Cara Sederhana Melindungi Data Pelanggan

Ketika memiliki bisnis dan hampir sepenuhnya berkaitan dengan data pelanggan atau data lainnya, melindungi data pelanggan adalah wajib. Hal ini tidak hanya akan berkaitan dengan integritas perusahaan namun juga keamanan dan kenyamanan dari pelanggan. Jika data bocor dan kemudian merugikan pelanggan, maka harga yang harus dibayar oleh perusahaan akan sangat besar.

Untuk mengatasi hal tersebut, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Mulai dari mengedukasi internal perusahaan hingga menggunakan teknologi yang mumpuni.

Melindungi Data Pelanggan Mulai Dari Internal

Maksudnya adalah segala sesuatu yang terjadi di perusahaan seperti bocornya data pelanggan, biasanya terjadi karena masalah internal. Misalnya ada karyawan yang mengambil data pelanggan tersebut. Kemudian menjual data tersebut ke pihak lainnya. Hal tersebut tidak hanya akan merugikan pelanggan, namun juga perusahaan karena ulah karyawan.

Ada baiknya jika Anda memberikan informasi bahkan mungkin peraturan khusus untuk orang yang berkaitan langsung dengan data pelanggan. Misalnya melindungi data pelanggan tidak seremeh itu karena tanggung jawab yang diemban juga tinggi.

Selain peraturan, perusahaan juga bisa menempatkan kamera pengawas di tempat tersebut. Tujuannya adalah agar tidak ada karyawan ataupun orang lain yang mengambil data pelanggan dan memanfaatkannya.

Tidak hanya untuk karyawan namun stakeholder juga harus diedukasi untuk membantu melindungi data pelanggan. Terkadang karena merasa orang tersebut yang memiliki saham atau perusahaan, lalu dengan seenaknya melihat dan mengambil data tersebut untuk dipergunakan dalam keperluan tertentu. Jika stakeholder paham mengenai tanggung jawab tersebut, maka bisa membantu untuk menjaga data pelanggan dengan lebih baik.

melindungi data pelangganAgar lebih maksimal, untuk pegawai yang berkaitan langsung dengan data, harus selalu diberi informasi mengenai pengelolaan sistem yang dipergunakan. Apalagi jika sedang terjadi maintenance dan perombakan atau ada sistem baru. Ini dilakukan agar nantinya ketika pegawai tersebut menggunakan sistem baru, tidak mendapati masalah yang fatal yang bisa merugikan perusahaan.

Kembangkan Sistem untuk Melindungi Data Pelanggan

Cara paling terjaga untuk melindungi data pelanggan adalah dengan menggunakan sistem yang memiliki keamanan yang tinggi. Sistem ini harus dioperasikan atau dipergunakan oleh orang tertentu sehingga jika ada masalah ataupun ada yang salah, bisa langsung diatasi.

Akan tetapi, untuk menggunakan sistem ini, butuh pembiayaan yang cukup besar. Karena hal tersebut, harus ada perhitungan dan pertimbangan sebelum mengajukan untuk membeli dan menggunakan sistem tersebut. Selain itu perlu adanya pertimbangan mengenai keamanan dari sistem tersebut.

Butuh keamanan yang ekstra agar dapat melindungi data pelanggan tersebut. Misalnya perlu anti-virus, anti-spyware, anti ransome ware ataupun anti-malware. Perangkat lunak tersebut dibutuhkan untuk melindungi komputer yang terhubung dengan pusat penyimpanan data atau server.

Ditakutkan, jika komputer atau server tersebut terhubung dengan internet, maka virus ataupun malware bisa menyusup. Jika tidak ada antisipasi, data yang tersimpan di server bisa hilang bahkan bisa berubah. Parahnya nanti, bahkan bisa disusupi oleh hacker yang dapat mengambil lalu menjualbelikan data tersebut.

melindungi data pelanggan

Setelah itu kaji dan juga perbaiki mengenai sistem keamanan untuk database. Jika diperlukan menggunakan keamanan tambahan seperti menggunakan fingerprint. Dengan begini akan ada yang bertanggung jawab secara khusus jika terjadi kesalahan data untuk pengelolaan manualnya.

Back Up Otomatis dan Inovasi

Jika perusahaan berkembang, maka diperlukan wadah yang lebih besar dibandingkan sebelumnya. Hal tersebut termasuk untuk penyimpanan datanya. Jika server overload, akan menyebabkan server tidak bisa diakses dan hal tersebut justru akan merugikan perusahaan.

Karena hal tersebut, perlu analisis big data. Analisis ini tidak hanya akan berkaitan dengan bagaimana sistem kedepannya namun juga mengenai keberlangsungan perusahaan. misalnya, apakah perlu pertambahan server ataupun inovasi yang memudahkan untuk pengolahan data atau tidak. sehingga dengan cara tersebut juga akan memudahkan karyawan untuk mengolah datanya.

melindungi data pelanggan

Selain itu, perlu juga untuk back up data. Tidak semua data yang tersimpan dalam server itu aman. Ukuran server yang tidak sedikit butuh  ruang yang cukup besar juga menjadi pertimbangan tersendiri. Misalnya jika data bertambah apakah server juga akan semakin bertambah besar.

Karena hal tersebut, butuh backup data dan tempat penyimpanan data yang bisa diakses dimana saja. Anda bisa menggunakan cloud sebagai tempat untuk melindungi data pelanggan di perusahaan Anda. dengan cloud, Anda bisa mengintegrasikannya ke komputer atau hanya dengan akses tertentu.

Keunggulan Back Up di Cloud

Dengan cara tersebut, data yang tersimpan juga akan semakin lebih aman. Keunggulan jika menggunakan back up data seperti di cloud diantaranya adalah:

  • Tidak kehilangan data karena data yang tersimpan di server masih ada cadangannya.
  • Data bisa diakses oleh orang yang sama atau yang bertanggung jawab walaupun bukan dari komputer yang sama. misalnya ada masalah di komputer sehingga membuat Anda mau tidak mau harus menggunakan alat lain.
  • Hemat tempat karena cloud merupakan penyimpanan virtual sehingga tidak perlu banyak tempat untuk menyimpannya.

Gunakan JojoTimes untuk Melindungi Data Pelanggan

Selain menjaga dan melindungi data pelanggan, perusahaan juga harus melindungi data karyawannya. Bukan tidak mungkin jika data milik pegawai diambil dan kemudian disalahgunakan. Karena hal tersebut Anda juga butuh sistem seperti JojoTimes.

melindungi data pelanggan

Kenapa harus JojoTimes? Karena JojoTimes sudah terintegrasi dengan cloud yang akan menyimpan data karyawan dengan baik. Selain itu, terdapat fitur di JojoTimes seperti berikut ini:

  • Mobile check in & check out: fitur ini memungkinkan karyawan untuk bisa melakukan karyawan perusahaan Anda untuk melakukan check in atau absen masuk dan pulang dengan lebih mudah. Sehingga jikapun karyawan Anda sedang ada tugas di luar kota, tetap bisa melakukan absen.
  • Fingerprint feature: butuh keamanan ekstra agar tidak disalahgunakan. Misalnya bolos kerja dan meminta orang lain untuk mengabsen. Dengan adanya fingerprint feature ini, Anda bisa tahu apakah karyawan yang absen tersebut adalah karyawan yang sebenarnya atau tidak.
  • Fake ID Detection: fungsinya sama seperti fingerprint namun lebih aman. Karena sistem akan memindai terlebih dahulu identitas karyawan sebelum diperkenankan masuk. Sehingga dengan cara ini, keamanan akan lebih terjaga.

Fitur JojoTimes yang Lengkap

Jadi dengan fitur tersebut Anda akan mendapatkan keuntungan seperti berikut:

  • Pemantauan secara real time dan akurat. Apalagi JojoTimes juga dilengkapi dengan GPS yang akurat. Sehingga jika karyawan membolos, Anda bisa segera tahu.
  • Dapat menyetujui ijin kapan saja dan dimana saja. Baik untuk karyawan atau atasan, bisa mengajukan cuti ijin misalnya karena perlu pengobatan. Dengan begitu, tidak ada kendala atau alasan belum melihat ataupun mengajukan cuti.
  • Pengaturan lembur yang bisa disesuaikan. Anda bisa menyesuaikan antara jam kerja dengan gaji yang harus diperoleh pekerja tersebut. Nantinya setiap perubahan seperti jam kerja akan tersimpan di cloud. Sehingga untuk rekap waktu kerja akan semakin mudah.

Dengan keuntungan di atas, Anda akan lebih hemat waktu untuk mengerjakan keperluan lain. Jadi, kunjungi segera https://jojonomic.com/produk/jojotimes-absensi-online/ dan coba langsung versi gratisnya untuk tahu melindungi data itu juga bisa semudah ini!