Punya Waktu Luang saat Kuliah? Isi dengan Magang aja!

Kamu mahasiswa tingkat akhir? Ingin mencari pengalaman lebih di dunia kerja? Bahkan kamu ingin mempraktekan ilmu yang kamu dapat semasa kuliah? Maganglah, maka kamu akan medapatkan itu.

Di dunia pekerjaan sekarang, jarang sekali loh kantor-kantor melihat indeks penilaian kulmulatif yang kamu dapatkan di perkuliahan.

Kantor-kantor sekarang lebih melihat pengalaman apa yang kamu dapatkan semasa kuliah, organisasi kah, volunteer kah, bahkan sampai ke magang.

Biasanya kegiatan ini dikatakan sebagai PKL atau praktek kuliah kerja. Karena pada realitasnya, kamu benar-benar mempraktekkan apa yang kamu pelajari semasa kuliah. Tapi, apa sebenarnya magang itu? Yuk kita bahas lebih lanjut tentang kegiatan ini!

Magang

Definisi dari kbbi, magang adalah calon pegawai yang belum diangkat menjadi pegawai tetap serta belum menerima gaji atau upah karena dia nggap masih dalam taraf belajar.

Tetapi, dalam dunia kerja kegiatan ini diartikan sebagai bagian dari pelatihan kerja yang diperuntukan untuk pelajar. Pelajar yang mengambil magang biasanya pelajar tingkat akhir yang salah satu prosedur kelulusannya adalah mengikuti magang.

Kegiatan ini juga sudah diatur dalam Undang-Undang No. 13 tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan khususnya pasal 21 – 30. Untuk lebih spesifiknya, diatur dalam Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi no. Per.22/Men/IX/2009 tentang Penyelenggaraan Pemagangan di Dalam Negeri.

Kegiatan ini juga ada dua sifat, yaitu bersifat wajib dan bersifat tidak wajib. Lalu dimanakah perbedaan dari kedua sifat ini. Mari kita cari tahu penjelasannya dalam artikel ini.

Magang Wajib

Kegiatan magang wajib ini biasanya dilakukan oleh mahasiswa tingkat akhir, hal ini dilakukan untuk memenuhi prosedur kelulusan.

Mereka yang melakukan kegiatan ini, harus membuat proposal dan juga laporan. Proposal ini akan ditujukan pada perusahaan dimana tempat kamu melamar, sedangkan laporan adalah hasil dari apa yang kamu dapatkan ketika magang.

Laporan ini akan dipresentasikan saat ujian magang kepada dosen pengampu. Biasanya ketika kamu melakukan magang wajib, maka kamu akan mudah diterima oleh perusahaan yang kamu lamar.

Karena bisa diibaratkan bahwa perusahaan itu sedang membantu kamu dalam penyelesaian masa kuliah.

Magang tidak Wajib

Nah, sekarang kita cari tahu yuk apa itu magang tidak wajib. Magang tidak wajib adalah kegiatan dimana seseorang ingin mencari pengalaman di dunia pekerjaan.

Magang tidak wajib ini tidak dilakukan untuk keperluan kampus, tetapi lebih ke diri sendiri. Kamu yang magang dengan cara mengirim cv sendiri tanpa proposal kampus dan tidak membuat laporan, maka kamu sedang melakukan magang tidak wajib.

Biasanya orang-orang yang melakukan kegiatan ini bertujuan untuk mengisi waktu luang dengan hal yang bermanfaat. Kamu juga bisa nih memilih pekerjaan yang tidak berkaitan dengan program studi yang sedang kamu ambil.

Mahasiswa yang melakukan kegiatan ini juga tidak hanya dari semester tingkat akhir saja, melainkan dari berbagai tingkat. Biasanya, saat kamu melamar sebagai anak magang yang tidak wajib dari kampus akan sulit, karena seleksi yang dilakukan benar-benar detail.

Jadi seperti itu lah kira-kira pengertian dari magang dan sifatnya. Lalu apasih tujuan kita mengikuti kegiatan ini?

Setelah itu manfaat apa yang kita dapatkan ketika kita mengikuti kegiatan ini. Tentunya banyak manfaat dan keuntungan ketika kita mengikuti program magang ini. Ingin tahu apa saja yang akan kamu dapatkan ketika kamu mengikuti program ini? Mari kita bahas lebih lanjut!

Tujuan Magang

Kita mulai dari tujuan program ini dilakukan. Tujuan ini lebih mengarah membentuk siswa untuk siap di dunia kerja.

Dengan mengikuti program ini, akan menghasilkan mahasiswa yang kompeten. Karena di dunia kerja, kita tidak akan mempelajari teori saja melainkan mempraktekannya secara langsung. Nah, berikut tujuan dari kegiatan ini:

Menambah Wawasan

Kegiatan pembelajaran di dalam perkuliahan tentu tidak akan maksimal apabila mahasiswa tak mengembangkannya langsung di dunia kerja.

Kalau kamu sudah pernah mendapatkan banyak teori saat kuliah, maka kamu perlu mencoba untuk mempraktekan teori yang kamu dapat selagi kuliah.

Selain kamu menadapatkan hal baru, kamu juga dapat menguasai teori itu. Dengan begitu, wawasan kamu dalam dunia pekerjaan atau program studi yang sedang kamu jalani akan bertambah.

Membawa Nama Universitas

Dengan kamu mengikuti kegiatan ini, kamu akan bekerja dengan label mahasiswa. Maka universitas tempat kamu belajar juga diketahui, bahkan akan melekat pada citra kamu.

Contohnya, jika kamu bekerja dengan baik, universitas tempat kamu belajar akan dinilai baik. Kadang banyak sekali kita temukan kata-kata seperti “universitas a anaknya rajin-rajin dan kerjanya bagus” dengan begitu, universitas tersebut namanya akan baik dan mudah mendapatkan pekerjaan.

Sedangkan jika kamu mencitrakan universitas kamu dengan kinerja yang jelek, akan sulit nantinya jika teman satu universitas melamar magang di perusahaan itu. Jadi, sebisa mungkin saat magang kamu menunjukkan kapasitas yang kamu punya.

Meningkatkan Kualitas

Dengan magang kamu akan mengasah soft skill dan juga pengetahuan yang kamu dapatkan semasa kuliah. Kamu akan menghadapi masalah-masalah yang ada di perusahaan, jadi kamu akan diuji dengan berpikir secara kritis.

Seperti itulah tujuan dari kegiatan ini, jadi sebisa mungkin kamu mengikuti program ini ya. Selain untuk menambah pengalaman, kamu juga akan lebih siap terjun ke dunia kerja yang banyak orang mengerikan.

Manfaat Magang

Saat menjalankan kegiatan ini kamu juga mendapatkan beberapa manfaat untuk diri kamu sendiri loh. Kamu tahu ga apa manfaat yang akan kamu terima ketika magang?

Nah daripada kita berlama-lama, mending langsung aja yuk. Berikut manfaat jika kamu mengikuti program ini:

Memaksimalkan Potensi

Kegiatan mahasiswa tak hanya terbatas di dalam kelas saja. Teori yang tak didukung praktek memadahi tentu tak akan membuat mahasiswa siap ketika harus terjun di dunia kerja.

Oleh karena itu, kamu dapat mengikuti berbagai macam kegiatan pengembangan di luar kelas supaya dapat lebih berkembang.

Potensi mahasiswa dapat dimaksimalkan dengan adanya program magang karena secara tak langsung mahasiswa telah dilatih untuk bekerja.

Jika mahasiswa telah mempelajari berbagai teori ketika di bangku kuliah, maka ilmu itu dapat langsung diterapkan saat terjun di lapangan.

Mahasiswa dapat Langsung Bekerja

Jika kamu bekerja dengan baik dan memuaskan, kamu akan berpeluan untuk diprospek oleh perusahaan dimana kamu sedang melakukan kegiatan magang. Sebisa mungkin saat magang kamu tunjukkan seluruh skill yang kamu memiliki.

Jadikan lah diri kamu bermanfaat dalam perusahaan. Dengan begitu kamu akan mudah mendapatkan kerja di tempat magang kamu. Bahkan, sebelum kamu lulus kuliah kamu sudah bisa ditekan kontrak untuk menajdi karyawan tetap.

Jadi kalau bisa jangan main-main yha ketika mengikuti program ini, tunjukkan kemampuan yang kamu miliki. Cari lah perusahaan yang benar-benar mempekerjaka kamu, tidak hanya sekedar menyuruh kamu mendata, fotocopy, dan print kebutuhan kantor.

Mendapat Uang Jajan

Selain mendapatkan ilmu dan prospek bekerja, kamu juga bisa mendapatkan uang jajan tambahan. Biasanya, beberapa kantor mempunyai anggaran untuk menggaji anak magangnya.

Tetapi ada juga kantor yang tidak memberikan gaji pada karyawan. Sebenarnya hal ini hanya sebagai tambahan saja, karena tujuan kita untuk mengikuti program ini adalah mencari ilmu, bukan untuk mendapatkan uang.

Jadi kalian jangan salah kaprah ya mengenai magang, karena manfaat yang kalian dapatkan tidak hanya bentuk uang saja tapi ilmu yang akan kalian rasakan efeknya dikemudian hari.

Begitulah kira-kira pengertian magang dan hal-hal lainnya yang berkaitan magang. Jadi sekarang kamu udah tentukan belum ingin magang dimana? Perusahaan startup, media agency, korporat atau instansi negara.

JojoExpense

Saat kamu mengikuti program ini, kamu jangan mencoba-coba untuk berbuat curang atau tidak fair. Jagalah perilaku kamu, karena seseorang yang tidak mempunyai etika akan nihil walaupun pekerjaannya bagus. Apa lagi perusahaan yang sedang kamu bekerja memakai aplikasi JojoTimes dari Jojonomic.

Aplikasi yang mempunyai fitur anti-fraud ini bisa mobile karyawannya lewat ponsel. Atasan kamu dapat mengetahui sedang dimana kamu berada dan sedang apa. Jadi kamu tidak bisa curang

. Bagi kamu seorang atasan yang sedang mencari cara untuk mencegah bawahanmu bertindak curang, aplikasi ini sangat membantu kamu loh. Langsung aja dicek kelebihan dan benefit yang kamu dapatkan.