Melunasi Hutang: Lakukan Strategi Ini Supaya Lebih Mudah, Cepat, dan Ringan

melunasi hutang

Membayar hutang adalah kewajiban. Jangan pernah mengambil resiko tidak melunasi hutang yang Anda miliki karena masalah yang lebih besar akan mendatangi Anda. Entah itu aset Anda yang disita atau selalu didatangi rentenir yang cukup mengganggu.

melunasi hutang

Membayar hutang memang terkadang sulit dan memberatkan. Namun bagaimana lagi, Anda tetap harus membayarnya. Tenang saja, ada beberapa cara efektif yang bisa Anda lakukan untuk membuat proses membayar hutang menjadi lebih mudah, lebih cepat, dan lebih ringan.

Cara Melunasi Hutang Dengan Cara Efektif

Melunasi hutang dengan efektif adalah membayar hutang dengan cara yang lebih cepat dan lebih mudah. Dikatakan lebih mudah dan lebih cepat. Tentunya karena tak ada jaminan. Cara berikut ini akan menjadikan proses membayar hutang menjadi mudah dan cepat. Mudah adalah kata yang bersifat relatif.

Namun dengan cara atau tips berikut, beban membayar hutang menjadi lebih ringan jika dibandingkan dengan tidak mengikutinya. Ada lima cara yang bisa Anda lalui. Pastikan Anda melakukannya dengan benar-benar dan fokus ketika menjalaninya. Berikut detail lima cara tersebut.

1.     Mentotal Semua Hutang

Langkah paling awal yang jangan sampai terlewat adalah menjumlahkan atau mentotal semua hutang yang dimiliki. Langkah ini bisa dilakukan dengan berbagai cara.

Pertama Anda bisa mencoba mengingat semua hutang yang Anda miliki. Kedua, Anda bisa mengecek di tempat Anda meminta hutang. Misalnya saja pada aplikasi pinjaman online atau bank tempat Anda berhutang.

melunasi hutangLangkah ini harus Anda lakukan dengan fokus supaya bisa terlihat jelas berapa sebenarnya hutang yang dimiliki. Suksesnya langkah ini akan membuat langkah selanjutnya lebih lancar.

2.     Memastikan Prioritas

Apakah Anda memiliki hutang di beberapa tempat sekaligus? Jika iya, mungkin kebingungan untuk membayar yang mana terlebih dahulu akan Anda rasakan. Hal ini wajar terjadi, di kala Anda berhutang di beberapa tempat sekaligus akun bingung melunasi hutang yang mana terlebih dahulu.

Kali ini Anda harus tahu prioritas hutang yang harus dibayarkan terlebih dahulu. Cara memprioritaskannya adalah dengan memastikan hutang mana yang seharusnya diprioritaskan. Hutang yang seharusnya diprioritaskan adalah hutang dengan bunga tertinggi.

Ini berlaku jika Anda hanya memiliki hutang di dua tempat saja. Percayalah bahwa langkah kedua ini akan membuat Anda bisa melunasi hutang dengan lebih mudah.

3.     Mengalokasikan Hutang

Mungkin cara ini akan terdengar asing bagi Anda. Namun justru langkah ketiga ini sifatnya efektif untuk membuat Anda bisa membayar hutang lebih mudah dan lebih ringan.

Mengalokasikan hutang adalah cara untuk membuat beban hutang Anda lebih ringan. Salah satu caranya adalah dengan memindahkan hutang di satu kartu kredit menuju kredit dari bank lain.

melunasi hutangTerdengar sederhana memang, namun Anda harus mengetahui bahwa masing-masing pihak peminjam memberikan bunga yang berbeda persentasenya. Walaupun sama-sama bank peminjamnya, bisa saja ada selisih satu sampai lima persen untuk bunganya.

Ini akan lebih efektif apabila Anda memiliki hutang di aplikasi pinjaman online. Biasanya mereka memberikan hutang dengan bunga 20 sampai 40 an persen. Bayangkan jika Anda mengalokasikan hutang tersebut pada kredit bank yang mana bunganya hanya 1 sampai 5 persen saja. Biaya yang harus Anda keluarkan untuk membayar hutang menjadi lebih kecil.

4.     Memangkas Pengeluaran

Memangkas pengeluaran untuk melunasi hutang bukan berarti sama sekali tidak melakukan pengeluaran. Anda hanya akan meminimalisir pengeluaran supaya uang bisa dialokasikan untuk membayar hutang.

Sejauh ini berapa persen prioritas Anda untuk kebutuhan primer, bersenang-senang dan membayar hutang? Jika sebelumnya Anda menggunakan 20 persen penghasilan Anda untuk bersenang-senang, maka Anda bisa memangkasnya menjadi 15, 10, atau 5 persen saja. Kemudian alokasikan sisanya untuk membayar hutang.

melunasi hutangKemudian jika sebelumnya Anda menggunakan setengah penghasilan Anda untuk memenuhi kebutuhan primer seperti makan dan menyewa hunian, Anda bisa lebih menghematnya. Anda yang tadinya selalu makan di luar bisa mulai membawa bekal. Anda juga bisa pindah hunian ke yang lebih kecil biayanya jika diperlukan.

5.     Menambah Penghasilan

Langkah paling terakhir untuk bisa membayar hutang dengan lebih mudah adalah dengan menambah penghasilan. Beberapa orang menilai langkah ini adalah langkah satu-satunya untuk membayar hutang. Padahal jika empat langkah sebelumnya tidak dilakukan juga kurang efektif.

Anda bisa menambah penghasilan Anda dengan mencari pekerjaan sampingan. Jangan memaksa membuka bisnis atau usaha, karena hal ini akan membuat Anda harus berspekulasi dan mengeluarkan lebih banyak lagi uang untuk modal.

Jika dibutuhkan, Anda juga bisa menjual aset Anda. Terdengar klise namun pastikan hal ini menjadi langkah paling akhir atau emergency saja. Untuk membayar hutang memang sebisa mungkin jangan sampai ada aset yang lepas atau terjual. Namun jika sudah terpaksa harus melakukannya Anda boleh-boleh saja menjual aset Anda sendiri.

Mulai Melunasi Hutang Sekarang dengan Bantuan JojoExpense

Langkah-langkah melunasi hutang di atas tidak berjalan jika Anda tidak segera melakukannya. Miliki juga fokus dan konsentrasi supaya langkah di atas berjalan dengan efektif.

Akan lebih mudah untuk memulai melunasi hutang dengan cara mengatur waktu dan mempermudah cara untuk membayar hutang tersebut. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan dan salah satunya adalah dengan JojoExpense.

Aplikasi ini merupakan aplikasi yang akan membantu Anda untuk mencegah penipuan dan kendali penuh atas anggaran perusahaan. Dilengkapi dengan fitur mobile approval, capture expense, budget controlling, cash advance dan reimburse sangat memungkinkan Anda untuk melakukan hal berikut ini:

  • Mengontrol keseluruhan keuangan yang ada di perusahaan. termasuk alokasi dana yang dimiliki perusahaan. misalnya berapa biaya yang harus dipergunakan untuk membayar hutang dan berapa biaya untuk memenuhi pengajuan dana. Dengan begitu, Anda bisa meminimalisir terjadinya kecurangan misalnya adanya korupsi. Atau karena alokasi dana yang kurang sesuai dengan yang kebutuhan perusahaan.
  • Melakukan reimburse dimana saja dan kapan saja. Baik dengan menggunakan aplikasi atau dengan menggunakan website. dengan begitu, masing-masing karyawan atau pun direksi yang menggunakan uang pribadi untuk kepentingan perusahaan bisa langsung ditebus. File yang diunggah tersebut tetap akan tersimpan dan terdata dengan JojoExpense. Sehingga, bagian keuangan akan lebih mudah untuk mengolah datanya.
  • Menyetujui pengajuan dana. Biasanya butuh waktu yang cukup lama untuk menyetujui pengajuan dana sehingga jika acc mundur, program juga harus mundur. Namun, dengan adanya mobile approval, Anda bisa melakukan penyetujuan pengajuan dana dimana saja dan kapan saja.

Seluruh kemudahan tersebut hanya bisa Anda peroleh di JojoExpense. Apalagi Anda bisa mencoba versi gratisnya. Klik link berikut https://jojonomic.com/produk/jojoexpense-reimburse-online/ lalu pilih saja demo gratis. Anda bisa mengotak atik dan mencoba beragam fitur yang tersedia. Ingin fitur lebih lengkap? Anda bisa upgrade sesuai dengan kebutuhan Anda. jadi, tunggu apalagi, kunjungi websitenya dan coba versi gratis JojoExpense khusus untuk Anda!