Marketplace Indonesia Dan Beragam Serba Serbinya

Marketplace Indonesia tampaknya semakin hari semakin banyak digemari. Tentunya istilah marketpace ini sendiri sudah banyak didengar terutama bagi para kaum milenial yang banyak menghabiskan waktunya dengan berselancar internet. Tidak hanya itu saja tetapi saat ini semakin banyak pengusaha yang mulai menjalankan bisnisnya dengan memanfaatkan berbagai marketplace yang berkembang di Indonesia. Marketplace kian menjadi salah satu platform di Indonesia yang paling banyak digunakan untuk melakukan perdagangan secara online.

Marketplace Indonesia ini pada dasarnya dapat membantu masyarakat di Indonesia untuk bisa berbelanja tanpa beranjak dari rumah. Belanja bisa dilakukan hanya dengan satu klik saja dan para konsumen bisa mendapatkan berbagai barang yang diinginkan dan dibutuhkan. Marketplace menjadi wadah bagi Anda yang ingin melakukan penjualan barang secara online sehingga Anda bisa melakukan pemasaran dengan cara yang lebih mudah dan lebih praktis. Marketplace sendiri sebenarnya merupakan sebuah website atau bisa juga disebut aplikasi online yang menjadi fasilitas bagi terlaksananya proses jual beli dari berbagai toko.

Pada dasarnya konsep dari marketplace ini hampir sama dengan konsep pasar. Pada sistem jual beli di marketplace ini tentunya pemilik marketplace tidaklah bertanggung jawab atas berbagai barang yang dijual. Sebab pemilik marketplace ini hanyalah penyedia tempat saja bagi para penjual yang ingin memasarkan barangnya secara online. Melalui marketplace inilah maka para penjual bisa menjual barang dagangannya dan para pelanggan bisa memilih barang yang ingin dibeli. Para pelanggan juga bisa melakukan transaksi pembelian secara lebih mudah dan lebih praktis. Dalam hal ini transaksi belanja diatur oleh pemilik marketplace. Namun setelah terjadi proses pembayaran dari pembeli maka barang akan dikirimkan oleh penjual kepada pembeli. Tentu saja hal ini akan memudahkan para pelanggan dalam berbelanja. Belanja juga dapat dilakukan dengan lebih mudah dan lebih nyaman.

Jenis Marketplace

Aktivitas online shopping tampaknya semakin marak di tengah masyarakat termasuk pula di Indonesia. Siapa saja kini bisa melakukannya dengan mudah. Marketplace di zaman sekarang tampaknya semakin menjadi trend dan seringkali menjadi pilihan bagi para konsumen untuk berbelanja. Marketplace yang kian digemari oleh masyarakat ini pada umumnya terbagi ke dalam dua jenis yaitu marketplace murni dan marketplace konsinyasi.

Sebuah marketplace disebut sebagai marketplace murni jika marketplace tersebut hanya menyediakan lapak untuk aktivitas berjualan serta menyediakan fasilitas pembayaran. Pada marketplace jenis ini tentunya penjual bisa berjualan secara lebih leluasa. Penjual haruslah menyediakan foto dan deskripsi produk yang dijual secara mandiri. Penjual juga bisa menerima adanya penawaran harga yang dilakukan oleh konsumen sehingga bisa terjadi transaksi pembelian dengan harga yang disepakati oleh pembeli dan penjual. Rupanya di Indonesia semakin banyak marketplace murni yang digemari oleh masyarakat.

Sedangkan marketplace jenis kedua yaitu marketplace konsinyasi bisa disebut juga dengan istilah titip barang. Pada marketplace jenis ini rupanya penjual hanya perlu menyediakan produk dan informasi mengenai produk secara detail. Selanjutnya pihak marketplace akan mengurus penjualan produk penjual mulai dari foto produk hingga gudang dan pengiriman barang. Selain itu fasilitas pembayaran juga disediakan oleh marketplace. Pada marketplace jenis ini rupanya pembeli tidak dapat melakukan penawaran harga sebab proses transaksi ditangani oleh pihak marketplace. Jadi perbedaan yang mendasar dari kedua jenis marketplace tersebut adalah dalam hal alur transaksi. Pada marketplace murni rupanya alur transaksi terjadi secara langsung antara penjual dan pembeli. Sedangkan pada marketplace konsinyasi tentunya alur transaksi secara langsung oleh situs marketplace.

Kelebihan Marketplace Online

Pemasaran produk secara online saat ini semakin banyak dilakukan dan bahkan merebak di dunia internet. Pemanfaatan marketplace semakin marak dan bahkan keberadaan marketplace ini dinilai sebagai suatu kondisi yang menguntungkan baik bagi para penjual maupun para pembeli. Dengan adanya marketplace inilah maka bisnis bisa berjalan secara lebih efektif dan efisien. Keuntungan yang bisa diperoleh dari adanya marketplace juga sangat besar terutama bagi para pebisnis dengan modal kecil. Dengan adanya marketplace maka pebisnis tidak perlu repot membuka toko offline yang tentunya memerlukan biaya cukup besar. Sebab penjual bisa memasarkan barangnya melalui marketplace. Olah karena itu marketplace seringkali menjadi alternatif bagi para pebisnis terutama dengan modal kecil. Bahkan marketplace saat ini seringkali dijadikan sebagai pilihan utama bagi para pebisnis yang memasarkan produknya.

Pebisnis pemula tampaknya tak jarang memanfaatkan marketplace untuk memasarkan produknya. Sebab marketplace dinilai bisa memberikan kemudahan bagi para penjual. Memasarkan produk melalui marketplace memang sangat mudah karena Anda tidak perlu memikirkan pemasaran secara rumit. Anda hanya perlu belajar untuk mengupload produk dan menuliskan keterangan produk. Terlebih lagi jika marketplace tersebut sangat digandrungi oleh masyarakat. Tentu saja produk yang Anda jual bisa dengan cepat dan mudah diketahui oleh konsumen. Pemasaran jadi lebih mudah dan peluang bagi produk Anda untuk terjual secara lebih cepat bisa lebih terjamin.

Meningkatnya Marketplace Indonesia

Penggunaan marketplace di Indonesia tampaknya mengalami peningkatan. Hal ini bisa dilihat dari banyaknya minat masyarakat untuk menjual produknya melalui marketplace. Tidak hanya itu saja tetapi semakin banyak pula konsumen yang menjadi pelanggan bagi suatu marketplace dan seringkali melakukan transaksi pembelian di marketplace tersebut. Hal ini sebenarnya sudah menunjukkan bahwa masyarakat di era digital saat ini mulai memanfaatkan berbagai media canggih termasuk marketplace yang bisa diakses melalui internet. Penggunaan marketplace sebagai tempat untuk berjualan ini memang dianggap sebagai alternatif terbaik. Berbagai keuntungan bisa diraih melalui keberadaan marketplace di Indonesia. Anda hanya tinggal memilih salah satu marketplace yang tersedia dan menggunakannya sebagai tempat untuk berjualan. Maka tak heran bila marketplace di tanah air semakin mengalami perkembangan dan bahkan fasilitas pelayanan untuk konsumen terus ditingkatkan.

Marketplace Indonesia saat ini memang makin semarak, oleh karena itu dibutuhkan pengawasan yang baik dalam segala aspek di dalam hal tersebut. Sama halnya pengeluaran dan pemasukan perusahaan, sebaiknya diatur sedemikian supaya tercatat dengan baik. Yang mana umumnya hal ini bisa tercapai hanya melalui produk yang tepat. Contohnya yaitu menggunakan JojoExpense, dimana produk ini memberikan manfaat seperti:

  • Catatan keuangan perusahaan yang teliti dan akurat.
  • Sistem keuangan perusahaan yang sistematis dan mudah diakses.
  • Mencegah resiko penipuan dan fraud.

Manfaat tersebut di atas tentu saja tercipta berkat fitur menarik yang ada di dalam JojoExpense. Beberapa fitur andalannya yaitu antara lain Auto Reimbursement, Auto Generate Expense Report, OCR (Auto Read Receipt), Cash Advanced, Real Time Direct Transfer, Custom Approval Flow, dan masih banyak lagi. Oleh sebab itu sebaiknya jangan berpikir lebih panjang, segera saja gunakan JojoExpense dan buktikan sendiri manfaatnya. Biarkan sistem keuangan perusahaan Anda jauh lebih baik, lebih efisien dan pastinya lebih akurat.