Mengapa Manajemen Bisnis Sangat Penting untuk Perusahaan?

Kamu berencana untuk membuka bisnis sendiri? Baik itu bisnis kuliner, kecantikan, fashion, atau bisnis lainnya? Nah, sebelum kamu membuat atau membuka bisnis sendiri atau ketika mempunyai usaha sendiri, penting sekali untuk kamu mempelajari tentang cara mengelolanya atau yang sering disebut dengan manajemen bisnis. Kenapa? Karena manajemen bisnis inilah yang bisa membantu kamu dalam mengelola dan menjalankan bisnis secara benar dan tepat supaya bisa mencapai target-target yang ditetapkan. Penting sekali, kan? Mau tahu pengertian manajemen bisnis beserta fungsi dan unsur yang wajib kamu ketahui? Yuk, simak penjelasannya berikut ini!

Pengertian Manajemen Bisnis

Menurut Ricky W. Griffin, manajemen ini didefinisikan sebagai sebuah proses perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasian, dan pengontrolan sumber daya untuk mencapai sasaran secara efektif dan efisien.

Mengingat perencanaan bisnis ini seperti konsep pengembangan tertulis, maka semua gambaran pengelolaan, manajemen, keuangan, pengembangan hingga target dan pemasarannya pun juga harus terencana dengan sempurna. Hal ini bisa kamu lakukan karena manajemen bisnis memilik beberapa fungsi untuk membantu perencanaan bisnis kamu. Apa saja ya fungsi dari manajemen bisnis ini?

Fungsi Manajemen Bisnis

Manajemen bisnis juga memiliki beberapa fungsi yang sangat bermanfaat untuk bisnis kamu. Apa saja fungsi-fungsi manajemen bisnis untuk kelancaran bisnis kamu?

Perencanaan (Planning)

Perencanaan ini bisa dibilang sebagai basis terpenting dari keseluruhan proses manajemen bisnis, bahkan sama pentingnya seperti pondasi rumah yang harus dibangun secara kuat. Karena, dasar yang kuat berarti bangunan yang kuat juga, kan? Dalam hal ini, manajemen berperan untuk menetapkan tujuan atau sasaran yang akan dicapai oleh perusahaan, lalu merencanakan cara terbaik demi mencapai tujuan tersebut.

Tapi, perencanaan ini bisa biasanya dilakukan selama beberapa kali tergantung dari skala perusahaan, untuk kepentingan perusahaan secara keseluruhan dan akan di break down lagi secara lebih detail untuk masing-masing divisi.

Pengorganisasian (Organizing)

Nah, setelah kamu sudah melakukan perencanaan secara matang, saatnya mengubah rencana kamu tersebut menjadi sesuatu yang nyata. Tapi, jangan terburu-buru ya, karena untuk itu, kamu perlu memastikan agar tugas atau kegiatan tertentu dikerjakan oleh orang-orang yang tepat juga.

Pengorganisasian juga bisa dilakukan dengan menentukan tugas apa yang harus dikerjakan, siapa yang harus mengerjakan dan bertanggung jawab atas tugas tersebut, sampai pada oleh siapa keputusan harus diambil dalam bisnis di perusahaannya.

Pengarahan (Directing)

Pada tahap ini, setiap anggota tim pada dasarnya hrus sudah mengetahui apa yang harus mereka kerjakan demi mencapai tujuan perusahaan. Tapi, walaupun begitu, mereka harus tetap diberikan dorongan supaya bisa terus termotivasi untuk bekerja atau pengarahan. Kamu juga pasti akan lebih semangat kan, kalau diberikan motivasi dan sedikit hiburan untuk bekerja?

Biasanya, manajer di masing-masing divisi melakukan pengarahan melalui metode influencing dan motivating.

Pengendalian (Controlling)

Fungsi ini juga sangat penting lho, supaya setiap proses dalam manajemen berjalan optimal dan sesuai rencana. Umumnya, fungsi pengendalian ini meliputi empat kegiatan, yaitu untuk menentukan standar prestasi, mengukur prestasi yang sudah dicapai, membandingkan prestasi yang sudah dicapai dengan standar prestasi, dan melakukan perbaikan kalau ada penyimpangan dari standar prestasi yang sudah ditentukan.

Jenis-jenis Manajemen Bisnis untuk Keperluan Bisnis

Supaya bisnis bisa berjalan optimal dan sesuai dengan rencana yang telah kamu tentukan, perlu  beberapa jenis manajemen lain juga untuk diterapkan, yaitu:

Manajemen Keuangan

Manajemen keuangan ini sangat penting dan paling sering di review karena berfungsi untuk mengatur keuangan perusahaan supaya arus kas berjalan stabil sehingga pengeluaran tidak lebih besar daripada pemasukan bisnis.

Dengan adanya pengelolaan keuangan, seluruh komponen keuangan bisnis juga akan terdata secara rapi, dan memudahkan kamu untuk melakukan analisis dan meningkatkan peluang untuk pengambilan keputusan yang lebih akurat dan strategis.

Jadi, pastikan kamu mempercayakan orang untuk menangani manajemen keuangan ini dan menjadi orang yang bisa dipercaya juga ya untuk mengantur keuangan perusahaan.

Manajemen SDM

Pastinya suatu perusahaan tidak bisa berjalan maksimal tanpa karyawan-karyawannya, kan? Karena itu, sumber daya manusia (SDM) ini hal terpenting dalam manajemen bisnis sebagai pemegang kontrol terhadap unsur-unsur lainnya, contohnya seperti uang, material, atau mesin. Karena perannya yang amat krusial, diperlukan penanganan khusus yang disebut juga dengan manajemen SDM. Dengan adanya pengelolaan yang tepat, SDM ini diharapkan bisa saling bekerja sama secara baik, efektif, dan efisien sehingga tujuan dapat tercapai.

Manajemen Operasional

Dalam bisnis, manajemen operasional bisa membantu kamu untuk memastikan bahwa kegiatan operasional perusahaan sehari-hari berjalan sesuai rencana dan kebijakan yang berlaku. Kegiatan operasional ini mencakup segala hal yang berhubungan dengan proses produksi, mulai dari bahan baku, mesin, teknologi hingga metode yang diterapkan dalam mengubah bahan baku menjadi produk tertentu.

Manajemen Pemasaran

Suatu produk atau jasa yang ditawarkan oleh perusahaan pastinya tidak akan bisa diketahui atau dilihat oleh konsumen tanpa ditawarkan atau diperlihatkan terlebih dahulu. Disinilah peran manajemen pemasaran yang bertugas untuk memasarkan atau mengiklankan atau menawarkan berbagai produk dan jasa yang ditawarkan oleh suatu perusahaan, supaya dikenal dan membuat orang tertarik untuk membeli dan menggunakannya.

Apalagi, kalau perusahaan dan produk kamu tergolong baru, maka kamy harus menjadi pihak yang lebih aktif melakukan promosi untuk membuat target market mengetahui kehadiran produk kamu.

Unsur-Unsur Manajemen Bisnis

Dalam bisnis, juga ada beberapa unsur yang berpengaruh dalam keberhasilan usaha kamu. Nah, apa saja ya yang menjadi unsur-unsur manajemen bisnis untuk mencapai tujuan suatu perusahaan?

Manusia (Human)

Seperti yang sudah dibahas diatas, sumber daya manusia ini merupakan unsur terpenting dalam manajemen bisnis. Tanpa adanya manusia, perusahaan pastinya tidak bisamenentukan tujuan dan menyusun rencana terbaik untuk mencapai tujuan tersebut. Hal ini manusia merupakan komponen yang memegang kontrol terhadap unsur-unsur lain dalam bisnis.

Uang (Money)

Dari awal mendirikan usaha, uang sudah menjadi salah satu hal paling krusial dan wajin disiapkan, yaitu sebagai modal. Selain sebagai alat tukar, uang juga bisa berfungsi sebagai alat pengukur nilai. Keberhasilan suatu kegiatan atau penjualan perusahaan kamu bisa diukur berdasarkan jumlah uang yang beredar dalam perusahaan.

Bahan (Materials)

Jangan lupa untuk menentukan jenis bahan untuk pembuatan produk yang mau perusahaan kamu  tawarkan. Ada dua jenis bahan dalam unsur bahan, yaitu bahan setengah jadi dan bahan jadi. Tanpa adanya bahan, pastinya kamu akan kesusahan untuk menghasilkan produk yang mau dijual.

Mesin (Machine)

Walaupun kamu sudah mempunyai bahan yang diperlukan untuk membuat produk, tapi hati-hati, proses produksi bisa terhambat kalau kamu tidak punya mesin yang mendukung. Tidak cuma mesin pabrik untuk menghasilkan produk barang saja,  mesin seperti komputer, printer, hingga mesin fotokopi juga memiliki nilai penting dalam proses bisnis kamu.

Manajemen sangat dibutuhkan dalam setiap bisnis atau usaha kamu supaya tetap sukses dan cepat berkembang. Supaya prosesnya bisa berjalan lancar, tidak ada salahnya lho menggunakan aplikasi software seperti JojoExpense, JojoPayRoll, dan JojoTimes yang bisa mempermudah sistem keuangan, daftar kehadiran, dan pembayaran  dengan data yang tersimpan secara sistematis dan aman,  dan proses pelaporan keuangan yang cepat dan bisa selalu kamu pantau lewat gadget bahkan handphone kamu. Penasaran dengan berbagai aplikasi dari Jojonomic ini?