Fresh Graduate? Asah Kemampuan dengan Program Management Trainee

Mencari dan mendapatkan kerja setelah lulus kuliah adalah impian semua fresh graduate. Untuk memenuhi permintaan yang melonjak tersebut banyak perusahaan membuka sebuah program rekrutmen khusus bagi kamu para fresh graduate, yakni management trainee atau MT.

Program ini ditujukan untuk merekrut pegawai baru dengan proses khusus. Di mana, biasanya calon karyawan akan di coba berbagai macam jenis kegiatan untuk melihat kemampuan dan bakat dari masing-masing peserta pelatihan. Baru setelahnya, peserta akan ditugaskan pada posisi sesuai dengan penilaian dan keahlian yang mereka miliki.

Nah, apakah kamu tertarik untuk mengikuti program management trainee ini? Di dalam artikel ini kami akan membahas terkait hal tersebut, khusus bagi kamu yang tertarik mengikuti MT. Langsung saja kita lihat, yuk!

Apa itu Management Trainee?

Management Trainee adalah proses pelatihan terhadap karyawan baru yang direkrut oleh perusahaan untuk diberikan pengarahan dan wawasan tentang profil dan unit bisnis perusahaan.

Diharapkan hasil dari pelatihan dan pengembangan karakter ini akan diperoleh dan diseleksi calon pegawai baru yang memiliki kualitas untuk dipromosikan ke jenjang yang lebih strategis pada level manajemen di perusahaan.

Jangka waktu pelatihan biasanya sangat bergantung dari kebijakan masing-masing perusahaan. Ada yang melaksankannya dalam waktu 6 bulan bahkan ada yang sampai 1 tahun.

Mereka diberikan pelatihan dan pengetahuan yang berkaitan dengan prosedur operasional perusahaan, keahlian perencanaan,  pengendalian usaha, risk manajemen, dan rencana manajerial.

Disamping penguasaan materi, para peserta juga sekaligus melakukan On Job Training atau praktik kerja langsung dengan aktifitas perusahaan sehari-hari. Jangka waktu pelaksanaan MT ini pada beberapa perusahaan biasanya dibagi menjadi:

  • Training in Class selama 2 bulan Pra-On Job Training
  • On Job Training (OJT) selama 2 bulan
  • OJT 1 & 2 selama masing-masing 3 bulan
  • Review selama 1 bulan
  • Penempatan kerja selama 1 tahun

Manfaat dari Adanya Pelaksanaan Management Trainee

Manfaat langsung dan dampak positip yang diperoleh perusahaan dengan menerapkan prosedur management traine antara lain:

  • Dapat menilai, mengevaluasi dan menyaring calon manajerial yang berkualitas
  • Menjamin ketersediaan sumber daya manusia yang handal dan trampil yang akan dipromosikan ke jenjang executive perusahaan.
  • Memberikan wawasan dan pengembangan karakter calon manajerial.
  • Pelatihan dan pengelolaan SDM di perusahaan
  • Sarana peningkatan kemampuan manajemen
  • Peningkatan produktifitas perusahaan
  • Memberikan pelatihan tentang standar operasional prosedur perusahaan yang baku.

Meskipun terkesan sangat menguntungkan perusahaan, bukan berarti posisi ini sepi peminat lho! Buktinya, setiap ada program MT yang diselenggarakan oleh perusahaan, masih banyak pendaftar, khususnya para fresh graduate. Dari sini timbul pertanyaan, mengapa posisi ini sangat diminati oleh mereka?

Alasan Mengapa Program Management Trainee ini Menarik para Fresh Graduate

Ada beberapa alasan mengapa para jobseekers terutama mereka yang berstatus fresh graduate tertarik dengan posisi ini. Beberapa di antaranya adalah:

Memiliki status “karyawan”

Meski sama-sama berlatih kerja, status mereka yang mengikuti program ini akan berbeda dengan para karyawan magang ataupun pencari kerja. Benefit yang akan diterima peserta MT bisa setara dengan karyawan tetap di perusahaan tersebut.

Adanya jalur karier yang lebih pasti

Karena memang bertujuan mencari karyawan untuk ditempatkan pada level manajemen, karir sobat tidak akan stuck sebagai MT. Dengan bekerja keras, perkembangan karir sobat akan lebih pasti dibandingkan dengan karyawan yang tidak mengikuti Management Trainee.

Dapat ilmu sekaligus penghasilan

Mengisi lowongan ini berarti kamu akan mendapatkan sejumlah penghasilan sendiri. Ditambah kamu akan mendapat kesempatan untuk belajar banyak hal karena semua tugas yang diberikan. Karena, memang program ini bertujuan untuk melatihmu menjadi karyawan yang lebih handal.

Bekerja sesuai minat dan bakat

Umumnya, perusahaan akan menempatkan sobat pada bagian yang sesuai dengan minat dan potensi dirimu, Darimana mereka bisa tahu? Tentu saja dari masa pelatihan yang telah kamu lalui sebagai peserta MT.

Mengembangkan kemampuan bekerja sama

Selain tergabung bersama management trainee lainnya, kamu juga akan bergabung dalam divisi yang berbeda. Kemampuan bekerjasama sobat akan meningkat seiring dengan pengalaman yang akan kamu peroleh.

Mengajarkan banyak hal yang berhubungan dengan kepemimpinan

Keinginan untuk menjadi seorang pemimpin adalah hal lain yang menjadikan posisi ini selalu diminati. Karena, di dalam program ini, kamu akan belajar banyak hal yang berhubungan dengan kepemimpinan seperti kemampuan untuk berpikir kreatif, bekerja dalam tekanan, serta bekerja sama dalam tim.

Melihat keuntungan yang akan didapat, tak heran bahwa posisi ini menjadi sasaran empuk para pencari kerja. Nah, oleh karena itu, untuk menduduki dan mendapat “jatah” di posisi ini tidaklah mudah. Kamu harus berhasil melalui sejumlah proses seleksi, sesuai dengan ketentuan yang dimiliki oleh perusahaan. Apa saja proses seleksinya?

Proses Seleksi Umum untuk Para Peserta Management Trainee

Pada bagian ini kamu akan melihat tahapan yang harus dihadapi untuk menjadi bagian dari peserta MT.

  • Administrasi

Tahap pertama yang harus kamu lewati adalah seleksi administrasi. Biasanya para perusahaan memberikan syarat Indeks Prestasi Komulatif (IPK) minimal 3 untuk lulusan fresh graduate dari perguruan tinggi.

Selain itu, paling tidak harus memiliki kemampuan berbahasa Inggris baik lisan maupun tulisan, kecakapan berorganisasi dan berkomunikasi, serta memiliki keahlian khusus diluar kemapuan akademik.

Jika kamu merasa bisa memenuhi persyaratan tersebut, maka kemungkinan besar kamu akan lolos seleksi administrasi untuk program MT ini.

  • Psikotes

Jika kamu telah lolos seleksi adminstrasi, kamu akan melanjutkan proses seleksi dengan mengikuti psikotes. Seperti yang dilakukan banyak perusahaan lain ketika merekrut karyawan, psikotes juga merupakan instrumen umum yang sering digunakan untuk merekrut karyawan MT. Oleh karenanya, pastikan kamu sudah mempersenjatai diri dengan berlatih berbagai macam soal psikotes.

Karena biasanya lowongan ini dibuka untuk lintas jurusan, alias orang dari berbagai latar pendidikan berbeda boleh mendaftar, jadi jangan kaget jika ternyata banyak sekali peserta yang ikut. Kamu hanya perlu pasang mental percaya diri, dan kerjakanlah soal-soal psikotes yang ada dengan tenang, cepat, dan cermat.

  • Tes Asesmen dan Bahasa Inggris (Tes Tertulis)

Kemudian masih ada tes selanjutnya yakni tes asesmen dan bahasa inggris. Di beberapa perusahaan ada yang melakukan jenis tes ini terlebih dahulu baru melakukan psikotes. Keduanya memiliki tujuan yang sama, yakni melihat kemampuan akademik para calon peserta MT.

  • Focus Group Discussion (FGD)

Jika kamu telah berhasil lolos seleksi tes tertulis, maka kamu akan mendapat kesempatan untuk ikut seleksi focus group discussion atau FGD. Adanya seleksi ini bertujuan untuk melihat skill komunikasi dan kerjasama tim dari para peserta. Karena, biasanya proses seleksi ini dilakukan dengan berkelompok yang dipandu oleh seorang moderator.

Namun, ada juga beberapa perusahaan yang tidak memiliki seleksi FGD, namun diganti dengan Leaderless Group Discussion atau LGD. Bedanya, jenis diskusi kelompok ini tidak dipandu oleh seorang moderator.

Menurut sebagian orang, proses ini adalah salah satu yang paling sulit, karena kita tidak mengetahui bagaimana proses penilaiannya, dan menyerahkan keputusan secara penuh kepada pihak penilai dari perusahaan.

  • Interview dengan Pihak HRD perusahaan

Apabila kamu mendapat panggilan interview, maka selamat! Kamu telah berhasil melewati salah satu prosesi sulit untuk posisi MT. Biasanya ada dua proses wawancara untuk posisi MT. Pertama adalah interview dengan pihak HRD perusahaan.

Pastikan kamu tidak gugup dan menjadi dirimu sendiri saat menjawab pertanyaan dari HRD ya! Karena, pihak HRD akan menilai kepercayaan diri dan kejujuran yang kamu miliki.

  • Interview User

Proses wawancara selanjutnya yang harus dijalani para calon peserta MT adalah interview user. Pelaksanaan proses ini biasanya dilakukan oleh pihak perusahaan yang memiliki jabatan lebih tinggi dari HRD. Bahkan ada beberapa program MT yang langsung menerjunkan pimpinan perusahaan untuk melakukan tahapan interview ini.

Usahakan sebelum kamu melakukan interview user ini, pelajari dengan seksama terkait perusahaan tempatmu bekerja dan jobdesc yang akan kamu jalani sebagai MT. Karena, biasanya hal-hal tersebut akan ditanyakan pada tahap ini.

Tips lain, pastikan kamu tidak gugup, dan berani menjawab apa adanya ya! Hal ini untuk melihat apakah kamu bisa diandalkan oleh perusahaan untuk mengambil keputusan, khususnya di saat-saat penting dan genting.

  • Medical Check-Up

Tahapan wawancara telah berhasil dilalui, apabilla kamu mendapat undangan untuk melakukan medical check-up. Tahapan ini harus dilakukan agar perusahaan dapat melihat apakah kamu sehat secara jasmani untuk bisa mengikuti program MT ini.

Terkesan remeh, namun kamu tetap harus memperhatikan kesehatanmu sebelum melakukan pemeriksaan ya! Karena, banyak calon peserta MT yang gugur akibat dianggap kurang sehat berdasarkan hasil pemeriksaannya.

  • Offering

Selamat! Dengan diberikannya undangan MT ini, berarti kamu berhasil melalui seluruh tahapan seleksi dan menjadi bagian dari program management trainee di perusahaan. Kamu tinggal menjalani program ini dengan sepenuh hati karena proses yang dijalani sudah cukup panjang. Selamat mencoba!

Nah, bagaimana? Apakah kamu tertarik untuk mengikuti program management trainee ini? Karena program ini dianggap sangat menjanjikan, maka pastikan kamu serius menjalani prosesinya ya!

Oh iya, untuk membantu perusahaan dalam masalah perekrutan Jojonomic punya aplikasi menarik lho! Aplikasi dengan nama JojoTimes ini menawarkan banyak fitur menarik yang tentunya akan banyak membantu perusahaan, khususnya dalam pengelolaan HR.

Ayo coba demonya dan rasakan sendiri fitur yang akan kamu dapatkan. Selamat mencoba!