Manajer Adalah Poin Penting Kepemimpinan Di Perusahaan

manajer adalah

Manajer adalah seorang pegawai di suatu perusahaan yang bertugas mengkoordinasi berbagai kegiatan dari para pegawai perusahaan. Kegiatan para pegawai perusahaan perlu untuk dikoordinir agar para pegawai dapat bekerja dengan baik. Pekerjaan yang dilakukan dengan baik tentu akan membuat perusahaan bisa mencapai sasaran dengan tepat.

Seorang manajer di suatu perusahaan seringkali dikaitkan dengan kepemimpinan. Pada suatu perusahaan umumnya seorang manajer merupakan orang yang memiliki ketrampilan untuk memimpin sebuah organisasi. Dalam hal ini yang dimaksud dengan organisasi adalah sekumpulan orang di suatu perusahaan yang saling bekerja sama untuk mencapai satu tujuan. Tujuan yang dimaksud adalah tujuan perusahaan misalnya seperti meningkatnya omset penjualan dan perluasan bisnis atau tujuan lainnya.

Tingkatan Manajer

Di dalam suatu perusahaan tentu terdapat unsur organisasi. Tentu saja organisasi ini membutuhkan peran seorang pemimpin yang berfungsi lebih sebagai pengkoordinir segala kegiatan di perusahaan terkait. Oleh karena itu dibutuhkan kehadiran manajer di suatu perusahaan. Manajer sendiri sebenarnya terdiri dari beberapa tingkatan.

  • Dimulai dari manajer lini pertama yang biasa dikenal pula dengan sebutan manajer operasional. Manajer operasional ini merupakan manajemen dengan tingkat yang paling rendah. Tugasnya adalah mengawasi dan juga memimpin para karyawan non-manajerial yang ada pada bagian proses produksi. Manajer ini merliputi manajer shift dan manajer area serta manajer departemen atau bahkan mandor.

  • Selanjutnya ada manajer tingkat menengah yang mencakup semua manajer yang berada di antara manajer lini dan manajer puncak. Manajer tingkat menengah ini bertugas sebagai penghubung antara manajer lini dan manajer puncak. Manajer tingkat menengah antara lain meliputi kepala bagian dan pemimpin proyek serta manajer pabrik.
  • Di tingkat teratas pada suatu perusahaan terdapat manajer puncak atau top management. Umumnya manajer ini dikenal pula dengan istilah executive officer. Manajer puncak ini bertugas untuk merencanakan strategi dan kegiatan perusahaan secara umum serta turut mengarahkan jalannya perusahaan. Jabatan yang tergolong sebagai manajer puncak yaitu CEO atau Chief Executive Officer.

Fungsi Manajer Adalah Poin Penting

Seorang manajer pada suatu perusahaan memiliki berbagai fungsi. Salah satunya adalah fungsi perencanaan yang meliputi berbagai kegiatan pokok perencanaan. Kegiatan tersebut seperti misalnya penentuan tujuan dan penyusunan program atau jadwal. Selain itu ada pula kegiatan pernyusunan anggaran serta pengembangan prosedur dan juga kegiatan penafsiran kebijakan. Kegiatan perencanaan ini biasanya merambah ke bidang produksi dan pemasaran serta SDM dan tata usaha.

Selain itu seorang manajer juga memiliki fungsi pengorganisasian. Dalam menjalankan fungsi ini maka seorang manajer akan menyusun struktur organisasi dan mendelegasikan tanggung jawab serta menetapkan hubungan antarbagian atau antardivisi dalam suatu organisasi di perusahaan. Seorang manajer juga memiliki fungsi pelaksana kerja dengan berdasarkan pada apa yang telah direncanakan. Hal ini berarti bahwa seorang manajer haruslah terlibat dalam suatu pelaksanaan rencana kerja sehingga tujuan dari perusahaan dapat dicapai. Tujuan tersebut mengacu pada koordinasi antarbagian terjalin dengan baik serta terjaganya hasil produksi dengan kualitas terbaik.

Fungsi terakhir dari seorang manajer adalah fungsi pengawasan. Dalam hal ini seorang manajer haruslah melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan berbagai kegiatan yang berlangsung di perusahaan. Kegiatan yang berlangsung di perusahaan sudah seharusnya sesuai dengan perencanaan yang telah ditetapkan. Dengan pengawasan yang dilakukan oleh manajer maka kegiatan yang dilakukan di suatu perusahaan akan memberikan hasil terbaik sesuai dengan harapan dari pemilik usaha.

Ketrampilan Manajer

Dalam melaksanakan tugasnya maka seorang manajer perlu memiliki beberapa ketrampilan. Salah satunya adalah ketrampilan konseptual yaitu ketrampilan dalam membuat ide dan konsep yang perlu diberikan untuk pengembangan kegiatan sehingga bisa memberikan kemajuan bagi perusahaan. Selain itu seorang manajer juga perlu memiliki ketrampilan komunikasi. Ketrampilan komunikasi tentu sangat diperlukan bagi seorang manajer dalam membina hubungan atau relasi yang baik dengan orang lain. Sebisa mungkin seorang manajer perlu memiliki bahasa yang komunikatif dan persuasif sehingga dapat memimpin para bawahannya.

Selain itu manajer perlu memiliki gaya bahasa yang ramah dan bersahabat serta bersikap bijaksana dan menghargai para karyawan. Manajer juga perlu memiliki ketrampilan teknis yang meliputi kemampuan untuk menjalankan sebuah pekerjaan. Misalnya saja seperti ketrampilan dalam mengoperasikan komputer. Atau mungkin saja seorang manajer perlu memiliki ketrampilan akuntansi atau ketrampilan memperbaiki mesin.

Kemudian selanjutnya, seorang manajer juga perlu memiliki ketrampilan manajemen waktu. Seorang manajer yang memiliki ketrampilan dalam memanajemen waktu tentu dapat memanfaatkan waktu dengan lebih bijaksana. Waktu memang sangatlah berharga terlebih lagi bagi Anda yang menjadi manajer dalam sebuah perusahaan. Waktu yang dibuang dengan sia-sia pada akhirnya bisa memberikan kerugian pada perusahaan. Manajer juga seharusnya memiliki ketrampilan membuat keputusan terutama keputusan yang menyangkut segala hal berkaitan dengan kemajuan perusahaan.

Kegiatan Manajer

Manajer perusahaan harus memiliki kegiatan yang jelas agar dapat membantu perusahaan dalam mencapai tujuannya. Berbagai kegiatan yang menyangkut dengan kemajuan perusahaan sudah seharusnya dilakukukan dengan baik. Misalnya saja kegiatan memimpin para bawahan yang memang harus dilakukan oleh seorang manajer. Memimpin karyawan atau pegawai harus dilakukan secara optimal agar para karyawan dapat bekerja secara efektif dan efisien.

Selain itu seorang manajer juga harus mempertahankan hubungan yang baik dengan siapa saja. Baik dengan bawahan maupun dengan pemilik perusahaan atau mungkin juga dengan relasi bisnis. Pengembangan perusahaan tentu dapat dicapai jika komunikasi bisa dilakukan oleh seorang manajer dengan baik dan segala kegiatan dilakukan dengan penuh tanggung jawab.

Dari seluruh informasi yang tertuang di atas, dapat dilihat bahwa posisi manajer adalah poin yang cukup penting dalam pengaturan perusahaan. Hal ini supaya perusahaan berjalan lebih teratur dan sistematis. Demikian halnya dalam pengaturan karyawan, selayaknya perusahaan melaksanakan sistem yang lebih terpadu dan lebih efisien. Misalnya melalui penggunaan produk pendukung seperti JojoTimes. Dimana produk yang satu ini dapat memberikan aneka macam manfaat bagi perusahaan termasuk pencatatan absensi pegawai yang lebih akurat dan bebas resiko penipuan kehadiran karyawan. Selain itu produk ini juga membantu pencatatan seluruh data karyawan secara optimal. Belum lagi sistem yang membantu pelacakan keberadaan karyawan dengan detail dan tepat lokasi maupun waktu.

Tentu saja aneka manfaat tersebut dapat diberikan berkat selipan fitur-fitur menarik pada produk JojoTimes. Di antaranya yaitu aneka fitur termasuk Attendance Clock-Out Validation (with Biometric Face Recognition & Geo-Tagging), Overtime with/without Approval (Calculation Based on Government Regulation), Project Activities Reporting, Productivity Daily Reporting, Productivity Daily Reporting Offline Mode, Attendance Adjustment (by Appointed User), serta masih banyak fitur menarik lainnya. Dengan melihat pada fitur-fitur ini, pastinya tidak perlu merasa ragu jika ingin segera menjatuhkan pilihan pada produk tersebut. Nah, tunggu apa lagi, segera saja dapatkan coba gratis JojoTimes di perusahaan Anda. Biarkan Anda merasakan sendiri manfaat dan kehebatan produk ini dalam penataan perusahaan yang lebih sistematis.