Perlukah Program Management Trainee dan Bagaimana Melakukannya?

Perusahaan merupakan satu sistem kerja yang digerakkan oleh banyak bagian dan saling bersinergi. Setiap bagiannya harus bekerja dengan optimal agar target dapat tercapai. Berbagai program dapat dilakukan untuk meningkatkan SDM, baik yang dimiliki maupun ketika rekrutmen. Salah satunya adalah program management trainee.

Mungkin frasa ini sudah tidak asing lagi untuk Anda yang telah lama berkecimpung di dunia perusahaan. Management trainee dapat diartikan sebagai proses pelatihan terhadap karyawan baru atau lama, untuk diberikan pengarahan dan wawasan tentang profil dan unit bisnis perusahaan serta diharapkan mengalami peningkatan kualitas.

Program ini sendiri lebih difokuskan pada perekrutan, dengan tujuan agar mendapatkan tenaga kerja yang memiliki beragam keahlian. Jelas, keahlian yang beragam kemudian dapat ditempatkan sesuai dengan kebutuhan perusahaan sehingga perusahaan tidak akan kekurangan tenaga kerja yang berkualitas.

kontrak kerja tidak diperpanjang

Selain berguna untuk lulusan baru, program management trainee juga penting untuk kelangsungan perusahaan. Untuk memenangkan kompetisi, perusahaan butuh talenta terbaik, loyal, dan penuh motivasi, sehingga bisa meningkatkan kompetensi perusahaan nantinya. Jadi bagaimana cara melakukan program management trainee, simak penjelasannya sebagai berikut:

  • Identifikasi Kebutuhan Perusahaan

Untuk membuat program management trainee yang tepat, yang harus dilihat pertama yaitu kebutuhan perusahaan atas talenta baru. Meski demikian, perlu juga menilai stategi management trainee yang dijalankan perusahaan saat ini dalam rangka menyeimbangkan kebutuhan dengan keterampilan. Strateginya melibatkan pemahaman tentang masalah spesifik yang tak bisa diatasi dengan strategi management trainee sebelumnya. Ini bisa dilihat dari hasil penilaian dengan beberapa indikator performa untuk mengidentifikasi hasil sebenarnya dan hasil yang diharapkan dari program management trainee. Manajemen kemampuan tiap individu juga harus jadi perhatian penting dalam management trainee. Ini diperlukan supaya lulusan baru punya kemampuan lebih baik dan lebih efektif saat nantinya diberi peran yang lebih tinggi dalam struktur jabatan perusahaan.

  • Menanamkan Nilai Internal Perusahaan

Penting untuk menekankan pentingnya nilai-nilai yang dipunyai perusahaan dalam management trainee. Tiap perusahaan pasti punya budaya kerja yang berbeda, dan pengetahuan semacam ini harus ditanamkan pada lulusan baru yang nantinya berpeluang menjadi generasi penerus.

Sikap loyal adalah yang utama, bersama dengan integritas. Dua karakter dasar ini nantinya mampu mempertahankan eksistensi bisnis di era persaingan yang makin tak bisa dihindari. Nilai internal yang dimaksud bisa berupa visi misi perusahaan, dan apa yang menjadi target besarnya. Budaya perusahaan secara jelas harus masuk dalam program management trainee. Semisal ini bisa dilakukan dengan seksama, management trainee secara prositif dapat meningkatkan pertumbuhan bisnis untuk jangka panjang.

  • Fleksibilitas Program Management Trainee

Persiapan penting lain terkait management trainee yaitu membuat program yang lebih fleksibel. Program ini nantinya dapat digunakan secara masif juga efektif untuk meningkatkan kemampuan lulusan baru supaya siap pakai. Fleksibilitas ini tentu harus disesuaikan dengan kebutuhan. Mendesain program management trainee yang fleksibel akan memberi keleluasaan, baik untuk perusahaan dan lulusan baru. Juga, penting untuk mempertimbangkan ketersediaan waktu dari berbagai program pembelajaran dalam materi kursus yang diberikan. Pastikan bahwa program yang diberikan bisa beradaptasi di berbagai kondisi ekonomi dan lingkungan bisnis yang berbeda. Untuk sekarang, memadukan dengan tren terkini akan lebih memberi fleksibilitas pada program management trainee yang dijalankan. Fleksibilitas juga harus mencakup fokus yang bisa memenuhi tuntutan kemampuan yang diminta manajemen supaya dapat menyatu dalam kelompok kerja. Meski demikian, program yang dipersiapkan juga harus sesuai lingkungan internal dan eksternal perusahaan.

  • Teknik Penyampaian yang Tepat Guna

Era baru membutuhkan metode baru, dan ini dibutuhkan guna menciptakan situasi kondusif saat penyampaian materi management traine. Sangat penting untuk menerapkan teknik penyampaian terbaik dalam rangka membuat management traine menjadi lebih efektif. Teknik yang diterapkan setidaknya harus menggunakan kombinasi beberapa metode seperti metode belajar mengajar, diskusi grup, studi kasus, survey lapangan, kursus, juga lainnya. Untuk hal ini, diperlukan pelatih atau mentor yang punya keahlian pada satu metode.

Semua teknik pembelajaran dan metode penyampaian tersebut diperlukan sebagai langkah adaptasi dari dunia pendidikan ke dunia kerja. Meski beberapa lulusan baru punya kemampuan karena latar belakang studinya, tapi itu tak menjamin lulusan baru bisa menerapkan kemampuan secara maksimal. Adanya program ini bisa dimanfaatkan sebagai jembatan peralihan dari dua dunia yang berbeda, dengan catatan bahwa teknik pembelajaran yang dipakai tepat. Harapannya adalah, perusahaan mendapat talenta terbaik dengan kemampuan terbaik di bidangnya.

Biasanya hasil dari program ini adalah karyawan yang sudah siap ditempatkan pada pos tertentu sesuai dengan keahlian yang diperlihatkannya selama mengikuti program. Tak jarang, program management trainee juga dilakukan bersamaan dengan on job training, sehingga berjalan lebih efektif. Pertanyaan yang akan muncul kemudian adalah, sebenarnya apa keperluan  dari program ini, yuk simak sebagai berikut:

  1. Ketersedian SDM sebagai tenaga ekslusif

Tidak dapat dipungkiri seiring berjalannya waktu setiap karyawan juga akan bertambah usianya. Hal ini jadi pekerjaan tersendiri untuk perusahaan untuk mencari pengganti bagian eksekutif yang memiliki kapabilitas sama atau lebih baik. Tantangan tidak hanya terjadi karena usia, namun juga jika karyawan mengundurkan diri.

Dengan melakukan program management trainee, perusahaan setidaknya telah menyiapkan beberapa karyawan yang diarahkan untuk mengisi bagian eksekutif di kemudian hari. Dengan begini jika salah satu pos eksekutif kosong, perusahaan tidak memerlukan waktu lama untuk mengisi posisi tersebut dan kembali melakukan kegiatan dengan efektif.

  1. Pengenalan perusahaan dan SOP

Untuk karyawan baru, pengenalan terhadap sistem yang berjalan di perusahan penting. Tujuannya adalah agar karyawan baru lebih cepat beradaptasi dan memahami apa yang harus dilakukannya pada pos yang menjadi tugasnya kelak. Selain itu, karyawan juga wajib memahami Standar Operasional Prosedur untuk setiap pos yang tersedia. Dengan demikian, karyawan bisa melakukan adaptasi lebih cepat dan mendapatkan informasi yang cukup untuk segera bekerja, sesaat setelah mereka ditempatkan pada posisi tertentu.

  1. Penilaian dan evaluasi karyawan baru

Program ini, ketika dijalankan, akan dapat menyaring karyawan yang telah masuk ke perusahaan pada proses rekrutmen. Nantinya, setiap karyawan baru tentu akan mendapatkan pekerjaan tertentu, yang disesuaikan dengan hasil dari program yang diikuti. Perusahaan juga akan mendapat penilaian secara langsung serta dapat mengevaluasi kapabilitas masing-masing karyawan. Hal ini penting agar karyawan yang ditempatkan pada pos yang diatur dapat menunjukkan performa maksimal dan tidak terjadi kesalahan penempatan.

  1. Produktivitas perusahaan

Pada akhirnya berbagai program yang diberlakukan di perusahaan akan bertujuan untuk meningkatkan produktivitas perusahaan. Dengan SDM yang mumpuni, tentu perusahaan dapat melakukan produksi dengan lebih baik dan efektif. Ujungya adalah peningkatan hasil serta kualitas dari perusahaan secara umum. Perusahaan yang ditenagai karyawan berkualitas cenderung mudah berkembang. Terlebih kualitas karyawan ini bisa diintegrasikan pada satu pola kerja yang seimbang. Perusahaan akan merasakan keuntungan ini dalam waktu dekat.

  1. Pengembangan karakter dan kesesuain budaya perusahaan

Karyawan yang baik tidak hanya dinilai dari sisi kemampuan teknisnya saja, namun juga karakter yang dimiliki. Sudah pasti setiap karyawan akan memiliki karakter unik yang menjadi bawaan dari dalam dirinya sendiri. Program management trainee kemudian akan ditujukan untuk dapat menyinkronkan berbagai karakter agar dapat berjalan bersama dengan efisien. Selain itu, program ini juga berguna agar karyawan yang berada pada satu perusahaan memiliki pemahaman pada budaya yang dimiliki perusahaan tersebut. Dengan demikian karyawan bisa menyeragamkan visi dan misi yang berorientasi pada target perusahaan.

Apakah anda sudah paham mengenai program management trainee tersebut? Apakah anda perlu melakukannya di perusahaan anda. Semoga dengan membaca ini anda semakin paham dengan management trainee ini. Lalu anda tak perlu mengerjakan secara sencirian, kami memiliki JojoPayroll yang bisa memberikan Solusi Payroll Otomatis, Kelola Penggajian Dimana Saja Kapan Saja. Anda bisa mempersingkat waktu anda dikerjakan untuk hal lain yang lebih bermanfaat. Singkirkan waktu proses payroll manual yang berhari-hari menjadi hitungan menit. Jojopayroll membantu anda mengelola payroll perusahaan dengan cara baru yang lebih baik. Di JojoPayroll  anda bisa mendapatkan solusi dalam analitik untuk pengambilan keputusan manajemen yang bisa anda memiliki database yang ditambang otomatis untuk semua kebutuhan pengambilan keputusan perusahaan anda. Silakan kunjungi JojoPayroll untuk info lebih lanjut serta anda bisa mencoba free trial-nya.