4 Langkah Penting Melindungi Bisnis Dari Bencana Alam

melindungi bisnis dari bencana alam

Melindungi bisnis dari bencana alam merupakan hak Anda sebagai pemilik usaha atau bisnis. Bisnis yang dijalankan memang bisa saja merupakan sumber penghasilan bagi Anda sehingga sekalipun terjadi bencana alam namun tetap saja bisnis atau usaha yang sudah berjalan tidak boleh hancur. Bahkan bisnis sebisa mungkin segera dibuka kembali setelah bencana alam telah usai. Sayangnya berbagai macam bencana alam yang datang sewaktu-waktu bisa mengakibatkan terjadinya kerusakan dan kehilangan bagian-bagian penting dari suatu usaha. Diantaranya adalah data kantor atau perusahaan serta inventaris kantor. Seluruh data dan inventaris milik kantor atau perusahaan sudah seharusnya diberikan perlindungan sehingga tidak sampai menjadi rusak dan bahkan hilang pada saat terjadi bencana.

Dengan adanya perlindungan yang aman bagi data dan inventaris kantor Anda maka aset bisnis Anda akan tetap terlindung aman. Ada berbagai hal yang dapat dilakukan untuk melakukan perlindungan bisnis saat sedang terjadi bencana alam. Seluruh bentuk perlindungan terhadap aset bisnis Anda ini dapat dilakukan tentunya dengan langkah yang cepat dan sigap. Untuk melakukan langkah perlindungan yang tepat hendaknya Anda juga bekerja sama dengan seluruh staf kantor agar Anda dan staf kantor dapat bekerja sama dalam melakukan perlindungan bisnis. Oleh karena itu dibutuhkan berbagai pelatihan khusus dalam melindungi diri dan aset kantor sehingga kantor tetap bisa berjalan setelah bencana alam telah usai.

Back Up Data

Berbagai macam data tentang bisnis atau usaha Anda tentunya sangat penting dan tidak boleh hilang. Beberapa data yang tidak boleh hilang antara lain nomor telepon pelanggan. Selain itu data yang tidak boleh hilang antara lain daftar penagihan serta laporan keuangan dan lain sebagainya. Oleh karena itu diperlukan upaya untuk melakukan perlindungan terhadap berbagai data yang sekiranya sangat penting untuk kelangsungan usaha dan bisnis Anda. Untuk menghindari kehilangan data penting maka Anda bisa melakukan back up data.

Salah satu upaya untuk back up data atau menjaga keamanan data yaitu melalui penyimpanan Cloud. Menyimpan data di Cloud dapat membantu Anda untuk menyelamatkan data penting walaupun terjadi bencana alam. Selain aman ternyata penyimpanan Cloud juga memberikan keuntungan lain bagi Anda. Di antaranya adalah kesempatan bagi Anda untuk bisa mengakses data-data Anda melalui internet. Tentunya hal ini akan semakin mempermudah Anda dalam melihat berbagai data yang penting dan diperlukan bagi usaha atau bisnis Anda. Melalui penyimpanan Cloud maka Anda bisa melihat data yang tersimpan di mana saja dan kapan saja. Dengan demikian maka saat terjadi bencana alam dan Anda melakukan pengungsian maka Anda akan tetap bisa melihat data yang tersimpan di Cloud.

Simpan Inventaris di Ruangan Khusus

Tidak hanya data saja yang merupakan bagian penting dari sebuah perusahaan. Inventaris ternyata juga merupakan bagian yang penting dari suatu perusahaan. Oleh karena itu perlu dilakukan perlindungan terhadap segala inventaris yang terdapat di perusahaan Anda. Untuk melakukan perlindungan pada inventaris kantor maka Anda bisa meletakkan dan menyimpan berbagai macam inventaris kantor di suatu ruang penyimpanan khusus. Ruangan penyimpanan khusus harus bersifat aman sehingga bisa memberikan perlindungan pada seluruh inventaris kantor sekalipun saat terjadi bencana alam.

Sebenarnya ada banyak properti yang menjadi inventaris bagi usaha atau bisnis Anda. Harga properti juga belum tentu murah sehingga lebih baik menyimpan inventaris daripada membelinya lagi. Namun ruang penyimpanan untuk inventaris kantor Anda hendaknya aman dan bisa melindungi barang-barang dari bencana alam. Ruang penyimpanan ini tentunya diadakan sejak awal sehingga bisa digunakan sewaktu-waktu jika bencana datang. Misalnya melalui penggunaan brankas sebagai langkah untuk menyimpan inventaris perusahaan lebih optimal.

Memastikan Karyawan dan Pelanggan Mendapatkan Perlindungan

Pada dasarnya karyawan juga merupakan aset perusahaan yang keberadaannya juga perlu dilindungi. Terlebih lagi jika karyawan memiliki potensi dan kemampuan yang sangat baik sehingga bisa memberikan kontribusi bagi perusahaan. Seorang pengusaha hendaknya memiliki komunikasi tang baik dengan karyawan sehingga bisa melakukan perlindungan kepada data dan inventaris kantor secara bersama-sama saat terjadi bencana alam. Karyawan juga seharusnya diberi pelatihan khusus mengenai evakuasi saat terjadi bencana alam sehingga karyawan bisa terlindungi secara aman.

Selain itu karyawan juga perlu diberi pelatihan untuk melakukan penyelamatan terhadap pelanggan yang mungkin saja berada di kantor saat sedang terjadi bencana. Karyawan harus terlatih dan sigap untuk bertindak cepat dalam melindungi dirinya serta melindungi pelanggan. Karyawan perlu memiliki kemampuan bukan hanya untuk menyelamatkan dirinya saja melainkan juga untuk menyelamatkan pelanggan yang sedang bersamanya. Tentu saja untuk melakukan hal ini seorang karyawan perlu mendapatkan pelatihan secara khusus sehingga ia terlatih dalam menyelamatkan diri dari bencana. Bentuk perlindungan yang harus diberikan kepada karyawan juga hendaknya bermacam-macam sehingga karyawan dapat melindungi dirinya dari bencana alam dengan berbagai macam cara. Ingatlah bahwa keselamatan diri memang merupakan hal penting dan keselamatan juga menjadi hak serta pelanggan dari bisnis Anda.

Gunakan Asuransi

Proteksi berikut untuk melindungi bisnis dari bencana alam yaitu dengan menggunakan asuransi yang sesuai. Saat ini sudah banyak sekali asuransi yang menawarkan kemudahan dalam memberikan proteksi secara maksimal terhadap aset dan perusahaan yang dimiliki. Sehingga saat sewaktu-waktu terjadi bencana, maka dengan mudahnya akan digantikan oleh asuransi. Memang tidak mudah mencari asuransi yang mau melindungi bisnis dari resiko bencana alam. Bilapun ada maka bisa jadi premi yang dibayarkan cukup tinggi dan mahal. Karena itu perlu perhitungan dengan cermat apakah biaya yang dikeluarkan akan setara dengan apa yang didapatkan. Ada baiknya perhitungan menggunakan bantuan software dan sistem yang tepat supaya keuangan perusahaan dalam hal ini dapat dihitung secara optimal.

Tentu dengan melihat hal tersebut di atas, menghitung aset dan biaya proteksi termasuk komponen penting pada perusahaan. Oleh sebab itu menggunakan alat yang tepat dan sesuai akan membantu supaya perhitungan keuangan perusahaan jauh lebih optimal. Bila hal ini sedang dihadapi oleh perusahaan Anda, maka sudah saatnya untuk menggunakan JojoExpense. Yang mana melalui penggunaan software yang satu ini maka perusahaan dapat dengan mudah menghitung biaya-biaya yang masuk dan keluar. Selain itu tidak perlu lagi waktu yang lama dalam melakukan perhitungan, semua bisa dilakukan secara praktis dan efisien.

Semua ini berkat adanya fitur-fitur menarik yang tersemat di dalam JojoExpense. Termasuk di antaranya yaitu Capture Expense, Budget Controlling, Cash Advance hingga Auto Reimbursement dan Data Analytics. Oleh sebab itu tidak perlu ragu lagi, segera jatuhkan pilihan pada JojoExpense dan dapatkan coba gratis di perusahaan Anda. Lihat dan rasakan sendiri berbagai manfaat maupun keuntungan dengan software yang satu ini. Sehingga nantinya keuangan perusahaan Anda dapat terkontrol lebih baik serta jauh lebih otomatis. Selamat mencobanya!