Maatschap, Tujuan Maupun Karakteristiknya

maatschap

Maatschap dalam bahasa kita bisa disebut juga dengan istilah persekutuan perdata. Istilah ini mungkin cukup terdengar asing bagi masyarakat awam. Namun setiap profesional tentu memahami istilah ini. Terlebih lagi bila Anda juga menjadi bagian dari sekutu yang tergabung ke dalam maathcsap tersebut. Sebenarnya persekutuan ini merupakan bentuk umum dari firma atau bisa juga CV. Intinya persekutuan ini dibentuk oleh lebih dari seorang dengan tujuan untuk kepentingan dan keuntungan bersama. Namun tetap saja tiap sekutu pada persekutuan ini melakukan tusanya secara independen sekalipun ada beberapa batasan.

Tujuan Maatschap

Adapun melalui maatschap ini sebenarnya ada beberapa tujuan yang ingin diraih, di antaranya yaitu sebagai berikut:

1. Kegiatan komersial

Maatschap pada dasarnya didirikan karena adanya kesamaan tujuan dari sekumpulan orang dengan profesi yang sama. Biasanya para sekutu yang memiliki profesi yang sama memiliki permasalahan yang sama sehingga mereka membentuk suatu organisasi dengan tujuan untuk hal yang bersifat komersial. Keuntungan sebisa mungkin diusahakan untuk bisa dialami bersama misalnya keuntungan berupa kontribusi. Para sekutu biasanya akan terus saling bekerja sama sekalipun mereka juga bekerja secara independen. Pada akhirnya berbagai kegiatan komersial bisa muncul sebagai bentuk kesepakatan yang dijalin oleh para sekutu. Dengan demikian diharapkan agar persekutuan ini bisa mendapatkan keuntungan baik berupa materi maupun non-materi.

2. Wadah perkumpulan bagi sekumpulan profesional

Setiap orang tentu akan merasakan kenyamanan yang lebih jika berkumpul dengan orang yang memiliki profesi sama dengannya. Tentunya kesamaan profesi ini akan membuat orang untuk saling berinteraksi dengan mudah dan kemudian saling bertukar pikiran antara yang satu dengan yang lain. Dengan adanya interaksi dan saling tukar pendapat yang dilakukan antara anggota persekutuan yang satu dengan yang lain maka tiap sekutu dapat saling menguatkan dan saling memberikan kontribusi sekalipun hanya berupa pandangan atau pendapat dan solusi.

Karakteristik

Bagi yang belum paham benar mengenai maathscap, maka ada baiknya untuk mengenal bagaimana karakteristik hal tersebut. Meliputi yaitu sebagai berikut:

1. Kumpulan dari orang-orang yang berprofesi sama

Persekutuan perdata yang juga dikenal dengan istilah maatschap umumnya merupakan kumpulan dari beberapa orang yang memiliki profesi sama. Misalnya perkumpulan para akuntan yang tentunya terdiri dari orang-orang yang berprofesi sebagai akuntan. Tentunya orang dengan profesi selain akuntan tidak boleh tergabung ke dalam persekutuan tersebut. Tidak hanya persekutuan akuntan saja yang ada di sekitar kita tetapi juga persekutuan para notaris dan pengacara serta lainnya.

Oleh karena itu persekutuan ini sering pula disebut dengan istilah lainnya seperti misalnya associate dan partner serta rekan atau Co yang merupakan singkatan dari companion. Jadi bila Anda merupakan profesional maka Anda bisa menggabungkan diri ke dalam suatu persekutuan yang beranggotakan orang-orang dengan profesi yang sama dengan Anda. Umumnya persekutuan ini memang dibentuk oleh sekumpulan orang yang berprofesi sama dengan adanya tujuan untuk memberikan keuntungan pada para anggotanya.

2. Para sekutu bersifat independen

Walaupun berbeda dengan firma namun ada bagian yang sama antara persekutuan perdata dan firma. Salah satu kesamaan yang dimiliki kedua persekutuan ini adalah para sekutu yang tergabung di dalamnya masing-masing bersifat independen. Yang dimaksud dengan independen disini adalah masing-masing sekutu memiliki hak penuh untuk bertindak keluar serta melakukan suatu perbuatan hukum atas nama dirinya sendiri. Terlebih lagi jika hal ini dilakukan dengan tujuan untuk tindakan pengurusan sepanjang hal selama hal itu tidak dilarang dalam anggaran dasar yang telah dibuatnya.

Umumnya pembatasan tindakan keluar umumnya dilakukan dengan mengacu pada suatu perbuatan yang lebih bersifat kepemilikan. Selain itu pembatasan juga dilakukan pada hal yang berkaitan dengan hutang atau kewajiban tertentu yang dilakukan oleh anggota persekutuan. Dalam hal ini tentu saja kegiatan tersebut bisa berhubungan dengan ranah hukum. Oleh karena itu kegiatan anggota persekutuan perlu untuk dibatasi terutama jika hal yang dilakukan bisa membahayakan anggota lainnya.

3. Para sekutu wajib memberikan kontribusi bagi kepentingan maatschap

Suatu persekutuan perdata atau maatschap akan mewajibkan para anggota atau sekutunya untuk memberikan kontribusi bagi persekutuan tersebut. Dalam hukum maka istilah kontribusi ini bisa disebut dengan istilah inbreng. Artinya yaitu pemasukan ke dalam perseroan. Dalam hal ini para sekutu yang tergabung ke dalam persekutuan perdata tersebut bisa memberikan kontribusi pada persekutuan dalam berbagai macam bentuk. Anda bisa memberikan kontribusi dalam bentuk apa saja baik berupa uang ataupun barang.

Kontribusi juga bisa saja berupa good will dan know how. Good will sebenarnya bisa berupa apa saja misalnya seperti pangsa pasar yang luas atau mungkin jaringan dan relasi atau juga bisa berupa merek atau brand image. Sedangkan yang dimaksud dengan know how biasanya berupa keahlian yang bisa dilakukan untuk menangani masalah tertentu. Anda bisa memberikan kontribusi apa saja yang penting disini yaitu kontribusi Anda dinilai memiliki manfaat serta nilai ekonomis.

4. Didirikan paling sedikit oleh 2 orang

Masih sama dengan beberapa persekutuan lainnya seperti firma rupanya maathscap harus didirikan paling sedikit oleh dua orang. Pendirian persekutuan perdata ini umumnya dilakukan dengan berdasarkan pada sebuah perjanjian yang dibuat dan disusun dalam bahasa Indonesia. Perjanjian ini biasanya dibuat dengan menggunakan akta notaris. Persekutuan ini didirikan dengan adanya perjanjian tertulis dengan maksud untuk pencapaian tujuan dari pendirian persekutuan tersebut.

Memang persekutuan ini umumnya didirikan dengan tujuan untuk mengatur hubungan hukum di antara para sekutu yang tergabung ke dalam persekutuan tersebut. Jadi dalam hal ini terjadi suatu bentuk kesepakatan di antara para sekutu sehingga mereka bisa berserikat dan saling terkait pada suatu hubungan hukum secara bersama-sama. Oleh karena itu umumnya persekutuan jenis ini akan muncul dan berdiri jika sekumpulan orang dengan profesi yang sama saling bersepakat untuk tujuan bersama. Kemudian kesepakatan yang telah diambil bersama ini dituangkan secara tertulis berdasar pada aturan atau hukum yang berlaku.

Maatschap memang memiliki fungsi dan karakteristik yang penting dalam bisnis dan perusahaan. Sama halnya dengan penggunaan sistem keuangan yang efektif dan efisien di dalam sebuah perusahaan. Misalnya dengan menggunakan JojoExpense yang dapat memberikan manfaat berikut ini:

  • Catatan pengeluaran dan pemasukan yang lebih detil.
  • Efisiensi keuangan perusahaan yang lebih optimal.
  • Proses keuangan yang lebih sistematis dan mudah diawasi.

Semua ini berkat beberapa fitur menarik yang tersedia pada JojoExpense. Misalnya yaitu fitur-fitur berikut ini:

  • Digital Reimbursement.
  • OCR (Auto Read Receipt) on mobile.
  • Multiple Receipts Attachment.
  • Approval Policies by Amount.
  • Multi-stage Approval & Disbursement Flow.

Oleh sebab itu jangan ragu untuk beralih pada JojoExpense. Segera dapatkan coba gratis pada perusahan Anda sekarang juga. Miliki kesempatan untuk menjadikan sistem keuangan perusahaan Anda menjadi lebih baik.