Perlunya Manajemen Pemasaran dalam Berbisnis

Dalam sebuah perusahaan, proses pemasaran atau marketing merupakan hal penting yang harus dilakukan dalam memperkenalkan produk-produk unggulannya kepada masyarakat banyak.

Di dalam ilmu ekonomi sendiri, proses pemasaran atau marketing merupakan salah satu disiplin yang dipelajari secara spesifik, karena tidak semua subjek atau pelaku ekonomi melakukan proses pemasaran. Manajemen pemasaran umumnya dilakukan oleh pelaku bisnis dan perusahaan dalam upayanya memasarkan barang dagangannya.

Di artikel ini kita akan membahas secara mendalam apa itu manajemen pemasaran (Marketing Management), peranan pentingnnya, cara, serta tahapan-tahapan yang perlu untuk dilakukan. Bagi kamu yang tertarik dengan tema Marketing Management, penting nih untuk kamu membaca artikel ini sampai selesai. Selamat membaca!

Apa itu Pemasaran?

Sebelum masuk kedalam manajemen pemasaran ada baiknya kita terlebih dahulu mengetahui apa sih yang dimaksud pemasaran. Berikut adalah definisi pemasaran menurut pendapat beberapa ahli :

Dr. Philip Kotler

Dr. Philip Kotler merupakan professor dan ahli marketing ternama asal amerika ia berpendapat, pemasaran adalah seni dalam menganalisa, menciptakan, dan memberikan nilai yang dapat memuaskan kebutuhan target pasar yang dituju berdasarkan asas keuntungan.

Proses pemasaran melakukan identifikasi terhadap kebutuhan dan keinginan yang belum terpenuhi. Pemasaran mendifinisikan, mengukur, dan mengkuantifikasi ukuran pasar dan potensinya bagi perusahaan.

Mark Burgees

Pemasaran adalah proses dimana perusahaan mengartikan profitabilitasnya sebagai kebutuhan konsumen yang dapat berubah menjadi keuntungan.

Toby Bloomberg

Marketing atau pemasaran lebih dari sekedar penyampaian informasi produk, tapi bertanggung jawab terhadap costumer experience secara keseluruhan.

Dhaarmesta dan Handoko

Manajemen pemasaran merupakan kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan dalam mempertahankan kelangsungan usahanya.

Setelah kita mengetahui definisi tentang apa itu pemasaran dari para ahli, sekarang kita akan bersama-sama mencari tahu lebih mendalam tentang manajemen pemasaran.

Manajemen Pemasaran

Subjek penting dari manajemen pemasaran adalah perusahaan dan konsumennya, perusahaan berusaha semaksimal mungkin untuk memenuhi kebutuhan konsumennya dan mengidentifikasi potensi kebutuhan lainnya.

Tidak hanya itu dalam proses pemasaran perusahaan juga tidak jarang melakukan hal-hal persuasif agar dapat menarik calon konsumen baru. Proses marketing management ini umumnya memiliki empat tahapan dasar. Apa saja tahapan-tahapannya akan dijelaskan sebagai berikut

Analisa

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah melakukan analisa, pengukuran, dan identifikasi berdasarkan data dan fakta yang relevan bagi perusahaan. Data, fakta, dan informasi adalah kunci keberhasilan dalam melakukan bisnis dan strategi pemasaran.

Data yang telah dikumpulkan bisa menjadi pertimbangan sebelum perusahaan menentukan kebijakan dan strategi yang akan dijalankan. Banyak cara yang dapat dilakukan perusahaan dalam mengumpulkan informasi seperti, laporan dari tim sales, survey lapangan, riset, bahkan data pembanding dari kompetitor yang ada.

Perencanaan Strategi

Berikutnya adalah melakukan perencanaan dan strategi berdasarkan data dan informasi yang sudah terkumpul. Perencanaan yang dilakukan bertujuan agar target yang diinginkan perusahaan terutama dalam penjualan dapat tercapai, dengan menggunakan sumber daya yang ada semaksimal dan seefisien mungkin.

Dalam urusan manajemen pemasaran hal konkret yang bisa dilakukan seperti, menciptakan brand awareness dan melakukan promosi. Pada proses perencanaan ini dapat melakukan prediksi jumlah barang yang akan dijual, target pemasukan, dan potensi keuntungan.

Implementasi

Selanjutnya adalah melakukan implementasi terhadap rencana dan strategi yang sudah ditentukan. Pada praktiknya sangat umum tim lapangan akan menemukan hambatan dalam mengeksekusi rencana yang telah dibuat.

Respon Pasar

Respon pasar adalah tahapan terakhir untuk melihat apakah strategi pemasaran yang telah dijalankan berjalan secara efektif dan selaras dengan target yang diinginkan oleh perusahaan.

Dalam hal bagaimana respon pasar terhadap usaha yang dilakukan oleh perusahaan, tidak bisa diatur oleh perusahaan. Berbeda dengan bisnis proses, dimana perusahaan memiliki kekuasaan penuh. Perusahaan hanya bisa mempengaruhi respon pasar, tetapi tidak dapat mengontrolnya.

Marketing Mix

Apakah kamu pernah mendengar istilah marketing mix? Marketing mix merupakan salah satu instrumen dalam manajemen pemasaran. Cara ini pertama kali di usulakan oleh Prof. E. Jerome McCarthy pada tahun 1960.

Metode ini digunakan untuk menganalisa sebuah produk sebelum diluncurkan dipasaran ataupun merevisi produk sebelumnya. Dalam Marketing Mix ada empat elemen penting yang perlu kamu ketahui, empat elemen ini dikenal dengan empat P, Product, Price, Promotion, dan  Placement.

Product

Produk adalah barang atau jasa yang ditawarkan perusahaan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen mereka. Mengidentifikasi perbedaan yang ada terhadapa barang dan jasa yang ditawarkan menjadi sangat penting, karena akan berdampak tehadap kesuksesan pemasaran yang akan dilakukan.

Price

Harga mencerminkan nilai produk terhadap pemenuhan kebutuhan konsumen dalam bentuk uang. Dalam manajemen pemasaran seorang marketer handal akan menghitung biaya yang dibutuhkan dalam proses menghasilkan produknya dan mengkaitkannya menjadi nilai produk di mata para konsumen. Seberapa berharga dan berkualitas produk dimata konsumen.

Placement

Hal ketiga adalah penempatan. Penempatan yang dimaksud adalah penempatan distribusi produk berdasarkan kategori dan harganya. Produk yang sifatnya mendasar dapat kamu temukan di banyak toko dengan mudah. Tetapi produk spesifik seperti barang mewah, hanya dapat kamu temukan di toko dan area tertentu saja.

Promotion

Aktifitas promosi yang dilakukan perusahaan seperti, iklan, promosi penjualan, diskon, dan public relations. Dalam melakukan promosi perushaan terlebih dahulu melakukan penganggaran terhadap promosi yang ingin dilakukan. Menentukan media atau jenis platform apa yang akan digunakan agar mencapai target audience yang diinginkan.

Tujuan Manajemen Pemasaran

Setelah kamu membaca bagaimana tahapan dalam manajemen perusahaan dan apa itu marketing mix? Sekarang hal terakhir yang perlu kamu ketahui adalah tujuan dari Manajemen Pemasaran itu sendiri.

Tujuan Manajemen Pemasaran sendiri umumnya selaras dengan tujuan utama perusahaan, salah satunya adalah mendapatkan keuntungan. Untuk mengetahui lebih jelas tujuannya, coba kamu simak penjelasan berikut

Menciptakan Permintaan

Tujuan awal dari adanya asas pemasaran dalam ekonomi adalah menciptakan permintaan. Barang dan Jasa yang dihasilkan oleh perusahaan bertujuan memenuhi kebutuhan perusahaan.

Manajemen pemasaran secara sadar dan memang bermaksud melakukan kegiatan-kegiatan yang dapat mempengaruhi pilihan konsumen dalam memenuhi kebutuhannya.

Menciptakan permintaan akan barang dan jasa yang dihasilkan oleh perusahaan dengan cara memberikan informasi secara persuasif tentang kegunaan dan keunggulan terhadap suatu barang ataupun jasa.

Kepuasan Konsumen

Kepuasan konsumen merupakan salah satu hal yang paling penting  dalam manajemen pemasaran. Mengidentifikasi kebutuhan konsumen harus dilakukan sebelum menawarkan produk apapun kepada konsumen. Konsep dasar dalam pemasaran adalah berawal dari konsumen dan berkahir pula dari konsumen.

Market Share

Selanjutnya adalah meningkatkan Market Share. Bagi kamu yang belum tahu apa itu market share akan dijelaskan secara sederhana kok. Contoh Coca Cola dan Pepsi memiliki target pasar yang sama, yaitu pasar beverages atau minuman.

Dalam pasar minuman sendiri ada perusahaan yang menawarkan jus ataupun softdrink lainnya. Nah Coca Cola dan Pepsi memiliki target pasar yang sama, tetapi tidak hanya itu saja ada jenis produk lain yang menjadi kompetitor mereka di pasar tersebut, dimana mereka harus bersaing satu sama lain tetapi juga terhadap kompetitor lain dengan pasar yang sama.

Meningkatkan market share bisa kamu artikan sebagai usaha mendominasi pasar, dimana perusahan beroperasi.

Menghasilkan Keuntungan

Jika usaha- usaha yang dilakukan membuahkan hasi berupa keuntungan, hal ini dapat di artikan bahwa produk dan promosi yang ditawarkan mendapat respon baik dari konsumen. Perusahaan yang tidak dapat menghasilkan keuntungan, bisa jadi disebabkan produknya yang di tawarkan tidak memiliki nilai dan manfaat yang tinggi bagi konsumen.

Membangun Reputasi dan Image Baik Perusahaan

Membangun reputasi baik merupakan salah satu tujuan manajemen pemasaran dalam jangka panjang. Departemen pemasaran akan menyediakan produk kualitas dan harga yang sesuai, serta melakukan promosi-promosi lainnya yang dapat mencerminkan visi dan misi perusahaan yang dapat memberikan dampak positif bagi reputasi perusahaan itu sendiri.

JojoTImes

Dalam mangelola perusahaan waktu merupakan hal penting yang harus kamu perhatikan. JojoTimes, merupakan aplikasi yang dapat memantau kehadiran tim kerjamu dari mana saja. JojoTimes menyediakan kontrol kebijakan cuti dan lembu kerja yang sangat mudah, penyimpanan database yang aman, dan menghemat waktu kamu dalam membuat laporan kehadiran bulanan, sehingga produktifitas dan efisiensi kamu dalam mengelola kehadiran tim kerja meningkat hingga 100%. Cepetan yuk coba JojoTimes sekarang!