan terhadap proses jual beli produk dengan segala keunggulan dan kelebihan yang dimilikinya tersebut.

Kekurangan Letter of Credit

Setiap hal tentu memiliki kelebihan dan juga disertai pula dengan adanya kekurangan atau kelemahan termasuk pula di dalam surat pemberian pernyataan kredit ini. Letter of credit memang berfungsi sebagai jaminan pembayaran sehingga bersifat sangat menguntungkan baik bagi pihak pembeli maupun bagi pihak penjual. Namun tetap saja surat tersebut dalam pelaksanaannya memiliki beberapa kelemahan.

Salah satu kelemahan surat ini yaitu adanya beban atau biaya yang harus dikeluarkan oleh importir dalam rangka pembuatan letter of credit. Di samping itu proses pembuatan surat tersebut membutuhkan waktu yang tidak singkat. Waktu ini dibutuhkan tentunya untuk memproses setiap surat yang menjadi syarat bagi bank. Letter of credit juga bersifat terbatas penggunaanya karena jenis surat ini berkaitan dengan fungsi bank. Bank pada dasarnya hanya bertanggung jawab dalam hal dokumen saja. Bank tidak bertanggung jawab terhadap hal lainnya berkaitan dengan proses pengiriman produk dari eksportir kepada importir. Hal ini cukup menegaskan bahwa kondisi produk selama pengiriman tidak menjadi tanggung jawab bank. Selain itu jumlah produk juga tidak menjadi tanggung jawab bank. Jadi bank tidak memiliki peran sebagai jaminan untuk proses penerimaan produk barang oleh importir.

Penggunaan letter of credit merupakan salah satu poin penting dalam pengajuan kredit untuk memajukan suatu bisnis. Sama pentingnya dengan pengaturan data karyawan yang lebih optimal dalam perusahaan. Oleh sebab itu perlu digunakan software yang sesuai untuk pengaturan data tersebut. Misalnya dengan penggunaan software JojoTimes yang bisa memberikan aneka ragam manfaat seperti pengaturan data diri karyawan yang sistematis dan lengkap. Akses data karyawan yang bisa dilakukan dimana saja. Integrasi absensi karyawan dengan berbagai input lainnya, serta ada banyak lagi yang lainnya.

Tentu aneka ragam manfaat tersebut bisa diraih berkat aneka fitur yang ada di dalam JojoTimes. Mulai dari fitur Multiple clock-in and clock-out, Leave Management, Real Time Leave Approval, Shift / Flexible Work Hour Setup, dan masih banyak lagi fitur yang lain. Semua ini tentunya menjadi faktor utama yang cukup meyakinkan. Oleh karena itu jangan ragu untuk segera mencoba produk ini dan dapatkan coba gratis dalam waktu dekat di perusahaan Anda. Dapatkan sistem pengaturan data karyawan serta absensi yang jauh lebih efektif berkat JojoTimes.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi JojoTimes hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.